[recent]

Recent Post

3/recentposts

Review Novel Sangkakala di Langit Andalusia: Keistimewaan Surat Al baqarah dan Kisah Penghafal Quran Generasi Terakhir Bumi Andalusia

17 komentar

“Akan datang seorang anak muda, penghafal alquran yang akan menyelamatkan muslim di Andalusia”

Adalah bagian pokok cerita sejarah yang dijelaskan di novel sangkakala di langit Andalusia. Sangkakala di langit Andalusia merupakan ide mood hanum rais salsabila karena desakan penggemar setia novel sebelumnya 99 cahaya di langit Eropa sekaligus permintaan paksa dari Yaseen (orang berwajah khas Iberia, spanyol selatan). Mendengar para touris dari Indonesia, Malasyia dan Singapura rela menempuh perjalanan ke Cordoba, dan menghubung-hubungkan dengan satu buku 99 Cahaya di Langit Eropa. Yaseen pun tergerak menemui mereka, ada harta berharga yang berhak mereka ketahui.

Yaseen berhasil menemui Hanum dan Rangga di Indonesia untuk menyampaikan pesannya agar berkenen menuliskan sejarah dinasti para penghafal alquran di Andalusia hingga kondisinya diakhir putaran kiamat, namun hanum awalanya enggan menerimanya. Justru Rangga tertarik menerima tawaran Yaseen, kebetulan bulan depan rangga akan bertolak ke Spanyol. 


“Kejayaan Andalusia? Itu pengetahuan umum kalian sudah sering mendengarnya”. 

Tentang dinasti Almohad. Dinasti terakhir membangun alcazar di Sevilla. Istana itu menyimpan banyak cerita asal-usul wangsa paling hebat dalam sejarah Andalusia tapi hampir terlupakan. Tidak terhitung berapa ilmuwan dilahirkan dari sejarah Almohad. Lebih dari itu mereka memproduksi banyak penghafal alquran yang kini hampir punah.

Yaseen meminta hanum menuliskan wasiat sejarah Andalusia ini bukan tanpa alasan. pertama, orang Spanyol sekarang mana ada mau membaca sejarah tentang Islam. Kedua, orang pasti menganggap Yaseen kurang kerjaan menawarkan tour desa-desa kecil. Ketiga, dia bahkan tapi tidak bakat menulis. Maka dari itu dia datang ke Indonesia menemui Hanum dan Rangga, berkat viral novel berjudul 99 cahaya dilangit eropa. 

Rammar ibn Baqor. Hafidz terakhir di bumi Andalusia dari wangsa almohad yang mereka kata-kata Tuhan dengan segala inderanya.

Rammar tinggal sebatang kara, Ayah dan Ibunya meninggal dibunuh inkuisitor, dimakamkan di bukit El Arus. Para pemberontak membuat berita seolah-olah kuburan tersebut berbau busuk, harus menjauh sejauhnya. Padahal orang-orang yang dikubur di El Arus adalah parang penghafal alquran almohad.

Rammar kecil memiliki ingatan luar biasa, umur 3 tahun dia menghafal kawanan ternak dengan menuliskan kembali di tanah. Tidak hanya ingatan visual juga ingatan suara, kemampuan memisahkan dua bahasa berbeda diatas kemampuan sebayanya.

Daya ingat rammar turunan dari ayahya Baqor, berbeda dengan Fruela ibunya telahir viejo kristen murni. Pada hari minggu palma, ia diminta keluar dari gereja untuk berbelanja saat melewati masjid mendengat imam membaca surat al ma’un, hatinya jadi sekonyong-konyong penasaran makna surat al ma’un. Jiwa alquran pada diri fruela menarik dirinya mencintai islam lebih jauh. Hingga takdir menemukan pasanga yang melengkapinya.

Berbeda dengan adiknya, Fransiscus tak pernah mau berdamai dengan islam hingga akhir hayatnya masih memeluk viejo. Miriam Nunez anak  Fransiscus yang selama ini dititipkan pada Fruela mendadak ditarik paksa utusan panti asuhan katholik di Gharnata. 

Pupus sudah harapan Baqar dan Fruela mencetak generasi hafidzah selama tiga tahun ini. Yang paling bersedih adalah Baqar harus kehilangan adik saudara, teman menghafal alquran.

Tre estrellas de andalucia

Baqar, Alriq, dan Houda itulah sebutan mereka, para penghafal alquran di bumi andalusia. Ketiganya adalah sahabat saling menguatkan, saling menjaga, saling mengingatkan seraya berpegang teguh pada tali Allah lewat alquran. Diantara ketiga penghafal, Houda paling rendah ingatan hafalannya. Siapa sangka persahabatan ketiga penghafal alquran yang disatukan guru Mansoor dan Ubay muncul perasaan iri dengki. 

Baqar dan Alriq menjadi yatim sejak kecil, Houda masih memiliki ayah yang menyemangati dan menekan dirinya lebih giat menghafal alquran. Berbeda dengan Baqar dan Alriq memiliki ingatan kuat hafalannya. Suatu ketika ia didatangi perempuan vivejo tak lain adalah fruela, cinta pertama Houda. Namun cinta itu tak berbalas, fruela dijodohkan Mansor dengan Baqar. Patah hati Houda kedua adalah, saat dirnya kehilagan Ayah Habibullah, dan diberi wasiat menjaga kuda magnifeco. 

Sahabat Alriq memfitnah Houda bahwa sudah menjadi converso (murtad). Alriq memonopoli keadaan sepeninggal ayahnya, Houda jarang memuroja’ah hafalan. Kenyataanya sepeninggal ayahnya, hafalan Houda sangat baik bahkan melampuai Baqar.

Ketiga adalah penghafal alquran, setiap hari berinteraksi dengan alquran masih bisa terkenan hasutan iri. Hingga mampu membujuk temannya masuk converso bahkan jadi komandan inquisitor. Semua itu ulah Alriq. 

Fakta Mencengangkan di Andalusia

Nama kota-kota di Andalusia dirubah versi mereka. Ishlibiya jadi Sevila, gharnata jadi Granada, Qurtuba, Thulaytullah jadi Toledo. Al Majrit jadi Madrid.

Dimanapun Islam adalah musuh, sampai pembakaran kitab suci alquran. Sempat alquran isinya dirubah para converso. Alhamdulillah keturunan almohad yang hafalan alquran kuat masih mengingat betul kalau ada ayat suci alquran diselewengkan.

Menemukan teka-teka cincin bertulisan ب ق ر. Cincin itu hanyalah cincin besi biasa tapi diperebutkan inquisitor. Cincin itu petunjuk, lingkaran orbit. Wazir Mansoor meminta untuk menemukan pola cincin di dalam alquran  mencari keteraturan yang simetris yang cirinya sudah disebutkan Ba Qa Ra tiada lain Al Baqarah masyaallah 

Fragmen pertama Al baqarah sama dengan fragmen terakhir di akhir surat dan ini akan berulang dalam fragmen berikutnya.

Fragmen kedua dilanjutkan 20 ayat tentang ayat kekuasaan Allah.

Fragmen ketiga meliputi 50 ayat tentang kisah nabi-nabi dan bani israil.

Fragmen keempat berisi kurang  lebih enam ayat tentang ujian kepada manusia. 

Fragmen keenam sama dengan fragmen keempat yaitu tentang ujian Allah kepada manusia.

Fragmen ketujuh sama dengan fragmen ketiga yaitu tentang kisah para anbiya dan kaum Israil

Fragmen kedelapan sama dengan fragmen kedua bercerita kekuasaan Allah menciptakan seluruh makhluknya.

Fragmen kesembilan berisi pesan bagi kaum muslimin untuk mengimani Alquran. 

Tujuannya mencari arah, rammar mulai menggambar kasar peta Andalusia, mencari jalan keluar tempat yang dimaksud. Teluk Qartayanna jawabannya tempat paling layak untuk berlabuh, daratannya damai dari gelombang pasang, jorokannya luas. 

Masyallah sesuai pesan nubuwat hanya penghafal murni mampu menyelesaikan teka-teki ini.

Dalam alquran sudah dikatakan dengan jelas haram memakan daging babi, sedangkan rammar disaat kondisi terdesak harus melewati gerbang penjagaan converso bersama Maria sosok perempuan baru ia kenal di kota itu. Syarat melewati gerbang itu adalah harus memiliki cap basah dari Los Reyes dan memakan daging babi. Kondisi terdesak rammar mengingat rekaman firman tuhan surat albaqarah “barangsiapa dalam keadaan terpaksa memakan makanan yang diharamkan dan dia tidak menginginkannya dan tak melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya”. 

Andalusia adalah sumber kecanggihan dimasa sekarang namun ditenggelamkan para pembenci Islam. Tidak perlu menunggu 100 tahun jika manusia bisa terbang, Ibnu Firnas dari cordoba ia terbang dua ratus tahun lalu dari puncak mezquita. Melayang 8 menit dan mendarat kurang mulus. 

Termasuk Al Zarqali seorang almohad mengembangkan ilmu falak, mampu menakar kapan terjadi fenomena alam. Namanya diubah jadi Almanak Arzachel.

Jika sekarang umat muslim di Indonesia bisa melihat, menikmati, membaca alquran tanpa rasa was-was, di Andalusia ribuan alquran dihabisi bahkan ikhtisar ilmu pengetahuan, khazanah dunia kedoteran, kesehatan, memuat catatan risalah kehidupan pun diseret paksa dalam gumulan api. Harta berharga yang bertugas menjadi wasilah peradaban lampau pada peradaban lanjut.

Lenyapnya katedral Hagia Hophia harus diganti oleh mezquita-mezquita di Granada. Setipis ini kemenangan ustmani dengan kerapuhan Andalusia. Kata mbak hanum “Satu alasan pasti mereka memastikan perasaan kecewa sepertiku hadir sepanjang masa. Jika mereka didera sesal sepanjang masa akan hagia sopia, mereka sukses mengimpaskan dengan kekecewaan kami akan Madina Az Zahra”. 

Mezquita cathedral (katedral masjid) awalnya basilika milik Visigoth kemudian menjadi mezquita ketika Thariq bin Ziyad datang, kemudian sultan abdurrahman memperluas menjadi masjid terbesar di dunia. Hingga bangunan itu berakhir menjadi katedral dengan sebuah kapel Santa Teresa di tengah-tengahnya. 

=======Ah quotes mbak hanum bikin aku kesindir========

Terlalu banyak manusia berlomba-lomba menggosok bungkus kehidupan, namun isi hidupnya berkarat. Mengumpulkan benda, materi, kuasa, dan kesenangan lalu dipamerkan. Mengharap ridho manusia menelantarkan ridho ilahi.

Banyak orang bergaya hidup bak sultan menjadikan media sosial bagai etalase kekayaan, berharap mendapat wow alias pujian, tak sadar menambang penyakit ‘ain dalam hidup.



lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

17 komentar

  1. Ah iya, aku juga punya novel ini mbak
    Hanya belum selesai
    Novel sejarah memang selalu menarik untuk dibaca ya mbak

    BalasHapus
  2. Kisah-kisah sejarah Islam di Andalusia membuat kita tidak akan bisa berhenti membacanya, dari saat masa kejayaannya sampai keruntuhannya, para ilmuwan dan penghafal Al-Qur'an-nya

    BalasHapus
  3. Selalu takjub dengan kisah sejarah Islam di luar negeri dan fakta-fakta yang belum pernah saya tahu sebelumnya seperti fakta pengaburan sejarah Islam sebab islamophobia yang sudah mengakar dan mendarah daging.

    BalasHapus
  4. Menarik sekaliiii fragmen² yg luar biasa.

    Sungguh mindblowing ya.
    Semoga kapan² aku baca juga

    BalasHapus
  5. Novel yang sangat menarik ya Mbak, sarat dengan sejarah. Saya hanya baru menonton dan membaca 99 cahaya di langit Eropa, novel yang ini belum baca. Seru kayaknya ya.

    BalasHapus
  6. Novel ini kayaknya memang seru ya. seneng banget deh sama cerita yang bukan hanya menarik, bikin penasaran tapi juga ada pesan di dalamnya

    BalasHapus
  7. Beberapa kali baca berlatar Andalusia. Banyak sekali hal yang bisa jadi pelajaran dan motivasi untuk bangkit jadi pribadi lebih baik

    BalasHapus
  8. Masyaa Allah, menggungah banget bukunya buat dibaca, jd pengen beli deh

    BalasHapus
  9. Menarik banget bagian fragmennya, aku baru sadar loh soal itu. Wah ini harus masuk list bacaan ku sepertinya

    BalasHapus
  10. Mbak Hanum sama suaminya ini memang masyaAllah sekali tulisannya. Perjuangan mereka juga luar biasa di tengah viralnya novel 99 Cahaya di Langit Eropa dalam memperoleh keturunan.

    BalasHapus
  11. Review Novel Sangkakala di Langit Andalusia ini keren sekali sekeren, bukunya...ku belum baca jadi penasaran. Apalagi menceritakan keistimewaan Surat Al Baqarah dan kisah penghafal Quran generasi terakhir di Bumi Andalusia. Wah ...!

    BalasHapus
  12. MasyaAllah, sangat menginspirasi Mbak. Andalusia, Cordoba, dan bukti kejayaan Islam di masa lalu. Keren Mbak reviewnya. Jadi tertarik untuk baca novel ini juga.. Penuh dengan sejarah dan wawasan yang mungkin belum banyak kita dengar.

    BalasHapus
  13. Masyaa Allah novel sejarah begini patut dibaca. Kapan kapan beli deh.

    BalasHapus
  14. mbak aku jadi penasaran, bagian dalam bukunya untuk cetaknya dibaca enak gak mbak? aku suka buku-buku ini kayak penasaran diulas, apalagi untuk mendalami ayat al quran

    BalasHapus
  15. MashaAllah~
    Barakallahu fiik, melalui tulisan yang mampu menggaungkan kebaikan inilah semoga kita bisa menjadi hamba Allah yang sebenar-benarnya.

    BalasHapus
  16. wah ini novel terbaru mbak Hanum Salsabila ya, mbak. saya suka nih sama tulisan beliau karena memang bagus dan bisa menguatkan keimanan kita sebagai umat muslim

    BalasHapus
  17. Selalu menggetarkan hati ya kisah-kisah seperti ini. Reviewmu bagus mba, jadi pengin baca sendiri nih tulisan Mba Hanum ini. Beliau ini kalau bikin novel selalu mengandung banyak hikmah kehidupan, terutama bagi muslim.

    BalasHapus

Posting Komentar