[recent]

Recent Post

3/recentposts

Drama Malasyia Aku Bukan Ustazah: Pilih Mengejar Jodoh Jalur Sat-set Atau Jalur Langit?

Hidup dan dibesarkan dalam kelurga paham agama sudah sepantasnya mengemban nama baik keluarga yang disematkan. Namun hal itu tidaklah mudah. Pada situasi yang tidak bisa dikendalikan seseorang dibuat dilema atas hal baik apa yang harus dilakukan. Drama malasyia berjudul Aku Bukan Ustazah sedikit menyepill kita semua bahwa menjaga konsisten untuk diri sendiri itu tidak mudah.

Peran utama Ersysha Emyra sebagai Aminah. Anak ketiga dari pengasuh madrasah ternama di Muar dan M.R Cliqqu sebagai Adam. Anak tunggal dari pengusaha terkenal di Malasyia.

Hijrah itu susah. Lebih susah lagi istiqomah

Aminah adalah perempuan berniqab dan berpakaian longgar yang paham agama. Melanjutkan pendidikan di universitas di Malasyia. Tak sengaja bertemu Aminah di toko buku sebab tertabrak mobil Adam. Awal pertemuan inilah seolah magnet kuat Aminah dan Adam untuk tidak sengaja bertemu.

Setting drama Malasyia ini seru sangat. Setting toko buku adalah scene favorit sangat. Tidak pernah aku jumpa series dimanapun melibatkan setting toko buku untuk adegan halal romantis.

Masalah bermula saat Aminah berniqab menolong Adam saat dirampok dan kakinya tertusuk. Aminah berniqab tidak ada pilihan untuk bantu Adam. dengan terpaksa dan ridho Allah Aminah membuka niqab untuk menutup luka tusuk di kaki Adam dan membawanya ke rumah sakit terdekat.

Selesai dirawat di rumah sakit Aminah mengantarkan Adam balik ke tempat semula dia tertusuk. Masih didalam mobil maksud hati Adam memberi imbalan uang ke Aminah, namun ditolak atas dasar  ikhlas tolong menolong. Adam terus paksa Aminah berniqob untuk terima uangnya, sampai tak sengaja memegang tangan aminah berniqob.  

Tiba-tiba beberapa orang mengetuk mobil aminah berniqob. Istilahnya, aminah berniqob dan Adam tertangkap basah dianggap sedang bermaksiat. Orang-orang tersebut adalah ustad yang kenal dengan family Aminah di madrasah dan melaporkan kejadian itu kepada Abang Aslam.

Aminah dipanggil menghadap family untuk memberikan kejelasan sejujurnya. Walid panggilan Ayah bagi orang Malasyia memberikan keputusan agar Aminah mencari tahu siapa laki-laki yang bersama dirinya agar mau bertanggung jawab menikahi Aminah. Aminah berontak tidak mau. dia memilih keluar dari rumah dan memulai hidup di Kuala Lumpur, berganti nama Mia.

Mia tak lagi memakai tudung besar dan berniqab. Sesuai dengan kondisi kehidupan di kuala lumpur. Mana ada tempat kerja yang menerima pegawai memakai niqab. Namun Mia tetap memakai jilbab pashmina menutup dada dan masih mengingat Allah.

Menyebut Ustazah Karena Pakaian Longgar dan Kerudung Panjang

Agaknya drama Malasyia menyinggung keadaan zaman sekarang. Ada anak muda memakai tudung panjang dan pakaian longgar disebut ustazah. Padahal dalam islam memakai kerudung menutup dada adalah syariat. Seperti pandangan pertama kali Adam bertemu Aminah menyebutnya ustazah. Aminah marah sangat. Setiap ada orang menyebut dirinya ustazah dia sontak mengatakan “Saya bukan ustazah”. Hanya karena berpakaian serba terutup langsung memberi julukan ustazah? Lalu yang tak pakai tudung dan pakaian longgar enaknya disebut apa ya?

Tidak cukup disitu bila ada orang muslim tak memakai kerudung sontak menasehati perempuan yang tak pakai kerudung ustazah. Sampai semurah itukah pemahaman syariat Islam dimata masyarakat baik di Indonesia dan Malasyia rupanya sama.

Berteman Boleh Dengan Siapa Saja 

Memulai hidup di Kuala Lumpur, Mia memiliki tiga teman yakni Sally, Salma dan Zaza. Mereka bertinga bisa dikatakan hidup ditengah gemerlapan kota, tiada hari tanpa pergi ke club malam. meski penampilan mereka jauh dari islami tapi hati mereka baik, suka tolong. Buktinya Aminah diberi tumpangan di rumah sally. Sering diajak keluar jalan-jalan, selalu cari waktu keluar yang pas agar Aminah tidak kesulitan menunaikan salat, mengingatkan mana makanan haram dan mana makanan halal.

Aminah paham dirinya bergaul dengan teman seperti apa. Dia tidak pernah paksa teman-temannya untuk mengikuti seperti dirinya karena Aminah tidak ingin merusak persahabatan mereka. Aminah selalu berdoa agar suatu saat temannya diberi hidayah Allah menutup aurat.

Rupanya Suka Menerka-nerka Ending Sebuah Cerita

Sesuai dengan flyer judul Aku Bukan Ustazah jelas terpampang foto Aminah dan Adam sebagai peran utama. Yah intinya pasti mereka bersatu. Tapi sampai episode 16 ini penonton dibikin geregetan karena Aminah tak menikah dengan Adam justru menikah dengan dokter Omar sok ganteng itu. Penonton kecewa nggak terima kapal Aminah dan Adam harus karam. Tapi tenang masih ada beberapa episode belum tamat. Pasti masih berharap besar Aminah dan Adam bersatu. Kita tunggu sajalah.

Meski Aminah sudah jadi istri Omar bukan berarti Adam kehilangan peluang untuk mencintai Aminah. Yang sudah nonton pasti paham betul dibalik kelakukan busuk Omar. Didepan family Aminah belagak baik, saat bersama Aminah kasar sangat. Fakta mengejutkan aminah menikahi Omar bukan dasar cinta melainkan ambisi untuk menantu pilihan pengasuh madrasah.

Fakta Menonton Drama Aku Bukan Ustazah 

Meski menonton drama Malasyia tanpa subtitle rasanya tidak kesusahan memahami isi percakapannya. Serasa lulus nonton tadika mesra di upin ipin, menonton drama Malasyia macam lancar sangat wkwk. Lucunya sampai sehari-hari pun tidak terasa mengucap bahasa melayu.

Bahasa melayu itu unik ya. Ada beberapa bunyi akhiran kata tidak terdengar, misalnya kata “r”. Tulisannya “besar” terdengar “baca besa”. Terus bahasa mereka sedikit campuran bahasa Inggris, seolah mengasah pengetahuan kosakata bahasa inggris aku sendiri untuk menerjemahkan percakapan.

Gara-gara pakaian aminah inilah mulai suka model baju kurung. Syar’i tetap fashion stylish. Ditambah model hijab pashmina yang dipakai bikin jatuh hati. Model syar’i menutup dada tapi tetap anggun.

Dalam drama Aku Bukan Ustazah yang diangkat dari novel terlaris karangan Lyna Masud bahwa jodoh ditangan penulis bukan ditangan Tuhan. Meski orang yang dicinta sudah sah jadi istri orang bukan berarti hilang kesempatan mencintai orang tersebut kan?. Contohlah Adam, meski perempuan yang dicinta sudah jadi istri orang, dia masih kekeh mengejar dalam diam wkwk.

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar