Tags

[recent]

Recent Post

3/recentposts

Cantiknya Pantai Teluk Asmara, Wisata Raja Ampat Ala Jawa Timur

1 komentar

 


Alhamdulillah di tahun 2020 masih diberi kesempatan jalan-jalan walau di kota sebelah. Malang menjadi pilihanku dan teman-teman sejawat untuk rihlah liburan panjang akhir Oktober, rencana liburan ini tidak dirinci sedemikian rupa alias dadakan. Untuk mencharge hati, pikiran setelah sekian purnama mengajar di tengah-tengah pandemi yang super dahsyat perjuangan bagi kami sebagai pendidik.

Lokasi yang kami pilih Malang, iya yang dekat-dekat aja udah mulai musim hujan soalnya takut terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Perjalanan kami dimulai tengah malam tepatnya sekitar pukul 24:00, padahal dari rencana start itu jam 11 malam eh nyatanya molor,  berangkat dari Sidoarjo menggunakan mobil elf.

Perjalanan menuju tempat wisata memakan waktu hampir 4 jam, setibanya disana waktu sudah manjing Shubuh. Setibanya di lokasi kami semua membersihkan diri, sholat, mengumpulkan tenaga untuk perjalanan ke pantai yang pastinya penuh tanjakan.

Secara bergerombol kami jalan kaki menuju pantai Teluk Asmara. Kondisinya bisa dibilang masih gelap sekali pukul 03:15. Seperti yang sudah kubayangkan, kalau ingin menikmati indahnya pantai harus bersusah-susah dulu baru bersenang-senang kemudian.

Sesampainya di Pantai Teluk Asmara ada tulisan peringatan yang salah satunya berbunyi “Rawan tsunami”. Pantas saja dari atas ketinggian sebelum memasuki lokasi ombaknya besar, berbeda dengan pantai-pantai yang ada di derah Barat ombaknya tenang.

Harga Tiket Masuk

HTM: Rp. 10.000

Parkir Motor: Rp. 5000

Parkir Mobil Roda 4: Rp. 10.000

Parkir Mobil Elf: Rp. 10.000

Pantai Teluk Asmara merupakan salah satu Pantai yang berlokasi di Pantai selatan tepatnya di Sumbermanjing. Lokasi ini buka 24 jam, terbukti saat rombongan kami sampai shubuh, sudah lumayan banyak kendaraan pribadi baik motor ataupun mobil, terparkir rapi, sepertinya beberapa pengunjung memilih bermalam atau camp.

Harga tiket Masuk pantai Teluk Asmara bisa dibilang murah hanya 10 ribuan saja per orang. Selain tiket masuk, kalian juga dikenakan biaya tambahan parkir kendaraan. Yang mana harga tiket kendaraan roda dua adalah 5ribu, sedangkan untuk roda empat biayanya 10ribu. Selebihnya kalian bisa menyiapkan dana tambahan untuk camilan atau minuman untuk dijadikan teman bersantai di tepai pantai. Tapi rombongan kami memilih membawa bekal, kemudian sewa tikar dengan harga 10ribu untuk duduk-duduk santai di tepi pantai.

JALAN MENUJU LOKASI

Pantai Teluk Asmara adalah objek wisata berlokasi di Desa Tambakberas. Akses jalan menuju lokasi wisata sudah lebih bagus dari sebelumnya. Untuk bisa mencapai lokasi wisata kalian bisa melalui jalan menuju Gadang dan Bululawang.

Kalian hanya perlu mengarahkan kendaraan kalian menuju arah pantai Sendang Pantai, di sana sudah banyak petunjuk yang akan mengarahkan kalian sampai di lokasi wisata Pantai Teluk Asmara. Jika masih belum menemukan, kalian bisa bertanya kepada warga sekitar.

Jarak Pantai Teluk Asmara dari pusat kota Malang lumayan jauh sekitar 68,7 kilometer dengan estimasi perjalan waktu sekitar 2 jam lebih.

Fasilitas

Pantai Teluk Asmara ini sudah memiliki fasilitas pendukung yang memadai, diantaranya toilet, musholla, camping ground hingga warung makan.

Para pengunjung yang ingin bersantai menikmati sunrise atau sunset bisa memanfaatkan tempat duduk semacam gazebo di tepi pantai. Di sini kalian bisa menyaksikan pemandangan laut lepas disertai ombak.

Aktivitas Pantai Teluk Asmara

1. Hopping Islad


Diantara keunikan Pantai Teluk asmara adalah dikelilingi oleh pulau-pulau kecil, salah satu aktivitas yang menarik untuk kalian lakoni bukan lain adalah hopping island.

Kalian bisa berkunjung dari satu pulau ke lainnya dalan satu hari, jika dilihat sekilas gugusan pulau yang ada di Pantai ini seperti membentuk love, oleh karena ini disebutlah Teluk Asmara.

Namun aktivitas ini tidak dilakukan rombongan kami, dikarenakan waktu yang terbatas dan gelombang air laut saat itu cukup menegangkan.

2. Camping Ground


 

Suasana pantai yang tenang dan hening membuat pantai Teluk Asmara ini sering dijadikan tempat untuk camping atau berkemah. Di lokasi ini juga menyediakan penyewaan tenda, bagi kalian yang ingin bermalam di pantai agar besoknya bisa leluasa menikmati sepinya pantai sebelum kedatangan pengunjung-pengunjung lainnya.

Malam harinya kalian bisa membuat api unggun sambil bernyanyi-nyanyi bersama kawan-kawan, sedangkan pagi harinya kalian bisa melakukan banyak aktivitas seru seperti voli, sepakbola  pantai ataupun yang lainnya.

3. Sunset & Sunrise Time


 

Berburu sunrise dan sunset adalah momen sekaligus list wajib saat kita mengunjungi wisata Pantai, dan Teluk Asmara menjadi pilihan yang tepat karena sudah menyediakan menu itu. Rombongan kami menuju pantai tepat menjelang pagi dari ketinggian sunrise sudah siap menyuguhkan pesonanya pada kami semua.

Pastinya menikmati sunrise ataupun sunset mampu memberikan sensasi berbeda pada fikiran dan hati seseorang. Karena hal itu tidak kalian temukan saat bercengkrama di tengah riuhnya perkotaan.

Mengenai Pantai Teluk asmara

Malang menjadi salah satu kota tujuan wajib wisata orang Jawa Timur, mempunyai beragam wisata dari, pegunungan, perkebunan, them park, dan agrowisata. Tapi kalian bisa menemukan banyak Pantai cantik yang lokasinya Malang Selatan.

Keindahan Pantai di Malang tidak kalah menariknya dengan Pantai yang ada di Nusa Tenggara Barat dan Pulau-pulau lainnya. Sebagai contohnya Pantai Teluk Asmara, yang masih banyak dikunjungi oleh pewisata.

Keindahan Teluk Asmara bukan hanya berasal dari gugusan Pantai, namun juga pasir putih di pesisir Pantai yang lembut serta birunya air laut ditambah pepohonan rindang menjadi daya tarik Pantai Teluk asmara.

Selain menjadi tempat rekreasi, Teluk Asmara juga diincar kaum millenial untuk kebutuhan spot foto. Tidak bisa dipungkiri keindahan Teluk Asmara sayang rasanya hanya dinikmati dengan mata saja perlu diabadikan di galeri instagram.

Waktu yang tepat untuk menikmati pantai Teluk Asmara ini sekitar pukul 05:00-06:00 WIB kalian bisa merasakan udara pagi khas Pantai sekaligus leluasa mengabadikan momen dengan sedikit gangguan pemandangan manusia, lebih dari jam itu pengunjung akan terus berdatangan dan hal itu bisa mengganggu kalian dalam mengabadikan momen

Sekilas gugusan pulau kecil-kecil Pantai Teluk Asmara seperti wisata Raja Ampat Papua, jadi buat kalian yang belum sempat kesampaian ke Raja Ampat, Teluk Asmara inilah gantinya Raja Ampat ala Jawa Timur.

Namun ada yang disayangkan dengan kondisi Pantai Teluk Asmara ini, sudah mulai banyak ditemukan sampah-sampah plastik di pinggiran Pantai terutama bekas bungkus mi instan. Untuk tetap menjaga kelestarian dan keindahan Pantai Teluk Asmara tetap jaga kebersihan.


 

 

Sumber:

https://www.jejakpiknik.com/pantai-teluk-asmara/

Reactions
lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar

Follow by Email