[recent]

Recent Post

3/recentposts

Review Teluh Darah : Dendam Lama Merenggut Rentetan Nyawa

7 komentar

Ini pertama kali nonton seris Indonesia super menegangkan, tiap episode dibikin mikir keras gak tanggung-tanggung. Mengangkat tema paling fenomenal masyarakat indonesia. Apa coba tebak? Bahas santet. Gilak nggak sih, tema ini tuh kontroversial banget. Rapi film mengemas cerita ini seolah diangkat dari kisah nyata. Walaupun bukan dari kisah nyata, di kehidupan sebenarnya juga ada.

Owh ternyata Teluh Darah adalah seris pertama Indonesia yang tayang di Busan Internasional Film Festival (2022). Mikha tambayong sebagai peran utama mendapat penghargaan Marie Claore Kore Asia Atar Awards.

Diperankan oleh pasangan muda mikha tambayong dan devan mahenra. Selain itu ada Shenina Cinamon, Imelda Theriine, Justin Adiwinata.

Produksi: Rapi Film

Tayang mulai 25 Februari 2023 di Disney+ Hotstar

10 Episode

Sinopsis

Kehidupan perempuan cerdas memiliki pemikiran modern dan tidak percaya dukun. Suatu saat, hidupnya berubah setelah keluarganya mendapat teror. Di waktu bersamaan, Esa menyaksikan kematian tragis ayahnya. Kematian misterius ini membat Esa ingin mencari tahu kejanggalan dibalik kematian misterius ayahnya. Rahasia apa yang akan mereka ungkap?.

Apa jadinya bila kalian melihat tanda-tanda kiriman seperti belatung, kelabang, paku, rambut, tawon di kondisi keadaan serba modern. Itulah yang dialami Wulan, tidak percaya hal-hal misterius.

Di awal episode diceritakan keluarga pak Ahmad, Astuti, Wulan dan Wishnu adalah gambaran keluarga harmonis, dipenuhi keceriaan.

Teror dimulai dari terdengar dentuman kencang di malam hari, belatung jatuh di meja makan saat mereka sarapan pagi, air keran berubah hitam dan mengeluarkan belatung. Itu adalah awal mulai kiriman teluh.

Pak Bondan, sahabat pak Ahmad sudah lebih dulu menderita sakit tidak masuk akal. Mata memerah, pusing saat dilakukan diagnosa tidak ada gejala menyeramkan. Lebih mengerikan lagi, dalam tubuh pak bondan bersarang puluhan kelabang hidup.

Pecinta series Indonesia please kalian jangan bosan melihat akting William Bevers sebelumnya ada di beberapa seris dari seris Scandal, Progressnya Berapa Persen?. Satu lagi Lukman Sardi kali ini ikut membintangi seris Teluh Darah, sebelumnya turut andil di seris kupu-kupu malam. Mereka berdua hanya pemeran sementara. 

Tidak Ada Kejujuran Dalam Keluarga

Masalah mereka dimulai di Banyuwangi tahun 1998. Pak Ahmad dan pak Bondan mendirikan perusahaan. Dibalikan kesuksesan mereka ada nyawa yang harus dibayar. Selama 20 tahun kehidupan mereka aman-aman saja. Pak ahmad bahagia dengan keluarga kecilnya begitu pun pak Bondan.

Wulan dan Wishnu adalah adik kakak, tidak mengetahui masa lalu kedua orangtuanya seperti apa. Bapak meninggal tidak wajar, disusul Ibu meninggal karena didalam tubuhnya keluar banyak kecoak. Target selanjutnya Wishnu mulai diserang, dalam tubuhnya ada kelabang hidup.

Meski sudah diobati orang pintar, itu hanya berlaku sementara. Tugasnya Wulan dan Esa mencari sumber pengirim teluh tersebut. Hanya mereka berdua yang tidak dikirim teluh.

Kalo aku pribadi antara percaya gak percaya, semakin kita percaya penyakit ini penyebabnya teluh malah makin menjadi. Kembali lagi, pasti ada alasan kenapa orang megirim teluh, perbuatan di masa mungkin membuat orang lain kecewa bahkan berduka dan mereka tidak terima. Di indonesia masih banyak terjadi tidak hanya di desa di perkotaan pun masih ada.

Ulah Masa Lalu, Setelah 20 Tahun Membalaskan Dendam Kematian

Dari episode 1 sampai episode 7 penonton tidak spill siapa pengirim teluh. Keren banget nggak sih! Gilakkk! Bikin gua teriak, ketar-ketir nggak karuan. Baru di episode 7 muncul clue siapa dalang pengirim teluh darah. Itupun masih belum jelas woyy.

Semua karena ulah pak Ahmad selingkuh dengan asisten pribadinya, ketahuan salah satu orang kantor (Hasan) mengancam akan membongkar kasus tersebut. Dampaknya perusahaan yang sudah dibangun Ahmad dan Bondan bisa bangkrut begitu saja.

Bondan punya ide menghabisi Hasan, dibunuh, kepalanya dipenggal, istrinya entah dibunuh atau tidak, masih tanda tanya woy! Anaknya Hasan masih hidup, laki-laki dan perempuan, itu juga tanda tanya. 

mereka dekat karena masalah orangtua

Apakah Wulan anak Hasan? Yang diselamatkan Ahmad karena kasihan, sebagai rasa menebus kesalahan. Apa Esa juga anak Hasan juga? Bisa jadi mereka saudara. Arghhh tapi mereka berdua sudah beradegan plus plus. Apalah Wulan melahirkan anak  hasil persetubuhan saudaranya sendiri? Ah semua masih teka-teki menunggu kelanjutkan episode 10. Minggu depan.

Tidak Percaya Teluh

Wulan. Perempuan modern tidak mempercayai hal-hal mistis. Bapak dan Ibu meninggal karena teluh  dia tidak mempercayainya. Wishnu, adiknya sudah merasakan ada kejanggalan kematian Bapak dan Ibu. Sebelum kematian orangtua mereka ada tukang kebun namanya Harun. 

Dia sengaja menaruh pot bunga yang ada bukhul-nya sebagai perantara membunuh Astuti. Beberapa kali Wishnu melihat Harun seolah melakukan ritual, gerak-geriknya berusaha menyakiti Ibu. Sayang Wishni tidak dipercaya kakaknya, Wulan. Wulan mengangap itu hanya halusinasi dibawah pengaruh pil narkotika. 

diliat-liat Harun nih wajahnya nyebelin

Untuk membuktikan, Wishnu sengaja mencari tahu sendiri tempat tinggal harun, berencana membunuhnya. Justru wishnu sendiri terluka parah, barulah Wulan percaya itu ulah dukun salah satu perantaranya Harun.

Ini masih teka-teki, pengirim teluh ada di Banyuwangi. Sedangkan tempat tinggal mereka di Jakarta. Sekilas ditunjukkan pengirim teluh adalah dukun perempuan. Apa itu istri Hasan? Untuk membalaskan dendam suaminya yang dibunuh mengenaskan.

Satu-persatu Berjatuhan

Dimulai dari Bondan, Ahmad, giliran para preman yang dulunya disuruh membunuh Hasan. Serangan teluh juga sama, dalam tubuh Ridho, Gatot ada beberapa kelabang hidup. Tidak lama mereka meninggal tragis. Apakah terget selanjutnya Wishnu? Padahal dia tidak ada sangkut pahutnya dengan masalah 1998 silam.

Harun, siapa yang mengirim dia jadi tukang kebun dirumah Ahmad? Apakah Wulan dan Esa berhasil menemukan sumber pengirim teluh? Ah nggak sabar nunggu Sabtu depan di Episode 10. Yuk kalian streaming di disney+ hotstar. Warning!! Jangan nonton sendirian, bisa kebayang sampai tidur soalnya.

Why ambil settting Banyuwangi? Karena peristiwa mengenaskan 100 orang lebih meninggal dibunuh secara misterius dituduh ulah santet. Masyakat mengenalnya “Tragedi Santet” tahun 1998. Warga Jawa Timur pasti tidak asing julukan tersebut.

Dalam seris Teluh Darah ada setting Banyuwangi 1998, ada tragedi manusia meninggal dibunuh tidak wajar dan dibuang di sawah. Hal itulah yang mendasari Bondan melakukan pembunuhan menyuruh preman, Bondan belum kenal seperti apa kota Banyuwangi.


 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

7 komentar

  1. Baca sinopsisnya aja udah seru. Kayak film detektif+horor. Jadi teringat sama film Korea yang mengangkat tema tentang perdukunan di Indonesia. Meskipun sudah era modern, masih banyak juga orang yang percaya dukun-dukunan

    BalasHapus
  2. Wah, baru baca sipnosisnya aja udah kebayang ngerinya santet. Ini pasti film yang seru dan menimbulkan rasa penasaran untuk nonton episode kelanjutannya ya.

    BalasHapus
  3. Serem sih kalau film yang bertema seperti ini, tapi kondisi terkadang benar-benar kita jumpai di Indonesia. Setelah baca sinopsisnya jadi penasaran juga...semoga ada kesempatan untuk menontonnya.

    BalasHapus
  4. Duh serem amat ya, wkwk. Ga berani nonton kalo aku sih film horor Indonesia. Meskipun setiap film pasti ada hikmah dan pelajaran yang bisa diambil, lebih memilih film genre lain deh, hehe.

    BalasHapus
  5. Kalau habis baca film seperti ini apakah nggak terbayang-bayang. Duh rasanya paranoid padahal saya baru baca sinopsisnya

    BalasHapus
  6. Terinspirasi dari kisah nyata ya ternyata.
    Auto kepoin cerita aslinya. Pas baca jadi seram. Kalau ditambah nonton film ini, damage seramnya bakal jadi nambah..

    Lukman Sardi ada juga ya, ini series pastinya punya cita rasa horror kelas atas.

    BalasHapus
  7. Lengkap banget ceritanya Mba. Soal hal gaib gitu kayanya mending jaga diri aja ya Mba. Serem ceritanya

    BalasHapus

Posting Komentar