[recent]

Recent Post

3/recentposts

Capacity Building : Tips Menulis Tema Lingkungan Ala Widyanti Yuliandari

Posting Komentar

Peka terhadap lingkungan adalah rasa sensitif yang setiap hari ku alami. Misalnya makan nggak habis saat bertamu, kalau memang nggak lapar atau nggak mood ya tidak usah minta. Hal terkesan sepele, tapi sisa makanan (food waste) yang tidak habis dapat mengotori bumi kita. 

The Economic Intelligent Unit mengatakan Indonesia sebagai negara penyumbang food waste nomor dua di dunia. Food waste yang menumpuk di TPA  menghasilkan gas metana dan karbondioksida dapat merusak bumi.

Hal kecil yang pernah aku lakukan sebisa mungkin, sekecil mungkin sampah yang kita hasilkan. Ada salah satu warga surabaya yang menghasilkan nol sampah. Kok bisa? Sampah makanannya tidak dibuang begitu saja, sampah sisa makanan mereka dijadikan makanan maggot. Maggot 

Sampah sisa makanan seiring bertambah tahun semakin banyak sampah dihasilkan, dibuktikkan dengan statistik

Karena kepeduliannya mengolah makanan sosok tersebut mendapat penghargaan sebagai sosok inspiratif peduli lingkungan 

Alhamdulillah di bulan Maret ini aku diberikan rezeki busa bergabung di keluarga eco blogger squad. Ternyata aku masuk angkatan ketiga eco blogger squad ke 3.  Gegara postingan mbak Jihan bahas eco blogger squad aku jadi mupeng kepengen gabung. Alhamdulillah tahun ini diberi kesempatan bisa begabung.

Eco blogger squad adalah komunitas berfokus peka terhadap lingkungan, punya adil peran menjaga keberlanjutan peran bumi untuk masa depan anak cucu kita, sekaligus meningkatkan jejaring para blogger lainnya. 

Peran blogger membantu lingkungan

Blogger bisa punya peran membantu lingkungan? Owh bisa loh, melalui campaign tulisan yang dibuat para blogger. Secara tidak sadar tulisan yang kita buat, disebarluaskan ke banyak orang bisa jadi virus baik. Entah hal itu masuk ke hati nurani atau tidak, paling tidak orang yang pernah membaca tulisan kita punya dampak. 

Pada sesi gathering pertama kemarin eco blogger squad membahas Capacity Building: How To Become A Specialis Blogger bersama mba Widyanti Yuliandari.  Blogger asal Jawa Timur, sekarang bertugas sebagai dosen ilmu lingkungan di UIN Raden Mas Said Surakarta  sekaligus founder Ibu Ibu Doyan Nulis. 

Mba Wid membagikan tips menulis topik lingkungan yang saat ini tema tersebut jadi bahasan cukup sulit. Tema lingkungan ini masih dianggap sulit di pencarian data statiktik yang mumpuni. 

Pahami Topik dengan Baik

Penting kita menulis atau meriview sesuai dengan kompetensi kita. Topik misalnya, tidak sekadar dibaca paham selesai. Ada beberapa penunjang yang dibutuhkan. 

Tips Make It Real

Untuk membuat tulisan itu nyata diperlukan sentuhan emosi pada masalah yang dikaitkan. Tipsnya adalah buat kalimat sederhana sesuai dengan kriteria si penulis blogger tersebut. Hindari mengambil tulisan atau plagiat tulisan berdefinisi. Karena hal itu tidak akan mempengaruhi pembaca. Pembaca akan lebih senang kalimat yang kita sederhanakan.

Curi perhatian pemirsa di menit pertama

Jadi ingat salah satu tulisan blogger, selalu diawali quote baik itu quote seseorang, data statistik, atau quote pemilik blog. mencuri perhatian di awal awal tulisan adalah kunci agar pembaca itu tertahan untuk stay membaca sampai akhir.

Powerful Title

Kekuatan judul adalah pandangan pertama baca. Click bait, adalah trik menarik pembaca untuk meng-klik tulisan kita. Selain itu penulisan judul juga bagian penting, buatlah judul singkat tidak terlalu panjang.

Sub heading

Part sering terlupakan termasuk yang nulis ini. Dalam satu tulisan lebih dari 700 kata pasti akan ditemukan beberapa poin, nah poin-poin tersebut perlu disisipkan untuk menandai sebagai pemisah antara paragraf dan sub judul.

Visual kreatif yang relevan, 

Tulisan tanpa visual yang mendukung ibarat menarik pembeli makanan melalui packing makanan itu. Pemilihan desain untu

Memperhatikan ukuran teks disetiap gambar. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Visual yang mudah dibaca tidak akan bikin gerah pembaca, kebalikannya bila visual yang ditampilkan sesuai dan kontras pembaca akan sangat terbantu dengan infografis yang disediakan.

Setelah mengetahui tips menuliskan topik, tidak akan sempurna tulisan tersebut tanpa di optimize. Jadilah penulis baik disetiap tindakan. Memperhatikan SEO, analytyc, penggunaan keyword. Bila dirasa website yang dituju tersebut harus berbayar, bisa pakai pakai gratisan dulu.

"Orang paling pintar adalah orang yang mampu menyederhanakan kalimat agar lebih mudah dipahami" 





lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar