SELAMAT DATANG SOBAT

SELAMAT DATANG SOBAT... SEMOGA TULISAN INI BERMANFAAT, MELEMBUTKAN HATI DAN PIKIRAN KALIAN, JANGAN LUPA TINGGALKAN JEJAK DI KOLOM KOMENTAR OKEH:)

Ranty Maria Main Sinetron Lagi! Auto Pantengin TV Gua


Putri untuk pangeran
Sumber: instagram putri untuk pangeran
Okay, masa new normal sudah dimulai. Aktivitas masyarakat terlihat dari pantauan jalanan yang mulai timbul kemacetan. Jujur, seneng banget sebenarnya masyarakat Indonesia giat bekerja untuk mengganti uang tabungan yang terkuras selama masa dirumah aja. Tentu, ekonomi sudah mulai beraksi, dunia per sinetronan juga tak mau ketinggalan juga. Salah satunya stasiun tv swasta nasional meluncurkan acara sinetron berjudul “Putri untuk Pangeran”. Kalau ditengok-tengok peluncuran sinetron ini pas banget dengan dimulainya masa new normal, karena selama masa pandemi banyak dari stasiun yang memiliki track record tv sinetron memilih menayangkan sinteron ulang alias tayangan lama bukan syutingan baru. Intinya pas banget deh muncul sinetron baru, jadi agak fresh mata dan pikiran liat pemain-pemainnya.

Sinetron bertajuk “Putri untuk Pangeran” diperankan sederet artis muda berbakat karena sudah terasah pengalaman di dunia akting hehe, ditambah parasnya itu cantik, ganteng, semampai, tinggi, bersih, idaman kauum muda deh. Kan mulai deh halunya. Tokoh yang yang berpengaruh diantaranya Verrel Baramasta, Ranty Maria, dan Riza Syah.

Yang bikin gua tertarik buat nonton sinetron ini, karena aktris bernama Ranty Maria Aprilia Kariso. Keahlian aktingnya sudah terlihat saat main di sinetorn Heart series waktu dia masih bocah. Ditambah parasnya memang cantik dari lahir nggak kaleng-kaleng cantiknya. Bikin mata ini melek kalau lihat si Ranty ini main sinetron.

Sumber: instagram putri untuk pangeran
Sekilas tentang sinetron ini adalah pertemuan cinta pangeran untuk sang putri dari judulnya aja sudah ketahuan. Jalan cerita hampir diselaraskan seperti cinderella di luar negri gitu (sumber cuplikan video), yang pasti dan tidak boleh ketinggalan ditambah bumbu percintaan anak muda zaman now gitu tapi di sinetron ini aktivitas jalan ceritanya disesuaikan dengan gaya hidup manusia di masa sekarang. Ya kali jaman sekarang ada orang namanya pangeran terus jodohnya harus si putri wkwk. 

Senin, 15 Juni 2020 sinetron Putri untuk Pangeran perdana tayang di RCTI pukul 18.30. Tayang setelah sinetron Tukang Ojek Pengkolan dan menggeser jam tayang preman pensiun 4. Kok bisa hafal banget jam tayangnya? Kan harus di rumah kalau selepas maghrib, pamali  jadi hiburannya sambil jaga warung ya nonton tv dong haha. 

Selama menyaksikan sinetron yang berdurasi berapa jam ya? maaf kagak liat jam soalnya hehe,  ada beberapa hal yang perlu dianalisis kemudian renyah untuk dikomentari.

Sinetron berkaitan dengan cinta. Sinetron atau biasa dikenal drama series tanpa ada konflik nggak mainstream, konflik tanpa masalah cinta bisa-bisa turun rating dong. Hampir keseluruhan sinetron menayangkan jalan cerita yang berkaitan dengan cinta anak remaja/anak muda walaupun tidak semuaya, tapi kebanyakan sinetron seperti serupa diatas memang menggaet penonton anak remaja. Yang jadi kritik pertama gua adalah. Oke gua ambil contoh dari sinetron Putri untuk Pangeran yang tayang perdana tanggal 15 Juni 2020.

