[recent]

Recent Post

3/recentposts

Rekomendasi Jamuan Tamu Lebaran Super Sederhana

 

h-3 lebaran idul fitri sudah didepan mata, sudah khatam alquran berapa kali? Sudah minta doa apa saja tiap malam lailatul qadr? progres berapa persen menata hati meninggalkan Ramadan?. Dulu saat kecil momen lebaran paling dinanti adalah makan-makan besar, dapat angpau dari sanak familiy. Sekarang sudah dewasa, momen lebaran paling ditunggu adalah alhamdulillah masih bersama kedua orangtua.

1% pengen menikmati lebaran, 99 % pengen lebaran dirumah orangtua sendiri. Kalo kata anak muda di tiktok, healing paling menyenangkan adalah liburan dirumah orangtua, nggak bakal disuruh ini itu, malah dilayani semua kemauan kita.

Kadang harusnya aku lebih bersyukur bisa bertemu orangtua hampir setiap hari, dibanding teman-teman kita diluar sana yang mungkin belum tentu merasakan hangatnya pandangan orangtua. Bisa mudik setahun sekali rasanya luar biasa dahsyatnya, harap-harap cemas pulang H-2 lebaran udah beruntung.

Kira-kira makanan apa yang khas ada di momen lebaran idul fitri? Pasti kue nastar, kue bulan, kue semprit. Eits tapi di kelurga aku tidak pernah dihidangkan kue-kue itu. karena kesukaan keluarga aku cenderung yang asin, misalnya keripik, kerupuk pets, kacang-kacangan. Aku kasih rekomendasi jamuan tamu di hari lebaran nanti

Gorengan

Tirto.id

Kue-kue kering, ciki, coklat pasti tersaji lengkap di meja tamu untuk menyambut para tamu. Tapi tahu nggak sih ada beberapa orang justru lebih menyukai hidangan masih hangat. Maka dari itu, setiap tamu datang ke rumah, ibu menyuruhku menggoreng bakwan atau pisang goreng, sukun goreng sesuai tamu yang datang.

Please jangan komentar kolesterol!!! Ini dilakukan untuk memuliakan tamu. Jangan sampai sebagai tuan rumah kita tidak memberikan jamuan yang terbaik yang kita punya.

Cilok atau Bakso

Sweetrip indonesia

Hayo siapa yang kalo laper jajan cilok di gang sebelah. Ya pasti aku dong, cilok dimakan hangat-hangat, dicocol pakai saus sambal + kecap manis, hmm satu mana cukup. Apalagi kalau diplastikin terus dimakan dari pojokan, argh berasa nikmatnya hidup.

Nah ini juga kebiasaan dikelurgaku, kalo lebaran tiba pasti bikin cilok atau pentol untuk tamu lebaran. Kadang ibu juga sekalian buat kuahnya, di daerahku menyebutnya bakso. Lengkap dengan saus sambal, tahu, goreng, dan bihun.

Ah dijamin tamu nggak bakal puas makan sekali, pasti minta nambah hehe. Soalnya aku kalo diberi bakso di rumah bude mesti nambah hehe. Pasti disuruh ambil sendiri di dapur, kalo mau nambah.

Pudding

Cookpad

Pudding atau biasa menyebutnya dessert makanan. Anak kecil pasti doyan lah manis-manis gini. Cara buatnya gampang, bisa pakai pudding siap saji sudah tersedia di toko sebelah. Tinggal tambahkn susu evaporasi atau irisan buah-buah sebaga toping. Dimasukkan dalam cup-cup kecil, terus dimasukin lemari es. Tamu datang siap dihidangkan segar-segara gimana gitu.

Atau pudding dimasukkan dalam cetakan kecil bulat-bulat, kemudian disajikan dengan guyuran susu kental manis rasa vanila. Hmm yumy.

Lontong Sayur

Kompas.com

Fix kalian haru tahu, keluargaku kalo lebaran nggak bikin lontong sayur rasanya nggak afdol. Saudara yang datang dari jauh, pasti kalo datang ke rumah paling ditunggu adalah makan lontong sayur, orang sidoarjo menyebutnya lontong lodeh.

Lontong bikin sendiri? Oh sudah pasti, dimasak semalaman ayah dalam panci super besar. Ibu masak sayur lodeh super pedasnya. Isian sayur lodeh diantaranya kacang panjang, tewel, rebung, tahu sudah pontong kota kecil-kecil, udang kecil. Kuah bersantan berwana orens, hmm dipadukan potongan lontong bulat, satu piring mana cukup.

Tahu Berontak

Pinterest

Aku baru kepikiran kenapa nggak bikin tahu berontak frozen aja ya buat persiapan lebaran besok. Cara bikinnya gampag banget. Bahan-bahan yang digunakan 4-5 buah tahu, 1 bihun, telor. Dicampur jaid satu, dimasukkan dalam cetakan kemudian dikukus selama kurang lebih setengah jam. Kemudian dipotong kotak-kotak, lalu digoreng dalam balutan kocokan telur.

Hmm disajikan hangat-hangat dengan cocok saus dimsum. Satu mana cukup.

Nah itu tadi ide jamuan lebaran sederhana, nggak perlu mewah, bahan sudah tersedia di dapur. Tinggal kita action di dapur. Dijamin lemari es kalian penuh makanan lebaran. Udah nggak ada worry lagi kalo tiba-tiba tamu datang ke rumah.

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar