[recent]

Recent Post

3/recentposts

5 Kegiatan Bermanfaat Saat Bulan Puasa

Bulan puasa hadir penuh sarat makna, bulan penuh kemuliaan, ampunan, bulan paling dinanti kehadirannya. Ada beragam ibadah spesial hanya di bulan Ramadan, di bulan ini juga pahala dilipatgandakan oleh Allah SWT.

Tentu umat muslim bersuka cita dalam menyambut dan menjalankannya. Sebagai seseorang yang telahir dari rahim seorang muslim, memaknai Ramadan sebatas menjalankan puasa menahan lapar dan dahaga, ikut tarawih, tadarus di masjid kalau nggak ngantuk. Kadang jadi ajang list ikutan bukber circel teman yang mana aja.

Aku sadar Ramadan tak seharusnya diselebrasikan sedangkal itu, ada beragam kegiatan, waktu spesial di bulan Ramadan. Saking spesialnya, ciri Ramadan datang kalau iklan marjan udah tayang haha. Stasiun TV, radio berlomba-lomba membuat program acara khusus selama Ramadan.

Yah kali kalah sama producer TV, kita sebagai orang Islam harus memiliki rutinitas padat beribadah di hadapan Allah. Mengejar dunia untuk persiapan yes, megejar pahala bulan Ramadan tetap jalan.

Bagi-bagi takjil

Buka bersama sambil bagi-bagi takjl atau paket sembako kepada mereka yang membutuhkan. Kegiatan amat mulia, simbiosis mutualisme. Lebih dari itu bukber lebih hidup dan berwarna bukan sekedar ajang saling mengenang, ngobrol, sibuk main smartphone sendiri.

Momen bagi-bagi takjil hanya ada di bulan puasa Ramadan, kenapa ya? Karena mayoritas semua umat muslim melaksanakannya, berbeda dengan puasa sunnah tidak semua yang melaksanakannya.

Tapi fenomena sekarang di bulan Ramadan banyak rumah makan, warkop, terang-terang tidak menutup diri mengormati bulan Ramadan, sepertinya rasa sungkan perlahan mulai hilang.

Ikut meramaikan masjid

Selama bulan Ramadan kalian bisa lebih sering mengunjungi masjid, misalnya lebih rajin sholat berjamaah lima waktu, tadarus pagi dan malam.

Menjadi bagian dari takmir masjid di lingkungan setempat, melibatkan diri di setiap kegiatan masjid. Ikut bantu membersihkan masjid, menata karpet untuk jamaah, membantu menata parkir jamaah.

Belajar bikin kue

Momen Ramadan gini postingan fyp paling sering adalah cara buat makanan. Berbagai resep bertebaran dari yang bahannya ada di dapur sampai bahan harus keluar uang nggak sedikit.

Buat kalian kaum pelajar yang waktunya banyak senggang, yuk coba manfaatin waktu kalian me-recook masakan mereka untuk persiapan berbuka. Atau belajar bikin kue persiapan lebaran nanti, misalkan berhasil bisa coba kalian tawarkan di story wa.

Nggak untuk kaum pelajar doang, siapapun bisa melakukan asal mampu me-manage waktu.

Latihan salat malam

Masyaallah salat di sepertiga malam ini beratnya minta ampun, godaannya malas dan ngantuk. Begadang nge-blog sampai jam 2 bisa, giliran disuruh salat malam ada alasannya.

Biasanya di masjid-masjid kalau sudah menjelang malam 20 an, mengadakaan qiyamul lail dari jam 12 malam. Kayaknya diriku perlu bergabung, apakah bisa?

Latihan salat malam dan sahur sekalian. Nah ini bisa buat melatih sekaligus memaksakan diri untuk bangun mendirikan salat malam.

Padahal salat malam adalah waktunya kita manusia meminta segala yang kita mau kepada Allah face to face nggak ada orang yang tahu. Termasuk waktu mustajabah untuk berdoa, makanya dulu jaman sekolah kelas 12 kalau mau ujian nasional rajin salat malam biar lulus.

Bikin konten/ikut kajian

Ramadan tiba, kajian rohani pun banyak bertebaran baik itu di tempat atau webinar. Bebas kalian bisa pilih, tidak ada salahnya mengenal kembali, mendalami ilmu Allah bila dibandingkan seharian scrolling tik tok sampai baterai habis.

Ah nggak seru temanya? Selektif dong pilih tema, di instagram banyak webinar islami membahas kajian sejarah islam, parenting, bahkan isu lingkungan.

Nah ilmu yang sudah didapat kembali dibagikan kepada sesama, berbagi dalam hal berdakwah atau saling mengingatkan. Meskipun itu postingan ajakan bersedekah, tidak ada salahnya bukan memposting kebaikan itu artinya cerminan pribadi orang tersebut.

Itu tadi kegiatan bermanfaat yang bisa kalian lakukan di bulan puasa, sembari menunggu adzan maghrib kalian yang masih bekerja jangan lupa dzikirnya, kalian yang masih jualan jangan lupa salatya, kalian yang lagi rebahan jangan lupa dengerin kajian.

 

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar