[recent]

Recent Post

3/recentposts

Kali Pertama Masak Menu Buka Puasa Ramadan

Posting Komentar

Menjalankan rukun Islam yang ketiga bukan main godaannya, bila dirasa-rasakan puasa Ramadan tak jauh beda dengan puasa senin-kamis atau puasa sunah lainnya. Keistimewaannya tidak didapat di bulan-bulan lainnya. Ramadan punya suasana sendiri untuk meramaikan semangat umat muslim dalam menjalaninya.

Tahun ini aku diberi Allah kesempatan menyiapkan menu berbuka puasa untuk suami untuk kali pertama. Kali pertama masak menu berbuka dengan keterampilan memasak nol. Berbekal ala kadarnya, hari pertama menu berbuka amat sederhana. Dijamin semua orang sangat bisa meniru menu satu ini.

Yah walaupun menu ini praktis setidaknya aku masih memikirkan gizi untuk kelangsungan keluarga kecilku.

Nasi, sayur bening, tempe tahu, pindang sisa 3 hari lalu, ayam goreng ungkep, dan sambel terasi.

Berhubung ingin praktis masak nasi di magic com aja deh. Sayur kunci aku menyebutnya, bayam petik sendiri di rumah Ibu lumayan ngirit kalau beli seikat 1500. Sayur kunci tanpa gambas atau oyong kurang mantap, mampir pasar sebelum pulang. Biasanya gambas ukuran panjang 1500 sampai 2000 lah ini kecil pendek harga 2000. Masyallah Ramadan jadi momentum harga-harga ikutan naik.

Harga ayam ikutan naik juga, biasanya 17 ribu dapat setengah kilo, kemarin beli setengah kilo 20.000 rupiah. Dalam hati ayam setengah kilo harus jadi lima hari ini.

Biar makin hemat ayam aku bumbu ungkep kalasan, digoreng secukupnya untuk berbuka hari ini, sisanya dimasukin kulkas untuk menu besok.

Cara memasak sayur bening

Bahan

daun bayam 1 ikat

1 gambas/oyong

1 biji kunci

 

Bumbu halus

1 siung bawang putih

3 siung bawang merah

Sejumput garam

Sejumput gula

Sejumput micin

Kaldu bubuk (secukupnya)

 

Cara memasak

1. Potong gambas sesuai selera asal potongan tidak terlalu besar

2. Potong bayam, buang tangkai bayam bagian bawah

3. Cuci bersih bayam dan gambas

4. Panaskan air setengah panci

5. Air sudah mendidih masukkan gambas lebih dan kunci lebih dulu lalu masukkan bayam

6. Tidak usah terlalu lama, agar bayam tidak layu masukkan bumbu halus, garam, gula, kaldu bubuk, micin

7. Ambil kunci rebusan tadi, geprek di cobek

8. Tambahkan air di cobek yanga ada geprek kunci tadi, masukkan kembali air ke dalam panci secara berulang sebanyak 3 kali

9. Karena bulan puasa tidak bisa tes rasa, pakai feeling saja

Alhamdulillah menu sederhana sudah siap. Buka puasa tanpa yang segar-segar? Ah kurang rasanya. Alhamdulillah tadi di pasar sekalian beli janggelan, dibikin es janggelan di serut plus sirup marjan satu morong. Auto nambah kalau porsi es nya segini.

Dan aku pun tak sempat mengabadikan momen hasil masak menu berbuka puasa pertama kali ini. Bisa masak tepat waktu saja alhamdulillah, dan bisa menikmati makanan bersama suami.

 

 


 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar