[recent]

Recent Post

3/recentposts

Resep Tumis Sawi, Kentang, Pentol

1 komentar


Assalamualaikum alhamdulillah sudah hari sabtu aja nih waktunya coba-coba dunia per dapuran hehe. Hari ini lagi nggak pengen masak bahan-bahan ribet amat, efek mager  menganjurkan untuk stay di kasur aja. Tapi kalau mengandalkan mager, sampai siang di meja makan kagak ada yang dimakan dong wkwk. Ya kalau ikut orang tua, pagi-pagi kagak usah pusig mau makan apa? Pastk sudah dibantuin ibunya. 

Kutandaskan diri ini menuju pawon belakang, membuka isi kulkas melihat, sambil mencari ide apakah menu sabtu ini? Hmm akhirnya tercetus olahan masakan simpel pol yakni Tumis. 

Biasanya menumis itu fokus pada satu bahan saja, misal tumis cah kangkung, tumis tahu tempe, tumis kentang, tapi kali ini aku mix sayuran, pentol sisa di freezer, kentang. Kira-kita gimana ya cara bikinnya. 

Bahan-bahan

1. Pentol (bebas pentol sapi atau ayam)

2. Kentang (potong dadu)

3. Sawi

4. Bawang putih 4 siung

5. Bawang merah 3 siung

6. Cabai 5 biji 

7. Laos

8. Jahe 

9. Daun salam

10. Cecek (kulit sapi)

11. Kemiri

12. Merica 

13. Garam

14. Gula

15. Penyedap rasa


Cara memasak 

1. Siapkan pentol diiris tipis-tipis atau dibelah dua, kentang potong dadu, kulit sapi direbus terlebih dulu sampai empuk baru di potong dadu 

2. Ulek bawang merah, bawang putih, cabai, kemiri sampai halus. 

3. Geprek laos dan jahe

4. Siapkan minyak secukupnya di wajan khusus menumis, setelah panas masukkan bumbu ulek tadi, daun salam, jahe, laos oseng sampai aromanya harum.

5. Masukkan sawi lebih dulu sampai agak layu, baru cecek, terakhir pentol.

6. Aduk teru sampai tercampur rata

7. Beri garam, gula, merica bubuk, penyedal rasa

8. Aduk lagi sampai rata

9. Terakhir beri kecap, supaya strong manisnya.

10. Cek rasa lagi, aduk sampai tercampur semuanya.

11. Matikan kompor, tumis siap dijadikan pakai nasi hangat deh.

Lauk untuk masakan tumisan kali ini sederhana aja, tempe dan tahu goreng aja. Lagi kangen makan tempe tahu yang di goreng aja. Apalagi tempenya udah di rendam semalaman, wah hasilnya asih gurih gimana gitu. 

Pasti kalian pernah kan merendam tempe tahu di larutan air bawang putih dan sedikit bawang putih. Rasanya gurih-gurih nyoiii.

Gimana sederhana bukan menu sabtu aku kali ini, buat kalian anak kos bisa dicoba nih resep sederhana dijamin tidak mengecewakan dari segi rasa. Kecuali rasa untuk dia yang udah berkeluarga wkwk. 


lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

1 komentar

Posting Komentar