[recent]

Recent Post

3/recentposts

Aqiqah Nurul Hayat Hadir dan Setia Melayani Keluarga Indonesia

21 komentar

 

“Banyak yang sibuk mengejar harta hingga melupakan keluarga. Padahal tanpa kita sadari keluarga ialah harta yang tak ternilai”. Keluarga adalah tempat kembali, sekalipun sengaja atau disengaja kita berbuat salah keluarga akan terus ada untuk untuk kita. Namun seiring bejalannya waktu, bertemu teman, berbagai komunitas seolah menemukan keluarga baru yang diyakini mampu menggantikan sosok keluarga  yang berada di rumah.

29 Juni diperingati Hari Keluarga Nasional. Momen sepatutnya tidak cukup mengenang melainkan memaknai pentingnya peran keluarga dalam pertumbuhan dan perkembangan setiap insan. Dalam biduk keluarga ada berbagai perihal yang harus tercukupi dari sandang, pangan dan papan sampai kasih sayang, kepedulian, memotivasi.

Cinta, kasih sayang diberikan di keluarga tak akan pernah ternilai dan tergantikan walau seisi dunia mampu dibeli. Aku teringat cerita hidup suamiku sedari kecil tidak pernah mendapatkan kasih sayang dari keluarga. Dari umur 3 tahun dia sudah dititipkan di pondok pesantren, disaat teman seumurannya beli permen ke toko tetangga bersama Ibunya dia berusaha mencuri perhatian Bu Nyai dengan minta makan disuapi dengan curang.

Bila tiap malam teman seumurannya nonton tv bersama keluarga, dibacakan buku cerita dia di pondok pesantren asyik bergelut dengan tumpukan yang musti dipelajari. Pondok pesantren memiliki aturan, mengunjungi anaknya hanya berapa kali dalam sebulan,  kadang saat pondok liburan waktunya memulangkan santrinya justru dia memilih tidak pulang. Merasa dirinya dibuang sejak kecil, dirinya tidak diharapkan makanya dititipkan di pondok pesantren. Penyesalan itu kerap muncul kala sekelibat kejadian mengingatkan masa lalunya, dirinya tidak dididik langsung orangtua melainkan orang lain.

Penah suatu hari dia melihat orang tua mengantar pergi sekolah anaknya, kemudian bersaliman, mencium kening sang anak lalu melambaikan tangan. Hati kecilnya mendesah iri, seumur hidup belum pernah diperlakukan seperti itu.

Namun dibalik itu semua alasan orangtua menitipkan anaknya di pondok karena tidak ada yang merawat, mendidik. Kedua orangtuanya adalah orang pasar, yang mana kehidupannya tidak di rumah melainkan di jalan dan pasar. Berbekal itulah kedua orangtuanya hanya mampu membiayai anaknya agar dididik di pondok pesantren.

Hampir 17 tahun berada di pondok sekaligus mengabdi, berbagai kejadian sengaja atau disengaja sudah pernah dia lakoni. Sampai akirnya ia memutuskan pulang, karena dirasa sudah saatnya dia kembali ke tempat kelahirannya bertemu keluarga sesungguhnya. Saatnya dia menghirup udara baru di tempat berbeda.

Rasanya kalau bercerita perihal kehidupan suami tak akan ada habisnya, apalagi setelah tahu kalau sampai di umur sekarang dirinya belum di aqiqahi. Astaghfirullahaladzim mas, sampai umur segini belum aqiqah, dulu-dulu kemana aja?. Saking sibuknya cari duit untuk sambung hidup menjalankan kewajiban syariat sampai dilupakan.

Kenapa Harus Aqiqah?

Aqiqah merupakan yang harus ditunaikan orantuanya. Ibadah aqiqah dapat dilaksanakan 7 hari setelah kelahiran atau bila belum mampu boleh dilaksanakan di hari ke 14 atau 21, atapun memang bila belum sanggup boleh menunggu sampai mampu melaksanakan aqiqah. Pelaksanaannya merupakan bentuk rasa syukur atas kelahiran si buah hati.

Dalil mengetahui ketentuan aqiqah tertulis dalam hadis yang diriwayatkan Salman bin Amir Addhabi berkata bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:

"Bersamaan lahirnya anak laki-laki itu ada akikah maka tumpahkanlah [penebus] darinya darah [sembelihan] dan bersihkan darinya kotoran [cukur rambutnya]," (H.R. Bukhari). 

Berdasarkan hadis tersebut, para ulama berpendapat hukum aqiqah adalah sunnah muakkad, ditekankan kepada orang yang memiliki kemampuan dalam kelapangan harta.

Jika sudah balig, kesunahan aqiqah gugur pada orang tua. Selanjutnya si anak bisa mengakikahi dirinya sendiri sebagaimana teladan Nabi Muhammaf SAW, berdasarkan hadis yang diriwayatkan Baihaqi.

“Nabi SAW mengakikahi dirinya sendiri setelah ia diutus sebagai Nabi,” (H.R Baihaqi)

 Hikmah Aqiqah

Dengan melaksanakan aqiqah banyak keutaman dan keberkahan yang didapat dalam keluarga tersebut diantaranya:

- Melaksanakan aqiqah dipandang sebagai upaya menghidupkan sunah dan teladan Nabi Muhammad SAW.

- Berdasarkan sabda Nabi Muhammad melaksanakan aqiqah dapat membebaskan anak dari ketergadaian.

- Dalam syariat Islam, ibadah aqiqah dapat melindungi anak dari gangguan syaitan. Dengan demikian anak yang telah ditunaikan aqiqahnya akan memperoleh rida dan pertolongan Allah SWT

- Aqiqah membantu mewujudkan rasa syukur kepada Allah atas karunia-Nya berupa kelahiran si jabang bayi. Diharapkan bisa jadi penerus yang sholeh dan sholehah bagi keluarga dan agamanya.

- Aqiqah ialah momen berbagi pada sesama dan mempererat tali persaudaraan.

- Aqiqah ialah bentuk rasa gembira dan ingin membagiakan kegembiaraan tersebut kepada sesama.

Cara Melaksanakan Aqiqah

Terus gimana dek? Mas merasa bersalah belum tunaikan kewajiban, tak mungkin juga meminta kepada orang tua di umur segini. Bagaimana jika kasusnya seperti ini, mau bagaimanapun aqiqah tetap harus ditunaikan namun dengan cara

Menabung. Yaps kondisi pernikahan kami belum sampai seumur jagung ditambah kehidupan serba sendiri alias tidak neplok rumah orang tua mengharuskan kita mengelola keuangan se efektif mungkin. Kedengarannya kok lama? Namun sementara waktu itulah cara yang bisa dilakukan sembari menunggu uang terkumpul.

Nah di kota Sidorjo sendiri nama penyedia layanan Aqiqal terkenal, terpercaya kalian pasti tahu dong Aqiqah Nurul Hayat. Aqiqah Nurul Hayat dikenal sebagai “PELOPOR AQIQAH SIAP SAJI” berdiri tahun 2003 sebagai unit usaha pondok pesantren nurul hayat. Sudah terbukti berpengalaman, sesuai syari’at, dan bernilai ibadah.

Kalau Ayah pulang hajatan pasti nasi kotaknya ada tulisan Aqiqah Nurul Hayat. Masakannya itu loh selain enak, kambing gule maupun satenya nggak bau amis. Yang biasanya diriku nggak doyan sate kambing tapi kalau Nurul Hayat yang masak auto kuhabiskan sendiri.

Mengapa Pilih Aqiqah Nurul Hayat?

Terbukti terpercaya. Berpengalaman dan telah dipercaya puluhan ribu pelanggan. Membantu ibadah aqiqah umat dari 3000 kambing setiap bulannya. Dan terdistribusi hingga 60 kota di seluruh indensia.

Sesuai syaria’at. Menjadi penyedia layanan syariat Islam tentu sudah melakukan beberapa rangkaian  panjang agar mendapat lisensi. Aqiqal nurul hayat berprinsip memudahkan pelayanan keluarga aang melakukan aqiqah. Pilihan hewan, proses penyembelihan dan  dijamin memenuhi syarat syahnya aqiqah dan telah tersertifikasi HALAL dari Majelis Ulama Indonesia MUI.

Bernilai sedekah. Aqiqah kita inshaallah semakin berkah karena semua  keuntungan digunakan untuk mendukung program dakwah dan sosial Nurul Hayat. Hanya disini kita beraqiqah sekaligus sedekah.

Memudahkan aqiqah keluarga indoensia

Hadirnya pelayanan dari Aqiqah Nurul Hayat, pihak keluarga shohibul aqiqah bisa lebih fokus pada bayi yang baru lahir dan pemulihan ibu pasca melahirkan.

Sehingga tidak perlu direpotkan menyiapkan keperluan aqiqah, menyembelih, memasak sendri dan sebagainya. Karena semua sudah termasuk layanan aqiqah nurul hayat.

Ekonomis dan efektif

Biaya aqiqah di nurul hayat sudah disesuaikan tiap cabang kota. Semua paket pemesanan di aqiqah Nurul Hayat sudah termasuk biaya kirim ke rumah shohibul. Tidak perlu repot menjemput atau mengeluarkan dana kembali untuk pengiriman paket aqiqah.

Paket apa yang ditawarkan

Harga aqiqah wilayah sidoarjo. Harga kambing masak (harga perekor kambing)

Platinum

Jantan: Rp, 3.700.000

Betina: Rp. 2.850.000

3 menu: 270 sate + 90 kreng daging + 180 gule jeroan tulang (harga + Rp. 75.000)

2 menu 550 sate + 180 gule

Istimewa

Jantan: Rp. 3.350.000

Betina: Rp. 2.500.000

3 menu: 150 sate + 50 keranjang + 140 gule jeroan tulang (harga +Rp.75.000)

2 menu: 450 sate + 140 gule

Super

Jantan: Rp. 2.600.000

Betina: Rp. 2.050.000

3 menu: 150 sate + 50 kreng daging + 100 gule jeroan tulang (harga +Rp. 75.000)

2 menu: 300 sate + 100 gule

Puas

Jantan: Rp. 2.500.000

Betina: 1.085.000

3 menu: 150 sate+ 40 kreng daging + 80 gule (harga +75.000)

2 menu: 250 sate + 40 gule

Tasyakuran

Betina

2 menu: 150 sate + 40 gule

*paket tasyakuran belum sah digunakan untuk aqiqah

Nah selain kita bisa order paket mentahan, Aqiqah Nurul Hayat juga menyediakan paket nasi kotak lebih praktis. Dengan rincian

Platinum: 3 menu (90 kotak). 2 menu (180 kotak)

Istimewa : 3 menu (70 kotak). 2 menu (140 kotak)

Super: 3 menu (50 kotak). 2 menu (100 kotak)

Pusa: 3 menu (40 kotak). 2 menu (80 kota)

Pilihan menu kotakan (harga yang tertera belum termasuk olahan kambing aqiqah):

Kalau kalian berkeinginan nasi kebuli, aqiqah Nurul Hayat juga menyediakan nasi Arab beras basmati : kebuli, briyani, dan hainan.

Intinya paket aqiqah yang ditawarkan menyesuaikan budget shohibul hajat, jadi tidak ada itu namanya pemaksaan. Enaknya lagi kita juga bisa pilih kambing seperti apa yang diinginkan.

Cara ordernya sangat mudah kawan. Kalian sila kunjungi webstite aqiqahnurulhayat.com klik tab order. Kalian diminta mengisi form data pemesanan dari nama lengkap, alamat rumah, no telephone, email. Kemudian data yang akan di aqiqoh dan tanggal pelaksanaan aqiqah.

Aqiqah di Nurul Hayat turut serta membantu keluarga Indonesia dalam memberikan pelayanan aqiqah untuk keluarga. Dimana shohibul hajat bakal diringankan, tidak perlu repot memikirkan bagaimana memasak olahan kambing agar tidak anyir. Aqiqah keluarga Indonesia dimana lagi kalau bukan di Nurul Hayat.

Dibuktikan dengan sederet testimoni publik figur yang sudah meggunakan layanan aqiqah nurul hayat puas dengan aqiqah Nurul Hayat.


 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

21 komentar

  1. Sudah terpercaya dan sesuai syariat ini bikin kita nyaman pastinya. Ditengah kesibukan aktivitas untuk menjalankan akikah yang praktis dan cepat memang jasa akikah seperti Nurul Hayat ini bisa jadi pilihan ya

    BalasHapus
  2. Terpercaya dan sesuai syariat, ini membuat kita nyaman pastinya. Di tengah kesibukan untuk melaksanakan aqikah yang praktis dan cepat, memang layanan aqikah seperti Nurul Hayat bisa menjadi pilihan bukan? Jawab ya kak menggunakan jawaban yang tepat! :D

    BalasHapus
  3. Oh ya maaf kak, kalau hukumnya sunnah muakkad artinya bukan suatu kewajiban. Ini jadi pemahaman di beberapa masyarakat. Sampai ketika tidak aqiqah jadi sedih atau malu.

    Sebenarnya, mengusahakan aqiqah bagi yang mampu tentu sebuah perjuangan yang baik. Namun, buat orang tua yang tidak mampu, tentu memberatkan. Apalagi jika anak banyak.

    Soalnya di desa saya banyak yang tidak mampu. Misalnya ada kerabat saya yang seperti itu. Lalu setelah anak menikah dengan orang yang berada, si anak mau mengaqiqahkan sang cucu dari orang tuanya. Ortunya sangat merasa bersalah karena tidak mampu menjalankan aqiqah ini untuk semua anaknya. Dipikirkan dan mungkin dimasukin perasaan, sampai sakit.

    Semantara di desanya suami, ada orang tua yang dulunya tidak pernah aqiqah, sampai nangis karena tidak sesuai tradisi katanya. Sampai minta diaqiqahkan oleh anaknya yang juga sama-sama blm begitu berkecukupan.


    BalasHapus
  4. Aqiqah banyak manfaatnya ya Mba,,, Apalagi sekarang sudahnada Nurul Hayat ya jadi praktis bisa dimasakan sekalian ^^

    BalasHapus
  5. Lengkap banget paketan yang ada di aqiqah Nurul Hayat ya kak.
    Memang vemdor aqiqah ini memudahkan banget lah kak. Apalagi kayak saya yang gak punya ART. Kan gak mungkin habis lahiran trus masak besar buat dibagi ke tetangga.
    Pasti pake penyedia aqiqah begini biar gak ngerepotin keluarga juga.

    BalasHapus
  6. jaman sekarang aqiqah makin mudah ya penyediaannya, ga perlu repot2 masak, tinggal pesan jadi deh.

    BalasHapus
  7. Aduh saya salfok, jadi ngebayangin makanan kesukaan saya nasi briyani dan sate kambing :D

    BalasHapus
  8. MashaAlloh, Alkhamdulillahirrobbil'alamin, BarokAlloh sangat solutif banget layanan Aqiqah Nurul Hayat jadi tidak perlu repot-repot masak kambing sendiri.

    BalasHapus
  9. Saya non muslim jadi tidak ikut tradisi aqiqah. Tapi terima kasih infonya. Memang harta paling berharga itu keluarga.

    BalasHapus
  10. Waah zaman sekarang aqiqah semakin mudah yaa! ga perlu repot untuk masak, tinggal pesan aja semua sudah ada macam paketnya. Thanks ka sudah sharing

    BalasHapus
  11. Baca cerita tentang suaminya jadi ikut trenyuh Kak, mungkin kondisi zaman dulu memaksa untuk dimasukkan pesantren sejak kecil.

    Aqiqah untuk buah hati sebaiknya dipersiapkan jauh-jauh hari,,, kalau sudah niat, insyaAllah dimudahkan.

    BalasHapus
  12. Wahh, artikelnya lengkap yaa.. aqiqah termasuk salah satu ibadah yg perlu dilaksanakan dg niat utk menyambut kehadiran bayi yg baru lahir, supaya menjadi insan yg baik di kemudian hari..

    BalasHapus
  13. senangnya sekarang sudah ada yang praktis gini ya, jadi gak perlu repot lagi ngurusnnyaa :) bisa nih mulai nabung buat aqiqah anak jg :)

    BalasHapus
  14. Aqiqah menjadi ciri rasa syukur atas rezeki dan titipan berupa anak yang diberikan oleh yang Maha Kuasa. MasyaAllah jika ada penyedia layanan aqiqah terlengkap begini, artikelnya sangat membantu. Sehat selalu mbak nya

    BalasHapus
  15. Wah pasti membantu banget yaaa untuk para orang tua baru. Terlebih tinggal diperantauan, rasanya lebih praktis dan tetap sesuai syariah

    BalasHapus
  16. Masyaallah, jenis usaha yang begini nih.. Yang membuat masyarakat jadi nyaman. Mengapa.. Karena di jelaskan secara lengkap, bahkan sampai dengan dasar hukumnya.. Keren pokok'e..

    BalasHapus
  17. Aqiqah tanpa ribet emang impian semua orang tua.. Salah satunya bisa pesan kesini yaa

    BalasHapus
  18. Dengan mengutamakan hak anak, maka orangtua bisa mendelegasikan ke Aqiqah Nurul Hayat yang nyaman dan praktis. Menu dan masakannya pun enak.

    BalasHapus
  19. Zaman sekarang untuk aqiqah jadi makin mudah ya, bisa duduk santai aja dirumah sambil cari cari info soal aqiqah hehe

    BalasHapus
  20. Aqiqah memang harus diutamakan bila sudah mampu secara finansial. Semangat, kak. Semoga menang lomba blognya*

    BalasHapus
  21. Aku punya tiga anak dan semua akikahnya kuserahkan pada profesional. Tinggal tunggu beres, dan acara akikah tertunai dengan baik. Konon katanya semakin cepat diakikah, semakin bagus untuk anak.

    BalasHapus

Posting Komentar