[recent]

Recent Post

3/recentposts

Kampanye #kejuaslicheck Untuk Generasi Indonesia Lebih Sehat

24 komentar

Keju termasuk bahan masak yang wajib ada di tiap makanan begitu kata chef Juna saat mengomentari makanan peserta master chef Indonesia. Keju termasuk olahan paling populer di dunia, sedikitnya ada 2000 varietas keju yang tersebar di seluruh duna seperti ricotta, feta, cheddar, hingga mozarella yang saat ini menjadi primadona tren kuliner tanah air. Para Arkeolog telah menemukan bukti bahwa pembuatan keju sudah ada sejak 7000 tahun lalu. Namun tidak ada bukti otentik dari mana pembuatan keju berasal, kemungkinan Asia atau Eropa.

Bukti penemuan awal mengatakan pembuatan keju ditemukan di saringan tanah liat yang sudah berusia tujuh ribu tahun di Kujaway, Polandia dan di daerah pantai Dalmatian, Kroasia.

Pembuatan keju dimulai dengan proses pemerasan dan penggaraman susu kental demi tujuan pengawetan. Kulit binatang dan organ dalam yang telah membengkak telah meyediakan wadah penyimpanan untuk berbagai bahan makanan.

Bukti secara tertulis paling awal dari keju adalah teks paku Sumeria dari Dinasti ketiga Ur, tertanggal pada awal millenum kedua SM. Keju pertama yang diproduksi memiliki rasa asam dan asin dan teksturnya mirip dengan cottage pedesaaan atau feta masa masa kini.

Swiss adalah negara pertama yang memproduksi keju di tahun 1815. Dalam skala besar Ameriak Serikat yang merasakan kesuksesan dalam produksi keju. Penghargaan diberikan kepada Jase Wiiliams, seorang peternak sapi perah dari Roma. Williams mulai membuat keju menggunakan susu dari peternakan tetangga di tahun 1851.

Fakta unik tentang keju

Pembuatan keju terbilang mudah, susu dipanaskan lalu ditambah asam dan enzim. Susu akan dipisahkan menjadi dadih padat dan whey cair ke dalam cetakan hingga menjadi keju yang kita kenal sekarang.

Keju di kenal sebagai produk olahan susu yang biasa di konsumsi sebagai campuran makanan dan kue kering. Tidak hanya enak, keju dikenal sebagai sumber nutrisi yang baik bagi tubuh. Bukan fakta itu saja, masih banyak fakta menarik lainnya tentang keju, yuk kita simak

1. Butuh sedikitnya 4.500 gram susu untuk membuat 500 gram keju.

2. Kepercayaan para peneliti bahwa mengkonsumsi keju roqeufort blue cheese akan membantu seseorang hidup lebih lama.

3. Penelitian tahun 2005 menyebutkan jika mengkonsumsi keju saat 30 menit sebelum tiddur akan jauh lebih nyenyak. Kandungan triptofan asam amino pada keju akan membantu kamu tidur lebih cepat.

4. Mengandung tinggi kalsium, baik untuk kesehatan gigi dan tulang. Keju juga bisa mencegah kerusakan gigi karena beberapa jenis keju mampu merangsang air liur yang dapat tmenghilangkan gula san asam di mulut.

5. Beberapa keju aman di konsumsi orang penderita intoleransi laktosa. Keju berusia tua seperti Parmigiano Reggiano adalah contohnya.

6. Ada keju yang disebut ‘maggot cheese’ bentuknya yang aneh dengan beberapa lubang di dalamnya bahkan ada lalat bertelur di dalamnya serta belatung yang bersarang dalam keju meski begitu keju jenis ini dianggap lezat oleh penduduk pulang Sardinia.

7. Selain keju kambing, keju rusa yang diproduksi secara terbatas dengan harga USD 450 per gram atau setara 6 jutaan. Tapi hanya ada tiga rusa di dunia saja yang terbiasa memproduksi keju dan ketinganya hidup di kawasan Bjurshom, Swedia

8. Bau tak sedap pada keju berasal dari bakteri Brevibacterium yang juga menghasilkan bau pada kaki.

9. Keju termahal dibanderol dengan harga USD 600 per 500 gram atau setara Rp 8 juta. Dibuat dari  keledai asal Serbia, keju ini mengalami pengasapan terlebih dahulu sebelum akhirnya dipansakan.

10. Lubang pada keju Swiss di duga bukan disebabkan dari bakteri melainkan dari jerami yang ikut masuk ke dalam susu.

11. Jika dalam tayangan dalam kartun keju identik dengan tikus namun sebenarnya tikus tidak menyukai keju. Umumnya tikus menyukai makanan seperti gandum, buah-buahan dan makanan lainnnya tinggi gula.

12. Di Amerika Serikat, 4 Juni diperingati sebagai National Cheese Day.

 

Tips memilih keju

Saat ini keju menjadi makanan favorit pendamping camilan, maka dari itu produksi keju dilakukan besar-besaran bagi kalangan industri. Tapi sadarkah kalian, dalam mengkonsumsi keju tidak boleh asal-asalan, ada cara atau tips memili keju berkualitas agar tidak tertipu apakah itu keju asli atau palsu. Nah beriku tipsnya:

1. Cek kemasan. Perhatikan kemasan keju tersebut apakah dalam kondisi baik, tidak penyok. Karena kemasan luar sangat mempengaruhi kondisi barang di dalamnya. Kemudian cek  kandungan gizi dan nutrisi yang aman. Tidak ada salahnya memeriksa tabel di balik kemasan untuk memastikan nilai gizi dan kandungannya apakah bebas dari zat berbahaya atau tidak.

2. Cek tanggal kadaluwarsa. Penting banget untuk membeli sebuah produk apalagi makanan, pastikan kalian mengecek tanggal kadaluwarsanya. Hal ini menentukan apakah keju yang dibeli layak konsumsi atau tidak.

3. Perhatikan tekstur keju. Beragamnya jenis keju dari mulai cheddar, slice, menjadikan kita waspada dan hati-hati saat memilih keju. Saat memilih, tekan keju apakah teksturnya wajar atau tidak. Jika teksturnya tidak wajar bisa jadi keju sudah kadaluwarsa.

4. Warna keju. Pastikan pada bagian keju tidak ada warna hitam, karena dikhawatirkan warna hitam tersebut adalah jamur berbahaya bagi kesehatan. Keju yang berjamur menunjukkan keju tidak disimpan dengan benar. Pasalnya keju memiliki sifat rentan berjamur jika tidak disimpan dengan benar. Keju yang baik adalah keju berwarna kuning namun bukan kuning tua.

4. Aroma. Sudah familiar dong tentunya mana keju berkualitas aromanya sedap dan tidak sedap. Namun perlu diperhatikan jika aroma yang keluar dari keju tersebut tidak sedap lebih baik jangan dibeli kemungkinan kejunya sudah busuk.

 

KRAFT #KejuAsliCheck

Siapa sih yang tidak kenal dengan produsen keju satu ini. Saat mendengar kata Kraft hal yang terbayang adalah keju gurih dengan citarasa yang lezat. Terkenal dengan produk keju chedaat serbagunany, ternyata Kraft merupakan perusahaan makanan besar dengan varian produk yang banyak.

Didirikan pada tahun 1903, Kraft menunukkan eksistensi dan komitmen dalam memproduksi makanan, tidak heran saat ini Kraft menjadi perusahaan makanan dan minuman terbesar di duni asetelah nestle. Kraft foods terus berkembnag menjadi perusahaan besar. Hingga pada 2 juli 2015 Kraft Foods Group menggabungkan persuahaan Heinz menjadi kesatuan baru bernama Kraft Heinz Food.

Kraft punya banyak merek produk makanan dan minuman seperti A&W, Dr Pepper, Snapple, Squirt, Sunkist, dan masih banyak lagi. Selain itu brand makanan ternama seperti Oreo, Chips Ahoy, Cadburry, dan Toblerone juga milik kraft.

Siapa sosok dibalik pendiri Kraft?

Siapa sangka pendiri Kraft adalah sosok masih berusia 29 tahun. Nama Kraft sendiri diambil dari pendirinya yaitu James Lewis Kraft. Saat itu James Lewis Kraft membeli keju dalam jumlah besar lalau menjulanya ke toko-toko kecil yang ada di chicago.

Lambat laun peminat keju Kraft sangat banyak, mulailah bisnis berkembang. Tahun 1925, ersama kedua saudaranya kraft mendirikan keju sendiri dengan nama Elkhorn. Tidak lama, keju buatan kraft menerima sambutan hangat dan menjadi sangat terkenal di tahun 1915.

Kesuksesan Kraft sebagai perusahaan pembuatan keju sudah terjadi sejak 1923. Kala itu Kraft meluncurkan 3 merek keju baru dan mengakuisisi perusahaan makanan asal perancis. Kesuksesan ini membuat Kraft berganti nama menjadi Kraft Foods Company pada tahun 1943.

Ekspansi Kraft ke pasar global dilakukan pada tahun 1924 saat Kraft mendirikan cabang di Inggris. sekarang Kraft telah beroperasi di 68 negara dan memasarkan produknya di 91 negara di dunia.

Basis perusahan Kraft ada di Illinois, Chicago tempat di mana pertama kali kraft didirikan.

Kraft mengklasifikasikan produknya ke dalam 6 segmen utama yaitu makanan cepat saji, keju, pencuci mulut, snack dan camilannya.

Keju kraft memiliki berbagai varian yang bisa bunda pilih sesuai kebutuhan. Diantaranya

KRAFT quick melt. Pernah melihat lelehan keju mozarella, nah seperti itu yang menggugah selera untuk menikmati hidangan hangat bertoping keju.

KRAFT singles. Berbentuk lembaran siap pakai memudahkan penyajian dari resep. Sangat praktis untuk untuk dibuat hidangan jadi makin spesial.

KRAFT cheddar. Bentuknya padat, lembut, dengan gurihnya spesial dan hasil akhir berwarna keemasan.  Bunda bisa memakai kraft chedar untuk olahan masakan atau topping bahkan makanan yang dipanggang.

Kenapa harus KRAFT Cheddar?

Karena Kraft merupakan produk keju yang sudah dikenal masyarakat dan sudah menjadi pilihan berkualitas untuk buah hati tercinta. Di produksi dengan komposisi bahan baku yang berkualitas, terjuji klinis, sudah bersertifikat halal MUI, tinggi kalsium, protein, dan Vitamin D sehingga sangat cocok di konsumsi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Kraft cheddar merupakan plihan produk keju  yang tepat untuk berbagai kreasi sajian lezat bernutrisi untuk buah hati, karena telah memenuhi standar keaslian keju dan diperkaya berbagai nutrisi yang juga tertulis di label kemasan.

Dalam memilih keju diperlukan kecermatan dan ketelitian Ibunda, karena sekarang banyak produk keju aspal (asli tapi palsu) untuk itu selalau pastikan #KejuAsliCheck ada dalam pantauan Bunda ya, perhatikan label pada kemasan, terutama komposisi di balik kemasan. 

Kraft cheddar telah memenuhi semua kriteria sesuai kampanye #KejuAsliCheck yaitu berbahan utama keju asli New Zealend pada urutan pertama, serta dilengkapi nutrisi calcimilk yang kaya akan kalsium, protein, dan vitamin D.  Berbagai keunggulan yang dimiliki oleh keju cheddar KRAFT ini juga dapat dilihat langsung pada kemasan, sehingga akan memudahkan para ibu dalam memastikan manfaatnya bagi buah hati. Selain itu keju cheddar KRAFT juga memiliki rasa lezat dengan gurih keju yang khas, serta tanpa perisa tambahan.

Mengkonsumsi keju KRAFT cheddar secara rutin bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian, karena dapat memenuhi 30 persen kebutuhan kalsium harian, sumber vitamin D dan protein yang merupakan salah satu komponen esensial dalam tumbuh kembang anak.

Memilihi keju berkualitas untuk buah hati memang tidak boleh setengah-setengah, Bunga Citra Lestari pun setuju bahwa penting bagi seorang Ibu memastikan keju cheddar dengan komposisi yang tepat dan berkualitas. “Ibu memilki peran penting dalam menentukan pola konsumsi rumah tangga, mulai dari menetapkan menu, memilih bahan, sampai memasak dan menyajikannya. Oleh karena itu, ketelitian para para Ibu dalam memilih keju cheddar yang tepat sangatlah dibutuhkan untuk memastikan kandungan gizi yang optimal dalam proses tumbuh kembang buah hati.

Lemak baik di dalam keju berguna untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan otak anak, sehingga tidak menyebabkan kegemukan atau obesitas. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Kraft cheddar mengandung tingi kalsium yang sangat penting untuk pertumbuhan tulangnya. Oleh karna itu keju termasuk sumber terbaik untuk sumber mineral dan bagian dari diet sehat bagi sebagian besar anak kita.

Bisa dikreasikan apa saja KRAFT Cheddar?

Oh tentu beragam sekali bunda, demi menyenangkan dan menyehatkan buah hati berbagai kreasi olahan makanan dan camilan. jagung susu keju, bunda bisa buat camilah ini dirumah, dengan bahan sayuran sehat satu ini, dijamin anak-anak pada suka. Selain lezat, membuat camilan dengan KRAFT cheddar jadi lebih sehat, anak-anak makin terkontrol gizinya.

Demi camilan sehat untuk buah hati kampanye #KejAsliCheck siap menghiasi hidangan para ibunda. Dengan komposisi selain menyehatkan, bergizi, dan bernutrisi, dibuat dengan tangan Bunda hebat apapun makanannya asal ada keju Kraft pasti terasa nikmatnya. 

Jajajan simpel yang tidak pernah absen dibuat di rumah adalah maklor (makaroni telor) berbahan makaroni yang di rebus, bumbu penyedap dan gak lupa parutan keju cheddar. Memang maklor bisa kita beli mudah di luarana sana, tapi kami di rumah masih belum yakin betul apakah keju yang digunakan memang keju asli atau bukan. 

Olahan makanan bertaburan keju sangatlah banyak dari jajan, sampai kue. Kalau kalian bingung, atau lagi pengen cari masakan yang ada keju-kejunya bisa langsung kunjungi website kraft cheddar, disana banyak sekali resep resep yang bisa jadi referensi bunda memasak di rumah

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

24 komentar

  1. MasyaAllah, keren sekali Kak. Aku jadi mulai cek labelnya nih. Ternyatajafi konsumen harus selektif ya.

    BalasHapus
  2. Ternyata tikus ga suka keju ya.. baru tahu.. 😂

    Makasih informasinya.. sangat bermanfaat mba.. 👍

    BalasHapus
  3. baru tahu kalau ada hari keju nasional di Amerika, menarik nih sejarah kejunya mbak

    BalasHapus
  4. Wah lengkap banget informasi perkejuan. Aku jadi tau sejarah tentang keju dan siapa sih sosok yang menemukan keju.

    BalasHapus
  5. Kejuu kesukaan anak anak selain coklat, kraft salah satu keju fav karena enak dan sesuai kantong harganya

    BalasHapus
  6. Aku suka baca fun factnya, jadi bertambah wawasan tentang perkejuannya.. lebih bagus lagi kalau ada nara sumber sehingga bisa baca yang lebih lengkapnya

    BalasHapus
  7. Saya juga ikutan kampenye #KejuAsliCheck ini. Dari kampanye ini saya jadi aware sama kandungan utama produk keju yang beredar di pasaran.

    BalasHapus
  8. Ini nih yang aku cari. Tips memilih keju yang baik. Kadang kalau beli keju, suka bingung keju mana yang bagus. Kandungan keju sangat baik untuk kesehatan, terutama untuk masa pertumbuhan anak. Keren nih, jadi tambah wawasan.

    BalasHapus
  9. keju yang pertama kali aku tau adalah KRAFT ini dan ternyata sampe sekarang untuk tastenya juga ga berubah, tetep enak

    BalasHapus
  10. Wah ternyata varian keju banyak banget ya, ada 2000 jenis.

    BalasHapus
  11. Mulai sekarang jangan pernah skip baca label pangan ya. Agar tidak tertipu keju palsu.

    BalasHapus
  12. Untuk buah hati tidak boleh sembarangan dalam memilih produk ya mbak, termasuk memilih keju cheddar. Harus yang benar2 memiliki komposisi yang tepat dan berkualitas, seperti keju cheddar dari KRAFT ini. Sudah terbukti memgandung keju asli.

    BalasHapus
  13. Keju ini mengingatkan sya pada film tom and jerry. Karena lucu, sejak saat itu penasaran dan ternyata enak akhirnya menyukai keju hahhaa

    BalasHapus
  14. Setuju, keju emang item wajib untuk setiap masakan! Jadi memang gak boleh asal pilih produk keju, yaa ^^

    BalasHapus
  15. Bener banget jangan sampai asal pilih keju. Keju jadi makanan favorit keluarga, selain karena rasa yg enak juga karena gizinya

    BalasHapus
  16. Baru tahu ada hari keju di Amerika
    Jadi tambah informasi deh

    BalasHapus
  17. saya kalau udah beli roti, pasti temennya itu keju. Dan yang jadi pilihan kraft karena udah terlanjur percaya sama brand yang satu ini. Rasanya enak dan bergizi juga

    BalasHapus
  18. patesan kraft rasanya lebih gurih lembut lebih enak dari keju lain karena memang bahan utamanya asli keju cheddar

    BalasHapus
  19. keju Kraft populer banget di Indonesia dan alhamdulillah ternyata kualitasnya bagus ya mba beneran keju komposisi utamanya... bukan air atau tepung

    BalasHapus
  20. Jagung susu keju (jasuke) juga camilan kesukaan anakku Mba. Udah enak pake keju KRAFT, dan bergizi lagi. Emak auto bahagia, hehe

    BalasHapus
  21. Menarik banget, ilmuku bertambah nih, jadi tahu berbagai fakta unik keju. Nah, aku juga pilih KRAFT nih, Mbak, buat stok keju di rumah... Emang lebih enak dan sehat ya karena keju asli... (vita/ mamanesia.com)

    BalasHapus
  22. Ogituuu baru tahu pendiri KRAFT ini James Lewis Kraft
    dan aku suka karena dia memisahkan antara keju sebagai pencuci mulut - sebagai hidangan dll

    paham ilmu baru tu luar biasa!

    BalasHapus
  23. Betul Mbak, anakku tuh paling suka nyium keju kraft cheddar. Katanya aroma keju mantap dan maunya langsung di makan gitu.

    BalasHapus
  24. Info yang menarik tentang keju kraft, biasanya sy hanya lihat tgl kadaluarsa sj, sekarang sudah mulai baca label kemasan barang 😁

    BalasHapus

Posting Komentar