Mahasiswa ganteng, anak pengusaha, terus kuliah ditempat mewah, yang mana orang tuanya jadi donatur tetap dan terbanyak nyumbangin dana di kampus tersebut. Di sinetron tersebut namanya Pangeran. waw hampir sering banget kharakter yang dimainkan seperti itu. Kemudian karena dia alias si pangeran ini orang tuanya donatur tetap akhirnya dengan semena-mena  seenaknya di kampus, contohnya adegan menghukum mahasiswa lain dengan di ikat di tangga dan disaksikan banyak mahasiswa lainnya, tidak ada teman yang menolong karena semua takut dengan Pangeran. See? memang ada kampus sebagus dan semahal itu diam aja melihat bullying antar mahasiswa? Sepetahuan gua mantan anak kampus, kalau ada yang bertindak seperti itu bisa kena Surat Peringatan, memang ada pengecualian untuk masalah etika dan moral seseorang yang semena-mena?.

Sudah menjadi langganan jalan cerita sinetron, anak orang miskin dapat jodoh orang tajir melintir. Kadang juga karena cinta banget sama pasangan pilihannya sampai rela melawan orang tua sendiri astaghfirullah. 
Ada juga jalan cerita tentang pernikahan yang tidak disetujui si anak, eh mendadakn udah hari ijab qobul, pesta sudah siap. Eh malah pengantin perempuannya kabur karena alasan tidak cocok, atau keselamatan pasangan kalau sudah menikah tidak aman. Kalau ditarik ke kehidupan nyata, emang ada?.

Cinta yang ditampilkan dalam sinetron kadang suka tidak masuk jika di kaitkan kehidupan real. Bagaimana tidak namanya saja sinetron?. Jiwa-jiwa belas kasihan dari diriku ini suka muncul. Kenapa jalan cerita sinetron tidak hanya menonjolkan cerita cinta, sekali-kali lah tonjolkan jalan cerita yang misalnya: anak sma yang berjuang gigih merebut beasiswa walaupun dengan kondisi tidak sempurna, atau mahasiswa yang saling berkompetisi untuk memperjuangkan keadilan mahasiswa yang dilecehkan dll. Bisa nggak ya?

Lokasi kampus untuk tempat syuting benar-benar mewah banget, dalam pikir gua itu kampus apa mall besar banget? Takjub gua lihatnya.

Adegan saat Pangeran masuk ke kelas Putri untuk menagih janji, dengan tampang seenaknya sendiri padahal saat itu masih berlangsung kuliah. Dan yang bikin gua bingung udah tau masih ada kelas, kok ya dosen mengizinkan mahasiswa keluar karena dipanggil mahasiswa lain. Yang ada dosen iya iya aja, kalau di kampus sebenarnya bisa kena semprot tuh dan bakal dilarang sama dosen, memanggil seenaknya sendiri. 

Udah gitu ada adegan seperti ini didalam kampus

Sumber: instagram putri untuk pangeran

Kebayang gak tingkah seperti diatas ada di lingkungan kampus? Auto dipanggil kaprodi langsung tuh. Tapi bagi sebagian pemirsa pasti dan bisa jadi menganggap itu adegan romantis banget, cocok deh. Iya kan? Apalagi anak-anak SMP, SMA yang pada nonton, auto balapan bikin story di sosmed. 

Yang masih jadi pertanyaan selama gua pernah nonton sinetron adalah ciri khas yang ditampilkan sebagai pemain mahasiswa adalah tas yang digunakan sebelah dan kelihatan di kamera enteng banget ding sumpah. Padahal gua aja gak pernah bawa tas se-enteng itu waktu kuliah malahan tiap hari bisa bawa buku tebal banget belum lagi ditambah laptop.

Di sinetron tersebut justru terlihat mahasiswa ke kampus pakai sling bag isinya cuma cukup buat smartphone dan dompet doang. Itu mau ke kampus atau nge mall?.

Yang gua khawatir munculnya generasi halu, haus cinta lelaki ganteng pas nanti kuliah. Kemudian nanti pas kuliah punya bayangan bahwa kuliah bakalan seindah jalan cerita sinetron yang cerita cintanya indah banget. Karena target penontonnya adalah remaja masih labil. 

Generasi-generasi halu yang nantinya akan dengan mudah berangan-angan:

Enak ya kuliah itu, bisa kenal cowok-cowok kece.

Tergoda untuk menjajal namanya pacaran.

Stalker ig pemain sinetron tiap hari, kemudian lupa waktu dan tanggung jawab.

Punya idola baru, yang bisa dibanding-badingkan dengan teman.

Miris melihatnya, jika sampai muncul generasi semacam itu. Generasi muda adalah generasi masa depan, jangan sampai hanya karena sinetron percintaan remaja yang notabene nilai edukasinya kurang walaupun syutingnya di kampus bagus bisa merubah pikiran mereka akan perilaku, dan nilai-nilai di masa depan. 

Memang tv adalah hiburan gratis yang bisa kalian lakukan saat dirumah. Tapi jangan lupa saring sinetron yang kalian tonton, jangan sampai karena terlena dengan sinetron favorit kalian jadi lupa diri, lupa waktu apalagi ribut sama orang tua karena rebutan remot tv. 



17 komentar:

  1. yang saya suka heran tuh, pemainnya bagus tapi nggak sejalan dengan ceritanya. Cerita sinetron indonesia ya gitu gitu aja, gadis sederhana dapet laki kaya dan ganteng,, nggak ada inovatifnya misal punya proyek sebagai seorang mahasiswa gitu, kalau jurusannya seni bisa kali diangkat kehidupan teaternya, atau apalah gitu. Gimana pun sinetronnya, kesukaan suami saya tetep tukang ojek pengkolan :) . Meski saya beda kiblat tontonan sama suami, tapi saya kadang suka nimbrung kalau ada sinetron tukang ojek pengkolan :) Nice sharing kak.

    BalasHapus
  2. Udah gede y Mb
    Cantik
    Dulu liat akting dia jg di sinetron heart
    Btw buat sy lihat sinetron Indonesia kadang bertipe sama dg drakor: cew cantik teraniaya dapet cow keren kaya setia xixixi tp entah kenapa orang2 kok lebih suka drakor pdhl y rada setipe :D

    BalasHapus
  3. Waah aku lama sekali gk nonton sinetron hehehe.
    btw si Ranti ini memang kalem dan cantik ya

    BalasHapus
  4. aku baru beberapa hari lalu kayaknya liat dia di TV kayaknya ya di film ini deh pas main ke rumah tanteku eh nayangin film Putri Untuk Pangeran ini, inget banget

    BalasHapus
  5. Kurang seneng sih ane lihat Sinetron karena ceritanya gampang di tebak.

    Nonton sinetron terakhir waktu masih SD yaitu Tersanjung yg episodenya tiada akhir itu dulu pun terpaksa karena emak-emak pada nonton akhirnya ngikut, karena ngakda tv lain hehe

    Ane lebih seneng FTV atau layar lebar lebih greget dari pada senetron.

    BalasHapus
  6. Saya udah jarang banget nonton sinetron Indonesia, maklum sekarang tinggalnya di negeri orang dan juga di sini kita gak punya televisi. Tapi kalau pulang ke tanah air, saya biasa nonton sinetron juga, sih, terutama yang kumenangis..... *sinetron favorit ibu-ibu.

    BalasHapus
  7. Sejak SMA aku nggak pernah nonton sinetron, nggak tau kenapa nggak tertarik aja meski ibu sering melihat sinetron2 di tv. Huhu
    Makanya smpe skrg q ga hapal nama2 artis. Wkwkwk
    Dlu keinget bgt pas masih smp liat sinetron yg tas si cewek bener2 kaya enteng bgt, laah kenyataannya pas kuliah ga pernah bisa bawa tas semodis dan seenteng itu. Wkwkwk.
    Samaan kita๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  8. Weww, aku baru tahu nih mbaaa info terbarunya. Secara, enggak ngikutin per-sinetron-an Indonesia, hehe. Paling mentoknya cuma sekadar nyimak sinetron azab, wkwkwk. Jalan ceritanya menarik ya mba, bikin cirambay.

    BalasHapus
  9. Wkkwkwkwkw ngakak aku bacanya Mbak. Aku kuliah bawa ransel gede isinya Undang-undang segrabrek di bawa semua. Aku pernah ikut kelasnya Gol A Gong memang cerita romance atau cinta gitu salah satu yang menjual ya si kaya jatuh cinta sama si miskin. Dulu disebutin lima. Apa lagi yaa.... aku lupa. Si miskin berjuang ingin jadi kaya... sebenernya bisa sih, perjuangan dapet beasiswa. Entah kurang menjual atau marketing nya belum bisa promosiin sinetron macam begitu... Ayo bikin lah mbak, serial di youtube... nanti aku yang nonton. Mbak IGmu apa? salam kenal yaa.... nanti aku folback di IG (ceritanya janjian kopdar di tempat lain...)

    BalasHapus
  10. Sinetron oh sinetron. Awas ketagihan loh. Hehehe.
    Saya dah lama bangettttt gak ngikutin drama persinetronan Indonesia.
    Baca artikel ini kenapa aku jadi kepo buat ngikutin ya? Oow...

    BalasHapus
  11. Hihi.. Ranti emang cakep banget yaa. Tapi nggak ngikutin sinetronnya dia dari dulu. Apalagi sekarang ada anak-anak. Semoga generasi sekarang lebih pandai memilah mana yang baik buat diikuti dan mana yang nggak.

    BalasHapus
  12. Biasanya si emak yang nonton Sinetron dan suka rame sendiri. Kalai aku udah lama gak nonton dramanya Indonesia karena jalan ceritanya di awal bagus tapi lama-lama bikin kesel, alurnya tidak ada kemajuan. Ditambah pulang kerja penginnya rebahan. Hoho.... Betul banget semoga generasi sekarang tidak begitu termakan oleh kehidupan sinetron yang jauh banget dari kehidupan nyata.

    BalasHapus
  13. wah, seneng nonton sinetron ya mbak. Aku lebih suka nonton FTV mbak karena 2 jam kelar, kalo sinetron suka panjang banget episodenya kayak rangkaian kereta api. Capek nontonnya hehehe. Ceritanya juga kadang dah mo kelar eh dibuat-buat biar lebih panjang episodenya jadi kesel nontonya. Kadang-kadang aja siy pas bibi di rumah nonton trus aku sehabis pulang kantor nongkrong di ruang TV ya suka ikut nonton sebentar sambil nanya-nanya "ini ceritanya gimana? sapa aja pemainnya?" hehehe

    BalasHapus
  14. Wah kak zhila pemerhati sinetron ya, hihi. Daku udah lama nggak nonton sinetron, soalnya seringnya Ponakan mantengin kartun si kembarekembar nakal ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  15. gak punya tipi di rumah.. nah lho gak bisa nonton

    BalasHapus
  16. Aku bahkan nggak taju dia pernah main sinetron apa aja mbak. Seriusan deh. Beneran nggak bisa kebayang dia bisa bagus atau nggak.

    BalasHapus
  17. Ranty Maria mantan pacar Ammar Zoni ya? Tahunya itu. Tapi cantik sih anaknya, aktingnya juga bagus

    BalasHapus