[recent]

Recent Post

3/recentposts

Review Gampang Cuan : Kisah Pemuda Desa Menginginkan Cuan Banyak Dalam Waktu Singkat

3 komentar

“Kebahagiaan bukanlan dinilai dari seberapa banyak uang yang dipunya” agaknya film Gampang Cuan menjelaskan secara rinci maksud kata tersebut. dilihat dari judulnya Gampang Cuan? Seolah mustahil di dunia ini mendapatkan cuan mudah dengan usaha seadanya. Untuk mendapatkan cuan harus ada yang dikorbankan. Berbohong contohnya.

Film berjudul Gampang Cuan sudah tayang di bioskop mulai 25 April 2024

Sultan diperankan Vino G Bastian. Merantau ke Jakarta hampir tiga tahunan. Selalu memberi kabar pada keluarga di desa dirinya sudah jadi orang hebat dan bergaji besar. Kirim uang bulan ke orangtua menggunakan uang pinjaman.

Adik perempuan Bilqis diperankan Anya Geraldine tergiur pekerjaan abangnya di kota. Ingin menyusul abang Sultan ke Jakarta. Ditolak habis-habisan, karena memang pekerjaan abangnya tidak sesuai ekspektasi yang dijelaskan saat di telfon.

Bilqis pun nekat berangkat ke Jakarta menemui abangnya di kantor tempat bekerja abangnya. Sesaampainya disana adik perempuan itu tidak menemukan abangnya. Dia diantar seseorang menemui abangnya yang tak lain adalah teman Sultan.

Pemadangan sungguh luar biasa. Sultan ketahuan ditagih deptcollector untuk bayar hutang. Hal itu membuat adiknya bertanya-tanya dan marah besar karena kondisi Sultan di Jakarta tidak sebaik yang dia ceritakan di telfon.

Saat malam hari mati lampu karena token listrik habis. Supaya tidur terlelap Sultan terbiasa minum obat bius.

Keluarga yang masih memegang prinsip sopan

Bilqis ingin mencari pekerjaan untuk membantu perekonomian abangnya. Dia menemui temannya di tempat SPA untuk meminta pekerjaan. Rupanya pekerjaan temannya adalah pijat plus plus. Sontak adik perempuan menolak dia betul-betul menjaga dirinya dari hal-hal tidak senonoh.

Ada tawaran di tempat yang sama tanpa melakukan pijat plus-plus. Setelah dipikir yah lumayan cuan dia ambil. Dia mendapatkan customer sedikit kurang ajar, tanpa pikir panjang dia menghajar customer itu. tau dong apa adegan selanjutnya. Dipecat. Yes seperti di tempat kerja di dunia nyata, tidak melayani customer dengan baik sekalipun customer kurang ajar tetap pegawai kena salah.

Customer tersebut bernama Evan. Pemuda kaya raya hasil pekerjaan trading saham. Bilqis itu menceritakan pada Sultan bahwa ada pekerjaan menjanjikan menghasilkan uang banyak.

Kegigihannya tidak diragukan

Dalam cerita ini menggambarkan kegigihan orang dari desa meski minim pengetahuan selagi mampu menjalani semua diterjang. Mereka berdua belajar trading saham dengan Evan.

Gerak cepat turunnya perusahaan kan tidak ada yang tahu kecuali kita bertanya langsung padanya. Mereka berdua rela membuntuti para bos-bos di tempat golf demi secuil informasi. Di kesempatan lain mereka berdua rela menyamar sebagai tamu kehormatan dalam acara orang-orang penting. Demi mendapatkan informasi saham cepat.

Hidup dalam kebohongan tidak selamanya menyenangkan

Sultan adalah kakak sekaligus kepala rumah tangga. Ibu yang berada di kampung tidak mengetahui bawah rumah yang ditinggalinya sudah dijaminkan di Bank karena mendiang bapaknya tidak mampu melunasi hutang  kepada tetangganya. Sultan diminta mengosongkan rumah yang ditempati Ibu di kampung.

Demi menyenangkan Ibu sekaligus agar tidak kecewa sultan meminta Ibu datang ke jakarta dengan alasan adiknya sakit ingin bertemu ibu. Sultan meminjam rumah Evan untuk dijadikan alasan sebagai rumah sultan. Dan seperti ibu sultan bergembira melihat kesuksesan anaknya.

Di lain sisi perjajian Evan dan Adik perempuannya yang sepakat meminjamkan rumah, rupanya Evan sakit hati karena hubungan perasaan dirinya dianggap sebagai perjanjian bukan melangkah ke jenjang serius. Evan sengaja mendatangi ibunya Sultan di rumah dan menceritakan semua permasalahan Sultan.

Ibu pun angkat kaki dari rumah Evan meminta Sultan mengantarkan ke rumah sultan sebenarnya.

Uang hasil trading saham sudah dipegang, nahas sultan terkena kasus dan harus mendekam dipenjara. Adik perempuan sedang dilema uang hasil trading saham itu antara digunakan membebaskan sultan atau mengikuti lelang penjualan rumahnya.

Namun ibu dan kedua adiknya berubah fikiran membebaskan Sultan dibanding menyayangi uang yang dipunya. Dari sinilah kebahagiaan tersirat, kekayaan melimpah sebenarnya adalah lengkapnya keluarga

Sungguh happy ending yang membagongkan. Patut diapreasiasi Vino G Bastian sebagai peran utama benar-benar perfect dalam berakting. Setelah bebas dari penjara Sultan melamar pekerjaan dan mengikuti tes wawancara. Dia diminta Pimpinan menjelaskan tentang saham. Sultan menjelaskan dengan cara yang mudah dipahami. Ketika ditanya mau digaji berapa? . Sultan menjawab ”Samakan dengan gaji ibu”.

Inilah definisi belajar dari pengalaman. Dulu Sultan menjawab seperti itu diremehkan karena pengetauhuan nol tapi setelah punya bekal dan pengalaman boleh dong gaji tinggi.

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

3 komentar

  1. menarik juga jalan ceritanya mbak, karena memang terlihat realistis di kehidupan
    kadang mereka mereka yang hidup di kota menceritakan kepada keluarganya dengan melebih-lebihkan karena ga mau keluarga kepikiran gitu
    dan nggak nyangka juga kalau Anya berperan di film ini, penasaran sama actingnya

    BalasHapus
  2. Relate sama kondisi saat ini yang mana kadang perantau dari desa enggak jujur akan kehidupannya di kota. Bahkan menghalalkan segala cara demi gampang cuan....
    Penasaran Vino akting di sini

    BalasHapus
  3. Aaa keren nihh filmnya.. Benar lgi kebahagiaan gak dinilai dari uang tapi bagaimana cara kita mendapatkannya dgn usaha yaahh... Walau di film contohnya agar melenceng namun ada bnyak pelajaran yg bisa kita dapatkan dari sana..

    BalasHapus

Posting Komentar