[recent]

Recent Post

3/recentposts

Skinimalism: Langkah Kecil Peduli Terhadap lingkungan

9 komentar

 peduli bumi

Mencintai alam dengan menjaga harkat dan martabat adalah kewajiban manusia sang pengelola alam semesta ini, salah satunya tidak merusak alam sekitar hanya untuk eksploitasi besar-besaran untuk memperkaya pribadi. Semakin hari  cuaca bumi semakin panas, bukti nyata polusi sudah berada di ambang batas.

Alam telah menyediakan berbagai kebutuhan manusia, bahan pangan, pakaian, sampai nafas, tapi apa yang sudah kita berikan untuk alam? Langkah sederhana menanam pohon sekaligus merawatnya,  gerakan menanam seribu pohon misalnya oleh beragam komunitas peduli alam, yuk lah kita ikuti aksi mereka walau tidak bisa ikut serta bersama mereka, aksi dari rumah sendiri juga sangat membantu.

Gerakan stop sekali pakai

Ayolah siapa sih yang nggak tahu gerakan ini!! Say no to plastic, sampai sekarang pun gerakan ini sangat sulit dijalankan. Sebelumnya sudah digalakkan di minimsrket kantong kresek di beri harga 500 rupiah agar konsumen bawa tas kresek sendiri, eh ternyata nggak jalan lama kembali pada kebiasaan semula.

Ah nggak usah jauh-jauh aku sendiri sering melayani konsumen beli mi instan satu biji minta tas kresek, yah padahal tetangga sebelah. Alasannya kalau enggak pakai kresek dikira barang ngutil alias curian.

Penggunaan steroform, sedotan plastik, gelas cup plastik adalah kawanan mudah kita jumpai di pasar, minimarket, mal besar. Semua benda tersebut amat memudahkan manusia karena bepergian tanpa bingung bawa barang-barang printilan.

Kira-kira berani nggak beli es di mall pakai tumbler sendiri? Atau malu nggak beli siomay pakai box lunch?.

say no plastic

 

 Belajar food preparation

Teknik menyimpan bahan makanan bagaimana cara stok makanan layak pakai sesuai dengan jangka kebutuhan sehari-hari. Saat menyimpan kebutuhan dapur di kulkas disaranka menggunakan food container disendirikan per bahan, fungsinya mencegah bahan makanan cepat membusuk. Juga disarankan belanja untuk satu minggu, menghindari belanja harian. Disamping memudahkan pengeluaran uang belanja, memudahkan kalian sebagai orangtua menentukan olahan masakan sebelumnya.

Food preparation ini sangat membantu para Ibu agar tidak mudah membuang sisa bahan di kulkas, apalagi kalau menyimpannya pakai kresek, dalam waktu 2 sampai 3 hari udah busuk aja. Nah kalau telanjur busuk solusinya tanam di pekarangan rumah kalian, pakai pot bekas gelas cup bisa, rawat sampai tumbuh bunga, misal cabai siap dipetik bisa digunakan untuk sambel, sangat membantu sewaktu-sewaktu keuangan lagi seret.

 

Hemat energi

Contoh sederhana menghemat penggunaan AC atau kipas angin, hari gini cuaca makin panas nggak pakai pendingin makin gerah say!! Menggunakan AC seperlunya saja, selesai ya dimatikan. Bila tiba musim dingin AC atau kipas angin tidak guna.

Dilansir databoks konsumsi listrik nasional terus meningkat dari tahun ke tahun. Pdada 2015 konsumsi listri hanya 910 kilowat jam kWh per kapita, pada 2009 meningkat menjasi 1.084 kWh/kapita. Sementara itu produksi listrik di Indonesia per Jun 2020 didominas oleh pembangkit listrik tenaga uap. Menurut penjelasan di Jurnal Iltek 14(1), PLTU merupakan pembangkit listrik yang menggunakan energi kinetik dari uap. Pembangkit listrik jenis ini memerlukan bahan bakar seperti minyak bakar atau batubara untuk menghasilkan uap.

Sayangnya bahan bakar tersebut semakin hari semakin menipis. Berdasarkan databoks, diperkiarakan cadangan batubara yang dimiliki negara kita akan habis pada tahun 2096. Tentu saja hal itu sangat mengkhawatirkan, maka dari itu sudah seharusnya kita semua melakukan upaya menjaga ketersediaan listik melalui cara-cara sederhana dimulai dari rumah dan di tempat kerja.


 

Mencabut perangkat elektronik yang tidak digunakan

Mencabut charge hp seutuhnya bila penuh, bukan hp aja dilepas tapi charge masih tertancap. Kerap sekali pemandangan diantara kabel olor charge tertancap hp sudah dipakai, padahal listrik masih mengalir.

Hobi scrolling tiktok sambil tiduran, akhirnya ketiduran juga bersama hp nya. Kondisi data masih menyala, bikin baterai cepat habis. mematikan TV kalau udah bosen, kadang TV menyakan yang nonton malah main hp. Sebaiknya mematikan perangkat elektronik yang tidak digunakan hal tersebut upaya menjaga perangkat elektronik tidak mudah rusak.

Hemat air

Membersihkan bak mandi bila air memang sudah disiapkan tidak diisi. Sering banget mengingatkan pak suami, kalau mau dikuras kamar mandinya nggak usah diisi, bak mandi lagi penuh malah dikuras lah buang-buang air jadinya.

Mematikan rice cooker

Masak nasi anti ribet zaman sekarang ya pakai rice cooker, tinggal pencet tunggu setengah jam nasi sudah matang. Beda banget dengan Ibuku sangat anti nasi magic com katanya, lembek, jemek kayak bubur menyebutnya.

Karena kesibukan diriku, masak nasi menggunakan rice cooker adalah jalan pintas terbaik, pagi menanak nasi, sore hari rice cooker sudah harus dicabut dipidah ke wakul nasi. Atau misal nasinya tinggal sedikit dicabut sekalian dikeluarkan, menghemat listrik juga.

Mengurangi penggunaan mesin cuci

Kalau ini sangat diriku sekali untuk fase sekarang, di rumah baru mana bisa berharap mencuci pakai mesin cuci haha. tiap 3 hari sekali mencuci pakai sikat, gosok baju sampek loyo. Walau di tempat kerja sering di iming-iming pakai mesin cuci, diriku belum tergerak. Kalau dibayangkan, ada untungnya nyuci pakai tangan, biki badan nggak mager, sekalian olahraga di rumah.

Risikonya kalau kerjaan seminggu lagi full, cucian numpuk segunung sedangkan hari senin sudah tinggal sehari lagi auto kelabakan. Gila sih waktu zaman sekarang, baru aja senin udah jumat aja, rasa-rasanya kehadiran mesin cuci sangat membantu perempuan pekerja. Mungkin lebih tepatnya pakaian berbahan tebal masuk mesin cuci, sedangkan pakaian tipis cuci pakai tangan.

Penggunakan mesin cuci bisa dilakukan tidak harus setiap mencuci pakai mesi cuci, kalau memang lagi numpuk pakaian kotor baru deh digunakan. Dengan begitu pengeluaran listik tidak cepat membengkak.

Rutin membersihkan freezer

Bunga es di freezer bila jarang dibersihkan memakan tempat kosong penyimpanan, selain itu menambah bebas listrik juga. Ada kalanya bila bunga es sudah menggumpal besar, segera cabut kulkas, lelehkan kemudian bersihkan. Biasanya melelehkan bunga es bisa semalama, kan lumayan sudah berapa watt tidak terpakai.

Matikan lampu saat tidur

Kebiasaan mematikan lampu saat tidur termasuk hal baru, sebelumnya aku selalu tidur dengan lampu terang menyala. Namun sekarang tidur dengan lampu dimatikan ternyata lebih cepat tidur, hanya lamp ruang tengah, kamar mandi yang masih menyala.

 Tidak tergiur benda-benda gemoy di tiktok

Racun shopee, racun tiktok shop sukses membuat warganet CO gila-gilaan demi barang idaman mereka. Salah satunya lagi viral sekarang lunch box estetik, dan botol gemoy. Utamakan gunakan barang yang kita punya, kalau masih layak pakai kenapa malu menggunakan? Barang nggak harus baru, masih bagus ya di fungsikan.

Percayalah bila kalian ikutan CO barang-barang  printilan, demi setara dengan kehidupan para content creator rasanya nggak akan cukup, bisa jadi barang tersebut hanya kalap mata tapi tidak gunakan secara maksimal.

Skinimalism

Kata baru dalam dunia menjaga lingkungan, arti sederhana skinimalism adalah menggunakan rangkaian skincare atau perawatan kulit yang dipunya sampai habis. sekarang ini para brand make up sedang berlomba-lomba meluncurkan produk skincare dengan cara menggandeng influencer untuk meracuni konsumen melalui teknik soft selling.

Produk skincare sekarang makin banyak, makin bingung menentukan harus pakai produk dari brand siapa?. Sebenarnya apasih yang dicari banyaknya rangkaian skincare dengan penggunaan berlayer-layer, dari toner, moiturizer, cream, dst. Penggunaan masker wajah terutama, termasuk sulit untuk diurai. Selain itu penggunakan produk perawatan kulit seperti deodoran, sabun cuci, minyak wangi, lotion, nail polish turut menyumbang sampah.

Dilansir dari zero waste research 2018, 120 milyar kosmetik diproduksi secara global, 79% berakhir di TPA begitu saja, 12% dibakar, hanya 9% direcyle. Itu artinya lebih dari 50% sampah industri kecantikan berasal dari packaging  kosmetik. Fakta mencengangkank selanjutnya 1.369 hewan perhari digunakan untuk menguji kosmetik di seluruh dunia  

Demi pengakuan status wajah glowing tanpa make up, orang-orang berlomba-lomba mencari produk yang cocok di wajah mereka. Tidak jarang dari mereka sudah membeli skincare tidak digunakan sampai habis bahkan baru dipakai dua sampai tiga kali karena tidak cocok akhirnya berakhir ditempat sampah. 


Trend fast beauty

Kurangnya regulasi membuat brand & konsumen harus benar-benar sadar untuk ikut andil dalam menciptakan sustainable beauty. Indsutri kecantikan seolah pelan-pelan menyamai fast fashion, apa benar? Buktinya?

Meniru tips korean skincare.

Menggunakan masker wajah sekali pakai.

Memakai make up berbagai shade hingga membuthkan wardrobe.

Tiktok membuat trend strategi berafiliasi dengan insfluencer buat klik di keranjang kuning.

FOMO (Fear of Missing Out) sengaja dicipatkaan brand untuk menimbulkan efek “takut tertinggal”  jika tidak membeli suatu produk.

Deficit advertising adalah konsep periklanan yang didasarkan pada membuat kita seolah tidak cukup

Ternyata untuk mencapai sustainable beauty, bukan hanya brad yang sadar perilaku  manusia sebagai konsumen juga berperan penting. Trend bisa cara sengaja dibuat untuk tujuan marketing. Tidak semua trend cocok untuk kulit, kemampuan dan kebiasan konsumsimu, trend selalu berubah tidak mengikuti hari ini saja, kalian bisa mengikuti trend bila sesuai kebutuhan kulit kalian.

Carilah produk kecantikan multifungsi misalnya cream pagi bisa digunakan cream malam. Tujuannya adalah memiliki produk & rutinitas kecantikan lebih sederhana untuk mendapatkan manfaat maksimal bagi kulit.


 

Why Skinimalism?

Lelah mengejar kesempurnaan kulit. Standar kulit wajah Indonesia harus cantik, putih bersih tanpa jerawat. Sudah saatnya mencintai dan menerima kulit kita dan realistis dalam merawatya.

Hemat waktu, biaya, & tempat penyimpanan. Lebih sederhana dan ringkes. waktu bisa dialokasikan untuk hal lebih esensial.

Terhindar dari produk build up yang membebani kulit. Kulit lebih ringan dan semakin cinta dengan onsidi kulit kita.

Membuat kita lebih paham kondisi dan tipe kulit kita. Semakin kenal dan tau pa amsalah juga kebutuhan kulit.

Menghindari overkonsumsi produk kecantikan. Trend silih berganti, takkan ada habisnya jika dikejar.

Ajakan skinimalism tidak ada batasan berapa banyak produk yang harus dipakai, sesuaikan dengan keadaan & kebutuhan kulit. rahasia kulit glowing atau glasskin tidak terletak mahalnya skincare yang digunakan, faktor pola makan, pola hidup sehat punya efek besar untuk kulit.

sikinimalism

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

9 komentar

  1. DUAAAAR menohok bgt pas baca jgn lgsg tergiur benda2 gemoy di tiktok, ini aku bgt dua tahun yg lalu pas lg sering belanja online. Tp skrg Alhamdulillah engga krn lebih aman dan enaaak rasanya di badan kalau beli yg sebutuhnya aja :")

    terus perihal skincare akupun jika sudah nemu yg cocok, ya sudah itu aja sampai nanti misalnya tbtb ga cocok gituuu sesuai dg kebutuhan kulit. nah kalau coba2 jg kdg memang riskan yaa, selain suka nyisa banyak jg keluar banyak, biasanya aku beli yg share in jar krn lebih kecil2 hihi.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah sudah bertahun-tahun gak pake kapas make up. Itu pake skincare nya diganti dengan toner hydrating yang penggunaannya cukup ditepuk-tepuk ringan. Alhamdulillah juga sejak pindah dengan listrik 1300 watt, kami pernah nyoba beli token hanya 20 ribu rupiah ternyata cukup sampe setengah bulan.. Gokill hemat banget karena saya gak pake kulkas dan mesin cuci. Hihihi

    BalasHapus
  3. saya baru istilah Skinimalism ini, saya tipe orang yang yang kalau pakai produk akan beli lagi nunggu sampai mau habis banget, supaya ga tersisa. karena kadang kalau sudah ada yang baru saya suka pengen buka cepat. saya juga kalau mau mencoba produk baru selalu membeli ukuran kecil dulu, thank to God, rata2 produk apapun selama ini selalu cocok, jadi tidak sia-sia beli.

    BalasHapus
  4. Ini PR banget ya kalau dari keseluruhan produksi kosmetik, hanya 9 persen saja yg bisa di daur ulang. Kita jadi ikut kepikiran dong, bagaimana baiknya agar kosmetik pada akhirnya tidak hanya numpuk jadi sampah tidak berguna

    BalasHapus
  5. Informasi baru, skinminimalism, Alhamdulillah sekarang lebih mindful menggunakan skincare sesuai kebutuhan. Banyak kalimat yang membuatku menilik kembali aktivitas mengelola sampah di rumah, terutama bagian sampah Dapur yang seringkali Masih buang buang makanan, huhu.

    BalasHapus
  6. Wah baru denger istilah skinminimalism.. bener juga sih saking banyaknya produk skincare, suka kepo pengen nyobain padahal ga butuh2 banget. Tapi aku typical yang selalu makai sampai habis sih.. karena sayang hehe.

    BalasHapus
  7. Khusus untuk kegiatan defrosting atau membersihkan bunga es, sekarang udah ada kulkas tanpa bunga es, jadi freezer aman dari penumpukan es yang dapat membuat penggunaan listrik menjadi boros.

    BalasHapus
  8. Suka banget kalau ada produk beauty yangg peduli sama lingkungan kita yaa kak. Soalnyaa udah krisis iklim banget, nggatahu bisa dihentikan apa ngga, yang kita bisa mencegah aja biar ngga makin makin aja nih efeknya

    BalasHapus
  9. aku pun sekarang lebih milih soal skincare mbak, lebih pilih yang ramah lingkungan meskipun sedikit lebih mahal tapi nggak kepikiran limbahnya gimana nanti di lingkungan

    BalasHapus

Posting Komentar