[recent]

Recent Post

3/recentposts

Pisang Goreng Dinobatkan Dessert Terenak Nomor 1 Di Dunia

18 komentar

 pisang goreng dessert terenak no 1 di dunia

Baru-baru ini rilis pernyataan mengejutkan sekaligus menggembirakan kalau pisang pisang goreng adalah makanan terenak nomor 1, sampai mengalahkan churros dari Spanyol. Bahkan pisang goreng menyandang prediket sebagai gorengan paling enak di dunia versi ensiklopedia makanan dunia Taste Atlas.

What yang bener aja. Emang gak salah lagi, makanan Indonesia itu kaa rasa, kaya cara mengolah. Cobea dibandingkan diluarkan negri kebanyakan dessert full dari tepung seperti croffle, croisant.

Kebanggaan akan kuliner Indonesia ini juga sempat diutarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui instagram resminya.

“Diantara 50 makanan pencuci mulut yang digoreng, pisang goreng menduduki posisi No. 1 kalahkan churros dari Spanyol dan donat dari Amerika,” tulis Kemenparekraf dikutip dari instagram resmi, Jumat. (17/2/2023)

Pisang goreng disebut makanan orang susah karena cara buatnya yang mudah. Identik makanan orang berpendapatan rendah. Bahasa kasarnya makanan tukang bangunan.

Sebagai warga +62 bagian kampung bangga banget dong, camilan kampung diakui sampai tingkat internasional. Sebenarnya darimana sih asal muasal pisang goreng berasal?

Tahun 1511 Portugis datang ke kawasan melayu. Mereka senang sarapan dengan pisang goreng yang sudah dibuka kulitnya lali dilumuri tepung dan digoreng. Orang Melayu mengadpsi cara ini untuk dijadikan makanan sehari-hari.

Makanan berbahan dasar pisang, dibaluri tepung, telur gula, dan sejumput garam sangat disantap disemua waktu. Apalagi sekarang variasi pisang goreng tidak sebatas sebatas pisang berbalut tepung saja. Diberi topping beraneka macam dan rasa.

Ada tiga jenis pisang yang enak digunakan untuk pisang goreng diantaranya 

 

pisang kepok
sumber nutriflakes.id

Pisang Kepok

Teksturnya yang tidak terlalu jemek, daging pisang kepok cukup keras dan padat membuat pisang tidak mudah hancur atau menyerap minyak selama digoreng. Eits tapi yang namanya gorengan pasti ngangkat minyak banyak kan ya hehe.

 

sumber halodoc.com

Pisang Tanduk

Jenis pisang ini identik panjang, kalau kalian sering menjumpai pisang di pasar ukurannya panjang sekitar 10 cm nah itu namanya pisang tanduk. Rasa buah pisang ini manis dengan sedikit asam. Daging buah pisang ini empuk dan lembut setelah digoreng menjadikan pisan ini sebagai santapan menguggah selera di kala masih hangat atau panas.

sumber allfresh.co.id

Pisang Uli

Jenis pisang ini sekilas mirip pisang kepok. Rasa pisang uli sangat manis. Sementara tekstur buahnya empuk, lembut dan terkadang lembek. Ukuran pisang uli tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Selain bisa digunakan pisang goreng, pisang uli bisa dijadikan keripik pisang dan sale pisang.

Ketiga pisang diatas sangat direkomendasikan sebagai bahan pembuatan pisang goreng. Bila tidak menemukan pisang tersebut, boleh kok memakai pisang jenis apapun hanya saja rasanya tidak senampol seperti menggunakan 3 jenis pisang atas.

Makananan eh camilan kalau aku menyebutnya. Pisang goreng tidak hanya enak saat hangat saja, meski sudah dingin, menikmati pisang goreng masih krenyes. Hanya yang membedakan, kira-kira tepungnya masih kriuk atau enggak hehe.

Pisang goreng zaman sekarang sudah beragam variasi. Camilan pisang goreng tidak hanya selesai disajikan dengan digoreng. Berikut macam-macam olahan camilan pisang goreng versi kekinian:

sumber https://shopee.co.id/pisang-goreng-kipas-Kalimantan-Pontianak-isi-5-i.18170748.4546964937

Pisang Goreng Kipas

Pisang goreng kipas adalah jajajan khas Pekanbaru, Riau, Pontianak, Kalimantan Timur. Sesuai namanya jajan pisang goreng ini tersaji seperti bentuk kipas.

Jenis pisang yang digunakan adalah pisang kepok. Pisang yang dipilih tidak terlalu matang. Satu buah pisang dipotong memanjang menjadi 2-3 bagian tidak sampai putus kemudian dibaluri tepung dan digoreng. Saat matang akan berwarna kuning keemasan baru diangkat.

sumber https://sukoharjo.pikiran-rakyat.com/kuliner/pr-2035198014/resep-pisang-goreng-pasir-cemilan-enak-sederhana-untuk-disantap-sehabis-lomba-agustusan

Pisang Goreng Pasir

Pisang goreng pasir merupakan kreasi dari Pontianak, Kalimantan Barat. Jenis pisang yang digunakan sama seperti pisang kipas menggunakan pisang kepok, hanya saja kalau ini tidak dibentuk seperti kipas.

Cara membuatnya satu buah pisang dibelah jadi 2 bagian, kemudian dilumurkan dalam adonan tepung basah, kemudian dibalurkan dengan tepung roti sebagai keremesan luarnya. Lalu digoreng sampai sampai berubah warna golden brown. Tampilannya mirip kroket dari luar.

sumber https://cookpad.com/id/resep/842473-pisang-goreng-telanjang

Pisang Goreng Telanjang

Disebut pisang goreng telanjang karena tidak dibalut adonan tepung. Jajanan khas Banjar memiliki kreasi unik dari bahan pisang raja. Pisang tersebut dipotong kecil berbentuk bulat sedikit serong, lalu digoreng dengan campuran mentega.

Pisang goreng khas Banjar ini disebut sanggara pepe. Penyajiannya cukup unik karena harus dicocol dengan sambal.  Proses pembuatannya cukup unik sebelum dibalur adonan, pisang ditumbuk dulu hingga pipih. 

sumber https://cookpad.com/id/resep/4721067-pisang-goroho-goreng-sambal-roa

Pisang Goroho

Pisang goreng khas Manado disajikan dengan sambal Roa. Sambal roa terbuat dari dari ikan roa disuwir atau dihaluskan dan ditumis dengan bumbu halus. Cita rasa sambal roa mirip dengan sambal lainnya. Gurih, dan terasa sedikit pedas.

Jenis pisang yang digunakan adalah pisang lokal Manado. Tekstur pisang mirip pisang tanduk. Untuk rasa pisang ini hambar dan rasa seperti ubi.

Belakangan masyarakat disana membuat pisang ini dalam bentuk stik.

 

sumber geotimes.id

Gedhang Goreng

Gedhang goreng adalah pisang goreng yang berasal dari Jawa. Dibuatnya dari pisang raja yan dipotong menjadi dua memanjang. Pisang dibelah menjadi dua  atau bahkan dipotong jadi dua. Kemudian dibalurkan adonan basah campuran tepung beras, telur. Kemudian digoreng hingga berwarna keemasan.

Bila ditempat tinggalku penjual pisang goreng banyak ditemukan didepan-depan rumah. Cara penyajiannya simpel setelah digoreng bisa langsung disantap. Rasa manis dari pisang, ditambah adonan tepung bercampr gula membuat cita rasa pisang goreng semakin nikmat disantap selagi hangat. Kalau di tempat tinggalku menikmati pisang goreng bersama ote-ote, tahu isi dan telo goreng.

sumber id.theasianparent.com

Pisang Goreng Mulut Bebek

Namanya unik ya kawan. Tapi kalau melihat penampilannya jauh dari kesan mulut bebek. Olahan pisang asal Ternate ini memiliki penamplan seperti keripik pisang. Bentuknya panjang dan tipis bisa dinikmati bersama sambal colo-colo, sambal khas ternate yang dibuat dari campuran cabe, tomat, jeruk nipis dan kecap manis.  Hmm gimana rasanya ya?.

Nah itu tadi olahan pisang goreng dari berbagai daerah di Indonesia. Berikut ini olahan pisang kekinian yang bisa kalian temukan didaerah perkotaan Indonesia atau bisa jadi ide jualan kalian.

Nugget Pisang

Olahan pisang yang dihancurkan, ditambahkan telur, tepung, gula kemudian dicetak dalam loyang. Kemudian dipotong bentuk kotak, dicelupkan dalam adonan tepung basah kemudian ke tepung roti agar makin kres diluar.

Penyajian ditambah toping coklat, keju, selai, dan rasa-rasa manis lainnya. Olahan ini bisa dijadikan frozen food, setelah adonan diberi tepung roti bisa dimasukkan dalam freezer. Sewaktu-waktu bisa digoreng. 

Pisang Rol

Pisang rol ini termasuk olahan simpel khas rumahan. Cara buatnya pisang dihancurkan sampai lembut, tambahkan tepung terigu, gula. Ambil selembar kulit lumpia, letakkan adonan pisang setengah sendok secara memanjang jangan menebal, kemudian gulung memanjang. Rekatkan kulit lumpia dengan air. Lalu goreng sampai berwarna keemasan. Setelah matang tambahkan topping manis diatasnya. Hm yummy.

 

bolu pisang

Bolu Pisang

Olahan satu ini tidak menggunakan menggunakan minyak goreng, jadi bisa dikatakan rendah kalori. Cara buatnya pisang dihancurkan sampai lembut, tambahkan tepung, telur dan gula, baking powder, kemudian pindah ke dalam loyang lalu kukus. Sudah matang siap dihidangkan tanpa digoreng.

Wah praktis bukan, bolu pisang ini bisa jadi referensi untuk hantaran ke rumah saudara.

Selebihnya kreasi pisang goreng ini yang membuat lebih nikmat adalah tambahan topping beraneka macam membuat lidah ini enggan berhenti melahap meski sudah makan berkali-kali. Hangatnya pisang goreng berpadu kriuknya keremesan, dengan sentuhan minyak-minyak bawaan dari wajah semakin membuat gairah menolak menyantap menu yang manis ini.

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

18 komentar

  1. favorit sih emang pisang goreng ini, aku klo makan di angkringan seringnya jga pake pisang goreng sebagai dessert

    BalasHapus
  2. Pisang goreng memang juaranya cemilan. Apalagi kalo disantap pas hangat. Wuih .... Kriuk, kriuk. Wajar jadi kudapan favorit tingkat dunia.

    BalasHapus
  3. Duh kenapa pula jam segini aku bayangin makan gorengan pisang manis. Paling seneng pisang yg udh matang digoreng sama tepung. Hihi
    Atau, dibikin piscok.

    BalasHapus
  4. Wow amazing, Mbak. Makanan lokal yang mendunia ini, Mah. Makanan favoritku dan anak². Apalagi kalau dapat pisang yang kepok kuning, hmmmm yummy. Soalnya disini seringnya kepok putih pisangnya, huhuhu

    BalasHapus
  5. Wah wah semua kesukaan semua kreasi pisang aku suka.. enak enak semua

    BalasHapus
  6. Jujurly emang pisang dimakan biasa pun udah enak, apalagi pisang goreng terus pisangnya pakai pisang kepok yang matang. MasyaAllah nikmat Tuhan manalagi yang kamu dustakan

    BalasHapus
  7. Ya Allah, kagum banget sama kreativitas manusia dalam menciptakan dan mengkreasikan makanan berbahan dasar pisang. Memang kalau dilihat, bentukannya tetep pisang goreng, tapi ada banyak sekali olahan bahan yang bisa semakin memperkaya rasa si pisangnya itu sendiri.

    Aku beneran punya kesukaan tempat beli pisang goreng kipas ueenaaakk...
    Tapi sayangnya di Surabaya. Karena sekarang aku dom Bandung, jadi sesekali aja belinya pas pulkam.

    Tiada lawan kalo uda makan pisang goreng tuh yaa..

    BalasHapus
  8. Olahan pisang emang enak-enak ya Mba. Saya baru tahu nih pisang goreng dinobatkan sebagai dessert terenak ngalahin churos. Selain pisang goreng, bolen juga enak. Ah pisang kipas dan olahan pisang lain pun nggak kalah lezat

    BalasHapus
  9. Pisang ini emang buah sangat kaya manfaat bagi kesehatan. Diolah apapun wenaaakkkk enggak heran sih jadi dessert terenak

    BalasHapus
  10. Pisang dicocol sambal, kayak apa ya rasanya? Jadi kepo saya. Kapan-kapan dicoba deh.
    Pisang tuh memang makanan serba bisa, dibuat apa saja hayuk gitu istilahnya. Kalau ada hajatan di daerah saya, ibu-ibu bisa membuat berbagai olahan hanya dengan bahan pisang sebagai tokoh utamanya.

    BalasHapus
  11. Wah ngomongin pisang aja gak ada habisnya yaa. Kaya sekali Indonesia dengan kearifan lokal pisangnya. Banyak olahan dan berbagai macam jenis. Jelas bangga sebagai warga kampung pisang masuk ke dunia internasional, hehe. Nugget pisang yang kekinian sampai sempat viral ya banyak yang jual.

    BalasHapus
  12. Hihang hoheng, kalau kata pak Sandiaga Uno. Aku penasaran khas Manado nih, pisang goreng pake sambel roa? Menarik sepertinya :D

    BalasHapus
  13. Iya nih beberapa waktu lalu aku juga ngelihat hasis survey.y dari taste of atlas yang menobatkan pisang goreng ini sebagai gorengan terbaik dunia, emang lezat sih pisng goreng ini, mantep!

    BalasHapus
  14. Aku baru aja beli strudle.dr malang eh disni bahas pisang. Pisang goreng adalah kesukaan anak keduaku. Hahaha aku galfok ma pisang dicocol smaa sambel

    BalasHapus
  15. Pisang goreng termasuk makanan yang paling mudah diolah buat penganan apa saja ya. Dibuat keripik pisang saja saya suka, apalagi pisang goreng yang sangat mudah dimasak, sedapnye!

    BalasHapus
  16. Paling enak tuh makan pisang goreng pasir. Apalagi pas selesai mencangkul di kebun, dibarengin sama teh panas..wiih enak beet

    BalasHapus
  17. Pisangg salah satu buah simpel dengan kopi gak...pisang sukaa yg di goreng kasih topping es cream emm yummy

    BalasHapus
  18. aku pisang goreng suka gandumnya aja kak heehe, aku gak suka pisang, sukanya itu pisang ijo yang lain enggak

    BalasHapus

Posting Komentar