[recent]

Recent Post

3/recentposts

Sambut Lebaran Dengan Warna Dinding Warm Toast dari Nippon Satin Glo

15 komentar

Bismillahirrohmanirrohim di tahun 2022 aku melangkahkan kaki ke rumah suami, tinggal beda rumah dengan orangtua. Menempati rumah suami dengan segala keadaan yang perlu disyukuri. Yah aku tahu rumah seorang istri bukan lagi rumah orangtuanya melainkan rumah suaminya. 

Sebagai manusia yang sekarang diberi label istri, sudah kewajiban merawat kondisi rumah suami. Eits bukan jadi babu ya, lebih tepatnya asisten keluarga. Menjalani kewajiban dan tugas baru adalah kesibukan yang penuh pahala. 

Masih beruntung setelah resepsi pernikahan kita berdua diamanahi menempati rumah dari mertua. Bila dibandingkan dengan mereka setelah menikah tinggal di kontrakan, rusun, bahkan kos kosan. Tiap bulan, tiap tahun berpikir menyisihkan uang sewa, belum lagi bayar air, bayar listrik. 

Ah harusnya aku lebih bersyukur bisa menempati rumah sederhana berdua. Awal-awal pernikahan menempati rumah suami, aku berontak sejadi-jadinya, tidak suka, tidak cocok, semua diluar dugaan. 

Mau bagaimana rumah impian itu? Harus mewah lengkap dengan interior terbaru? Memang siapa aku? Terlahir dari kaum bangsawan?. Tentunya bukan, ekspektasi memiliki rumah setelah menikah tanpa bekerja adalah keajaiban mustahil. 

Rumah yang kita tempati penuh dengan benda-benda perabotan rumah tangga milik kakak perempuannya, kondisi rumah sebelumnya jarang dibersihkan. Dinding-dinding mengelupas, atap rumah kebocoran, bahkan kusen pintu dan jendela dimakan rayap. 

Nunggu waktu tiga bulan semenjak aku datang ke rumah ini agar barang-barang kakaknya keluar pindah tempat. Sembari menunggu waktu itu, renovasi kecil-kecil dimulai. Pembenahan kusen pintu dan jendela, pembenahan saluran air kotor, menambal atap yang bocor.

Akhirnya rumah kita terlihat luas setelah barang-barang itu pergi, tapi pemandangan kurang indah semakin terpancar jelas, terutama tembok kusam. Sebelumnya hanya ditempati suami kurang lebih 7 tahun, dinding tidak pernah diperbarui catnya.

Bila musim hujan tiba, air tanah merembes di dinding menjadi seperti pulau. Tembok yang sebelumnya putih berubah jadi warna hijau kekuning-kuningan.

Kehadiranku di rumah ini harus memberikan impact baru untuk suasana rumah. Pernikahan adalah lembaran baru yang nyata, bersama pena baru menggores rangkaian warna tak kunjung selesai. Pena inilah yang akan mewarnai sisi kehidupan bernama keluarga. Segalanya tertuang berupa lembaran waktu, seiring berubahnya bulan akan terjadi perubahan baik berupa kondisi atau perasaan. 

Termasuk inisiatif mewarnai dinding ruang tamu yang kusam. Memerlukan waktu izin suami biar mau dibujuk, kembali lagi rumah yang kita tinggali adalah milik mertua. Cara mereka menjaga dan merawat rumah berbeda 180 derajat dengan keluarga orangtuaku. 

Kondisi rumah yang seharusnya segera mungkin diperbaiki, mertua bilang ini masih bagus. Tapi menurutku suasana rumah ini tidak baik-baik saja. Diperlukan perubahan agar dinding yang sudah bertahun-tahun tidak pernah diperbarui terlihat fresh setelah ditinggali kami berdua.

Waktunya rehabilitasi dinding ruang tamu. Sebelum lebaran menyambut para tamu, pandangan para tamu harus dimanjakan. Karena tatapan pertama tamu saat berkunjung adalah warna sebuah rumah. Aku menjatuhkan pilihan cat nippon paint dengan pilihan Trend Warna Ramadan 2022. 

Sudah Kenal Nippon Paint?

Nippon Paint adalah solusi dari berbagai kebutuhan cat: interior, eksterior, kayu, besi, hingga lantai. Produk nippon paint telah didistribusikan luas lebih dari 6000 toko CCM di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Nippon paint berani jamin garansi produk dan warna 100% akurat dan konsisten. 

Nippon Paint berasal dari perusahaan manufaktur dan pelopor industri cat dari Jepang. Dari Jepang Nippon Paint berekspansi dengan cepat ke negara-negara lainnya. Salah satunya di Indonesia Nippon Paint berdiri sejak 1969.

Nippon Paint memiliki lebih dari 10,000 pilihan warna. Berkomitmen memberikan kualitas terbaik melalui penelitian dan pengembangan di  bawah quality control yang ketat, produk yang berkualitas tinggi dan terobosan yang inovatif. 

Ramadan kali ini Nippon hadirkan terobosan baru dengan mengeluarkan (TWR) Trend Warna Ramadan dengan tema Sucikan Hati, Jadi Versi Terbaik Diri” memikirkan ulang berbagai hal untuk mempersiapkan diri memasuki bulan Ramadan dengan lebih optimis.

Tren warna ramadan dari Nippon Paint adalah bentuk komitmen memberi dampak positif yang berarti. Diharapkan dapat menjadi motivasi penggunanya untuk membuka lembaran baru untuk menjadi versi terbaik diri menyambut hari yang Fitri.

Sejak pandemi, fungsi rumah  sudah mengalami perubahan tidak hanya tempat untuk beristirahat, namun juga tempat yang aman untuk berlindung dan menjalankan hampir seluruh aktivitas.

Untuk itu diperlukan pemilihan warna yang tidak hanya sebagai dekorasi, tapi juga membawa dampak psikologis suasana hati.

Ada berapa saja sih produk cat dari Nippon Paint? Nih aku kasih tahu, Nippon punya 6 produk unggulan yang kamu butuhkan diantaranya Nippon Satin Glo, Nippon Flaw-Less, Nippon Spot-less, Nippon Spot-less, Nippon Weatherbond Solareflect, Nippon Bee Brand 1000.

Nippon Satin Glo

Satin Glo adalah cat dinding emulasi berbasis 100% akrilik tanpa tambahan timbal dan merkuri, yang memberikan hasil akhir kemilau seperti sutra. Diformulasikan khusus untuk menghasilkan permukaan yang sangat halus, tahan lama, mudah dibersihkan dan anti jamur. 

Keuntungan mengecat pakai Nippon Satin Glo, 1) bisa digunakan sebagai dinding tulis, 2) dapat dicuci dan tahan disikat 10.000 kali, 3) rendah bau, dan aman untuk keluarga, 4) water based, cat premium hasil akhir halus seperti sutra, tampilan akhir medium gloss, cocok digunakan di dinding interior, waktu benar-benar kering hanya 1 jam saja. 

Trend Warna Ramadan 2022

General Manager Nippon Paint Indonesia, Mark Liew mengatakan bahwa warna tidak dapat dipisahkan dalam keseharian manusia. Apalagi saat ini banyak orang yang sedang menata kehidupannya pasca darurat pandemi, dimana warna dapat memberikan pengaruh positif secara psikologis dalam kehidupan mereka.

Dari optimisme tersebut nippon paint merilis trend warna Ramadan 2022 dengan tiga tema yakni tropical, warm, dan monochrome. 

Warna monochrome bisa mewakili sambut hari fitri, kembali ke fitrah sebagai manusia yang menghargai kehidupan bersahaja dengan warna monochrome yang menjadikan ruangan bersih. 

Memberikan kesan bersih, sederhana, murni. Memberikan efek psikologis syahdu, tenang dan bersih. Warna monochrome menciptakan ruangan terkesan lebih bersih, luas dan simpel. Pemberian aksen tema monokrom menambah ketegasan dan nuansa baru agar ruangan terasa lebih hidup. 

Warna-warna tropical dari tren warna ramadan 2022 nippon paint membuat suasana Ramadan bersama keluarga dan sahabat menjadi lebih ceria namun tetap nyaman dan akrab. 

Warna-warna warm memberikan nuansa kehangatan yang teduh, memberikan efek psikologis tenang, intimate, hangat, memiliki kesan ruangan yang tenang, hangat dan nyaman.

Mulai rehabilitasi dinding ruang tamu

Permasalahan rumah yang aku tempati sekarang adalah warna tembok yang udah mulai nggak layak dipandang, banyak bekas kebocoran air semacam gelombang air terjun kekuning-kuningan. Padahal part time aku mengharuskan ambil foto dengan background yang estetik. 

Kalau warna tembok kusam kayak gini, bisa disuruh revisi berkali-kali sama client dong. Kebetulan udah masuk Ramadan mendekati lebaran pula, sudah harus punya perubahan nyata menyambut para tamu. 

Waktu masih tinggal di orang tua agenda mengecat tembok sebelum lebaran adalah agenda rutinan tiap tahun. Ayah, aku, adek mengecat dinding rumah bersama-sama, tapi ada permasalahan setelah pengecatan tembok selesai. Ruangan tersebut baunya menyengat, hampir berhari-hari, bikin nafas enggak nyaman.

Tapi Ayahku dari tahun ke tahun tetap pakai cat merek yang sama, tidak mau berpaling ke merek lain. Nah berhubung sekarang sudah rumah sendiri, aku bebas menentukan merk cat apa yang bagus, cocok untuk kesehatan manusia yang tinggal di dalamnya.

Pilihanku jatuh pada Nippon Paint. Karena terkesima nonton iklan Nippon Paint di TV. Berbagai pilihan produk nippon paint ditawarkan spg mitra 10. Mereka menanyakan untuk kebutuhan interior atau eksterior? Karena aku perlu untuk ruang tamu dalam mereka merekomendasikan Nippon satin glo, cat premium memberikan hal akhir terbaik halus seperti sutra.

Warna dinding sebelumnya selalu putih. Kali ini aku pengen ganti dengan pilihan warna yang nggak biasa untuk menyambut hari yang Fitri. Warna coklat muda semi orens gitu, hampir mirip warna kesukaan di keluargaku sebelumnya. Termasuk warna tren Ramadan 2022, warm toast dengan kode NP YO 1173P.  Warna yang memberikan nuansa hangat, tenang, intimate, kesan nyaman semakin akrab. 

Pada tahu berapa harga nippon satin glo? Karena ini kali pertama menggunakan cat dari produk Nippon Paint, aku beli yang 2,5 liter dulu. Hampir aku kehabisan stok warna warm toast ini. Aku mohon-mohon ke mas-mas spg agar dicarikan satu aja, alhamdulillah ada stok tinggal satu aja. emang benar-benar best seller warm toast ini. 

Untuk harga Nippon Satin glo 2,5 liter kode warna NP YO 1173P adalah  Rp. 298,952, alhamdulillah dapat diskon 7% jadi cukup bayar 278,024.

Beginilah kondisi dinding ruang tamu rumah kami. Maaf begitu kumuh maklum sudah berumur tidak pernah di cat ulang. Bagian bawah banyak terkelupas, gemas pengen copotin.

 

Kondisi awal dinding ruang tamu sudah berumur, mengelupas, mengenaskan pula

Karena diriku orangnya tidak telaten, maunya sat set wat wet nungguin suami di hari sabtu buat minta bantuin ngecat kelamaan. Nekat aku cat sendiri, toh juga udah ngerti caranya ngecat. Belajar dari pengalaman di rumah sebelumnya buka tutup cat pakai obeng, berhasil kebuka tuang ke wadah tambah air. Jangan sampai kekentalan biar nggak encer. Sisa cat jangan lupa ditutup biar rapat seperti semula.

1. Bersihkan dinding

Hmm dinding rumah seperti sarang hewan, banyak sekali kepompong kecil yah kalian tahu sendiri lah hewan yang sering di kolong kasur kalau kotor. Nah ini pada banyak nempel di dinding. Aku bersihkan pakai lap, sekalian tembok yang mengelupas aku copot sekalian. 

2. Pengecatan tahap pertama

Aku pakai kuas yang lebar. Jadi ingat tukang yang pernah mengerjakan rumah Ibu dulu, mengecat tidak disarankan pakai roll mending pakai kuas agar mendapat hasil bagus dan merata. Setelah diaduk pakai sebatang kayu kecil, udah pas kuas siap dicelup. Kemudian dioleskan ke dinding. 

Untuk hasil sempurna mengecatlah dengan satu arah arah saja. Selain hasilnya rapi, akan mudah tertutup dan tidak blang bonteng. Aku mulai mengecat bagian bawah dulu, kemudian lanjut bagian tengah, terakhir bagian atas. 

Proses pengecatan tahap pertama haruslah diulang-ulang. Setelah dirasa tertutup pindah ke bagian lain sambil menunggu cat kering untuk lanjut pengecatan tahap dua.

3. Pengecatan tahap kedua

Satu bagian dinding selesai, kembali ke dinding pertama tadi untuk mengulang cat. Tujuannya menebalkan warna cat, hasilnya jauh lebih bagus dan menutup sempurna. Warna merata ke seluruh permukaan dinding.

Begitu seterusnya sampai tiga bagian dinding ruang tamu tertutup sempurna. Aku perlu menyalakan lampu agar bisa mengetahui bagian dinding mana yang belum tertutup sempurna karena rumah kami ada di belakang kurang terkena sinar matahari. 

Jenjeng....... akhirnya dinding rumah saya memiliki varian baru. Waktunya beres-beres, sisa cat yang aku gunakan tadi, aku aplikasikan lagi ke dinding biar hasil makin kemilau. Kuas dan wadah cat di rendam di air biar nggak kaku. Eits tangan  dan kaki banyak percikan cat, ajaibnya tinggal di gosok pakai air udah hilang. Mungkin ini karena keuntungan water based kali ya.

Hasilnya bikin terpesona

Setelah beres-beres alat cat aku tinggal ke rumah ibu di Kemiri. Setelah aku kembali keseluruhan  cat mengering sempurna. Soalnya pengalaman dulu ngecat pakai merek lain nunggu keringnya lama, Ayah harus berkali-kali memberi tahu awas cat belum kering.

Nggak usah khawatir kesenggol tangan, lah emang cat emang udah kering

Dinding bebas bau menyengat

Lihat perbedaannya mencolok, hasil soft banget.

Ini nih paling aku suka, saat aku dari luar membuka pintu tidak ada bau menyengat seperti merkuri. Benar-benar ramah lingkungan dan aman untuk kesehatan keluarga. Mau diendus bagaimanapun, sedekat mungkin bau tidak akan muncul. Mau mengecat dalam kondisi apapun, baik rumah sepertiku yang sedikit mendapat sinar matahari, tetap nyaman berkat Nippon Paint.

Warna merata dan menutup sempurna

Warna menutup sempurna

Penasaran hasilnya aku sentuh hasil pengecatanku, wawww benar-benar diluar ekspektasi rata dan memberikan tampilan hasil akhir glossy. Tidak ada cat sprinkle di dinding, semua menutup sempurna. Selain itu hasil dari Nippon Satin Glo ini halus tenan seperti sutra, benar kata mas SPG kalau Nippon Satin Glo cocok untuk interior. Apalagi kalau ruang tamu dinyalakan pakai lampu, berasa hidup warna catnya.

Warna 100% akurat

Hasil akhir warna akurat 100% berhubung kamera aku buram jadi kelihatan berbeda

Pantas saja Nippon Paint berani memberikan garansi, lah emang warnanya 100% akurat. Gimana dong emang nggak bohong nippon paint? warna yang di katalog sama dengan warna warna yang diteteskan di cat galon. 

***

Mengecat ruang tamu selesai, masih ingin mengecat bagian yang lain. Dan kalau cat habis, aku bakal beli nippon paint lagi. Udah nggak ribet bakal milih cat merek yang lain.

Berhubung ruang tamu aku cat sendiri tanpa bantuan suami, hasilnya lebih lega karena sesuai dengan permintaanku sendiri. Berkat Nippon Satin Glo keringat mengecat sendirian jadi nggak kerasa padahal puasa juga loh. Mungkin lain kali kalau mengecat bagian lain yang lebih luas harus minta bantuan suami.

Hebatnya Nippon Paint yang serba bisa

Hebatnya Nippon Paint solusi total untuk segala pengecatan

Bila kalian juga berkeinginan merefresh warna dinding ruang tamu kalian untuk menyambut lebaran seperti aku, kalian pakai cat dari Nippon Paint terutama Nippon Satin Glo terbukti cat premium, hasil akhir halus seperti sutra. Kalian bisa menghubungi Whatsapp care Nippon Paint untuk konsultasi pengecatan lebih lanjut atau gunakan layanan Colour Scheme Service untuk mendapat rekomendasi warna dari colourist Nippon Paint. Gratis!

Whatsapp care 0811-1283-028

Colour Schema Service:

Isi formulir online lengkap di https://bit.ly/FormCS

Kirimkan foto ruangan dengan ukuran minimal 2Mb.

Pihak Nippon Paint akan mengirimkan 3 alternatif kombinasi warna.

Bisa melakukan 1 kali revisi apabila ada perubahan warna.

Hasil visualisasi akan didapatkan melalui email dalam jangka waktu 5 hari kerja.

Berkat pengalaman pertama ini memilih cat rumah tidak asal-asalan, bila dibandingkan beli di toko bangunan rumah pasti bakal disaranin pakai cat yang mereknya sudah dikontrak sebelumnya. Tapi saat pergi ke mitra 10, bertemu SPG berbagai merek membuatku tidak lapar mata, berani bertanya dan berkonsultasi sebelum memutuskan membeli cat Nippon Paint. Tidak ada salahnya menanyakan kepentingan kita mengecat rumah, karena mas-mas SPG juga  bakal memberikan rekomendasi beberapa merk cat sesuai kebutuhan kita. Dan lebih dari itu warna dari nippon selalu memberikan kesan kehangatan dalam keluarga.

Selamat mengecat rumah untuk menyambut hari Lebaran 😊

Hebatnya Nippon Paint jadikan harapan Ramadan lebih berwarna

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

15 komentar

  1. Nippon satin glo ini hasilnya beneran covering banget ya kak. Trus hasilnya beneran selembut satin. Halussss. Warnanya soft pula. Bikin semangat poto-poto pas ada kerjaan jadi influencer, ehhh hahahaha

    BalasHapus
  2. Cat yang luntur akibat rembesan air emang bikin kesel ya kak? Untungnya sekarang ada solusi dari masalah itu. Semangat berbenah rumah kak! Semoga bikin betah..

    BalasHapus
  3. Nippon paint ini memang salah satu cat yang cukup memuaskan Konsumen.

    Selain covering dan soft hasil cat nya, punya banyak pilihan warna yang menggemaskan.

    Rumah memang butuh dirawat dan salah satunya adalah memaintaince dengan pengecatan secara berkala.

    Happy idul Fitri ya mba

    BalasHapus
  4. terimakasih informasinya, saya baru tau ternyata ada websitenya untuk mencari referensi warna yang kita inginkan.

    BalasHapus
  5. Menarik nih.. Nippon Satin Glo emang salah satu produk cat yang rekomended bgt, memiliki keunggulan yang bisa membantu kita untuk mendekorasi rumah kita.
    Saya juga Mengucapkan Selamat menjelang perayaan Idul Fitri 1443 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin, Damai untuk Indonesia Kita.. Jaya Wijaya Rahayu Indonesia..
    terimakasih telah berbagi informasinya ya.. silahkan mampir juga ke blog saya tegaraya.com

    BalasHapus
  6. lebih estitek ya kak jadinya, lengkap lagi nih artikelnya sama tips pengecatannya juga

    BalasHapus
  7. Nippon paint emang jadi salah satu produk yang cukup banyak di rekomendasikan yaa. Selain itupun warnanya cukup bervariasi. Jadi pengen cat rumah juga pake ini.. Thanks yaa kak sudah sharing

    BalasHapus
  8. Thanks sharingnya mbak... Noted Nippon paint kalau nanti mau renov rumah :))

    BalasHapus
  9. Hebat banget ngecat rumah sendiri, Kak. Prok prok!! Kayaknya cat dari Nippon Paint emang bagus ya. Thanks juga atas info layanan dari Nippon Paint. Bagus banget bisa ada layanan konsultasi sebelum kita membeli cat tembok untuk rumah kita.

    BalasHapus
  10. Nippon paint bagus ya dan dapat dijadikan andalan untuk masalah cat rumah, pilihan warnanya juga banyak

    BalasHapus
  11. Senangnya bisa menempati rumah bersama suaminya, Mba Alfi..pelan-pelan dirawat rumah makin nyaman pasti. Apalagi kalau sudah dicat pakai Nippon Satin Go. Jadi pengin juga nih refresh cat dinding di rumah saya

    BalasHapus
  12. Nippon ini memang merek dari zaman dahulu ya, udah ga diragukan lagi kualitasnya

    BalasHapus
  13. Cakep hasil akhir dindingnya ya Mbak,, Nippon Paint Satin Glo ya nama varian catnya, noted. Btw setali tiga uang dengan kisah Mbak,, saya juga awal menikah tinggal di rumah mertua meski mertuanya gak di sana lagi. Hmm, kudu pinter beradaptasi dan menjadikan Pondok Indah Mertua jd baiti jannati yaa ^^

    BalasHapus
  14. Nah ini cat yang kupengen buat di rumah, biar bisa jadi dinding tulis soalnya masih punya anak2 yang hobi coret2 tembok.

    BalasHapus
  15. Salah satu merek cat yang banyak dipake orang indo nih kayaknya. Ibuku juga suka sama nippon mbak

    BalasHapus

Posting Komentar