[recent]

Recent Post

3/recentposts

1000 Guru Hadiri Sarasehan Guru Metode UMMI Se-Sidoarjo

Ahad 7 Mei 2023 alhamdulillah Allah memberikan kesempatan bisa berkumpul dalam majelis luar bias masyaAllah. Sarasehan guru metode UMMI sekaligus halal bihalal karena masih di bulan syawal. Acara seperti ini digelar tiap tahun sekali. Terhitung semenjak aku sah jadi guru metode UMMI, di tahun sebelumnya belum berkesempatan mengadiri.

Sesuai jadwal acara tertera di flyer dimulai pukul 07.30 WIB pagi. Kira-kira yakin nggak tuh dimulai tepat waktu? Kata salah satu rekan TPQ nyeletuk. Selama ini tiap mengikuti kegiatan yang diadakan orang UMMI Foundation selalu tepat waktu, belum sekalipun mendapati acara mereka mbreset dari jadwal.

Aku datang tidak sendirian, ditemani 3 rekan ustadzah dari TPQ Nurul Huda. Lho kenapa nggak berangkat sama rekan-rekan dari sekolahan? Aku tahu datangnya pasti telat, sengaja ditelatin lah istilahnya, aku orang nggak telaten harus tunggu-tungguan hehe. Sst jangan bilang-bilang ya.

Sampai di lokasi Masjid Agung Sidoarjo pukul 07.45, sudah diawali tadaruss bersama juz 30. masyaAllah bener-benar kegiatan ladang pahala bukan ladang ghibah. Bahkan kalo mau ngobrol malah malu sendiri, apalagi mau selfi, ya kali yang lain melantunkan ayat suci yang ini ngbobrol hehe.

Tepat pukul 8 acara dibuka, dilanjut sambutan ketua UMMI Foundation yang baru yakni Ustad Iswahyudi.

Ustad Abdullah Baihaqi S.Hum, M.Fill (program tahfidz UMMI) dan H Ahmad Mirza Miftakhul Huda, Lc (program ummi turjuman)

Acara halal bihalal sekaligus cari ilmu ini ceritanya. Karena yang diundang adalah guru-guru yang sudah bersyahadah metode ummi dari sekolah, TPQ, majelis ta’lim, privat semua bisa hadir asal sudah melakukan registrasi.

UMMI Foundation memiliki beberapa program lanjutan diantaranya: program peningkatan sumber daya manusia, penguatan tahsin tilawah, latihan calon guru turjuman, program tahfidz untuk boarding school.

Acara kali ini ditekankan sosialiasi dan pengenalan program tahfidz UMMI. Nah selayang pandang saja, metode UMMI semakin banyak dipercaya terbukti semua provinsi di Indonesia sudah ada metode UMMI. 5 kota pengguna terbanyak metode UMMI ada di Sidoarjo, masyaAllah.

Apa Yang Harus Dikembangkan Dari Program Tahfidz UMMI?

Diantara faktor itu adalah banyak lembaga yang melampaui target hafalan diatas standar dan metode menghafal belum tersistem dengan baik. Ada sekolah dasar sudah tuntas tuntas tartil tahfidz juz 30, 39, 28, 1, 2, lalu apa kegiatan siswa selanjutnya? Nah hal inilah yang mendasari diadakannya turjumanul quran

Visi Tahfidz UMMI

Menjadi lembaga terdepan dalam mencetak generasi qurani

1. Menguatkan hafalan secara audio

2. menguatkan hafalan secara visual

3. menguatkan hafalan berupa ayat serupa. Ada variasi materi baru. Misalkan baca surat .... lanjutkan ayat....

4. Menjaga kualitas bacaan. Temponya diatur, makhroj diperhatikan. Jangan terlalu cepat.

Nantinya siswa tahfidz terbagi menjadi 3 kategori: adna (kesulitan membaca ayat), ausath (bisa membaca ayat), a’la (bacaan bagus & hafalan cepat). Kalaupun ada siswa yang dia masuk di salah satu kategori tapi kriterianya bisa masuk di katerori lain ya boleh saja.

Lalu Siapa Yang Boleh Mengajar Tahfidz?

Pastinya dirinya sendiri sudah hafidz dulu dong. Coming soon bakal diadakan pelatihan praktek mengajar tahfidz. Pelatihan diadakan 2 hari full. Tujuannya memberikan kemudahan lembaa untuk mendapatkan sumber daya manusia tahfidz secara lulus. Pelatihan tahfidz dilakukan secara online full atau offline, hybrid.

Nah gimana tertarik mengikuti pelatihan sebagai guru tahfidz?

Program Turjuman UMMI Foundation

Sesi ini disampaikan oleh ustad H Ahmad Mirza Miftahul Huda, Lc. M.Pd..

program turjumanul quran atau kita sering mendengarkanya dengar istilah menterjemahkan alquran sekaligus memahami alquran per-ayat. Untuk orang dewasa? Untuk anak-anak juga bisa. Kenapa ada turjumanul quran? Generasi qurani tidak berhenti membaca alquran tok.

Selayang pandang turjuman quran berasal dari julukan Abdullah bin Abbas di usia 13 tahun sudah mendapat gelar sang turjumanul quran. Karena kecerdasannya saat menjawab pertanyaan selalu diiringi ayat alquran. Abdullah bin Abbas merupakan saudara sepupu Rasulullah.

Misi Turjumanul Quran

1. Menjaga tartil

2. Menguatkan hafalan

3 Pemahaman lafdziyah (huruf-huruf baik bentuknya tulisan atau suara)

4. Memahami intisari hikmah

5. Amaliyah alquran

Keunggulan Turjuman

1. Integrasi dua program (tahfidz dan turjuman)

2. Lebih variatif (menghafala dan memahami)

3. Pembedaraan kosakata penting

4. Pembiasaan struktur dan nilai-nilai qurani. Contoh baca tri qul sebelum tidur)

5. Penguasaan kaidah bahasa alquran

Mempelajari turjuman quran sama dengan sebelas dua belas belajar bahasa arab, dari mulai isim, tand-tanda huruf jer dan sebagainya.

Skil yang perlu digaris bawahi mengikuti program turjuman adalah: hafal materi dengan tartil, terjemah kata, terjemah kalimat.

Kita juga diajak berlatih menterjemahkan ayat alquran diambil contoh surat paling pendek adalah surat al kautsar. Ditunjukkan cara membaca terjemah perkata, terjemah kalimat.

Dalam hati masyaAllah banget ya kalo aku ikut program turjuman. Berkaca diriku sendiri, sebaiknya ikut sebagai siswa dulu aja, belum pantas rasanya pelatihan sebagi guru turjuman. 

bonus foto-foto setelah acara selesai wkwk

 

 



lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

10 komentar

  1. Metode ummi kayaknya sudah banyak dikembangkan ya kak di berbagai tempat di Indonesia.
    Btw anak saya juga sudah hafal beberapa juz namun selesai SD ini harus lebih sering murajaah biar gak hilang.
    Kadang anak-anak semangat menghafal namun lupa mengulang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok kek anak awak ya...
      cepat hafal, cepat lupa...
      Harus sering diulang memang

      Hapus
  2. SMP anak saya memakai metode UMMI ini, Kak. Memang istimewa metodenya.
    Misinya pun bagus sekali. Salut dan bangga pada 1000 Guru yang hadiri Sarasehan Guru Metode UMMI Se-Sidoarjo. Sukses untuk semua:)

    BalasHapus
  3. Masya Allah kepedulian dari 1000 guru ini ya. Pembelajaran Qur'annya pun cukup luas, bahkan sampai menerjemahkan ayat al-quran

    BalasHapus
  4. Masyaallah. Luar biasa ini kegiatannya padat banget ya. Saya tertarik dengan turjumanul Qur'an nya itu. Memang benar nih kita jangan cuma bis abaca tapi ga tahu apa maknanya ya... Lebih afdol kalau tahu maksud dari yg kita baca dan hafalkan itu

    BalasHapus
  5. Wah smoga metode ummi ini semakin banyak digunakan di sekolah2 ayaulun madrasah2 ya, supaya semakin banyak juga para tahfidz di indonesia

    BalasHapus
  6. Saya baru tahu ada metode UMMI ini. Semoga makin banyak sekolah Islam yang menggunakan metode UMMI ini ya agar siswa juga makin mudah menghafal Al Quran

    BalasHapus
  7. MasyaAllah. Salut sekali pada guru-guru yang begitu bersemangat untuk terus belajar supaya bisa menebarkan lebih banyak lagi pengetahuan soal Al-Qur'an. Saya pun beberapa waktu ini terpikir untuk belajar lagi dari awal karena banyak sekali yang dulu dihafal malah terlupa semenjak mulai besar.

    BalasHapus
  8. MasyaAllah semoga makin banyak guru-guru yang seantusias ini buat bagiin ilmu-ilmu Al-quran

    BalasHapus
  9. Ngebayangin ribuan guru ngumpul, pasti banyak banget yang mau diceritain ya. Menarik sekali aktivitasnya mba. Saya sepertinya pernah main ke Masjid Agung Sidoarjo.

    BalasHapus

Posting Komentar