[recent]

Recent Post

3/recentposts

Kamera Gimbal ASUS ZENFONE 9: Cocok Untuk Belajar Jadi Influencer

13 komentar

Gimana sih rasanya jadi orang serba tidak kekurangan? Gimana sih rasanya jadi orang yang tidak pernah kekurangan dalam kondisi tertentu. Pernah aku merasakan diposisi itu, merasa tidak ada uluran bantuan orang terdekat, support positif circle teman kita. Capek iya, mengeluh iya, terus mau kamu apa?.

Perasaan ingin dimengerti orang sekitar, ingin dinggap layak dimata orang sekitar. Tapi tentu tidak semudah kilatan petir, menjalani aktivitas dengan pilihan yang sudah kita pilih. Aku memang bukan pekerja kantoran di gedung pencakar langit, juga bukan anak pejabat konglomerat yang setiap ucap, benda dikabulkan.

Aku sudah memilih jalan ketidaksengajaanku menjadi influencer kecil kecilan, kok menyebutkan kecil-kecilan? Karena diriku belum menjadi seperti mereka yang namanya saat di search di google karya sudah bejibun. Meski orang terdekat tidak me-support, aku tetap percaya diri dengan segala keadaan yang ku punya.

Emang tau apa itu influencer? Honestly tidak paham sebelumnya. Awal- awal yang ku tahu influencer itu review produk di media sosial dan dapat produk gratisan. Bayanganku yang enak-enak aja. belum tahu rintangan.

First job blog sudah, saat mencoba tantangan baru, mencari job instagram. Lolos job dikirims produk ke rumah, nomer whatsapp dimasukkan WAG biar aku membaca brief job review skincare tersebut. Dalam bier itu dijelaskan, diminta membuat video review skincare wajib ada pemakaian ke kulit secara langsung dan juga mengupload foto di feed instagram.

Ah pasti mudah bikin video aja? aha nyatanya tidak haha. harus take berkali-kali, bahkan satu kali adegan yang sudah kita rencanakan bisa take lebih dari tiga kali. Itu baru take video belum editnya lho. Total kala dihitung buat video sekaligus edit bisa setengah hari sendiri. Untuk menghasilka satu vudeo berdurasi satu menik butuh perjuangan masyaallah. Gimana conten creator diluar sana yang mandiri bikin video review tayang setiap hari, kira-kira gimana mengatur schedulnya? Editing videonya gimana?

Ternyata semua bisa jadi konten creator kok! Syarat niat dan bisa manajemen waktu. Kebiasaan disaat senggang jam kerja scroll tiktok fyp mbak guru selain dia pengajar dia jadi konten creator tiktok, malahan cuannya tiktok lebih menggiurkan dibanding jadi guru.

Lalu kenapa profesi gurunya nggak ditinggalkan saja? Sini aku jelasin, di dunia kita perlu pengakuan dan perlu dihargai di mata orang banyak. Sedangkan di tengah-tengah masyarakat profesi guru sangat luar biasa marwahnya. Pernah nggak denger kata begini “pantes anaknya pinter, lah emang anaknya guru”.

Meskipun gaji guru hanya sak klebatan kalau kata orang jawa, tapi pegaruhnya itu loh nggak bisa dituker dengan apapun. Menjadi konten kreator di tiktok, instagram atau platform lainnya sebagai ladang menutupi kebutuhan yang masih belum tercover jadi guru.

Apa Sih Untungnya Jadi Konten Creator Ala Aku?

Modal Personal Branding

Secara tidak sadar kalau kita sering membuat konten positif misalnya mingguan, hal itu menunjukkan identitas diri si pemilik akun tersebut. Maka dari itu dalam bersosial media selalu tebarkan vibe positif baik itu feed postingan, story, sampai berkomentar di akun orang lain.

Kenapa? Karena itu adalah rekam jejak digital kita, semakin banyak rekam jejak digital positif makin bagus pula image kita di social media. Tidak menutup kemungkinan akun kita bisa mendapat DM (Direct Message) dari marketing promotion untuk dimintai kerjasama.

Atau bila tidak minimal followers kita bertambah seiring berjalannya waktu karena kita sendiri rajin upload postingan. Egagement rate (ER)  kita naik, ini bisa sebagai syarat meng-apply job dan berpeluang besar lolos job sebagai influencer.

Kalau kalian lolos! Selamat bekerja sekaligus berkreativitas, mengerjakan job sebagai influencer juga jadikan cermin portofolio branding diri kalian. hal ini bisa jadi pemantik job job selanjutnya.

Asah Kreativitas Model Baru

Akan ditemui konten kreator dengan kreativitas luar biasa. Tidak masalah mereka semua terbentuk tidak begitu saja, semua karena proses. Tidak percaya diri ngomong di depan kamera, merasa stuck ide nggak muncul, jalan keluarnya ya scroll apa saja trending hari ini. Amati, pelajari, dan modifikasi sesuai dengan gayaku.

Nah tiap minggu pasti ada saja tren terbaru, yang kalau mau views naik ya kita harus ikuti trend tersebut dengan syarat modelnya kita sesuain dengan style kreatif di diri kita.

Kita Dikenal Orang

Pernah melihat konten kreator kasir. Aku lupa nama mbak nya siapa, mbak in sering upload konten saat dirinya melayani pembeli di kasir.  Gaya dia melayani pembeli amat ramah, dia penjual aksesoris perempuan di daerah Jawa Barat, setiap selesai transaksi selalu ada kalimat “Ati ati ya” disetiap videonya.

Nah konten mbak kasir yang sering fyp ini lah menarik pembeli dari dari netizen ke pembeli secara nyata. Awalnya tidak tahu lokasi toko aksesoris, gara-gara konten mbak kasir ini, orang jadi penasaran untuk datang ke toko nya langsung. Bahkan pengunjung toko tidak hanya di daerah itu saja, luar daeah pun jauh-jauh datang kesana. Dan kalau ada pembeli luar kota pasti ditawari “Mau masuk video aku nggak?”.

Nah personal branding yang dibangung perlahan mbak kasir ini jadi identitas dirinya, dan justru membawa berkah dikenal orang lewat tiktok di dunia nyata.

Syarat Jadi Konten Kreator?

Jadi conten creator tidak melulu harus good looking, good speaking, punya peralatan lengkap. Owh kecuali anak sultan bebas. Setelah aku telaah konten kreator itu punya peran sebagai edukasi entah itu dilihat dari sisi mana saja. Konten kreator yang baik adalah yang bisa memproses apa yang diterima kemudian disebarkan kepad orang lain, istilahnya vibe postif gitu.

Punya waktu

Jika sudah komitmen jadi konten kreator, manajemen waktu harus maksimal. Kapan jam kerja? Kapan jam bersih-bersih? Kapan jam bikin konten?, semua harus ditata sedemikian rupa agar tidak ada hal yang dikorbankan sia-sia

Hal tersebut juga bentuk tanggung jawab atas pilihan yang sudah kita pilih. Terkadang faktor ambisi pekerjaan utama, dan konten kreator tidak berjalan beririingan. Maka dari itu berhati-hatilah menata jam untuk sebuah tanggung jawab. Karena bila nama kita sudah dikenal orang, kemudian tiba-tiba ada kesalahan sedikit yang itu berasal dari kitanya, maka nama kita jadi jelek.

Membangun image itu susah tapi memepertahankan itu jauh lebih sulit.

Mau Belajar

Tidak bisa dipungkiri setiap hari konten fyp selalu aja saja. Paling tidak kita harus up to date hal apa yang booming saat, lalu dikompilasi dengan style konten kreator. Untuk menuju puncak maka kita harus mendaki dulu. belajar untuk memperbaiki apa yang kurang, belajar dari konten kreator lain.

Kalau aku lagi belajar edit video yang bagus bagaimana? Bagaimana bikin transisi mulus? Bagaimana teknik ambil angle foto sempurna?.

Punya Senjata Memadai

Jadi content creator pastinya harus punya senjata katakanlah kamera. Kalau nggak punya? Pakai smartphone bisa. Bagi pemula, tahap belajar tidak ada salahnya menggunakan smartphone untuk keperluan konten video misalnya. Aku pun begitu melihat konten video orang di tiktok jernih, lighting bagus, VO oke, hasil video jerninh nggak pecah, dibandingkan aku tidak ada apa-apanya.

Perlahan hidayah itu turun padaku, kenapa harus takut melakukan? Semua ada prosesnya. Pokoknya coba dulu, lakukan, masalah orang lain terima atau tidak urusan belakangan. Berbekal hp kentang yang kumiliki saat ini aku memulai percaya diri membuat konten video unboxing lip cream.

Di waktu senggang scroll beranda instagram atau tiktok, ngebayangin kapan ya punya kamera jernih bisa ambil video bagus? ngebayangin kala ambil video di malam hari tapi tetep jernih videonya meski sudah diedit nggak bakal pecah. hmm ada postingan ASUS Zenfone 9 sudah rilis.

Siapa sih yang nggak kenal brand ASUS, brand yang sudah mengeluarkan beragam produk gawai memudahkan penggunanya. Resmi di lanching di Indonesia 17 November 2022 – ASUS Zenfone 9 ini adalah gawai ringkes 5,9 inci dimana didesain ulang sepenuhnya dengan kinerja tinggi  dan fitur baru menarik. Didukung platform seluler Snapdragon ®8+ Gen 1 unggulan terbaru.

ASUS ZENFONE 9 Kamera Gimbal Hasilkan Video Memukau

Desain modern menampilkan sistem kamera ganda yang diugrade optimal dengan Sony® IMX 766 Kamera utama 50 MP yang menampilkan 6-Axis Hybrid Gimbal stabilizer baru, electric image stabilizatin (EIS) dan teknologi auto fokus ultracepat untuk foto dan video tajam dan bebas guncangan. Kamera ultrawide 12 MP IMX 363 dan kamera depan 12 MP IMX 663 punch-hole untuk selfie dan video chat yang dipilih. Honestly spek kamera ini yang diidamkan untuk ambil video siang atau malam hari.

Kamera belakang ASUS Zenfone punya dua boba cukup besar. 9/10 youtuber setuju ASUS Zenfone 9 kameranya oke banget. Iphone 13 promax bakalan kalah karena bobanya lebih besar. Kamera depan 12 MP, IMX 663 sensor, 1.22 um pixel size, Dual PD autofocus.

Boba yang pertama bagian atas 50 MP wide camera dengan sensor IMX 766, lensa 1.9. Sudah sangat pas banget untuk ambil video. 6 Axis Hybrid Gimbal Stabilizer untuk merekayasa kamera, lebih smooth saat syuting video.  Video tetap fokus nggak akan goyang. Buat kalian yang suka ambil video sambil bersepeda, jogging nggak perlu khawatir video bakal goyang.  Cukup handpone dipegangin, Gimbal inilah yang bekerja menfokuskan gambar.

Boba kedua 12 MP ultra wide IMX 363 diafragma 2.2. Ultra wide 113 derajat, efek distorsinya tidak terasa, ya maklum karena di urutan kedua.

Smartphone Desain Mungil

Kalau kalian pernah lihat desain smartphone ASUS tidak dalam satu genggaman, rupanya ASUS memberikan solusi agar smartphone mudah dibawa. Desain pojoknya didesain tidak lagi dibikin cekung tapi dibuat sedikit rectangle.

Chipset Zenfone 9 dibikin 10% lebih besar, kamera 40% lebih besar, baterai lebih low konsumtif.

Punya 4 warna elegan yakni merah, putih, biru, hitam. Yang baru dari desain ASUS Zenfone ini tahan air dan debu karena sudah suppor IP68. Jadi nggak perlu khawatir kalau take video di kamar mandi terkena cipratan air hehe. Tapi jangan dipakai berenang karena ASUS belum support.  

Fitur anti finger print ini sangat membantu bila tangan kalian berkeringat tapi harus balas whatsapp atasan, hanya saja jangan keseringan karena bisa terjadi gesekan dan warna pun memudar.

Support Momen Malam Hari

Hasil jepretan kamera belakang saat malam hari sangat memuaskan, ada tidaknya lighting tidak berpengaruh. Hasilnya seolah mengambil kamera pakai lighting. Bila dibandingkan dengan ASUS Zenfone 8 hasilnya tidak sebening ASUS Zenfone 9. Wow sangat membantu kaum seperti aku yang tidak sempat mengabadikan momen di siang hari.

Hasil gambar kamera sangat mencolok, tapi itu sangat membantu memperjelas ikon yang dipotret.

Abadikan Momen Dengan Sempurna

Bila di malam hari aja support sempurna apalagi di siang hari. Spek kamera ASUS ini cocok untuk kalian suka mengabadikan momen di setiap tempat. Distorsi yang dihasilkan benar-benar bersih banget. Namun saturasi agak kurang pas aja, karena agak tajam but bisa diatur lagi. Untuk background foto mereka tidak terpisah.

Pecinta makanan wajib pakai Zenfone 9 ini, foto makanan dari jarak 4 cm sangat membantu memperjelas objek yang difoto.

Kamera depan 12 MP, biasa auto fokus, buat tiktok sangat berguna cukup cahaya bantuan. So far untuk kamera nggak seberap worth itu , cuma untuk kamera belakang hasilnya menggila.

Smartphone Nggak Lagi  Kepanasan

ASUS Zenfone yang kukenal adalah smartphone panas, bahkan untuk main instagram dibarengkan dengan aplikasi lain sudah panas banget. Saking panasnya kukus telor pun bisa matang haha.

Nah dis ASUS Zenfone 9 thermalnya dibikin seminimal mungkin tidak akan kepasan lagi. Buat yang hobi live nggak usah khawatir kepanasan, dia tetap ada panas hanya sesuai penggunaan. 

 


Audio Yang Dihasilkan Memuaskan

Smartphone ini cocok untuk influencer yang ambi suara tiap hari. Tanpa bantuan mic pun suara yang dihasikan tetap jernih. Percobaan salah satu youtuber pengambilan audio disandingkan hair dryer, pengambilan suara video tetap jernih. Please smartphone ini sangat menolong kalian yang tinggal di gang dimana saat siang hari banyak suara-suara yang mungkin masuk ke video kalian.

Karena audio HDR yang menconvert suara jadi lebih lantang. Playback video juga mantap.

Effortless Unlocking Bikin Pangling

Kalau smartphone lainnya fungsi tombol ini hanya on off, tapi di ASUS Zenfone bisa melakukan banyak hal, bisa scroll, atau kalian bisa pilih di pengaturan mau difungsikan untuk tombol apa.

Dibagian belakang back double tap bisa difungsikan untuk tap camera, screenshoot, lampunya, dan itupun bisa diatur sesuai kebutuhan.

Support Healing

Smarphone Zenfone 9 ini cocok untuk bacpaker, dibawa  jalan-jalan. Desainnya yang One-Hand UI sangat mendukung. Ditambah  fitur tahan air, tahan debu uh pas banget dibawa trip ke alam gunung ataupun laut.

kalau ditanya untuk video zoom ukuran terkecil pecah nggak? Karena fokus Zenfone 9 ini video smooth jadi untuk zoom masih belum.

Smartphone baterai 4300 mAh bisa dipakai seharian. Layar super amoled bikin baterai awet. Untuk pengisian full 100% diperlukan waktu 1 jam setengah. Misal kalian ingin charge di 90% bisa loh disetting, saat di angka angka berhenti charge.


Jadi cocok nggak sih untuk bikin video ala a day in my life

? Cocok banget, Zenfone 9 ini dari segi video sangat tidak mengecewakan hasilnya. Terutama gimbal yang punya 6 sumbu, bisa dibayangkan betapa smooth video yang diciptakan.

Ditambah aksesoris Zenfone 9 ini limited edition, karena dijual terpisah. Rupanya Zenfone 9 sengaja dibuat untuk mengistimewakan pelanggannya.

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari


lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

13 komentar

  1. Tentunya ketika merintis sebagai influencer dibutuhkan smartphone yang mumpuni, agar konten foto / video yang dihasilkan bagus. Jika hasil bagus klien percaya dan mau bekerja sams lagi. Thx ulasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget..
      Kualitas kamera juga perlu diperhatikan saat kita meng endorse barang ataupun untuk membuat video. Karena kalau kualitasnya tidak bagus gambar yang akan diambil pun akan jelek.

      Hapus
  2. Asus memang gak tanggung-tanggung keluarkan produk baru ya mbak. Saya pun ingin rasanya beli handphone Zenfone ini. Cocok banget untuk ngeblog

    BalasHapus
  3. Asik ya ponsel teranyar Asus ini. Asus Zenfone 9 sudah dilengkapo gimbal. Jadi mau ngonten apapun ada jaminan gak goncang video dan gambarnya.

    BalasHapus
  4. Wah, pasti sangat terbantu ya dg adanya gimbal Asus Zenfone 9. Jd tambah semangat bikin konten ya. Produk Asus mmg kece ya

    BalasHapus
  5. Modal kece buat kreator konten ini sih ya gimbal Asus Zenfone 9. Keren banget fitur2nya..kameranya aduhai banget speknya. Joss deh!

    BalasHapus
  6. Saya salut dengan guru yang jadi influencer. Semoga sukses terus ya, Mbak. Semoga tercapai memiliki Zenfone 9 yang keren.

    BalasHapus
  7. Duh, siapa sih yang ga mupeng sama produk Asus satu ini, Zenfone 9.
    Si mungil dengan kamera gimbal anti ghosting. Compact size big possibilities.

    BalasHapus
  8. Wah idaman banget ya Asus Zenfone 9. Dengan kualitas gambar yang bagus cocok banget untuk membuat konten.

    BalasHapus
  9. Bagus banget nih Asus Zenfone.. Dari dulu sudah terkenal banter untuk kerjaan yang berat berat seprti editing video.. Cocok untuk vlogger

    BalasHapus
  10. Mau jadi Vlogger pun makin mudah dan makin simple nih dengan ASUS Zenfone 9 dengan kamera himbal. No worry dong sama hasil yang berkualitas dengan gawai satu ini.

    BalasHapus
  11. Azuz brand fav akuu sejak lama karena terbukti awet kuat ...jadi mupeng dengan produk terbarunya Zenfone 9 (gusti yeni)

    BalasHapus
  12. Kamera dengan Fitur Gimbal memang dibutuhkan banget pada saat ini karena memang hasilnya fokus dan tidak goyang seperti pada ASUS Zenfone 9, cocok buat saya yang kalau rekam video suka rada tremor hihi :D

    BalasHapus

Posting Komentar