[recent]

Recent Post

3/recentposts

4 Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Ngabuburit di Bulan Puasa

Posting Komentar

 

Ngabuburit sendiri berasal dari kata burit (sore/petang) dan kalimat ngalantung, ngadagoan burit artinya bersantai sambil menunggu waktu sore. Kata tersebut berasal dari Jawa Barat. Tapi penggunaan kata tersebut sudah digunakan hampir seluruh indonesia tiap Ramadan tiba.

Kata Ngabuburit enak banget didengar memasuki bulan puasa. Yok ngabuburit cari takjil sore nanti. Bagi kaum pekerja ngabuburitnya sekalian pulang kerja. Beli takjil dadakan dipinggir jalan yang bejibun macam jajanannya. Paling santai ngabuburit di hari Sabtu atau Minggu. Asal siap kondisi jalanan super macet, semua orang pada memanfaatkan momen ngabuburit mencari takjil beli atau gratisan.

Ada beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan sambil menunggu waktu berbuka

Membuat menu berbuka di rumah

Sambil menunggu waktu berbuka bisa mengajak anggota keluarga membuat menu berbuka. Baik itu membuat camilan sederdana. Tapi kebersamaan bersama orang-orang terkasih itulah yang membuat moment itu tidak tergantikan. Keseruan bersama keluarga, kerabat, sanak saudara inilah meningkatkan hubungan keeratan satu sama lain.

Apalagi mendekati hari lebaran, waktunya mudik ke kampung halaman bisa buat menu berbuka rame-rame. Selain menyenangkankan, juga menghemat pengeluaran bukan.

Bermain bersama Anak

Sembari menunggu waktu berbuka berkegiatan bersama anak bisa menghabiskan jam menunggu berbuka. Lebih tepatnya ayah yang bermain dengan anak. kalau Ibu jarang sih, karena tugas ibu sibuk di dapur menyiapkan menu berbuka.

Bermain di dalam rumah, di halaman rumah misalnya membersihkan kendaraan pribadi atau menyiram tanam. Salah satu hal kecil tapi dampaknya bakal diingat anak seumur hidup.

Mengaji di masjid 

Bila dirasa keperluan dirumah sudah siap. Atau memang tidak ada ada yang perlu disiapkan dirumah. Kaum jomblo misalnya, tapi ingin melakukan aktivitas positif berpahala boleh lah pergi ke masjid dekat rumah untuk mengikuti kajian sebelum berbuka. Itung-itung charge hati di bulan bengkel hati.

Apa harus dilakukan di masjid? Boleh di rumah. Misalnya mengaji sendiri. tapi sendiri kan nggak enak! Betul, lebih rame kalau ada teman yang mengingatkan. Maka dari itu manusia itu makhluk sosial, aktivitas yang dijalani terasa lebih hidup bila ada besti. Seru deh kalau ada teman ngajakin mengaji bareng. Tapi aku belum menemukan sekarang, yanga ada ngajakin keluar buat ghibah hehe.

Membersihkan pemakaman umum

Wah cukup ekstrim ya kegiatan satu ini, berhubungan dengan kematian. Kan sudah ada juru kunci pemakaman? Iya, coba deh kalian ke makam, yah seminggu sekali tiap kamis lah. Pasti ada hari dimana makam itu kotor banget butuh dibersihkan. Menyapu daun-daun kering dengan halangan maesan itu susah ternyata.

Lagi membayangkan andai aku bisa melakukan kegiatan positif ini dengan izin penjaga makam. Setidaknya kesedikitan tenaga ini berguna untu orang lain. Emang nggak takut? Setelah aku rasain lumayan sering berkunjung ke makam kakek nenek, kuburan itu tenang banget. Dulu aku selalu takut, overthingking bakal melihat aneh-aneh ternyata itu hanya ilusi buruk saja. Nantinya kita semua bakal masuk ke tempat itu satu-persatu tinggal menunggu tanggal masuknya saja.

 

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar