Tags

[recent]

Recent Post

3/recentposts

Wajib Kamu Tahu! Fakta Mengejutkan Dibalik Padamnya Listrik Bergilir di Hari Minggu

Posting Komentar

 

freepik.com

Entah kenapa pemadaman listrik bergilir di daerah rumahku selalu jatuh di hari minggu. Mungkin pihak PLN memiliki argumen bahwa hari Minggu adalah hari santai tanpa bekerja, atau mungkin karena hari Minggu banyak yang memilih beraktivitas diluar jadi kegiatan dirumah sepi alias nggak ada orang. Walaupun sebelum hari H pemadaman listrik, pihak PLN sudah memberikan edaran surat pemberitahuan sebelumnya. Yah, walau begitu tak sedikit yang mengetahui info hal tersebut, alhasil sebagian masyarakat ada yang dirugikan. Terutama kaum Ibu rumah tangga, hari Minggu adalahnya hari cuci baju, setrika. Dimana tanpa listrik mana bisa jalan kerjaan mereka. 

Kata orang hari Minggu adalah hari santainya masyarakat, setelah seminggu penat bekerja menguliti pundi-pundi rupiah. Iya kalau kerjanya di tempat ber AC, pegang bolpoin tiap hari, lah kita yang kerjaannya ngumpulin uang receh 500, 1000, 2000 pas hari Minggu jadi ajang untuk mengumpulkan recehan lebih giat lagi. Apalagi kalau kerjanya jaga warkop, butuh wifi dan listrik tentunya. Tanpa keduanya warkop sepi pengunjung.

Jadi kepikiran kenapa ya pemadaman listrik terjadi hari minggu, berikut tebakan alasannya: 

 

freepik.com


PLN ingin keluarga bisa quality time. Niat yang baik memang, boleh-boleh saja bagi mereka yang profesi kerjaan dan incomenya tepat sasaran, bagi yang kurang tepat sasaran jangankan quality time, diem dirumah sehari aja kayak miskin setahun. Quality time tidak melulu menunggu hari Minggu, setiap hari adalah quality time.

 

 

freepik.com



Tidak ada potongan. Wah jelas dong, udah ada pemadaman bergilir, eh jatohnya kagak ada potongan tagihan listrik, harusnya nih nya PLN berikan potongan harga walaupun cuma sehari itu kan juga duit. Sehari tidak ada penggunaan listrik bisa dibayangkan berapa watt yang tidak terpakai? kan lumayan. Tapi ya tapi tetap tagihan listrik tetap sama kayak bulan biasanya.

 

 

freepik.com


 

Memiliki rasa simpati dengan sesama. Listrik hadir ditengah-tengah masyarakat memang sebagai anugrah tersendiri. Pengen mandi tinggal pencet sanyo tidak perlu nimba di sumur, ngerasa gerah langsung nyalain kipas angin nomor 3, battery smartphone habis tinggal colokin, segala hal bisa karena adanya listrik. Iya bagi daerah kalian yang tidak dalam kondisi tertinggal, bagi mereka dalam daerah 3T tertinggal, terluar dan terdepan listrik adalah emas bagi mereka, kehadirannya sangat dinanti.

 

Dipadamkannya listrik sehari PLN ingin mengingatkan pada kita semua, gini loh rasanya nggak ada listrik, semua interaksi kembali pada alam dan manusia. 

 

freepik.com


 

Libur update status. Ow sudah menjadi hal lumrah, tiap kejadian, kegiatan wajib insta story. Kalau battery smartphone masih nutut dan power bank masih cukup its oke. Siap-siap aja kalau abis. Bisa mati kutu kalian wkwk.

Sekarang ini, manusia sudah lekat dengan gawai bahkan saat gawainya ketinggalan mereka rela balik ke lokasi awal walaupun nanti akan menghambat pekerjaan selanjutnya. Yang dimaksud gawa disini sudah ada kuota internet loh ya, yang sudah on dengan aplikasi media sosial. 

 

 

freepik.com


 

Pemadaman dimulai pukul 09.00. Kenapa ya? kok nggak dimulai jam 12 malam aja sih? Karena penggunaan listrik di malam hari justru banyak diperlukan dibanding pagi hari, itulah kenapa Ibu selalu ngomel.

“Jangan setrika pas malam! Bayar listrik nambah banyak nanti, kamu yang bayarin?”.

Dilihat dari sudut pandang sebagai manusia bawahan adalah PLN mengetahui kalau para manusia di hari minggu bangunnya pasti pada siang, soalnya merasa hari Minggu waktunya bermalas-malasan. Bagi yang kerjanya dihitung harian, jangankan bangun siang tiap malam saja bingung besok bakal laku apa nggak ya jualannya, ya kalau anak sultan bebas tinggal minta itu langsung terkabul. Paling tidak bangun siang sekitar jam 09.00, alhasil mereka yang telanjur bangun siang belum atau kelupaan untuk siap-siap menghadapi pemadaman bergilir walhasil kewalahan ada yang bak mandi masih kosong, laptop dan gawai lupa di charge.

Bisa kalian bayangkan semua hiburan yang tersedia di rumah lenyap sejenak dari mulai AC, kipas angin, TV, wifi, radio, gawai dan pas juga tanggal tua, mau keluar kok ya pas belum gajian, isi dompet hanya cukup buat beli bensin doang, alhasil kegiatan yang bisa dilakukan sambil menunggu listrik menyala jam 4 sore nanti adalah olahraga di rumah alias beres-beres hehe. Tidak ada pilihan untuk cuci baju, nyapu, ngepel, menyiram tanaman, bersihkan motor. Yang biasanya cuci motor diantar di tempat cucian eh mendadak dilakukan sendiri.

Banyak hikmah yang bisa kita ambil dari pemadaman listrik bergilir ini

  • Bahwa segala sesuatu yang sudah kita dapat secara instan tidak akan berlaku selamanya, pasti ada saatnya mengalami macet.
  • Kita semua diajak untuk merasakan sebentar, masa dimana sebelum datangnya listrik.
  • Kita tidak boleh terus bergantung dengan listrik, belajar mengurangi penggunaan kipas angin, penggunan air mandi sekali-kali nimba dari sumur biar nggak tinggal pencet doang, nyiram tanaman nggak pakai selang tapi pakai timba yang harus bolak-balik ambil air. 
  • Manusia kembali dengan fitrahnya yang suka berkumpul, berkerumun, berbincang-bidang tanpa gawai masing-masing, mereka bisa leluasa bercerita bahkan ghibah tanpa ada rasa was-was bakal ada notifikasi whatsapp kerjaan atau gebetan.
Reactions
lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar