[recent]

Recent Post

3/recentposts

Berbagi Paket Sembako di Bulan Ramadan

 


Bismillahirrohmanirrohim tepat di tanggal 1 Mei 2021 atau hari ke 20 Ramadan, teman-teman alumni Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo 2019 telah melaksanakan kegiatan rutinannya. Yakni, berbagi kebahagiaan, sedikit rejeki kepada mereka yang membutuhkan. Memang kegiatan semacam ini semakin membludak jika Ramadan tiba, tapi teman-teman kami menepis walau dana kita tidak sebanyak mereka dibawah naungan lembaga. Asal berprinsip siap, mampu, dan ikhlas, insyaallah pasti ada jalan.

Saat kami sudah tidak satu kelas lagi, kepentingan sudah masing-masing, sibuk dengan keluarga kecilnya, nyatanya saat ada salah satu dari kami punya inisiatif menggagas ide bagus ini, teman-teman menyambut dengan senang dan tangan terbuka. Yang dulunya pengumpulan dana bisa face to face, cash, sekarang melalui transfer karena sudah ada sebagian pindah tinggal di luar pulau.

Kegiatan ini sudah terselenggara dua kali semenjak kali dinyatakan lulus dari universitas. Bagi kami ini masyaallah, dana yang terkumpul tidak jauh-jauh dari teman kelas sendiri, dan dosen-dosen yang pernah mengampu mata kuliah kami waktu itu.

Sasaran bakti sosial ini adalah tukang becak, tambal ban, tukang rongsokan, gembel dan panti asuhan. Alhamdulillah kami membaginya dengan berpencar, berboncengan sepeda motor, agar mampu menjangkau wilayah lebih jauh, dan berusaha agar tepat sasaran. 


 

Dana yang terkumpul Rp. 900.000 dibelanjakan dalam bentuk sembako, untuk dijadikan 25 paket. Satu paket berisi beras kg, minyak 1 liter, 4 bungkus mi instan, kecap kemasan 250 ml, dibungkus pakai tas kain dan diberi stiker doa. itung-itung yang mendapatkan sekaligus mendokan kami semua disini. 


Jangan tanya saya yang mana di foto itu hehe, saya support sistyem dari jauh soalnya. Bantu belanja barang-barang sembako, sekalian bungkusin, untuk urusan bagi-bagi diserahkan kepada yang lain. Meski begitu, saya apresiasi teman-teman alumni yang bersedia meluangkan waktu untuk kegiatan ini.

Paket sembako dibagi sebelum waktu berbuka, biar sekalian bisa berbuka bersama gitu. Yah walaupun nggak full tim seenggaknya bisa terobati kangen-kangennya kan ye. Kangen guyonan teman, jailnya si itu dll.

Kalau flash back lagi teman-teman PAI ini pertama kali melakukan bakti sosial di tahun 2017. Saat itu sasarannya adalah pondok Milenium Candi, dan panti asuhan Mamba’ul Quran. Proses penggalangan dana tidak tanggung-tanggung, kami harus keliling ke setiap kelas di seluruh fakultas, dari Fakultas Agama Islam, Fakulatas Ilmu Pendidikan, Fakultas Ekonomi, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Waw super amazing memang semangat kami saat itu. dana yang terkumpul terbilang lumayan, bisa kita bagikan ke dua panti sekaligus.

Sepertinya Allah meridhoi dan menyenangi umatnya yang berbuat kebagian kepada sesama uhuy. Setelah kami dinyatakan alumni tahun 2019, kami melaksanakan bagi-bagi kembali dengan dana dari teman-teman. Tahun 2020 itu terlaksana, walau yang mengkoordinir hanya dua orang, membawa paketnya pun harus besusah payah, alhamdulillah bisa terlaksana dengan baik.

Siapa sih yang punya inisiatif bagi-bagi paket sembako pas Ramadan itu? nih loh orangnya.


 

Namanya Floren. Tahun lalu dia juga yang punya inisiatif, bedanya tujuan dia ngadain lagi adalah karena dia mau out dari Sidoarjo, dia mau balik ke kota kelahirannya di Banjarnegara. Jadi dia pengen sedikit bermanfaat sebelum dia ini balik ke kampung. Cukup bagus niatnya kategori anak yang nggak suka susah, nangisan pula.

Tahun lalu masih ada Dinda, shohib dekatnya sejak kuliah. Nah berhubung dia udah nikah terus pindah ke Malang. Bingung dong, dia ngajakin siapa buat patner, akhirnya mencari aku lah dia hahaha. Aku tidak seperti Dinda yang bisa membantu all out, karena tanggungjawabku di rumah lumayan berat. Aku hanya bisa bantu sebelum acara, saat hari H kuserahkan teman-teman.  

Bulan Ramadan adalah bulan penuh keberkahan di dalamnya, apalagi jika kita bisa melaksanakan ibdah lebih dari puasa dan tarawih, berbagi misalnya.

Dari Anas dikatakan: ‘Wahai Rasulullah, sedekah apa yang nilainya paling utama?’ Rasul menjawab, ‘sedekah di bulan Ramadan’. (HR at-Tirmidzi).

Seperti diketahui, Rasulullah senang berbagi atau bersedekah. Ada hadist lain dijelaskan semakin dermawan ketika berada di bulan Ramadan. Bukan tanpa alasan, sedekah di bulan Ramadan menjadi amalan baik yang mendatangkan banyak pahala di bulan Ramadan.

Semoga semua teman-teman yang sudah berbagi rejeki, bekerja keras menyiapkan acara di bulan Ramadan tahun ini, pahalanya bisa berlipat-lipat dan doanya di ijabah Allah SWT. aamiinn.


 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

24 komentar

  1. Jwahh.. Cocok di bulan ramadhan..

    BalasHapus
  2. Berbagi di bulan suci ini bagus banget

    BalasHapus
  3. masya allah sangat menginsrasi dunia.

    BalasHapus
  4. Inpirasi buat sedekah terus dibulan ramadhan, mumpun masih ada waktu ramdhan nih..

    BalasHapus
  5. Jadi kangen kegiatan semasa kuliah, banyak banget hal berharga ketika bareng2 ya. Apalagi dengan hal berbagi pastinya sangat membekas di hati yang menerimanya serta team juga merasa bangga dan bahagia bisa membantu sesama ya hmm senangnya

    BalasHapus
  6. Memberi lbh baik drpd menerima😊

    BalasHapus
  7. wah luar biasa ya mbak, aku iri nih alumniku nggak ada yg punya inisiatif gini, apakah aku mulai saja di WAG ya? ahaha, wah ada temannya orang Banjarnegara juga mbak.. aku juga Banjarnegara loh, *lah siapa yg nanya, wkwkwk
    semoga keberkahan dan kebaikan mbak serta teman2 angkatan mbak selalu mengalir yaaa

    BalasHapus
  8. Duhh iri dech... pengen juga alumniku seperti itu.
    Atau jangan-jangan ada ya, cuma akunya yang gak tau...
    Moga-moga aku ntar diajak alumnus kalo emang ada acara kayak gitu

    BalasHapus
  9. MashaAllah, indahnya jika melakukan kebaikan dengan berbagi ini di bulan baik ya, Mbak. Tapi paling berkesan itu emang kalau bagi-baginya bareng, rasanya jadi bertambah kebersamaanya. Semoga kegiatan positif ini selalu terulang tiap tahun ya

    BalasHapus
  10. Inspiring banget temannya, bisa jadi pelopor gitu. Kalau di WAG alumniku lagi galang dana untuk salah seorang teman kami yang sakit dan butuh biaya nggak sedikit untuk berobat rutin. Apapun bentuknya, sedekah itu selalu bermanfaat. Nggak hanya untuk penerimanya, tapi juga yang memberi :)

    BalasHapus
  11. Bulan Ramadan adalah bulan penuh keberkahan di dalamnya..Senangnya bisa berbagai ya, Pasti bebragi paket sembako di bulan Ramadan bermanfaat bagi yang membutuhkan.Barakallah untuk semua

    BalasHapus
  12. Senangnya ya mbak bisa berbagi dengan kaum dhuafa. Bulan Ramadan semua kebajikan akan berlipat ganda jadi ga ada ruginya berbagi

    BalasHapus
  13. MasyaAllah bener banget inii mba. Ada yang bilang juga sedekahnya Rasulullah di bulan Ramadan secepat anginn. Saking dermawannya beliau saat Ramadan

    BalasHapus
  14. wah seru banget ya 🔥🔥🔥 Alhamdulillah bgt punya temen berinisiatif tinggi buat berbagi gitu. kadang orang baik tuh baru keliatan kalau ketemu orang baik juga yaaa hehe

    BalasHapus
  15. Alhamdulillah, senangnya masih bisa berbagi dan berkegiatan positif di tengah kondisi pandemi seperti sekarang. Sehat selalu ya semuanya...

    BalasHapus
  16. Luar biasa, Mba bisa bagi-bagi sembako di bulan ramadan. Pasti sangat membantu bagi yang menerima paket sembako. Semoga kegiatannya selalu lancar setiap tahunnya, Mba. Amin

    BalasHapus
  17. MasyaAllah.. saya pikir anak kuliah zaman now cuma tau kuliah pulang, atau kuliah nongkrong. Gak tau kesusahan orang lain
    Ternyata masih banyak yang peduli seperti flora dan kawan-kawan. Senang sekali rasanya bersedekah di bulan puasa. Amalannya berlipat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. duh ngakak saya mbak bacanya, namanya Floren bukan Flora. jadi keinget flora dan fauna

      Hapus
  18. selalu ada perasaan yang mengharu biru saat melihat orang berbuat kebaikan, semoga saya bisa terus berbagi juga. semoga menjadi ladang kebaikan ya kak untuk semua kebaikan yang kita lakukan, dan ini menjadi inspirasi di bulan ramadhan untuk berbagi rezeki sembako

    BalasHapus
  19. Hebat sekali temannya bisa jadi pelopor begitu. Semoga segala yang dilakukan sepanjang Ramadan, apalagi dengan memberikan bantuan untuk meringankan kebutuhan orang lain, menjadi berkah buat Mba dan teman-teman ya.

    BalasHapus
  20. MasyaAllah bahagianya ya kak bisa berbagi di bulan Ramadhan bersama teman-teman alumni. Tepat sasaran lagi ya karena langsung bergerak sendiri

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah kesadaran untuk berbagi di bulan suci Ramadhan biasanya lebih meningkat dibandingkan hari-hari biasa ya mba. Baik dari individu, kelompok masyarakat maupun perusahaan biasanya selalu rutin.
    Dan ini sangat bermanfaat sekali bagi yang membutuhkan

    BalasHapus
  22. Terharu mbak dengan kegiatan sosialnya. Semoga bisa menjadi berkah bagi si donatur juga para penerimanya. Siapa lagi kalau bukan kita sebagai perantara yg membantu mereka ya.

    BalasHapus

Posting Komentar