[recent]

Recent Post

3/recentposts

Menjadi penulis blog tidak harus memiliki laptop, lewat smartphone pun bisa!

8 komentar


Memutuskan masuk dunia blog harus sudah memiliki komitmen menjalani tanpa pikir dua kali berhasi atau tidaknya. Memang blogger bukanlah profesi tetap pada umunya, kata siapa asal kalian sudah paham alurnya, trik mendapatkan cuan pun bisa mengalir deras sampai kesusahan ditutup keran airnya. Yah bagaimana tidak di era serba digital hal bisa dipelajari dengan mudah, mau belajar ngevlog? Belajar copywriting? Trader? Digital marketing? Semua tersedia dalam genggaman. 

Dunia sudah berubah, mereka semua berlomba-lomba menjadi yang terbaik, menyajikan kualitas terfavorit, memberikan pilihan bagus yang membingungkan, demi menyenangkan viewers mereka masing-masing. Yakin nggak mau ugrade diri lagi?.

Tidak perlu jauh-jauh diriku sendiri pun tidak bisa menjadi blogger sepenuhnya tapi bukan berarti aku cinta blogger separuh aja, no!. Pekerjaan sehari-hari sebagai pendidik, itu yang aku utamakan, namun dengan aku terjun di sekolah justru aku menemukan banyak ide yang bisa diposting. Hal itu yang susah meningglkan dunia blogging. Membuat posting di blog, kemudian share ke warganet, dan warganet memberikan tanggapan sebuah kebanggaan dan reward tersendiri untuk diriku.

Namun semenjak setahun terakhir ini, aku punya kendala di smartphone kesayanganku. Faktor adalah kendalanya, sudah tidak bisa berlam-lama digunakan. Maklum udah faktor umur kayaknya, dia udah sulit ku ajak diskusi bersama ide tulisan aku. Sebelumnya aku pakai smarphone SONY EXPERIA Z5, smartphone ini menemani diriku tengah malam demi bisa aktif buat postingan satu minggu satu postingan.

Udah waktunya lempar beri baru, tapi aku bingung harus cari smartphone tipe seperti apa? Rekan-rekan kerja udah nyarani “coba ke toko si itu, si ini,” tetap aja aku masih bimbang. Harus kuturutin ucapan siapa? Kalau dipikir-pikir ya tentu bingung dong, kita kan mau melepas uang sejumlah jutaan nggak sedikit ya nggak mungkin pastinya tergesa-gesa.

Google adalah teman terbaik untuk mencari referensi smartphone yang cocok di harga 3 jutaan. Menurutku harga paling availabe dan sesuai untuk kebutuhan sehari-hari adalah smartphone Realme. Sebenarnya sudah lama ngincar merek smartphone ini. Karena salah satu teman kerjaku smartphonenya baru hehe.

Kenapa carisinyal.com?

Karena mereka menyediakan berbagai informasi, perbandingan merek hp dari mulai samsung, , OPPO, Xiaomi, Realme, Vivo, ASUS, Honor, Infinix. Nggak cum gadget, carisinyal.com menyediakan informasi sekaligus referensi tablet, laptop, hardware, aplikasi, tips dan trik bahkan review lengkap. Karena aku mencari smarphone di budget 3 juta, ya aku langsung menuju menu udpate harga terbaru hp Realme bulan november. Yang aku perlukan adalah smartphone dengan kapasitas ram lebih dari 2, memori internal harus besar, untuk masalah kamera mah bisa mengikuti.

Sebelum aku benar-benar memutuskan HP apa yang akan kubawa pulang nantinya, aku harus membaca artikel lebih banyak tentang merek yang kuincar. Di carisinyal.com sudah menyediakan artikel pilihan dari mulai umum sampai yang khusus.


Situs cari sinyal.com adalah satu pintu buat kalian yang ingin dan penasara dunia teknologi teraru dan terupdate, misalnya aja kalian pengen cari spek hp yang kalian incar, tinggal klik menu cari spesifikasi harga pilih jenis HP sudah bakal keluar semua data yang kalian inginkan. Semuah itu, informasi didapat memalui satu pintu di carisinyal.com

Terutama review-review itu sangat membantu kalian jika bingung menentukan pilihan, review yang ditampilkan bukan sembarang review tapi memang review betulan.

Kelebihan Realme c15

1. Baterai luar biasa besar

Meski harga dipasaran terkesan murah, jangan salah  Realme c 15 menyediakan baterai super bsar yakni sebesar 6.000 mAh. Angka itu sungguh sangat ungguh dibanggil ponsel pada kelasnya karen akebanyakan hanya mentok di kapasitas 5000 mAh saja. Itulah makanya bisa mengoperasikan untuk game, nonton youtube, dan menelpon dalam durasi panjang.

Belum ladi Realme ada fitur power saving mode yang bosa memperkuat daya tahan baterai jauh leboh lama lagi. Realme mengklaim bawa ponsel ini mampu menjalankan whatsapp selama 107 menit dan hanya memakan daya sebesat 5%. Namun kita hanya bisa menggunakan enam aplikasi di mode ini

Dan, jika kita mendiamkan Realme C15 dalam keadaan stand by saat mode ini diaktifkan, posel pun bisa bertahan hinga 2,9, hari walau baterai terasa tinggal 5%. Benar-benar HP cocok diandalkan saat kondisi darurat, nggak pelu risau saat membawa HP ini ke pegunungan atau tempat-tempat yang tidak terjangkau listri.

2. Fast charging

Realme dilahirikan dengan kemampuan pengecasan 9V/2A alias 18W. Sudah pasti, waktu dibutuhkan untuk mengecas Realme C15 akan lebih sedikit ketimbang ponsel-ponsel lain yang hanya mengandalkan pengecasan standar 10 W. Dikombinasikan dengan kapasitas baterainya yang luar biasa besar, Realme C15 memang terlihat jelas peruntukkan untuk kamu yang suka beraktivitas diluar ruangan.

Fitur pengisian daya cepat 18 watt ini mampu setidaknya mengisi daya hingga penuh dalam waktu 3 jam saja. Hal ini jelas lebih baik ketimbang pengecasan normal yang umumnya membutuhkan waktu 6 jam untuk mengsi daya baterai 6000 mAh hingga 100%

3. Bisa jadi power bank

Dengan kapasitas jumbonya, Realme C15 memungkinkan menyumbangkan daya baterai ke ponsel lain. Diserta fitur revese charging sebesar 6,5 watt fitur ini bisa mengubah realme C15 menjadi teman anda hampir semaput. Fitur juga ada pada seri realme sebelumnya seperti C3 dan C11.

4. Quad camera yang handal di kelasnya

Seperti pada umunya, kamera adalah penilaian tidak boleh terpisahkan saat membeli gadget. Realme C5 punya 4 kamera belakang sekaligus. Keempat kamera ini terdiri dari lensa utama 13 MP, disertai tiga lensa yakni sensor ultra lebar 8 MP kamera hitam dan puith berkekuatan 2 MP, serta 2 MP lainnya yang berfungsi untuk menambahkan efek retro potret yang telah diambil.

Lensa utamanya sudah mampu melakukan zoom optik sebanyak 5x sehingga anda pun bisa menangkap objek jarak jauh dengan kualitas yang masih terjaga. Dari segi perekaman video, Realme C15 berkemampuan mengambil video 1080p dengan frame rate 30 FPS serta slow motion 720/30FPS.

Dibagian depannya juga sudah tersedia lensa AI Selfie Camera berkekuatan 8 MP dengan bukan aperture f/2.0 dan terdiri dari 5 lapisan lensa yang berbeda.

5. Kapasitas memori internal besar

Diketahui kapasitas memori internal Realme C15 memiliki varian memori hingga 128 GB!. Kapasitas sungguh terbilang besar untuk ponsel harga dibawah 3 juta. Selain varian 128GB/4 GB, realme C15 tersedia varian 64/4 GB dan juga 64GB/3 GB. Penyimpanan internal Realme C15 ini berjalan pada standar Emmc 5.1 DAN RAM-nya mengusung teknologi LPDDR4X. Belum berhenti sampai disitu, Realme juga menawarakan dukungan khusus slot kartu memori eksternal sehingga bisa dipakaikan microSDXC hingga 256 GB.

6. Desain bodi menarik

Realmi C15 memiliki tag line “Entry-Level King” memiliki maksud menghadirkan tampilan bodi yang cukup ciamik dan estetik. Mereka mengusung tampilan Geometric gradient design yang membuat ponsel terlihat seperti potongan berlian. Ada dua tampilan varian yang ditawarkan – Marine Blue dan Seagull Silver.

Carisinyal.com selain menunjukkkan keunggulan dan spesifikasi HP sesuai merek, mereka juga menyiapkan kekurangan dari ponsel itu. Hal inilah yang membuat pembaca tidak perlu membuka jendela lagi dalam satu halaman, dalam satu halaman sudah tersaji dengan lengkap.

Kekurangan Realme C15

Walau menyuguhkan segudang keunggulan, hal itu tidak lantas Realme C15 luput dari kekuragan. Berikuut bebera poin kekurangan Realme c15 yang perlu anda ketahui

1. Layar belum full HD+

Realme C15 sudah dihadirkan dengan layar panel IPSC LCD berukuran 6,5 inci yang bisa memneuhi kebutuhan menonton anda. Yang disayangkan ponsel ini hanya memiliki resoluis HD+ atau lebih tepatnya 720 x 1560 piksel. Disisi lain layar ponsel ini memiliki aspe 20:9 dengan desain tetesan air yang cukup umum di kalangan produk entry-level di tahun 2020.

2. Chipset kurang bertenaga

Ponsel ini ditenagai oleh helio G35 dengan manufaktur 12 nm. Ya memang bukan chipset yang jelek-jelek amat. Akan tetapi, melihat dari harganya yang hampir meraih angka 2 juta, Helio G35 bukanlah yang terbaik untuk harga yang ditawarkan.

Seharusnya sih realme c15 yang lebih mahal harus mampu menghadirkan chipset yang lebih bertenaga seperti Redmi 9 yang sudah mengandalkan Helio G80

3. Masih menggunakan micro USB

Port pengecasan yang obolete memang cukup sering diteukan pada ponsel 1 jutaan. Hal ini tercermin pada realme c15 yang hanya dibekali dengan charging port microUSB 2.0

MicroUSB ini tidak memiliki kecepatan transfer kecapatan data sebaik USB tipe C. Harusnya kalau melihat harga realme c15 sudah selayaknya menggunakan microUSC tipe C.

Apa keputusanku?

Aku memutuskan membeli HP Realme C15 4/128 dengan harga kisaran dibawah 3 jutaan. Yah cukup friendly dan ramah dikantong masalah harga. Walaupun chargernya belum tipe C tidak masalah, pilihanku jatuh di Realme C15 toh keunggulannya nggak kalah banyak kok. HP realme C15 sangat mendukung aku di segala aktivitas ngeblogging, dengan HP ini aku nggak perlu repot-repot buka lapto hanya untuk upload posting di blog.


Ketahanan baterai yang tidak terkalahkan ini, membuat aku makin nyaman blogging lewat HP. Smbil jaga toko, di sela-sela jam mengajar, dengan mudahnya ngblog lewat HP tanpa pusing mikirin bakalan habis berapa daya.

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

8 komentar

  1. saluttt banget sama blogger yang ngeblog pake hape.
    kenapa salut? karena saya nggak terbiasa dan nggak bisa juga akhirnya, haah!
    harus teliti juga sih...
    selain itu harus pake gadget yang mendukung yaa...

    BalasHapus
  2. Besarnya memori memang salah satu fitur yang menentukan, selain kualitas kamera. Apalagi untuk blogger/influencer low budget yang cuma bisa foto pake kamera HP ya, Kak.

    BalasHapus
  3. Aku juga pake hape Alhamdulillah berjalan 8 bulan ini semangat mba makasih review nya

    BalasHapus
  4. Akuuh banget nulis blog lewat smartphone, jadi semangat nulis karena kalau dari laptop maless banget belum lagi laptop dipake anak anak daring

    BalasHapus
  5. Aku suka banget sama website carisinyal, ada rekomendasi ponsel sesuai harganya, jadi ga harus mantengin satu persatu

    BalasHapus
  6. Wah asik banget bisa ngeblog pake Hape. Tampilan aplikasinya cukup nyaman di matakah kalau lewat ponsel? Penasaran. Kan lumayan, praktis kalau pakai hape jadi bisa nulis di mana aja, kapan aja.

    BalasHapus
  7. hua sama saya juga punya realme, enak layarnya pastinya sering digunakan juga untuk kerja ngeblog niy kak

    BalasHapus
  8. Wah, ini kayaknya artikel lomba blog yaa kak. Semangat kak, blog saya TOMTOMID juga ikutan lomba blognya. Mudah-mudahan kita bisa menang yaa kak. Hehehe Eh, udah pengumuman belum yaa? Kayaknya paling lambat tanggal 29 November 2021 yaa kak?

    BalasHapus

Posting Komentar