[recent]

Recent Post

3/recentposts

5 Tempat Wisata Favorit di Pasuruan, Bisa Jadi Referensi Libur Lebaran Kamu

4 komentar

 

Merayakan lebaran berkumpul sanak saudara, keluarga besar untuk menyambung silaturahmi tatkala jadi suasana yang ditunggu-tunggu. Teruntuk mereka yang merayakan tradisi mudik ke kampung halaman sudah pasti vibes pedesaan paling dikangenin. Ada yang mudik antar kota, antar provinsi bahkan mudik antara desa. Lumayan bisa menghemat ongkos kendaraan.

Vibes lebaran mulai terasa h-1 malam takbiran sampai esok 1 Syawal pada pukul 10 pagi hari. Selebihnya terasa momen liburan hanya beda lokasi. Bukan tidak mungkin sisa hari di kampung halaman hanya dinikmati di rumah nenek. Akan muncul list wajib mengunjungi tempat wisata di kota tersebut.

Di Jawa Timur tepatnya di kota Pasuruan. ada beberapa rekomendasi buat kamu menikmati libur lebaran bersama saudara. Kota Pasuruan bisa di akses dari Malang, Sidoarjo, Lumajang bahkan Situbondo. Berikut rekomendasi tempat wisata di Pasuruan.

Lembah Pandawa Bali Van Java 

Salah satu tempat wisata mulai hype di awal tahun 2024. Lokasinya di kecamatan Pandaan. Banyak spot foto vibes ala Bali banget. Ada area kolam renang dengan pemadangan super cantik. Gapura nya ituloh identik khas Bali banget.

Selain kolam renang dan playground, tersedia juga Resto “Menu Nusantara” dengan kosep  semi indor adem dan nyaman banget. Menu makanan yang disediakan khas makanan ber-sambel seperi guramen, ayam goreng. Menu makanan lesehan intinya.

Tempat restonya yang cukup luas, recomended untuk acara keluarga, gathering rekan kerja. Ditambah view tempat makan ala-ala bali makin terasa seperti makan di Bali langsung.  

Tiket masuk Rp. 15.000/orang

Buka dari pukul 08.00 – 17.00 WIB

Taman Edelwiss Bromo

Lagi nih tempat wisata alam yang kupastikan bikin candu kalian. Lokasinya di Tosari. View cakep-cakepnya di jam 10 pagi atau sore hari. Rekomendasi ngopi bareng doi, besti viewnya langsung gunung dengan suasana berkabut.

Kenapa dinamakan taman edelwis? Karena view kafe ini menghadap taman edelwis, dimana bunga edelwis adalah khas bunga yang tumbuh di bromo.

Buka dari pukul 09.00 – 16.00 WIB

Tiket masuk Rp. 15.000/orang

Kafe Kedai Lalie Djiwo 

Kafe Estetik di pasuruan. rekomendasi ngopi lokasi hawa adem di prigen. Lokasi lengkapnya di camping ground kakek bodo prigen, pasuruan. tempatnya luas, asri, bersih, cocok nih buat mengembalikan mood.

Tidak perlu bingung toilet. Tersedia toilet, musholla, bahkan ada live akustik setiap sore.

Menu makanan dengan harga ramah di kantong. Nasi goreng, sate taichan, mendoan , tahu petis, nasi goreng. Berdasarkan review para influencer “definisi kafe nggak cuma menonjolkan estetik doang, tapi soal rasa makanan beuh mantap”.  

Buka mulai pukul 09.00 pagi sampai 23.00.

Lembah Dieng Pasuruan 

Kalau di kota Mojokerto punya Lembah feeling good yang dulunya bekas galian tambang. Pernah viral di tahun 2023. Pasuruan punya Lembah Dieng. View nya tidak kalah cantik dengan view lembah di swithzerland. Bisa dibilang lembah dieng ini mirip bukit teletubis. Apalagi saat musim hujan sedang hijau-hijaunya.

Lembah dieng pasuruan juga merupakan bekas galian tambang yang sudah tidak digali lagi.

Kalau mau nongkrong jagan lupa bawa kursi sendiri untuk menunjang tongkrongan kalian wkwk. Untuk HTM nya, bayar seikhlasnya aja. Itung-itung sebagai ongkos parkir.

Tidak disarankan berkunjung saat musim panas ya, kalian bakal dapat zonk pemadangan.

Kebun Raya Purwodadi 

Berlokasi di Purwodadi, Pasuruan. Tempat wisata yang recomended untuk keluarga, bareng besti apalagi bareng doi. Huh impian banget deh. Bisa sewa tikar disana, ala-ala camping diantara pepohonan, ah berasa kelurga cemara.

Mau lebih romantis bisa sewa sepeda onthel. Htm nya Rp. 30.000/jam. Tapi jangan heran antrinya lama, harus bersabar ya. ahh bersepeda bareng doi menyusuri jalanan diiringin sejuknya oksigen dari pepohonan.

Kalian kalau capek jalan kaki bisa naik shuttle bus Rp. 20.000/orang. Naik dokar dengan tarif Rp. 200.0o0/jam. Sewa scooter Rp. 35.000/20 menit. ada beragam alat transportasi untuk menunjang jalan-jalan di kebun raya purwodadi.

Jangan lupa bawa snack yang banyak ya kalau berkunjung hehe.

Nah kira-kira kalian tertarik wisata dimana?. Eits jangan lupa selalu jaga kebersihan saat berwisata. Terutama di tempat alam terbuka. Pasti jarang menemukan tempat sampah. Tetap berwisata santun menjaga alam tanpa merusak estetika kealamiannya.

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

4 komentar

  1. Wah ternyata ada banyak tempat indah dan menarik yang ada di Pasuruan. Tapi yang paling bikin saya penasaran adalah Lembah Dieng Pasuruan. Kapan-kapan saya mau kesana

    BalasHapus
  2. Terima kasih informasinya mbak. Di Pasuruan banyak juga tempat wisata yang indah ya. Tetapi kalau pas liburan hari lebaran pastinya macet juga nggak? Semoga lain waktu bisa kesana.

    BalasHapus
  3. Harus mampir nih di Pasuruan, baru tahu kalau di sini banyak tempat wisata yang bagus-bagus, ntar mudik sempetin mampir lah.

    BalasHapus
  4. Ternyata ada banyak tempat wisata alam di Pasuruan. Semuanya menarik, tetapi yang paling membuat saya tertarik adalah Taman Edelweiss Bromo. Semoga suatu saat nanti ada kesempatan menjelajah Pasuruan.

    BalasHapus

Posting Komentar