[recent]

Recent Post

3/recentposts

First Time Ganti Oli & Service di Planet Ban, Bikin Tarikan Motor Lebih Enteng

19 komentar

Merawat sepeda motor adalah bukan tugas apalagi kepentinganku waktu itu, tapi sekarang semenjak menikah tinggal beda rumah dengan orangtua merawat motor jadi tanggungjawab pribadi sepenuhnya. Nggak kebayang sih sebelumnya yang ngurusin jadwal service, bayar pajak sepeda motor semua itu urusan Ayahku. Masyaallah baru terasa setelah berdiri sendiri, begitu ya manusia ketika masih ada tidak begitu dipentingkan giliran sudah nggak bersama lagi berasa hampa.

Semenjak itulah aku mulai rutin ganti oli tiap bulan sendiri ke bengkel. Ganti oli mesin tiap akhir bulan, sedangkan ganti oli samping tiap dua bulan sekali. Kalender di hanphone kuberi alarm pengingat jangan sampai kelewatan apalagi kelupaan. 

Dari kebiasaan menjadwali ganti oli ini aku mulai memahami pentingnya ganti oli, benar-benar merasakan kalau motor rutin ganti sama tidak. Padahal dulu masih digantikan oli sama Ayah, diriku cuek aja. sekarang mengeluarkan uang sendiri, pergi ke bengkel, keluar dari bengkel merasakan betul tarikan motor jadi enteng, lebih kenceng nggak tersendat-sendat saat dinyalakan. 

Aku sendiri sudah memiliki langgana ganti oli tiap bulan, tapi ada satu tempat bikin penasaran. Planet Ban, tempat indetik banyak ban terpajang di rak-rak, cabangnya ada dimana-mana. Sempat dalam hati mbatin kapan ya motorku bisa mampir kesana?, kok kayaknya mahal ya. Sering saat perjalanan menjumpai Planet Ban dimana-mana, dalam hati wah berarti merek ternama ya. 

Alhamdulillah di desaku sudah dibuka Planet Ban, tempatnya sebelah pasar Rijal Makmur. Tiap hari sering lewat didepanya, ngelihatin mulu, itu tempat ganti ban aja?. Nggak sengaja lihat story whatsapp teman abis ganti oli di Planet Ban. Apa beneran? Ah beneran bisa ganti oli disitu nggak harus ganti ban?.

Entah ya rasa penasaranku ingin banget mengunjungi planet ban. Seolah hasrat pengen mencoba makanan lagi hitz wkwk. 

Pas banget rasa kepengen mengunjungi Planet Ban terwujud di hari Jumat. Di hari kamis sudah aku rancang besok pagi kerjaan rumah harus udah beres, dari mulai cuci baju, nyapu ngepel, masak, jam 8 cus berangkat. 

Alhamdulillah sesuai rencana izin suami mau ganti oli, berangkat jam 8 pagi. Sampai di lokasi lumayan ramai pengunjung. Karena pengalaman pertama super deg-degan berasa mau ujian. Ganti olinya pakai oli Xtend. Sebenarnya tanpa diberi tahu pun, mas nya sudah tahu sepeda matic punyaku harus pakai oli yang mana. 

Oli X-TEN berteknologi Ester, memiliki sertifikat JASO Jepang dan sesuai dengan SNI (Standar Nasional Indonesia) sehingga oli aman digunakan pada sepeda motor. Oli X-TEN sendiri memiliki kemampuan proteksi penuh yaitu dengan membantuk lapisan pelindung dinding silinder sehingga aman dan membuat mesin lebih tahan lama walaupun seharian.

Sebelum pergi ke planet ban ganti sudah mencari informasi oli apa yang mereka gunakan, oli X-TEN mengandung bahan ester yang tidak dimiliki oli lain. Bahan inilah membuat X-TEN bisa bertahan lama dan digunakan sampai 15.000 KM untuk oli mobil, sedangkan untuk motor bertahan sampai 5000 KM. Dalam hai ini, oli mobil X-TEN bisa digunakan sampai 1 tahun selama belum melewati 15.000 KM. Selain itu penguapan X-Ten cukup rendah walaupun masa penggunaannya lebih panjang dari oli biasa. 

Oli X-TEN punya banyak keuntungan diantaranya tahan lama. Selain itu memiliki ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin tetap baik meskipun temperatus mesin tinggi. Penelitian menunjukkan menggunakan oli X-TEN bisa bertahan dalam jangka waktu panjang, tingkat keausan mesin pun berkisar 5 sampai 10 persen dari mesin kendaraan dengan oli full synthetic. Sebab bahan ester yang terkandung dalam X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan dari gesekan. Hal ini membuat kendaraan lebih hemat dalam pemakaian BBM. 

Nggak hanya itu oli X-TEN juga bisa menjaga suhu mesin agar tetap stabil serta lebih bersih. Keunggulan lainnya dari oli ini dua kali lebih lama dari oli biasa, bahkan bisa digunakan sampai 5000 KM serta tersedia untuk semua jenis sepeda motor, harganya pun terjangkau mulai dari Rp. 42.000. memang biayanya lebih murah dibandingkan servis motor lainnya, saat saya mengganti oli pun hanya menghabiskan Rp. 49.000, eh aslinya Rp. 55.000 tapi lebih hemat ada promonya.

Nggak sampai nunggu 20 menit ganti oli pun selesai yeay waktunya bayar. Baru kali ini loh melihat bayar oli dimintai nama sebagai member gitu. Eits jangan lupa struknya. 

Rasanya super puas, menyenangkan untuk pertama kalinya mengunjungi planet ban. Tepatnya planet ban di desa kemiri sidoarjo. Kalau kendaraan kalian sudah waktunya ganti oli atau servis diarea Sidoarjo Kota bisa loh ke planet di desa Kemiri dekatnya pasar Rijal Makmur. Penanganannya cepet, walaupun ada antrian tapi nggak nungu lama, pelayanan friendly. Dijamin enggak kecewa datang ke planet ban tiap bulan untuk servis.

Balik lagi ke planet pan?

Pertama kali ke planet setelah merampungkan penasaran, sekarang dibikin mupeng sama service CVT di planet ban. Ba’da maghrib cus ke planet ban alhamdulillah sepi hanya aku customernya. Penanganan service CVT lumayan lama dari mulai ba’da maghrib sampai turun sholat isya’

Apa saja sih service di planet ban?

Servis CVT. CVT yang tidak pernah diservis menyebabkan kondisi ruangannya menjadi leboh kotor dan lebih panas. Kondisi ini menjadi penyebab utama sabuk CVT bisa mendadak putus saat sedang berkendara!.

Cegak sabuk putus mendadak dengan Servis rutin di planet. Pastikan sabut CVT tetap lentur/tidak getas sehingga makin nyaman dan aman saat berkendara

Service Throttle Body. Throttle Body adalah pengganti karbu di motor injeksi. Udara yang masuk membawa debu ke throttle body sehingga debu kotoran yang menumpuk bisa menutupi sensor-sensor pada saluran throttle body. Hal tersebut dapat mengurangi kinerja kendaraa anda. 

Proses pembersihkan throttle body di planet ban melalui lubang filter udara dengan cairan canggih akan membersihkan kotoran menumpuk pada saluran throttle body.

Review Ganti Oli/service di Planet Ban

Jujur sih dari namanya saja planet pasti nggak jauh-jauh berhubungan dengan Bna, ternyata sekarang mereka merambah ke dunia oli dan service. Nggak heran sektor otomotif harus berkembang ke lainnya. 

Kelebihan service dan ganti oli di planet ban

- Lebih hemat waktu daripada servis biasanya kurang lebih 30 menit sudah kelar.

- Metode service modern dan terbaru.

- Metode oli terbaru. Menggunakan alat sedot.

- Ruang bakar dan ruang-ruang yang dilalui bensin jadi lebih bersih.

- Ruang-ruang yang dilalui oli atau minyak pelumas jadi lebih bersih.

- Oli X-TEN yang diklain lebih tahan lama.

- Torsi terasa meningkat, tarikan gas pun terasa lebih enteng.

- Adanya sistem membership semakin menarik karena tentunya ada promo ataupun hadiah-hadiah.

- Jarang antri karena masih tergolong sepi.

Kalau ditanya mahal nggak sih service di planet? Nggak juga sih, paling cairan pembersihnya aja yang lumayan mahal, untuk biaya servicenya tidak ada alias digratiskan.

Poin plusnya tarikan lebih kenceng dan toris tanjakan memang agak meningkat ndak loyo. Yah alhamdulillah walau awalnya dag dig ser mau servis ke Planet Ban, takut ada kekhawatiran tidak-tidak akhirnya semua terhapuskan. Suara motor lebih nyaring nggak brebet lagi. 

Untuk sercive berkala tiap bulan cukup lah membersihkan part part yang dilalui bensin dan oli sehingga kerak-kerak kotoran bandel bisa hilang. Dan service kayak gini baru tahu loh aku, ternyata cara baru itu lebih penting, walau tetap dikombinasikan dengan cara lama (service biasanya).

Berapa Biaya/harga Service Motor dan Ganti Oli di Planet Ban?

Untuk harga keseluruhan bila service di planet ban sesuai jenis kendaraan belum tau pasti, namun pasti ada perbedaan tergantung permintaan apa yang di service, bagaimana kendaraan kondisi kendaraan sebelumnya?, apa jenis kendaraannya?. Tapi didepan outlet sudah terpampang papan biaya ganti oli beserta harga coret jika ada.

Ini nota servis dan ganti oli di bulan Oktober 2022.

Ganti Oli X-TEN = Rp. 49.500

Service CVT = Rp. 39.500

Total bayar: Rp. 89.000

*catatan

Harga sudah masuk PPN, dan planet ban menggunakan member planet ban yang dibuatkan saat pertama kali datang ganti oli ke planet ban.  

Gimana masih ragu ganti oli dan service ban di planet ban? Tidaklah, apalagi sekarang ada promo. Kalian bisa cek di planet.com disana lengkap tertera promo tentang planet ban.

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

19 komentar

  1. Hemaattt. Aku paling deg-degan kalau ganti oli dan service kak. Katanya harga ya cuam sekian ribu eh pas sudah di pasang jadi puluhan ribu wkwk Biaya pasang ya lebih mahal daripada onderdil wkwk
    Bagus nih Planet Ban

    BalasHapus
  2. Wah harus service rutin nih buat motor saya dan kayaknya kalau ke Planet Ban bisa jadi referensi soalnya saya belum pernah coba apalagi biaya service nya terjangkau banget

    BalasHapus
  3. harganya mursidah bangeett ya ampun. ganti oli under 100k , paket hemat sih ini. di aku nih ganti oli doang nyampe 100 ribu, hiks. buka cabang di Bandung gak sih? mau juga dong

    BalasHapus
  4. Setelah saya cari tahu ternyata disekitar tempat saya tinggal ada Planet Ban seperti harus info ke suami biar kalo ganti oli bisa juga di Planet Ban makasih banyak infonya ya kak sangat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  5. Harga olinya lumayan terjangkau ya, apalagi fasilitas dan pelayanan di sana bikin nyaman. Cepet lagi kerjanya

    BalasHapus
  6. Ada dua toko Planet Ban di kotaku yang sering direkomendasikan sama teman-teman, tapi akunya yang belum tertarik ganti oli di sana. oke, kucoba ke sana bulan depan saat waktunya service

    BalasHapus
  7. Di Kota saya lumayan banyak Planet Ban, tapi saya belum pernah nyoba service disana. Kalau udah tahu reviewnya bagus begini, next service wajib nyoba di Planet ban nih kayaknya.

    BalasHapus
  8. Ternyata tidak hanya melayani ganti ban aja ya di Planet Ban. Kita bisa sekaligus ganti oli dan servis di situ. Motor pun tetap terjaga mesinnya kalau kita melakukan servis secara rutin.

    BalasHapus
  9. Kalau motor ngadat bisa kacau aktivitas ya, Mbak. Aktivitas ganti oli jadi jadwal rutinitas. Untunglah ketemu Planet Ban yang servisnya oke, serta ramah di kantong.

    BalasHapus
  10. Aku juga biasanya ke planetban hihi.. ngga antri jugaa, jadii lebih cepet gitu kalo mendesak ngga sampe sehariaaaaan banget nungguin service motor

    BalasHapus
  11. Aku juga tipe yang rutin servis dan ganti oli untuk motor. Karena enggak bisa merawat motor secara mandiri, makanya aku waspada banget sama kesehatan motor sebelum terjadi sesuatu. Langkah2 pencegahan sebelum terjadi adalah hal yang penting.

    BalasHapus
  12. Memang Planet Ban terbaiikk.
    Kudu bgt merawat kendaraan secara paripurna yah.
    Makasii review nya

    BalasHapus
  13. Wah, murah ya ganti oli di Planet Ban. Ganti oli itu harus wajib dilakukan, soalnya berhubungan sama performa kendaraan. Tapi kadang kita suka males ganti oli ya hehe

    BalasHapus
  14. Pak su kalau masalah motor selalu ke planet ban harga murah, kualitas, banyak promo menarik juga. Hemat deh dan pelayanan bagus

    BalasHapus
  15. Salah satu cara merawat mesin motor, adalah dengan rutin mengganti oli ya mbak
    Ganti oli nya di planet ban saja

    BalasHapus
  16. Wah bisa ternyata ganti oli di planet ban, apalagi ada member planet ban yang dibuatkan saat pertama kali datang ganti oli di sini. Jadi bisa sekalian nih pas service ban ganti oli

    BalasHapus
  17. Pengalaman ganti oli Planet Ban menyenangkan, apalagi pelayanannya cepat dan tepat. Btw, Oli X ini bisa juga buat motor manual gak ya..?

    BalasHapus
  18. Baru tahu bisa ganti oli di planet ban sekarang. Dulu pas saya ke situ masih sebatas ganti ban aja. Terus kita terdaftar jadi member, kalau ban motornya kempes. Bisa gratis pompa ke seluruh planet ban di manapun.

    BalasHapus
  19. Intinya jangan lupa ganti oli ya apalagi buat cewek cewek kuliahan yang bawa motor suka bingung harus ganti oli kapan dan dimana, bisa langsung ke planet ban aja tuh

    BalasHapus

Posting Komentar