[recent]

Recent Post

3/recentposts

4 Keuntungan Ikut Arisan, Kalian Wajib Tahu!

14 komentar

Arisan adalah kegiatan berkumpul, bertemu dengan sekelompok orang untuk menjalin silaturahmi. Acaranya tak luput dari makan-makan bersama, berbincang sampai pembicaraan topik sekolah negri atau swasta? Kapan nikah? Kapan punya anak? Bahkan adu saling menonjolkan kekayaan pribadi.

Arisan dikonotasikan untuk mengisi waktu luang bersama golongan tertentu secara khusus untuk bersenang-senang, menikmati waktu luang bersama orang yang jarang bertemu disaat jam beraktivitas biasanya. Maka dari itu nggak heran acara kumpul arisan jadi ajang kembali mengenal lebih dekat siapa sanak famili sendiri.

Seiring berkembangnya waktu model arisan tak hanya seperti diatas, seperti arisan mebel, arisan sembako, arisan logam mulia, arisan barang elektronik dll.

Misalnya kita ikutan arisan uang, dalam sebulan kita wajib menyetorkan uang 100.000 kepada salah satu orang yang diamanahi mengelola arisan itu. Ketika kita dapat diawal artinya kita uang uang teman-teman kita, bulan selanjutnya harus tetap membayar sampai batas jumlah teman dalam anggota arisan habis. 

Bagi sebagian masyarakat yang cenderung senang mengikuti arisan, mereka rela ikut arisan bahkan sampai 5 arisan sekaligus. Baru terima gajian uang ludes bayar arisan.

Alhamdulillah kalau jatahnya keluar nomor dapat, kebanyakan setelah dapat arisan giliran bayar setelahnya udah mulai terasa bebannya. Hayo ngaku siapa pernah seperti itu? Kalau di pikir iya juga, kalau dapat nomornya akhir alamat nggeruneng terus karena nggak dapet.

Bayar terus tiap bulan, nomor nggak keluar-keluar. pasti ada salah satu mengatakan seperti itu. mengeluh nggak dapat, giliran dapat mengeluh kapan berakhir arisan. 

Mungkin sebagian orang cara menabung berbeda-beda, ada yang harus menyisihkan uang dengan dipaksa, karena merasa jika tidak ada paksaan tak akan ada uang tabungan.

Melihat berbagai macam arisan tentunya ada keuntungan dan kerugian yang diterima, tentunya kita bisa menarik kesimpulan baik segi keuntungan atau kerugian.

Keuntungan mengikuti arisan

1. Saling membantu. Ada beberapa orang sangat terbantu adanya arisan dalam suatu kelompok, mereka yang penghasilannya sederhana ikut arisan tentu sangat terbantu jika mengikuti arisan. istilahnya saat nomor aku keluar tapi aku sendiri belum terlalu penting ada kebutuhan mendesak, bisa menawarkan pada anggota lain siapa tahu berkenan mengambil.

2. Sarana bersosialisasi.

3. Memaksa kita menabung. Ada dong orang yang sudah niat menabung menyisihkan uang di dompet taunya abis gitu aja nggak kerasa. Nah ikut arisan solusinya, mau tidak mau harus mengeluarkan uang sejumlah patokan yang diminta setelah terima gajian biasanya. Jadi uang tidak akan terpakai untuk jajan hehe.

4. Bisa mendapatkan pinjaman tanpa bunga. Wah boleh juga nih, membantu mereka yang lagi butuh uang tapi bebas biaya admin dan bunga hehe.

Kerugian mengikuti arisan

Selain memiliki keuntungan ada sisi kerugian yang bisa dijadikan pertimbangan mengikuti arisan

1. Berpotensi lebih boros. Misalkan dalam sebulan ada 3 kali arisan masing-masing arisan berjumlah 100 ribu sedangkan gaji sebulan 600 ribu auto nggak jajan dong bestie wkwk.

2. Tidak ada payung hukum. Ini nih resikonya  tidak ada hukum yang mengikat, bisa saja salah satu anggota membawa kabur uang dan kita pun harus rela menerimanya

Tips mengikuti arisan agar tidak merugi

1. Pilih kelompok yang benar-benar dapat dipercaya, sebaiknya berhati-hati mengikuti arisan, pelajari kondisi lingkunganmu. jangan langsung terpaku kata tetangga, tapi telisik pelajari orang-orang tersebut. bukan maksud buruk sangka, karena arisan urusannya uang jadi perlu kewaspadaan.

2. Lebih baik kumpulkan dana dalam jumlah kecil. hal itu lebih aman dibanding langsung mengeluarkan dana dalam jumlah besar. Siapa tahu di tengah jalan ada kebutihan mendesak apakah kamu lebih mementingkan arisan atau kebutuhan mendesak tersebut?

3. Anggap sebagai kegiatan sosialisasi. anggap saja ajang bersilaturahmi bersama kawan baru ataupun kawan lama, hitung-itung memperjang umur juga.

4. Jika dibandingan menyisihkan uang dengan menabung atau investasi, keuntungan finansial kegiatan ini tidak terasa. Yab betul tidak seberapa signifikan dibandingkan kita menabung sendiri. Faktor pemaksaan yang membedakanlah. 

Kembali lagi sesuaikan dengan kebutuhan, budget dan kemampuan kalian jika mengikuti arisan. Kalaupun tidak ikut arisan juga tidak ada yang melarang, bukan hal diwajibkan pula.




lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

14 komentar

  1. Setuju dengan poin-poinya.
    Masalah kabur dai arisan, baru kena nih saya. Tetangga beda dua rumah, suaminya bangkrut , rumah disita bank, dan mereka pindah gatau kemana. Padahal dia sudah narik arisan duluan, 2,5 juta dapatnya..Mana ga ada kabar berita. Jadilah kami se-cluster(9 orang) ikhlasin uangnya.huhuhu

    BalasHapus
  2. Arisan itu salah satu kegiatan ibu ibu yang sudah ada sejak zaman dulu kala ya.. sekarang udah lebih banyak bentuknya dan materinya juga sudah lebih terarah

    BalasHapus
  3. Wah ternyata ikut arisan ada keuntungannya ya..soalnya ku selama ini mengira arisan tuh kayak buang waktu yang ga banget hehehe

    BalasHapus
  4. Kalau arisan keluarga intinya kita silaturahmi ya. Tapi jika ada yg tidak amanah seperti kabur, hem, beda lagi deh urusannya. Hehehe...
    Terimakasih tipsnya
    Bagaimanapun kalau soal uang iya hatus hati-hati

    BalasHapus
  5. Kalo di arisan lingkungan biasanya budget tidak terlalu besar. Anggap sebagai pengganti uang makan buat menyambut tetangga silaturahmi

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah enggak pernah dapat sirkel arisan yang toxic. Alhamdulillah amanah semua. BTW Aku lebih suka dapat nomor terakhir malah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayapun tak suka dapat di awal hehehe
      Tengah ke terakhir yang suka.
      Biasanya arisannya bareng keluarga. Dulu pas masih kuliah pernah juga main arisan ma teman-teman.
      Tapi ini udah lama gak pernah ikut arisan lagi.

      Hapus
  7. saya jarang banget arisan-arisan begini, palingan kumpulin uang di tabungan saja, tapi kayaknya seru juga ya

    BalasHapus
  8. Lamabanget deh aku nggak pernah arisan hehe ... Emak-emakkudet yang gak punya temen kayanya aku. Tapi aku setuju sama keuntungan dan kelebihan arisan. Ada kisah nyebelin waktu sekolah dulu, uang jajan dipakai buat arisan, pada akhirnya bubar sebelum giliran aku dapet dan itu membuatku malas ikut arisan.

    BalasHapus
  9. Kalau aku sih mikirnya, Arisan itu tak ada rugi atau boros. Misal arisan keluarga, itu kan menambah silaturahmi. Kalau arisan uang, kita bisa dikatakan seperti menabung. Nah kalau arisan uang ini harus hati-hati jangan sampai tertipu.

    BalasHapus
  10. kalau dapat arisan itu sueeneeeeng banget yak ga kerasa gitu, tapi aku biasanya ikut yang nominal kecil aja biar ga kerasa, pun pilah pilih biar tak membebani. betul bisa buat sarana sosialisasi, dan memang tetep kudu ati2 krn biasanya arisan ini berdasarkan persetujuan bersama aja

    BalasHapus
  11. Bener nih, selain sebagai sarana menabung, juga bikin aku makin rajin bersosialisasi yang awalnya ngga suka bangett ada kumpul2 kalau ngga ada yg penting hehehe padahal nggamesti gitu yah

    BalasHapus
  12. Heheh, arisan ini bisa menjadi metode cara disiplin buat menabung ya Bunda. Nah, ini yang keren bisa jalin silaturahim karena dengan adanya arisan.

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah so far ikut arisan jujur terus. Tapi sejak pindah dari Bali udah gak pernah ikut arisan lagi. Sekarnag di Bekasi benar-benar kayak alien. Jauh dari teman2. Hahaha. Arisan keluarga asik juga kali ya.

    BalasHapus

Posting Komentar