[recent]

Recent Post

3/recentposts

Tips Mudik Lebaran Pakai Motor, Anti Boncos

Posting Komentar

Kalian tim mudik pakai transportasi umum atau kendaraan pribadi? Kalau aku tim kendaraan pribadi sih, emang mudiknya beda desa hehe. Tau gak sih tradisi mudik hanya ada di Indonesia. Pemberitaan mudik tahun 2024 begitu padat ya. alhamdulillah ikut senang walau tidak bisa merayakan rasanya mudik seperti teman-teman disana.

Jadi ingat momen covid tahun 2021. Mudik dilarang pemerintah. Silaturahmi via zoom , google meet. Sedih banget nggak sih. Terutama warga perantauan tidak bisa bertemu orangtua. Momen bertemu setahun sekali, karena faktor pandemi harus rela menahan kangen keluarga.

Alhamdulilah semua back to normal. Walau kata warga tiktok vibes lebaran 2024 tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Bukan vibes nya yang berubah, tapi umur manusianya yang bertambah. Kebiasaan yang berubah, target hidup yang bertambah, syukurnya udah ditambah belum?.

Persiapan apa sih sebelum mudik lebaran? Banyak ya pastinya. Sudah packing jauh-jauh harinya, membuat waiting list biar tidak ada barang yang tertinggal. Lebih enak pakai transportasi umum atau kendaraan pribadi? Tergantung budget aja sih tinggal menyesuaikan saja.

Mudik pakai motor boleh? Boleh saja, lah emang punya kendaraan cuma itu. Apa nggak bahaya ta? hmm apa saja yang harus dipersiapkan para pemudik sepeda motor ya. simak ulasannya ya

Cek Kendaraan

Kendaraan apapun yang dibawa mudik baik mobil atau motor selalu pastikan kondisi kendaraan sehat. Tidak hanya kondisi kesehatan manusia yang dijaga, melakukan service kendaraan yang akan dibawa mudik jadi syarat utama terhindar dari kecelakaan. Meski maut tidak bisa dihindari, yah minimal sudah ada antisipasi.

Pemudik motor harus benar-benar melakukan cek berkala kendaraannya. Dan pastikan juga motor yang digunakan selau full tank.

Cek Keuangan

Mudik tanpa uang saku? Bisa disuruh pulang keluarga hehe. Dari cerita para pemudik, saat kecil senang sekali kalau lebaran pasti mudik. Tapi saat dewasa ikutan mudik malah jadi beban, bisa dibayangkan uang yang diperoleh dalam satu tahun dilenyapkan dalam tempo tiga hari.

Nah dari situlah pentingnya manajemen keuangan bagi keluarga pemudik. Jangan sampai nunggu uang THR untuk keperluan mudik saja. Ingat abis lebaran terbit uang sekolah anak-anak, uang liburan.

Membuat perencanaan keuangan untuk mudik dari jauh-jauh hari sebelumnya. Guna mengantisipasi pembengkakan dana THR. Olah dana untuk cek kendaraan, dana oleh-oleh yang dibawa mudik, dan dana THR untuk keponakan.

Hindari berhutang demi bisa bergaya saat lebaran.

Cek Smartphone

Smartphone jadi benda nggak boleh dilupakan di zaman sekarang. Coba kalian tanya posisi seorang, tinggal cek GPS nya kita bisa mengetahui lokasi seseorang. Belum lagi kepentingan status di hari penting nggak boleh ketinggalan. semua orang harus mengakui keberadaan dirinya.

Pastikan batas akhir kuota smartphone kamu bukan di hari lebaran. Jika dirasa sudah mau habis tapi sudah mendekati hari-hari mudik, segera perbarui kuota kalian. Jangan sampai 1 syawal tidak ada status selamat hari raya idul fitri bersama keluarga.

Pastikan Tubuh Dalam Kondisi Sehat

Menjaga kesehatan tubuh selama mudik harus extra, apalagi mudik pakai kendaraan bermotor. Motor jadi kendaraan yang rawan kecelakaan karena tidak ada pelindungnya saat terjadi kecelakaan. Selalu jaga pola makan selama perjalanan mudik. Jika dirasa mengantuk bisa menepi untuk istirahat. Jangan dipaksakan demi pulang ke kampung halaman tepat waktu.

Selalu stay safe ya saudaraku yang sedang mudik. Jangan terburu-buru selama perjalanan. Perbayak dzikir dan berdoa. Jika sudah berikhtiar tinggal sisanya Allah yang urus semuanya. Kembali ke kampung halaman tujuannya mempererat tali silaturahmi yang terjeda selama satu tahun bukan ajang adu pencapaian.

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar