[recent]

Recent Post

3/recentposts

Muhammad, Anak Pengungsi Suriah Sukses Memikat Senyum Banyak Orang

8 komentar
muhammad pengungsi suriah

Bagaimana perasaan kalian melihat anak-anak lucu, menggemaskan hidup ditengah-tengah ancaman kematian?. Akhir-akhir ini fyp tiktok mempertemukan aku dengan akun-akun Tentara Nasional Indonesia yang bertugas di negara konflik. Libanon, negara tempat pengungsi orang-orang Suriah. Kami alias warga tiktok dikenalkan malaikat kecil menggemaskan, kakak adik bernama Ibrahim dan Muhammad.

Akun tiktok @ranggacahay_ sukses meledakkan warga tanah air karena postingan videonya. Video-video yang diposting adalah keseruan, keseharian muhammad saat ikut jaga di pos tentara indonesia. Anak berumur 4 tahun berkeliaran mendatangi pos jaga TNI demi meminta makanan kesukanannya. Rela kabur dari rumah menemui tentara Indonesia haha, bahkan sampai dimarahin ibunya tidak peduli wkwk.

Ibrahim atau Muhammad? Dua-duanya menggemaskan. Karena aku mengenal video yang ada Muhammad jadi aku lebih suka Muhammad. Saat aku scroll akun tiktok @ranggacahay_ sampai bawah di tahun 2021 banyak postingan yang ada Ibrahim masih unyu-unyu, wajahnya mirip muhammad kecil. masyaAllah menggemaskan.

Anak sekecil Muhammad berkeliaran dalam lingkungan mencengangkan, sewaktu-sewaktu bisa mati tertembak. Itulah alasan Muhammad saat bermain sendiri di pos jaga TNI sering dijemput Ibunya. Tapi dia nggak mau pulang wkwk. Muhammad tahu tentara indonesia orangnya baik-baik. Saking baiknya dijemput ibunya nggak mau pulang, sampai dianterin tentara Indonesia untuk diserahkan ke ibunya.

Gimana Awal Pertemuan Tentara Indonesia dan Malaikat Kecil Bernama Muhammad?

 

muhammad pengungsi suriah
tentara aja sebahagia itu dekat dengan muhammad, apalagi kita yg nonton videonya.

Usut punya usut tentara Indonesia pertama kali jumpa mereka saat bertugas. Melihat kondisi mereka hidup dalam keterbatasan dan kesederhaan. Untuk menikmati sebuah makanan saja susah, tentara Indonesia sengaja melempar satu biji anggur dari dalam tangker. Kok nggak sopan memberinya? Kata netizen Indonesia. Itu ada alasannya, sisi nuraninya ingin memberikan sesuatu untuk anak manis ini, sisi lain dia sebagai tentara tidak boleh memihak siapapun karena akan menibulkan efek tidak mengenakkan.

Bayangkan saja gimana rasanya hidup berstatus sebagai pengungsi ilegal karena di negara sendiri sedang konflik dengan Israel. Libanon berseberangan dengan israel. Sempat diperlihatkan video di siang hari terdengar suara bom rudal berasap-asap di langit-langit.

Suara ledakan bom jadi pemadangan biasa untuk orang-orang disana. Bisa membuka mata esok hari sudah sangat bersyukur. Pemandangan Tentara seluruh dunia memakai tangker berkeliaran menjaga perbatasan negara Libanon dan Israel.

Terlihat jelas perbedaan negara israel dan libanon. Tanah Israel hijau berseri-seri menunjukkan tanahnya subur, berbeda libanon tanah gersang karena gencatan senjata tiap hari.  

Anak-anak Adalah Korban Kekejaman Manusia Dzolim

Ibrahim, Muhammad ada sepersekian anak-anak Suriah yang jadi korban kekejaman tentara Israel. Hak mereka bisa hidup tenang, hak mendapatkan penghidupan layak, musnah sudah. Ditambah harga barang-barang di Libanon amat mahal.

Kalo dilihat-lihat anak anak Suriah ini ganteng-ganteng, cantik-cantik nggak ada buruknya. Di video lain ada anak kecil perempuan terlihat lusuh, ada orang baik bersedia memberikan pakaian baru untuknya. Sekembalinya anak Suriah tersebut terlihat cantik masyaAllah.

Entah ya aku kalo lagi suntuk, marah sama sesorang lihat video Muhammad menggemaskan langsung senyum sumringah. Tingkahnya lucu, wajah keluguan, selalu menghargai sekecil apapun pemberian tentara Indonesia. Selalu tersenyum, sekalipun tidak pernah melihat di video itu muhammad cemberut. MasyaAllah dari Muhammad aku banyak belajar menghargai waktu, menghargai makanan sekecil apapun, menghargai pemberian orang dalam bentuk apapun. Seolah sifat nabi ada pada diri muhammad : selalu tersenyum.

anak menggemaskan ini menanggung masalah besar tapi masih bisa senyum masyaAllah

 Sekilas Negara Suriah

Suriah terletak di wilayah timur tengah, luas wilayah 185.000 km2. Memiliki populasi sekitar 18 juta jiwa. Pemerintahan sistem republik presidensial, ibukotanya Damaskus. Ekonomi Suriah didominasi sektor pertanian dan minyak bumi. Kebudayaan Suriah kaya tradisi Arab dan Islam, serta dipengaruhi oleh beberapa peradaban kuno seperti Mesir kuno dan Yunani.

Bahasa resmi Suriah adalah bahasa arab, juga ada bahasa minoritas seperti Qurdi. Mayoritas penduduk Suriah menganut agama Islam, juga terdapat minoritas Kristen dan Yahudi.

Makanan khas Suriah terkenal adalah falafel, humus, dan tabbouleh.

Tempat wajib dikunjungi di Suriah antara lain kota-kota sejarah seperti Aleppo, Bosra dan Damaskus, situs antologi kuno Palmyra dan Krak Des Chevaliers. Namun akibat perang berkecamuk selama bertahun-tahun tempat wisata tersebut tidak dapat dikunjungi.

Damaskus

Damaskus terkini, hancur berpuing-puing. dulunya pusat peradaban ilmuwan muslim

Mendengar nama ini mengingatkan pelajaran sejarah kebudayaan Islam masa-masa sekolah. Damaskus adalah pusat pemerintahan dinasti Umayyah masa kekholifahan Mu’awiayah bin Abi Sufyan. Pada masa dinasti Umayyah, Damaskus jadi tonggak peradaban umat Islam. Tahun 707 berdiri rumah sakit sekaligus pusat studi kedokteran pertama. Hal tersebut atas dukungan khalifah Walid bin Abdul Malik.

Sebelumnya sudah didirikan perpustakaan pertama tahun 704. Diinisiasi oleh khalifah Yazid. Di perpustakaan inilah awal mula intelektual berlangsung. Aktivitas fisiolog, kesustraan arab, hadist, fiqih, dan sejarah.

Peradaban Islam berkembang pesat di eranya, banyak masjid, madrasah, pusat kesehatan publik dibangun. Tak hanya itu, Sultan Nuruddin mendirikan pusat studi pertama, Dar al-Hadist di  Damaskus, madrasah khusus bagi mahzab Maliki  dan al-Shalahiyyah. Madrasah al ’Adiliyyah tahun 701 kini menjadi Arab Academy.

Kotanya Ibnu Taimiyah

Ibu Taimiyah adalah salah satu pemikir di Damaskus unggul pada masa kejayaan. Ayahnya adalah kepala madrasah Sukkariyyah. Menjadi pengajar hadist di madrasah.

Selain ibnu Taimiyah ada pula Ibnu al-Syatir. Seorang muslim astronom sekaligus pakar matematika. Karyanya paling dikenal adalah Zij al-Jadid, Taliq al-Arsad, dan Nihayat al-Sul. Ibnu al-Syatir meletakkan dasar-dasar teori peredaran planet-planet serta merancang berbagai instrumen untuk mendukung kajian astronomi secara presisi.

Tahun 1371, Ibnu al Syatir membuat jam matahari raksasa untuk masjid Damaskus. Sebagai astronom, rumus-rumusnya mendahului para astronom Eropa abad pencerahan, misalnya Copernicus yang menggegerkan Gereja dengan teori matahari-sentris.

Pertanyaan-pertanyaan Muncul Dari Diriku

Kenapa Perserikatan Bangsa-bangsa diam saja melihat ketidakadilan warga suriah dibombardir habis-habiskan tentara israel?.

Kenapa negara-negara lain seolah diam saja, seolah tidak tahu menahu ada kekejaman dibiarkan?. Apa karena itu negara islam? Coba kalo yang diserang negara mayoritas non muslim wah pasti bergejolak.

Meskipun israel berusaha membunuh warga suriah dari tahun ke tahun, qodarullah warga Suriah tidak habis apalagi punah, kenapa ya?

Kenapa media televisi, radio jaranga sekali mengabarkan kondisi terkini di negara konflik tersebut? Hanya akun media sosial yang mengabarkan kondisi mereka seperti apa, misalnya akun penyaluran donasi ke wilaya suriah, palestina. Sebutlah ACT, kemarin atasannya ditangkap karena penggelapan dana donasi, astaghfirullah .

Kenapa Allah tidak langsung menggulung negara israel yang sudah merusak kehidupan orang-orang suriah?. Celetukan ini muncul di hadapan suami, kalo gusti Allah langsung menggulung israel, terus jihan orang muslim apa dong. Iya juga, hal itu jadi ladang jihad orang-orang muslim di akhir zaman.

Terimakasih banyak Tentara Naisonal Indonesia yang bertugas di negara perbatasan konflik sudah mengirim kabar baik kepada saudara muslim di tanah air bahwa ada anak-anak yang harus dilindungi dan diselamatkan kehidupannya. Banyak komentara warga indonesia menyukai muhammad.

Terakhir VT tiktok yang kulihat bang Rangga dan kawan-kawannya memberikan sembako kepada keluarga Muhammad, mengantarkan langsung ke rumah Muhammad. Dari sinilah kita semua tahu rumah pengungsian yang ditinggali muhammad dan keluarganya. MasyaAllah rumah jauh dari sederhana asal bisa berteduh dari cuaca panas dan dingin.

Muhammad menangis, saat TNI mau balik huhu

Apa reaksi Muhammad saat Tentara indonesia akan balik? Muhammad nangis, nggak mau ditinggal. MasyaAllah terharu menyaksikannya. Bang rangga sadar meski suatu saat nanti akan dilupakan, setinggal muhammad akan selalu ingat warna seragam Tentara Nasional Indonesia.

Akun tiktok @ranggacahay_ tidak selamanya bertugas disana, semoga kelak ada tentara Indonesia lain yang mengabarkan kondisi muhammad kepada warga tiktok. Muhammad jadi penyemangat untuk terus bersyukur menjalani masalah seberat apapun. Masalah kita disini tidak seberat masalah dihadapi Muhammad dimana tiap hari menghadapi kematian setiap detik.

muhammad kalo pake jaket makin gemoy aja. disana udara dingin banget tapi cuaca panas

Sumber:

Khazanah.republika.co.id.

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

8 komentar

  1. Wah aku suka kalian kalau membahas tentang negeri Syam. Aku pengen suatu saat nanti bisa menginjakkan kaki di tanah para nabi itu. Yang paling kuingat dari Syam selain merupakan para ulama dan juga pusat ilmu kaum muslimin di zaman dulu, aku paling teringat kalau negri ini dulunya satu wilayah dengan Palestina, Jordania, dan ada juga yang menambah kan Lebanon. Aku juga tertarik pada kota Lattakia di Suriah

    BalasHapus
  2. Pernah sekilas lihat memang lucu banget nih bocah dan nyesek saat tahu kondisi hidup mereka dan kesedihan saat prajurit TNI pulang ke Indonesia. Semoga para pengungsi mendapat perlindungan dari Allah SWT dan tak ada lagi kekejaman, penindasan dan perang di muka bumi. Aamiin

    BalasHapus
  3. Bangga banget dengan TNI kita. Semoga ketidakadilan, peperangan dan apapun itu konflik segera berakhir. Kasihan anak anak itu ya ... Mereka tak tahu apa apa tapi kena dampaknya

    BalasHapus
  4. Kisah anak seperti Muhammad ini bikin terenyuh ya .. in syaa Allah Muhammad, Ibrahim, dan ibunya tangguh dan bisa melewati hari-hari mereka. Smeoga Allah senantiasa menjaga mereka.

    BalasHapus
  5. Banyak banget Muhammad lain di suriah sana. Yang terpaksa mengubur dalam dalam impian untuk hanya bisa hidup bernafas. Dan mereka sama hal nya dengan orang Palestina selalu tidak ada peran PBB untuk mereka. Jadi sedih membayangkan betapa mereka diperlakukan dengan tidak adil. Tapi mereka memang orang pilihan. Hidup dalam keterbatasan tapi selalu kuat. Gak ada cerita mental terganggu kayak drama anak zaman now.

    BalasHapus
  6. Luar biasa ya, Muhammad ini. Kita bisa belajar banyak hal dari si kecil, mulai dari kesabaran, perjuangan, dan gimana mereka tumbuh. Keren TNI yg mengabarkan kondisi di sana

    BalasHapus
  7. Aduhh mewek saya mbacanya....
    Ada juga sering saya liat di yutub tu, TNI juga tapi dengan warga Papua.
    Walaupun bikin terharu, nangis dan bikin kepala pusing, teteup suka nontonnya.

    BalasHapus
  8. Ya Allah ikut sedihh...ulah manusia tamak yg mengingkan perang jadilah masyarakat sipil jd korban (gusti yeni)

    BalasHapus

Posting Komentar