[recent]

Recent Post

3/recentposts

8 Manfaat Mengkonsumsi Kurma untuk Tubuh

Posting Komentar

Barang siapa mengkonsumsi 7 butir kurma ajwa di pagi hari, maka hari itu tidak akan terkena racun dan sihir.” (HR. Bukhori Muslim). Masyaallah Rasulullah sendiri sudah menjamin kebermanfaatan seseorang dalam mengkonsumsi kurma.

Kurma selalu jadi iconik saat Ramadan tiba, rasanya yang manis pas untuk sajian takjil membatalkan puasa. Dianjurkan memakan 3 butir kurma saat berbuka, kalian sudah mencobanya? Betul nyatanya, setelah makan kurma 3 butir kenyang seketika hilang.

Buah yang tumbuh di Jazirah Arab ini hampir 70% adalah karbohidrat, kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta antioksidan.

Secara umum varietas kurma dikelompokkan dalam 3 kategori, lunak, semi lunak, dan kering. Perbedaannya didasari lama waktu di pohon. Pertumbuhan kurma memakan waktu 7 bulan dimulai dari tumbuh tunas sampai siap panen.

Sebetulnya kurma sudah matang dan siap di panen, dibiarkan di pohon agar sedikit mengandung air. Sementara semi-lunak  umumnya dipanen saat waktunya tiba, kemudian disortir dan dikemas.

Ada jenis kurma populer di dunia termasuk Indonesia diantaranya kurma mazafati, kurma Ajwa, kurma sekki, kurma amer hajj, kurma halawi, kurma thoory, kurma safawi, Kurma deglet noor, kurma sukari, kurma khidri.


 

Berbagai manfaat buah kurma

Selain rasanya manis, kurma memiliki beragam manfaat baik untuk kesehatan kita loh diantaranya:

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kalium dan magnesium misalnya. Keduanya dapat membantu menurunkan tekanan darah ke tingkat lebih sehat. Ditambah, kandungan dalam buah nabi ini juga bermanfaat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Buah ini ternyata juga megandung antioksidan asam fenolik. Asam fenolik dipercaya dapat membantu membantu menurunkan risiko anda terkena hipertensi, penyakit jantung, dan stroke.

Direkomendasikan para ahli mengkonsumsi 2 kali dalam seminggu untuk memelihara kesehatan jantung.

2. Menangkal radikal bebas

Mengandung antioksidan yang mampu mengurangi efek radikal bebas dalam tubuh. Antioksidan bekerja melindungi sela dan jarinan tubuh dari  stress dan peradangan kronis yang memicu berbagai risiko penyakit.

Flavonoid, karotenoid, dan asam fenolisk adalah jenis antioksidan yang dapat membant mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Karotenoid juga dpaat mengurangi risiko gangguan pada materi penuaan.

3. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan dua gizi tak larut yang lebih tinggi membantu anda kenyang lebih lama. Itulah kenapa kurma bisa anda jadikan buah camilan saat diet.

Per 100 gram kurma yang dikeringkan mengandung 284 kalori dan 76 gram karbohidrat. Ini menjadi kurma sebenarnya sebagian makanan tinggi kalori. Disisi lain, buah ini juga tinggi serat dan protein jenis tak larut.

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Buah ini merupakan sumber serta makanan yang baik. Tergantung pad avarietas dan tahap kematangannya, sekitar 6,4% hingga 11,5% kadungan kurma  terdiri dari serta terutama jenis yang tidak larut.

Makanan yang kaya akan jenis serat tidak larut dapat membantu memadatkan  feses dan melancarkan pencernaan. Dengan kata lain, makan makanan berserta setiap hati (sekitar 25-30 gram/hari) dapat menghindari anda dari masalah diare dan sembelit.

5. Mencegah risiko diabetes

Meski rasanya manis, buah ini tidak serta merta langsung meningkatkan risiko diabetes anda.

Justru, kandungan serat dalam buah nabi akan membatu anda risiko diabetes. Serat tak larut dicerna lambat di dalam perut sehingga membantu tubuh lebih baik mengontrol kadar gula darah.

6. Menjaga kesehatan otak

Studi dari Neural Degenearation Research tahun 2016 menemukan bahwa buah ini berpotensi menghambat produksi protein pemicu peradangan bernama intelekuin 6 (IL-6) di otak. Kadar IL-6 yang tinggi dalam otak sering dikaitkan dengan risiko penyakit neurodegenratif seperti Alzheimer.

Selain itu penelitain pada hewan menunjukkan bahwa buah ini juga mengurangi aktivitas protein beta amiloid, yang dapat membentuk plak di otak.

Ketika plak menumpuk di otak, mereka dapat menganggu komunkasi antara sel-sel otak, yang akhirnya dapat menyebabkan kematian sel otak. Kematian sel otak adalah salah satu penyebab munculnya penyakit Alzheimer dan demensia.

7. Membantu mencukupi kebutuhan cairan

Buah ini tinggi gula sehingga bisa bantu menaikkan gula darah yang sempat merosot turun setelah 7-8 jam tidak makan. Namun, buah ini juga mengandung banyak air untuk membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang seharian.

8. melancarkan persalinan

Makan buah nabi dipercaya dapat dipercaya kontraksi dan memperlancarkan persalinan secara alami tanpa induksi. Ibu hamil dianjurkan untuk maka buah kurma di usia kehamilan akhir atau timester tiga.

Studi yang diterbitkan di Journal of Obstetrics and Gynecology  mengatakan wanita yang makan enam buah kurma sehari selama 4 minggu berturut-turut sebelum HPL-nya mengalami pembukaan vagian yang lebih lebar.

Ditambah lagi, lama waktu bersalin wanita hamil yang rajin makan buah kurma dilaporkan 7 jam lebih cepat daripada tidak. Mereka yang tidak diketahui mengalami kontraksi lebih lama dan terasa lebih sakit.

Beberapa pakar menyarakankan ibu hamil tua maka buah ini guna mendapatkan asupan energi tambahan. Kurma tinggi gula alami dan kalori untuk meningkatkan energi selama proses bersalin yang menguras tenaga.

 

Sumber:

https://hellosehat.com/nutrisi/fakta-gizi/manfaat-kurma-untuk-kesehatan/

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar