[recent]

Recent Post

3/recentposts

Apa Saja Kegiatan Sosial Yang Bisa Dilakukan di Bulan Ramadan?

Posting Komentar


Bulan Ramadan ibarat dewi fortuna dalam satu tahun sekali. Kehadirannya mengundang senyum dan tawa umat yang menyambut kehadirannya. Belum datang bulan Ramadan saja, umat islam menunggunya penuh harapan. Apalagi sudah masuk Ramadan, umat Islam tidak akan menyia-nyiakan pahala yang dijanjikan Allah SWT.

Salah satunya melakukan kegiatan sosial di bulan Ramadan yang dijalankan beberapa kelompok. Baik organisasi, grup keluarga, teman sekolah sampai alumni kuliah berlomba-lomba mengumpulkan anggotanya untuk melakukan hal berfaedah yang pahalanya masyaAllah.

Berikut kegiatan sosial yang bisa dilakukan di bulan Ramadan

Membersihkan Masjid / Masjid

Jadi teringat pandawara grup yang viral di media sosial karena aksi membersihkan sungai penuh sampah. Lagi membayangkan coba ada pemuda sukarela membersihkan masjid di Indonesia.

Sekalipun di masjid sudah ada marbot yang bertugas membersihkan masjid/musholla. Bagi beberapa masjid/musholla yang terawat dan terjamin tentu tidak ada masalah soal kebersihan dan kesejahteraan kegiatan di dalam masjid/musholla. Tidak semua masjid/musholla mendapatkan perlakukan sama soal menjaga kebersihan, di beberapa daerah yang aku temukan masih banyak masjid kategori kurang layak kebersihannya.

Bila aski bersih-bersih sungat bisa viral, aksi bersih-bersih masjid bisa dong? Tinggal siapa yang memulai aksi tersebut.

Berbagi Takjil

Ramadan sudah masuk hari ke 23, hayo siapa sudah aksi berbagai takjil atau sudah berapa kali aksi berbagi takjil?. Apa saja menu yang bisa dijadikan takjil? Tergantung dari penyelenggara yang mengadakan dan kemampuan dana yang dipunya. Bisa kurma, air putih, minuman es bahkan sembako.

But yang dinilai adalah kelayakan barang yang diberikan. Kualitas takjil yang diberikan haruslah tidak membuat orang yang menerima kecewa. Namun jangan sampai karena ingin memberikan takjil yang terbaik harus kelabakan mengumpulkan dana.

Sahur on the road

Ajakan buka bersama bakal datang beruntun seiring datangnya bulan Ramadan. Ramadan dijadikan momentum bagi kalangan yang jarang kumpul untuk mengenang masa lalu kebersamaan.

Kegiatan sahur on the road pernah aku lakukan saat masa kuliah. Diawali kegiatan buka bersama di masjid tempat tinggal salah satu teman kami. Taraweh sekalian, kami tidak pulang. pukul 03:00 dini hari kami lanjut acara sahur on the road di sekitar komplek perumahan masjid.

Selesai berbagi makanan sahur, kami makan sahur bersama dilanjut jamaah salat shubuh. Kami pulang ke rumah masing-masing selepas shalat shubuh.

Fyi acara sahur on the road bagi anak kuliahan bisa terlaksana asal sudah izin orangtua. Jangan sampai ingin berbuat kebaikan tapi tidak dapat izin orangtua.

Memberikan Santunan Anak Yatim dan Dhuafa

Pahala memberikan santunan bagi anak yatim adalah berlipat-lipat seperti yang Allah janjikan. pantas saja tempat yayasan saat bulan Ramadan selalu ramai orang-orang yang ingin mengadakan buka bersama sekaligus memberikan santunan.

Doa-doa dari anak yatim sangat mustajabah, oleh karena itu banyak orang-orang berlomba-lomba memberikan santunan di beberapa yayasan anak yatim untuk mendapatkan keberkahan dari mereka.

Bisa jadi ide baru acara bukber dengan tambahan kegiatan positif. Buka bersama di tempat yayasan anak yatim dan dhuafa. Selain menjali silaturahmi dengan teman lama atau reka kerja, juga menambah rasa syukur bagi mereka bisa menikmati menu makanan istimewa di bulan penuh pahala.

I’tikaf 

Momen berburu malam lailatul di 10 hari penutupan Ramadan. Bisa dilakukan di rumah, di masjid/musholla terdekat. Memperbanyak sholat malam, perbanyak  berdoa, baca alquran, tujuannya agar semua permintaan dikabulkan Allah SWT.

I’tikaf bersama doi juga boleh asal sudah sah ya hehe. Rame-rame i’tikaf bareng besti juga boleh. Tiap masjid/musholla menjelang 10 hari terakhir pasti ramai, karena yang menginginkan ampunan bukan kamu saja tapi tiap orang yang merasa tumpukan dosanya tiap hari bertambah. I’tikaf di masjid jadi bentuk perenungan penyesalan atas segala kekhilafan secara sengaja atau tikdak di sengaja.

Dari beberapa list diatas bisa jadi referensi kalian untuk mewarnai bulan Ramadan penuh makna. Tidak melulu melakukan hal baik bersama alumi, circle kalian. Melakukan kebaikan dengan memberikan sepiring makanan ke tetangga sudah termasuk menebar kebaikan.

Ramadan tinggal beberapa hari sayang bila ditinggal tidur. Yuk perbanyakan amalan dan berdoa, semoga ramadan tahun ini jadi latihan kita semua untuk naik level jadi pribadi lebih baik.

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar