Selamat Hari Radio Nasional, Generasi Millenial Mendengarkan Radio

 

www.instagram.com/mradio


Di sela-sela jaga toko seperti biasa teman setia bernama radio selalu mendampingi. Bagiku cukup hafal tipe tipe radio apa yang harus aku geser saat bosan mendengarkan channel yang itu itu saja. Tepat tanggal 11 september 2020 diperingati sebagai hari Radio nasional. Sebagai pendengar setia radio dari sejak masih SD tentu boleh lah ya bangga. Radio menemaniku dari mulai jaga warung ngerjain tugas kampus, mengerjakan tugas kerjaan, beres-beres rumah bahkan sambil tiduran main hadphone sampai sekarang pun masih setia mendengarkan radio. Walau hanya mendengar suara saja, gimana ya kalau sudah bawain hati itu nggak bisa berpaling deh. 

Radio adalah salah satu jenis media massa satu arah yang berperan menyampaikan pesan (berita, informasi, dan hiburan) kepada masyarakat dengan jangkauan luas. Berkat ketekunan tiga orang cendekiawan, diantaranya seorang ahli teori alam yang bernama James Maxwell berhasil menemukan rumus yang diduga dapat mewujudkan gelombang elektromagnetis, yaitu gelombang yang digunakan radio dan televisi (1865).

Berdasarkan teorinya bahwa gerakan magnetis dapat mengarungi ruang angkasa dengan kecepatan hampr sama dengan kecepatan cahaya (186.000 mil/detik). Perkembangan radio sebagai media masa lalu berkembang di beberapa negara , diawali di Amerika Serikat memlaui penemuan Marconi  oleh . Dr. Lee De Forest di tahun 1906 karena itulah dijuluki The Father of Radio”. Setelah itu perkembangan radio sangat pesat.

Sejak saat itu radio pun terus berkembang di beberapa negara misalnya Inggris, Perancis, Jepang dan RRC. Selain mengalami perkembangan radio juga telah memasuki tahap penyempuranaan ditahun 1933 Prof. E H Amstrong dari Univeristas Columbia memperkenalkan siste Frequency Modulation  (FM) sebagai penyempurnaan dari Amplitudo Modulation (AM).

Diantara media yang ada seperti televisi media cetak, radio memiliki keunggulan karena dapat diakses secara mudah, tidak memerlukan keterampilan khusus. Selain itu masyarakat dapat mendapatkan informasi dengan cepat dengan biaya murah. Keunggulan raido lainnya adalah sifatnya santai, auditorik (untuk didengarkan). Dalam hal ini musik menjadi peran dominan karena pesan disampaikan diantara musik.

Adapapun kekurangan dari media radio ini adalah tidak dapat dilihat sehingga menjadi media sekilas tidak dapat diulang. Selain itu tidak semua hal bisa diinformasikan melalaui radio dan karena sifatnya satu arah maka tidak teridentifikasi siapa yang mendapatkan info atau pesan yang disampaikan.

Iya sebelum ada streaming, sosial media interaksi antara penyiar hanya via telepon dan sms, seiring berjalannya waktu radio pun tak mau ketinggalan mereka berevolusi menjadi lebih up to date misalnya bisa streaming, memiliki akun sosial media bahkan ada yang punya aplikasi sendiri. Kalau penasaran ingin tahu siapa yang siaran langsung aja liat streamingnya. Peran radio tidak cukup sebagai penyampaian informasi di era saat ini juga meliputi sarana hiburan, dakwah bisa masuk di dalamnya.

Karena aku pendengar setia radio dari sejak SD, tentu memiliki channel pilihan diantaranya Suara Surabaya, Mradio, She Radio, El Victor, Dj FM, Suara Muslim Surabaya. Kalau lagi pengen mendengarkan berita terkini langsung geser channel Suara Surabaya, udah bosen dengerin info jalanan, talkhsow pindah channel hiburan musik di Mradio. Suasana hati lagi jenuh waktunya pencerahan dengerin Suara Muslim Surabaya biar hati dan fikiran kembali tentram.

Kenapa harus radio? Nggak harus sih sebenarnya, mungkin sebagian kamu masih saja memiliki anggapan ah dengerin radio kayak orang kuno. Sebab radio bisa didengarkan saat kamu lagi sibuk ataupun tidak sibuk berbeda dengan nonton tv apalagi main smartphone harus dipantengin mulu susah ditinggal. Coba deh, kalian intip mobil yang ada perjalanan bisa ku tebak pasti mendengarkan SS (Suara Surabaya) karena ciri khas Suara Surabaya adalah kelana kota menginformasikan rute perjalanan  pengendara lancar atau terhambat dibanding harus melihat informasi lewat hp.

Selain itu melalui radio kalian bisa mendapat benefit berikut ini:

freepik.com


Kirim salam-salam. Keren nggak sih bisa nitip kirim salam ke radio terus dibacain penyiarnya, siapa tahu yang kita beri salam mendengarkan salam dari kita kan bisa berbalas gitu walau tidak terdengar nyata hehe. kirim salam-salam mainstream gitu lewat penyiar radio, biar nggak kode-kode mulu lewat snap instagram aja haha.

Interaksi dengan penyiar pun semakin rileks dengan adanya whatsapp, line, penyiar radio sering kali memberikan tema bahasan unik untuk mengajak pendengarnya terlibat diskusi untuk berkomentar, seru, kocak pas komentar pendengar dibacain ketawa cekikikan sendiri, dan itu hiburan tersendiri buat kalian yang kerja tapi nggak ada orang yang nemenin hehe.


freepik.com


Mendengarkan secara gratis. Lagi-lagi buat kalian pecinta musik, so dengerin radio jadi salah satu tempatnya gratis tanpa dipungut biaya daripada Spotify, Joox, Youtube kalau ingin mendengarkan di aplikasi tersebut harus keluar kuota dulu. Apalagi kalau kalian pas kangen seseorang, langsung deh bisa request lagu ke penyiar, pas lagunya diputar auto senyum-senyum sendiri wkwk. Keinget apa hayo?

 

freepik.com


Penyegar telinga. Boleh dipercaya atau tidak, tergantung channel apa yang kalian sukai, jika sudah jatuh udah deh kayak ketagihan rasanya dengerin radio itu, entah itu karena informasi yang disampaikan, atau suara penyiarnya. Walaupun tidak bisa mengetahui wajah si penyiar, kalau sering mendengarkan sudah bisa tahu namanya. Tinggal suatu saat nanti bisa ketemuan sama penyiarnya.

SELAMAT HARI RADIO NASIONAL 2020

 

 

Sumber:

www.kpi.go.id

www.voi.id

 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 Comments:

Posting Komentar