[recent]

Recent Post

3/recentposts

Review Cinta Pertama Ayah : Perbedaan Ayah Menyayangi Anak-anaknya

Posting Komentar

cinta pertama ayah

“Mempunyai anak perempuan itu ibarat berdiri diatas duri, harus sangat waspada”. Begitulah kata pepatah orang Jawa. Namun pada kenyataannya baik anak laki-laki atau perempuan punya resiko yang sama bagi orangtua yang mengasuhnya. Resiko apa yang dimaksud? Ketika anak menginjak usia remaja setingkat SMP atau SMA, rasa ingin tahu anak tentang hal baru juga meningkat. Jika dalam pendidikan keluarga sudah dibekali ilmu, akhlak, dan moral orangtua besar kemungkinan saat anak beranjak remaja isi otak anak sudah bisa memilah mana rambu-rambu yang boleh dilakukan dan tdak boleh dilakukan.

Series Cinta Pertama Ayah, mengingatkanku pada seris virgin Mom. Juga tayang di Vidio Original. Peran seorang Ayah dalam cerita Cinta Pertama Ayah adalah TeukU Rifnu Wikana begitu juga hadir sosok Al Ghazali sebagai bumbu percintaan. Peran utamanya Yasmin Napper, baru kali pertama melihat akting Yasmin Napper di cerita series sebelumnya sering terlibat di sinetron.

Ekspektasiku adalah cerita ini hampir sama dengan Virgin Mom. Namun aku salah, garis besar dalam cerita ini adalah ayah yang merasa gagal menjaga anak perempuannya karena harta berharga milik anak perempuan kesayangannya direnggut paksa.

Amara adalah anak kesayangan keluarga terutama Ayah. Berparas cantik, selalu menjuari berbagai kompetisi di sekolah. Bercita-cita masuk kuliah jurusan kedokteran. Namun setelah kejadian na’as menimpa Amara apakah dia akan kehilangan arah citan-citanya?.

Jadi orangtua zaman sekarang tidak sekadar memberikan izin kepada anak

cinta pertama ayah

Sebelum kejadian mengenaskan menimpa Amara. Dua besti berstatus anak orang kaya meminta izin ke orangtua Amara mengajak party di vila milik keluarga Zushi. Beralasan party dihadiri ibu kepala sekolah, yang hadir hanya perempuan saja tanpa laki-laki. Orangtua Amara sempat tidak mengizinkan pergi karena bukan kepentingan sekolah. Namanya remaja pasti tidak kehabisan akal membujuk orangtuanya dengan segala upaya Amara berhasil mendapatkan izin asal adiknya ikut pergi ke villa.

Siswi yang masih duduk di bangku SMA merayakan ulangtahun dengan mabok alkohol. Yang tadinya tidak ada teman laki-laki tiba-tiba datang beberapa teman laki-laki karena video asusila yang sengaja direkam didalam villa.

Setelah kejadian malam party, dan pelecehan yang menimpa Amara. Polisi menginterogasi orangtua, teman-teman yang terlibat dalam kejadian untuk dimintai kesaksian. Orangtua Amara tidak mengetahui bahwa anaknya memiliki pacar, orangtua Zushi baru mengetahui anaknya minum alkohol selama satu tahun terakhir.

Sekolah perlu aware dan melindungi siswa yang sudah menegakkan kebenaran 

series cinta pertama ayah

Sebelum kejadian mengenaskan menimpa Amara. Di sekolah Amara memergoki ada yang sengaja meletakkan kamera pengintai di kamar mandi perempuan, untuk merekam siswi perempuan ganti baju. Siapa pelakunya? Siswa laki-laki bernama Regi. Karena ulahnya tersebut dia di skors dari sekolah.

Kira-kira ada yang janggal kah saat pesta ulang tahun Zushi, Regi tiba-tiba hadir di villa tersebut?. Besar kemungkinan pelaku yang pelecehan seksual terhadap Amara adalah Regi. Dia melakukannya bisa karena alasan balas dendam karena sudah dipermalukan di hadapan teman satu sekolah, atau regi punya hasrat ingin memiliki Amara tapi tidak kesampaian. Namun bukti bahwa regi pelakunya masih belum jelas.

Dalam hal ini sekolah tidak menyadari bahwa dampaknya akan sejauh itu. Pemerkosaan yang menimpa Amara saat kondisi dirinya mabok karena paksaan teman-temannya. Dilecehkan di malam hari, dipinggir pantai, pelakunya sengaja memakai topeng menutup jati dirinya.

Dampak korban pelecehan seksual paksa

cinta pertama ayah

Kejadian buruk malam itu membuat Amara depresi berat. Ketakukan bila didekati laki-laki sekalipun ayah sendiri berteriak histeris ketakutan. Tiap teringat kejadian buruk tersebut Amara memukuli diri sendiri karena merasa bodoh tidak bisa menjaga diri sendiri. berteriak histeris bila mengingat wajah laiki-laki bertopeng yang memperkosa dirinya.

Bila kecelakaan punya dampak perubahan fisik secara signifikan namun dalam jangka waktu pasti akan pulih dengan mudah. Berbeda dengan orang yang terkena masalah psikis, efeknya sampai seumur hidup tidak akan hilang ditelan waktu. Bila orang disekitarnya tidak bisa mendukung anak tersebut bisa mengakhiri hidup lebih tragis karena merasa hidup sudah tidak adil baginya.

Pentingnya support dari orang-orang sekitar, bukan berarti menutup-nutupi kesalahannya anaknya. dan bukan waktunya menghakimi kesalahan anak. karena kejadian sudah berlalu. Yang bisa dilakukan adalah memberikan kekuatan padanya bahwa hidup terus berjalan, semua yang terjadi adalah kecelakaan dan bukan berarti masa depan akan runtuh.

Selalu ada perbedaan anak pintar dan anak tidak pintar

cinta pertama ayah

Amara dan putri memiliki otak dan karakter yang berbeda. Amara dengan sikapnya yang anggun sedangkan Putri gayanya ugal-ugalan dan jarang tersenyum. Kedua orangtua mereka pastinya menyangi mereka berdua, namun yang dirasakan Putri adalah Amara lah yang selalu dibanggakan olehnya.

Secara tidak langsung orangtua memberikan contoh kurang baik kepada anak-anak. Soal perbedaan kasih sayang yang diberikan kepada kedua anaknya. Kebanyakan orangtua di Indonesia lebih menyukai anak yang pintar pelajaran sekolah dibanding mengpreasiasi keberhasilan anak bagaimanapun hasilnya. Inilah yang membuat mental anak merasa dikucilkan keluarga sendiri.

Ayah yang sayang atau ayah yang pilih kasih

cinta pertama ayah

Dari sudut pandang putri kedua orangtua mereka lebih sayang pada Amara karena pintar dan berprestasi. Dari sudut pandang Amara, Ayah membuat dirinya beban. Beban harus berprestasi, harus lolos masuk kedokteran, untuk menjalin kedekatan dengan laki-laki dia harus sembunyi dari Ayah. Karena tekanan prestasi dari Ayah, Amara merasa tidak ada waktu untuk bersenang. Sampai untuk izin party saja harus berbohong.

Putri merasa dirinya anak pembawa sial. Dia merasa gagal menjaga Amara saat party di villa.

Dari series Cinta Pertama Ayah. Seburuk apapun masalah yang menimpa anak. anak tetaplah yang terbaik di mata mereka. karena kita tahu sendiri cinta pertama anak perempuan adalah ayahnya. Tapi untuk menjali cinta antara ayah dan anak perempuan tidak cukup hanya mencukupi kebutuhan sekolah anak. kebutuhan pribadi walau sekadar mendengarkan cerita tanpa menghakimi ceritanya.

Jadi orangtua harus punya overthingking tidak boleh berlebihan. Tidak boleh percaya begitu saja dengan ucapan anaknya. overthingking yang tidak langsung menghakimi di hadapan anak. overthingking yang mencari tahu kebenarannya baru disampaikan dengan baik-baik.

Wah series ini benar-benar complicate sih. Pelaku pemerkosa Amara masih belum ditemukan. Persoalan apa motif pelaku melakukan pemerkosaan di pinggir pantai masih abu-abu. Kalian bisa tonton seris ini di Vidio Original ya

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com
Terbaru Lebih lama

Related Posts

Posting Komentar