[recent]

Recent Post

3/recentposts

Pernikahan Beda Agama, Toleransi atau Kolaborasi?

4 komentar

"Seseorang yang menikah dalam keadaan muslim kemudian dia menikahi hal yang dilarang dalam Alquran maka hukumnya maksiat, pernikahannya dipandang sebagai maksiat, hubungannya masuk kategori zina sepanjang dia tidak bertaubat kepada Alah SWT".

Sebelumnya viral pasangan asal Semarang beda keyakinan melangsungkan pernikahan di gereja. Perempuan muslim berhijab putih dengan laki-laki non muslim. Ramai jadi perbincangan netizen.

Ternyata nggak cuma orang biasa, di kalangan artis pun sudah terjadi sedemikian rupa. Dan pemerintah tidak bertindak apa apa, MUI apa kabar melihat kondisi seperti ini?.

Kalangan artis loh ini, sering disorot, gaya hidupnya jadi tontonan banyak orang. Melakukan pernikahan beda agama secara sengaja mempermainkan hubungan dengan Tuhan. Bukan tidak mungkin pasangan tersebut tidak bertahan lama, salah satu ada yang login atau logout.

Berikut deretan artis nikah beda agama, siapa sajakah

dimas anggara & nadine chandrawinata

Dimas Anggara dan Nadine Chandra Winata
Pasangan mengikat janji suci di Bhutan Nepal İndia pada 5 Mei 2018 silam pernikahannya bertahan hingga sekarang.

Nadine beragama katholik, Dimas Anggara beragama İslam sampai sekarang katanya terlihat romantis dan baru saja tahun 2021 dikaruni anak perempuan. 

jennifer & irfan bachdim

Jennifer Kurniawan dan İrfan Bachdim
Pasangan pesepak bola ini ternyata berbeda keyakinan. İrfan bachdim beragama İslam, Jennifer Kurniawan beragama Katolik. Katanya perbedaan keyakian tidak menghalangi kisah cinta rumah tangga mereka😭

ari sihasale & nia zulkamaen

Ari Sihasale & Nia Zulkamaen
Nia seorang muslim dan Ari beragama Katolik menikah pada 25 September 2003 di Perth, Australia. Pasangan beda keyakinan ini bisa bertahan hingga 17 tahun. 

 

Novita Anggi & Sapto Haryo Rajasa

Novita Anggi & Sapto Haryo Rajasa
Angie beragama Katolik siap menikah dengan Sapto Haryo Rajasa yang beragama islam. Keduanya pun selalu merayakan momen hari besar bersama yakni İdul Fitri dan Natal

Sarah Sechan dan Neil G Furuno

Sarah Sechan dan Neil G Furuno
Neil G Furuno beragama Kristen, keduanya melangsungkan pernikahan di Los Angeles pada 6 Maret 2015 dan hingga kini menetap di Singapura hingga bahagia. Profesi sang suami sebagai Dokter Spesialis Chiropractic

frans Mohede & Amara

Frans Mohede & Amara
Frane beragama kristen dan Amara beragama İslam menikah pada 1 Desember 1999 langgeng hingga 21 tahun lalu. Sempat tidak direstui orangtua justru mereka menunjukkan keharmonisan rumah tangga beda keyakinan. 

Onadio Leonardo dan Beby Prisillia

Onadio Leonardo dan Beby Prisillia
Pasangan yang sudah dikarunia 2 anak berbeda keyakinan. Onad yang beragama kristen dan Beby beragama Islam. Santer berita pasangan ini hamil diluar nikah.

Deva Mahenra & Mikha Tambayong

Deva Mahenra & Mikha Tambayong
Deva Mahenra dan Mikha Tamabayong resmi menikah 28 Januari 2023 di Rizt Carlton Bali. Jalinan asmara mereka mulai mecuat di tahun 2019. Diketahui pernikahan mereka beda keyakinan. Deva Mahenra seorang muslim dan Mikha Tambayong bergama katolik.

Sontak ramiai jadi perbincangn. banyak spekulasi muncul Deva Mahenara yang log out, perbedaan agama bukan tembok tinggi bagi mereka untuk melangsungkan pernikahan yang cukup sakral.

Pernikahan beda keyakinan di İndonesia selalau jadi perbicangan sensitif. Dan netizen İndonesia selalu jadi terdepan menyelidiki apa agama artis di İndonesia. İni bukti bahwa di İndonesia menganggap agama adalah sebuah kesakralan abadi.

Makanya jangan heran bila ada salah satu artis pacaran beda agama, pasti kalian temukan netizen Indonesia berkomentar "Wah siapa login? Siap yang log out?", "ya Allah temboknya tinggi banget".

İni bukan perkara soal julid, sesama muslim saudara dan saling mengingatkan bila ada saudara yang tersesat jalan soal percintaan. Karena bagaimanapun pernikahan berbeda keyakinan tidak dibenarkan dalam İslam apapun kondisinya.

Kalaupun ngebet dilakukan salah satu harus ada yang login entah itu yang non-muslim masuk menjadi islam itu lebih baik. Tapi kalau sampai yang muslim pindah keyakinan, dianggap murtad. maaf ternyata hal itu tidak dibenarkan bila masuk muslim karena ingin menikahinya, hal menyangkut agama itu sangat sakral dan harus dari hati.

Majelis Ulama İndonesia No 4/MUNASVİİ/MUİ/8/2005 mengeluarkan fatwa bahwa perkawinan beda agama adalah haram. Perkawinan laki-laki dan wanita alkitab, menurut qa'ul mu'tamad adalah haram dan tidak sah.

Nahdhatul Ulama (NU) mengeluarkan fatwa yang ditetapkan dalam muktamar ke 28 di Yogyakarta menegaskan bahwa nikah antara dua orang berlainan agama di İndonesia hukumnya tidak sah

Sedangkan keputusan Tarjih Muhammadiyah ke - 22 tahun 1989 di Malang Jawa Timur sudah men-Tarjihkan tidak boleh menikahi wanita non muslim atu ahlul kitab dengan beberapa alasan:
- ahlul kitab yang ada zaman sekarang berbeda dengan ahli kitab zaman Rasulullah
- semua ahlul kitab zaman sekarang sudah jelas musyrik atau menyekutukan Allah dengan mengatakan bahwa Uzair itu anak Allah
- pernikahan beda agama dipastikan tidak akan mungkin melahirkan sakinah dalam rumah tangga seperti tujuan pernikahan.

Nah tapi pada pelaksanannya di lapangan heboh pernikahan beda agama bisa terjadi. Sebelum menggelar pernikahan sudah dipastikan mengurus berkas berkah di Kantor Urusan Agama.

Salah satunya heboh putusan Pengadilan Negeri Surabaya dalam penetapan Nomor 916/Pdt.P/2022/PN.Sby". Karena alasan kekosongan hukum demi Hak Asasi Manusia  dan menghindari kumpul kebo. Padahal saat yang bersamaan ia telah melanggar hukum dan sudah melegalkan kumpul kebo

Kenapa Nikah Beda Agama Dilarang Dalam Islam?

Seolah-olah kekurangan perempuan muslim sampai harus menikah wanita non muslim. Padahal realitasnya jumlah perempuan muslim lebih banyak.

Nikah beda agama = zina

Teruntuk perempuan muslimah yang menikah dengan laki-laki non muslim apalagi sampai log out atau murtad maka tempatnya adalah neraka.

Pernah dengar cerita pernikahan perempuan muslimah menikah laki-laki non muslim, diawal sebelum pernikahan siap muallaf tapi setelah berumah tangga dikaruniai anak mendapat ancaman akan diceraikan dengan syarat perempuan harus masuk agamanya alias murtad.

Itu adalah agenda kristenisasi. Mereka memiliki misi memurtadkan aqidah umat muslim.

Melanggar hukum agama

Alquran dengan tegas melarang pernikahan beda seorang muslim/muslimah dengan orang musyrik atau kafir. Sesuai dalam firman Allah surat Al Baqoroh ayat 221.

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكٰتِ حَتّٰى يُؤْمِنَّ ۗ وَلَاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّلَوْ اَعْجَبَتْكُمْ ۚ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِيْنَ حَتّٰى يُؤْمِنُوْا ۗ وَلَعَبْدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكُمْ ۗ اُولٰۤىِٕكَ يَدْعُوْنَ اِلَى النَّارِ ۖ وَاللّٰهُ يَدْعُوْٓا اِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِاِذْنِهٖۚ وَيُبَيِّنُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ ࣖ

221. Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. (Allah) menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran.

Tidak akan tercapai tujuan pernikahan

Tujuan menikah adalah membina rumah tangga mencapai ketenangan, ketentraman, dalam Alquran disebut sakinah.

Menurut Prof Quraisy Shihab larangan perkawinan beda agama dilatar belakangi oleh harapan akan lahirnya sakinah dalam keluarga.

Perkawinan baru akan langgeng jika terdapat kesesuaian pasangan suami istri. Jangankan perbedaan agama, perbedaan status sosial, latar belakang pendidikan tidak jarang menimbulkan kegagalan pernikahan.

Seiman tapi tak seamin

"Menjalankan rumah tangga bukan sekedar urusan manusia dengan manusia, namun juga urusan manusia dengan Tuhan". Tulis. Isnawati dalam bukunya.

Pernikahan adalah ibadah, maka hendaklah ibadah diorientasikan dengan Allah.

Kemungkinan bila seorang muslim menikah dengan non muslim adalah dipaksa murtad dengan alasan ekonomi, perceraian.  Anak anak mereka ikut agama ayahnya yakni nasrani.

Contoh Jamal Mirdad dan Lidya Kandau. Suami muslim, istri non muslim dikarunia 2 anak perempuan. Anak-anaknya memeluk agama apa? Ikut ibunya agama non muslim. Contoh lagi orangtua Nagita Slavina Ayahnya non muslim, sedangkan Ibunya muslim dikaruniai dua anak perempuan. Kedua anaknya ikut agama ibunya, karena orangtuanya sudah terikat perjanjian. "Kalau anaknya telahir perempuan ikut ibunya, tapi kalau laki-laki ikut ayahnya"

Nah pernikahan macam apa seperti itu? Berjalan masing-masing. Pernikahan beda agama melangsungkan 2 prosesi  agama nikah. Melangsungkan nikah secara islam, juga di gereja. Tujuannya apa?

Untuk mengelabuhi Tuhan, atau untuk menghalkan pernikahan. Toleransi atau kolaborasi?. Dalam islam memperbolehkan toleransi dalam hal tertentu tidak dengan menjual aqidah Islam.

Sumber:

https://islam.nu.or.id/nikah-keluarga/hukum-nikah-beda-agama-AJkWC

https://www.popbela.com/relationship/married/windari-subangkit/7-pasangan-artis-nikah-beda-agama-pertahankan-keyakinan-masing-masing#page-2

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

4 komentar

  1. Sangat disayangkan memang kalau meihat pernikahan beda agama ini. Saya pribadi tidak menyetujui hal ini. Namun kenyataannya diluar sana sudah banyak yg melakukannya :(

    BalasHapus
  2. Setiap orang memang punya persepsi berbeda tentang hal ini. Saya sendiri termasuk penganut "kalau beda agama, pasti cuma bisa jadi teman saja" sih.

    BalasHapus
  3. Kalau uda beda agama, mending jangan terlalu serius sih ya

    BalasHapus
  4. Zaman sekarang membingungkan sekali..
    Dengan disahkannya undang-undang pernikahan beda agama, menurutku jadi lebih banyak yang bermudah-mudah dalam hal pernikahan dan ajaran agama menjadi sedikit demi sedikit terkikis.

    Semoga generasi masa kini lebih terbuka dan kritis dalam hal ini agar sama-sama tetap berpegang teguh dengan prinsip yang dianut.

    BalasHapus

Posting Komentar