[recent]

Recent Post

3/recentposts

Puasa Ramadhan Pertama dengan Suasana Rumah Berbeda

19 komentar

Alhamdulillah memulai tahun 2022 ini Allah memberikan sesuatu yang berbeda di hidupku. Kehadiran sosok suami dalam keluarga kecil menambah rasa berkah menikmati hidup yang cukup menguras adrenalin. Harus dipaksa bahagia, sedih sembunyi-sembunyi, yah begitulah ternyata lika-liku pernyataan tak seindah tren video reel di instagram orang-orang.

Menjalani ibadah puasa Ramadhan 2022 kali ini amat berbeda dari tahun sebelumnya, jika sebelumnya aku masih tinggal bersama kedua orangtuku yang masih lengkap, kini harus berpisah dengan mereka. Biasanya tiap Ramadhan aku menjaga warung tiap menjelang berbuka, aku yang belanja sayur untuk dimasak Ibu nanti sore, aku yang buka selalu terakhir karena harus bergantian antara buka puasa dan jaga toko, waktunya sahur yang banguni adek sambil ditarik kakinya, Ibu udah nggak sanggunp bangungin aku katanya “makan waktu 1 jam bangunin mbak zila” hehe.  Sekarang semua kenangan itu hilang dan mulai dilukis di rumah suami.

Ahhh sedih mengingat-ingat masa-masa tahun kemarin, yah mungkin ini fase awal-awal belum cukup menerima keadaan harus berubah secepat ini. Perempuan setelah menikah harus rela keluar rumah mengabdi kepada suami, meninggal istana masa kecilnya beserta segala kenangan. Sekalipun kenangan di rumah orangtua itu pahit tetaplah rumah orangtua adalah  hotel termewah dan termahal di dunia.

Suasana baru bakal terlukis di Ramadhan 1433 ini, semua memang sudah jalan dari Yang Maha Kuasa. Pertama kali puasa bareng suami bakal terlaksana nanti maghrib wkwk. Alhamdulilah puasa pertama terletak di hari minggu, bisa nyantai, leyeh-leyeh nungguin jam masak puasa. Maklum pertama kali masakin buka puasa untuk suami agak deg-deg ser bakal nutut nggak ya masak menu sebelum berbuka, soalnya kalau masak suka lama hehe.

Bukan norak ya, lagi bayangin gimana nanti rasanya masak tanpa nyicipin, lah biasaya masak sambil di cicipin aja rasanya masih kurang pas wkwk. Alhamdulillah suami tipikal orang suka menerima kalau soal makanan asal di meja makan ya disantap.

Sholat Tarawih di tempat berbeda

Tempat taraweh kali ini pun berbeda, biasanya tarawih di masjid di desa kelahiranku, sekarang tarawih di musholla dekat rumah. Sangat-sangat berbeda dan sedikit belum menerima keadaan, jujur suasana tarawih di masjid dan musholla mostly berbeda. Masjid tempatnya lebih luas, apalagi ubin masjid lebih kerasa syahu dan dinginnya.

Perbedaan suasasa tarawih sungguh mencolok, tahun kemarin ke masjid harus ngontel alias mancal sepeda sambil pegangin mukena biar nggak masuk ruji sepeda, atau naik motor dibonceng adek laki-laki. Eh sekarang tinggal jalan kaki beberapa langkah sudah sampai di musholla. Alhamdulillah Allah ternyata ingin aku bertobat biar sering-sering mengunjungi rumah-Nya.

Tarawih hari pertama seperti biasanya jamaah full. Sepertinya kasus kayak gini terjadi di masjid dan musholla manapun deh. Agak miris sih semua orang sudah metriger fenomena seperti ini, harusnya kondisi seperti itu tidak dijadikan kebiasaan rutinan tiap Ramadhan, justru harus jadi pemacu semangat gimana caranya jamaah diawal Ramadhan tetapa sama membludaknya sampai menjelang hari kemenangan nanti.

Menu sahur super irit

Pertama kali sahur di rumah berbeda, ini nih yang paling aku takuti karena diriku sendiri susah sekali bangun pagi, apa bisa bangun dini hari buat sahur? Ternyata iya loh wkwkw. Kalian tahu nggak hari ini aku sahur 03.45 padahal jadwal imsak 04:07 please jangan tertawakan aku!! Sadar sih harusnya seorang orang istri bangun lebih awal, menyiapkan masakan untuk berbuka.

Lah ini untung kebangun gara-gara alarm, entah alarm udah bunyi berkali-kali tapi telingaku juga bodo amat. Giliran detik-detik terakhir Allah masih memberi kesempatan aku makan sahur dengan menu sore tadi.

Makan stuffle mi, tempe, tahu dan sambel kecap sisa semalem, dan qodarullah lupa nggak masak nasi. Nasi sore kemarin tinggal sedikit, pak su nggak tega deh lihat nasi sedikit dibagi dua orang. Dia sahur makan buah aja katanya hehe.  

Bismillah puasa hari pertama bisa terlaksana sampai bedug maghrib nanti. berhubung hari pertama puasa hari minggu jadi kami memilih puasa di rumah aja nggak keman-kemana. Maklum jaga stamina sebelum esok senin kembali bergelut dengan rutinitas inshaallah super padat.

Keinginanku sederhana semoga suasana puasa ramadhan 2022 tetap seindah puasa di tahun sebelumnya, ngabuburit sudah dibolehkan, Tarawih sudah terbuka lebar-lebar di masjid tidak ada halangan bekerja keras untuk Allah SWT. Tata niat, nggak cuma nahan puasa  tapi nahan nafsu dan syahwat, paling penting nggak kalap belanja kebutuhan lebaran.

Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1443 H untuk semua umat muslim dimanapun berada.

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

19 komentar

  1. Selamat untuk Radaman pertamanya bareng suami Mbak Zila
    Semoga bisa bangun lebih pagi sahurnya..memang masih canggung di awal tapi nanti akan terbiasa. Apapun yang disajikan untuk suami dengan bumbu cinta akan enak kok, Insya Alllah
    Semangat ya!!

    BalasHapus
  2. selamat menempuh hidup baru, mba. semoga menikmati segala warna-warninya, yaa. klo menu irit, mah, saya yang udah senior dalam rumah tangga juga, tetep sahur pake menu rit, mba, hehe. soo...semangatt, yaaa, belajar bersama suami.

    BalasHapus
  3. Wah, bahagianya Ramadhan pertama dengan suami ya Mbak.. Kerinduan akan kebiasaan lama memang kadang hadir ya Mbak, tapi insyaAllah nanti akan bertambah momen-momen baru yang seru dan bahagia untuk direkam dalam ingatan.. :)

    BalasHapus
  4. It's ok mbak aku juga pernah kaya gitu mepet banget sahurnya, kadang...duh kudu nyiapin ini itu dulu baru bisa sahur. Lama² terbiasa pasti Mbak, dan akan jadi kebahagiaan tersendiri menghidangkan sahur dipagi buta gitu ya...

    Semangat ya, Mbak😙

    BalasHapus
  5. Semogaaaa kita bisa menjalankan ibadah Ramadan dgn sebaik2nya
    dan menjadi hamba ALLAH yg kian bertaqwa
    makasi sharing-nya mba
    nurul bukanbocahbiasa(dot)com/

    BalasHapus
  6. Jangan merasa bersalah. Sahur itu kan sunah. Itu masih ada waktu menuju imsak. Cukup untuk makan. Suami saya malah selalu mengakhirkan waktu makan. Sepuluh menit lagi ke imsyak, baru dia makan.

    BalasHapus
  7. Hahah gpp mbaa, aku jg sering kok sahur mepet banget sama azan hehe. Btw selamat mbaa! Semoga makin betah nih di rumah baru dan suasana yang baru

    BalasHapus
  8. Semoga bisa beradaptasi dengan lingkungan barunya ya, Mbak. Semoga nanti tercipta kenangan-kenangan baru yang tak kalah manisnya dengan kenangan lama di bulan Ramadan. Selamat menjalankan ibadah.

    BalasHapus
  9. MasyaAllah barakAllah ramadan pertama bareng suami. Semoga jadi teman sampai syurga ya

    BalasHapus
  10. Selamat menempuh hidup baru, suasana baru. selamat belajar bersama juga dengan suami ya

    BalasHapus
  11. yihaaa, selamat menempuh hidup baru yaaa.. semoga rumah tangganya sakinah mawwadah warrahmah.

    saya waktu awal punya suami malah ramadan-nya jauhan, hehe. semangat ya, Mbak.

    BalasHapus
  12. Semangat menjalani realita kehiduoan berkeluarga ya mba. Seru pastinya

    BalasHapus
  13. Selamat menikmati Ramadhan pertama sebagI istri, ya
    Saya tahun pertama malah lebih parah, suka kesiangan sahur karena biasa tinggal dibangunin aja 😂 dan seringnya mepet sahur. Mepet sahur juga masih sih sampai sekarang, yang penting niat kita berpuasa

    BalasHapus
  14. Suasana berbeda tapi InsyaAllah lebih mebawa berkah ke depannya ya, Mbak.
    Semua butuh latihan untuk cepat tanggap dan semangat terus Mbak!

    BalasHapus
  15. Selamat menjalankan profesi mulia ini ya, Mbak. Bersama pasangan nantinya pasti banyak cerita.

    BalasHapus
  16. Selamat menempuh hidup baruuu mbaaak, yeeay seru sahur bareng dan berbuka yang halal

    BalasHapus
  17. MashaAllah~
    Happy Newly weds, kak..
    Semoga senantiasa berbahagia.

    Paling excited kalau puasa di hari pertama adalah ditemani dengan pasangan. Rasanya berbunga-bunga dan ibadahnya pun jadi lebih berwarna.

    Semoga banyak keberkahan melimpah.
    Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  18. Wah Ramadan pertama bersama suami
    Hehe GPP mbak, belum biasa
    Wajar juga kok kesiangan saat sahur

    BalasHapus
  19. Semangat mba!!! Kalau aku emang dari dulu kalo sahur pakai lauk sisa semalam aja haha. Tinggal manasi doank

    BalasHapus

Posting Komentar