[recent]

Recent Post

3/recentposts

Nasi Goreng: Sejarah dan Alasan Tidak Pernah Sepi Peminat

Nasi goreng adalah makanan penolong  sejuta umat. Hampir di semua cafe, restoran menu nasi goreng selalu tampil. Misalnya bingung diajakin makan apa saat di cafe, jawabnya yaudah nasi goreng aja. Kalian pasti pernah?. Nasi goreng jadi jalan pintas menu makanan disaat banyak nama makanan yang aneh-aneh.

Kalau kalian ingat disetiap mall pasti ada mereka nasi goreng 69. Iya meski menu nasi goreng tapi harga bisa 2x lipat dari harga nasi goreng di pinggiran. Soal rasa? Memang jauh beda dengan nasi goreng kaki lima. Soal porsi mereka beragam, tidak dipukul rata.

Nasi goreng abang-abang atau nasi goreng tek-tek menyebutnya. Cirinya nasi goreng tek tek berwarna merah merona tapi kalau mau request tanpa saus juga boleh. Harga seporsi nasi goreng Rp. 12.000, itu bisa dimakan dua orang, karena porsi nasi goreng tiap abang-abang berbeda. Ada orang jualannya nasi goreng itu seporsi cukup untuk satu orang ada juga seporsi itu jumbo.

Aku masih ingat dan menjumpai harga nasi goreng masih di Rp. 7.000 an saja, sekarang harga nasi goreng rata-rata Rp. 12.000.

Nasi goreng diberi suwiran ayam goreng, acar timun, cabe hijau kadang ada yang ngasih potongan sosis. Itu rasanya udah nikmat banget, penolong saat lapar tengah malam. Harganya murah dapat sebarek lagi.

Tiba-tiba Kepikiran Siapa Yang Ngasih Ide Nasi Digoreng?

Dilansir dari kumparan.com nasi goreng tidak hanya eksis di Indonesia melainkan di kancah dunia khusunya Asa. Menu tersebut dapat ditemui di Singapura, Malasyia hingga Thailanda. Rupaya nasi goreng merupakan makanan asal Tiongkok. Kebiasaan masyarakat Tionghoa tidak suka menyantap makanan dingin, karena dianggap tidak boleh membuang sisa makanan, nasi yang dingin digoreng lagi dengan tambahan bahan dan bumbu dan dihidangkan kembali di meja makan.

Di negara China, nasi goreng dikenal bernama hanzi. Dikuti dari buku Hidangan Lezat: Aneka Nasi Goreng oleh tim Dapur Esensi, sejarah mencatatt bahwa salah satu menu tradisional Tionghoa sudah ada sejak tahun 4000 silam.

Nasi goreng kemudian menyebar ke wilayah Asia, dibawa oleh perantauan Tionghoa yang menetap disana. Mereka kemudian menciptakan nasi goreng khas lokal dengan bumbu dan cara berbeda.

Dalam buku 100 Resep Nasi Goreng oleh Dapur Alma, nasi goreng khas China berbumbu dasar bawang putih. Memasaknya menggunakan wajan cekung yang merupakan piranti masak dapur china.

Seiring berjalannya waktu nasi goreng lebih dikenal sebagai makanan khas Indonesia, satu hal yang membedakan nasi goreng Tionghoa dan Indonesia terletak pada penggunaan kecap manis ini yang membedakan tampilan nasi goreng Indonesia identik warna coklat menggugah selera.

Nasi goreng Indonesia punya rasa khas dari kekuatan rempah-rempah. Penggunaan bawang putih, barang merah, cabai bahkan terasi membuat makana ini memiliki cita rasa khas nusantara.

Macam-macam Nasi Goreng

Selama ini yang aku tahu nasi goreng hanyalah pakai suwiran toping suwiran ayam atau sosis. Rupanya di Indonesia sendiri punya beragam jenis nasi goreng, diantaranya.

Tribun Travel

Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng jawa dengan toping suwiran ayam dan sosis super tipis. Ada sedikit potongan sayuran sawi, atau toge. Kalau mau tambah telur ceplok atau telur dadar bisa request tambah uang hehe.

Nasi goreng jawa bisa kita buat sendiri di rumah dengan bahan-bahan sederhana: bawang merah bwang putih, kalu bubuk, penyedap rasa.

Cara membuatnya, geprek atau iris tipis bawang putih dan bawang perak. Tumis sampai harum, orak-arik telur, masukkan nasi sisa tadi pagi, beri saus tomat dan sedikit kecap manis. Aduk sampai rata, angkat dan sajikan.  

 

tripAdvisor

Nasi Goreng Kuah Kediri

Nasi goreng berkuah? Agak lain penamaan nasi goreng satu ini. Dilansir dari situs traveloka.com pelanggan yang ingin memakan nasi goreng dengan tambahan kuah karena sedang mengalami radang tenggorokan. Terciptalah nasi goreng kuah. Bumbu nasi goreng khas Kediri ini sama layaknya bumbu nasi goreng pada umumnya, hanya saja di penyajian diberi siraman kuah kaldu ayam gurih dan lezat.

Kuah kaldu berisi bermacam-macam sayuran, potongan ayam, dengan bumbu racikan lainnya. Nasi goreng dan kaldu ayam dimasak terpisah, kemudian kuah kaldu disiram di atas nasi goreng.

cookpad.com

Nasi Goreng Merah Makassar & Nasi Goreng Ujung Pandang

Nasi goreng asal Makassar ini memiliki tampilan cukup nyetrik karena berwana merah merona. Warna merah pada nasi goreng khas Indonesia  berasal dari saus tomat yang dimasak dalam waktu 8 jam sehingga warna merahnya menyala. Nasi goreng merah ini memiliki cita rasa gurih, sedikit pedas dan memiliki rasa manis dominan.

Toping nasi goreng merah berbagai varian seafood dan jeruk nipis sehingga memiliki sensasi rasasegar. Ada juga tambahan telur mata sapi yang digoreng matang atau setengah matang sesuai selera penikmatnya.

detikFood

Nasi Goreng Betawi

Kuliner Betawi nasi goreng mengkudu belum banyak diketahui masyarakat. Konon masyarkat etwai zaman dahulu disekitar rumahnya sengaja ditanami agar sewaktu-waktu membutuhkan tidak repot-repot membeli keluar. Salah satunya mengkudu.

Daun mengkudu yang digunakan sebagai bahan dasar nasi goreng. Bisa dibayangkan betapa lezat dan bau langu rasa pahitnya. Tak ayal jika banyak orang merasa ragu menikmati kuliner ini.

Tidak seperti nasi goreng biasa, nas goreng khas betawi tanpa kecap. Bahan utamanya adalah kunyit, kencur, bawang merah, bawang putih, cabe rawit dan terasi. Daun mengkudu yang digunakan tidak asal metik, haruslah daun mengkudu haruslah muda.

Cara membuatnya, daun mengkudu dicuci bersih, diris-diiris kecil dan dicampur bahan lainnya. Bahan membuatnya, kunyit dihalsukan sementara bumbu lain dipotong kasar saja. Kemudian dicampur dengan nasi dan digoreng higga aroma harumnya keluar.

Mengkonsumsi daun mengkudu punya segudang manfaat ternyata. Pertama, membantu mencegah bisul karena ekstrak daun mengkudu terbukti ampuh menghambat pertumbuhan bakteri. Kedua daun mengkudu secara tradisiola mengobati luka bakar. Ketiga, mampu menurunkan demam, dengan diambil ekstark sari daun. Keempat, daun mengkudu mampu menyembuhkan luka di kulit. 

superapps.kompas.com

Nasi Goreng Babat Semarang

Nasi goreng babat khas Semarang, sudah bisa membayangkan lemaknya saat di gongso bakalan amis atau tidak. Lemak dari babat memberikan aroma dan mengikat sendiri yaitu gurih dan kental. Tekstur babat kenyal memberikan kenikmatan yang lain.

Nasi goreng babat Akbar semarang sejak 1968 dalam 3 jam ludes. Nasi goreng babat ini rasanya mantap dan unki karena cara masaknya otentik dan unik. Menggunakan kayu bakar saat mengoreng dan gongso babatnya.

Cara masaknya berbeda dari nasi goreng biasanya, setelah bawang merah dan babat digoreng, pemilik reda memasukkan sejenis air bawang sebelum akhirnya digoreng dengan nasi pulen. Bumbu yang digunakan khas, lebih banyak dan tidak pelit. Jika dicicipi rasanya seperti nasi goreng tongsengan dengan tipikal warna merah kecoklatan.

Bicara harga, nasi goreng babat dibandrol 25 ribu per porsinya. Lokasi Nasi Babat Akbar ada di jalan Anjasmoro Tengah I No 16 Karangayu, Semarang Barat. 

detikFood

Nasi Goreng Cakalang Manado

Nasi goreng tanpa cabe, rasanya gurih dan aroma asap ikan cakalang terasa kuat. Ikan tuna asap atau cakalang fufu merupakan olahan ikan asal Sulawesi Utara. Dagingnya yang tebal, kokoh dengan aroma asap sedap.

Cara meracik nasi goreng cakalang ini adalah tumis bawang putih, merah, jahe kemudian masukkan cakalang asap. Pecahkan telur, aduk cepat, tambahkan nasi putih, kecap asin, kaldu jamur, merica dan garam. Aduk cepat hingga tercampur dan sajikan hangat dengan taburan bawang merah goreng.

Nasi goreng cakalang ini tanpa cabe saat pembuatan, tapi bila pedas bisa menambahkan irisan cabe rawit merah.

LlifestyleOkezone

Nasi Goreng Bali

Belum pernah ke bali, yuk bikin nasi goreng khas bali aja, sensasi berasa berteduh di pinggir pantai Bali. Nasi goreng Bali ini perpaduan bumbu khas kuliner bali.

Bahan

- 3 siung bawang putih

- 5 siung bawang merah

- 8 buah caba rawit merah

- 3 buah cabai rawit hujau

- 2 sdm terasi

- 2 butir telur

- 500 g nasi putih

- 1 buah tomat

- 1 ½ sdt garam

- ½ sdt kaldu bubuk

Cara membuat:

1. Panaskan minyak di wajan, lalu masukkan irisan bawang merah dan bawang putih. Tumis shingga harum

2. Tambahkan cabai rawit merah, cabai rawit hjau, terasi, batang serai. Aduk merata dan taruh bumbu di pinggir wajan

3. Masukkan telur di pinggir wajan, orak-arik hingga matang. masukkan nasi putih, tomat, garam kaldu bubuk dan aduk merata hingga matang.

Kenapa Penjual Nasi Goreng Jualannya Di Malam Hari?

Kalian pasti titen penjual nasi goreng sudah siap sekitar jam setengah enam sore. Kenapa coba? Kenapa nggak ada penjual nasi goreng pagi-pagi atau siang-siang. Kejadiannya pas banget, Ibu aku pengen makan nasi goreng jam 4 sore. Aku keliling ke dua desa tidak menemukan penjual nasi goreng tek-tek.

Nasi goreng keliling baru mulai buka jam 5 an sore. Ada beberapa jawab cukup kontradiktif dan belum pasti. Nasi goreng keliling di malam hari yang gela dan cenderung dingin membuat nasi goreng menjadi salah satu makanan cocok dikonsumsi. Iya juga ya, bila siang hari jual nasi goreng kondisi cuaca panas kurang mendukung.

Alasan soal waktu nasi goreng paling cocok disantap sebagai makan malam, membuat para pedagang nasi goreng pun memilih selalau berjualan di malam hari saja. Selain itu jumlah pedagang makanan ada malam hari cenderung sedikit. Iya juga ya, bila di siang hari kita dengan mudah menemukan jual makanan seperti bakso, soto, gado-gado, pecel lele. Bila malam hari nasi goreng bisa jadi alternatif pilhan menu makanan.

Mengacu pada kebiasaan orang Jawa mereka hanya masak nasi di pagi dalam porsi besar dan bisa diantap sampa malam hari. Karena zaman dahulu memasak membutuhkan upaya sangat berat dan rumit. Nah cenderung masak sekali waktu pada pagi hari saja, khususnya nasi.

Karena nasi goreng bahan dasarnya nasi yang sudah didiamkan beberapa waktu, bukan nasi yang baru saja matang setelah dimasak. Kebiasaan orang zaman dulu mengolah nasi menjadi nasi goreng sebagai lauk karena kehabisan lauk pauk.

Gimana sahur nanti pakai bikin nasi goreng dirumah atau beli nasi goreng diluar?.

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar