SELAMAT DATANG SOBAT

SELAMAT DATANG SOBAT... SEMOGA TULISAN INI BERMANFAAT, MELEMBUTKAN HATI DAN PIKIRAN KALIAN, JANGAN LUPA TINGGALKAN JEJAK DI KOLOM KOMENTAR OKEH:)

Jumat Berkah Bersama SMP Muhammadiyah 3 Waru



Jangan takut berbagi, harta mu tidak akan berkurang justru berlipat ganda. Agaknya kalimat ini yang selalu kami gaungkan kepada para siswa-siswi di SMP Muhammadiyah 3 Waru selama kami melakukan Pengalaman Praktik Lapangan (PPL)  kurang lebih satu bulan tepatnya bulan Februari lalu. Salah satu dari proker kami selama PPL adalah #WaniInfaqBendino agak serem ya dengernya, lebih serem kalo beneran masuk surga Allah. Aminn.

Di SMP Muhammadiyah Waru sudah menerapkan agenda infaq setiap hari selasa dan jumat. Infaq hari selasa hasilnya diperuntukkan membantu pembangunan masjid An-Nur di kawasan Candi Sidoarjo sedangkan hasil infaq hari Jumat memang diagendakan sebagai infaq waijb rutinan. Para mahasiswa PPL justru mengajak siswa-siswa #WaniInfaqBendino dari hari senin sampai jumat.


Kegiatan ini ini kami kolaborasikan dengan siswa Takmir Masjid dan IPM (Ikatan Pelajar Mahasiswa) SMP Muhammadiyah 3 Waru. Ketika kami memberikan edukasi kepada para petugas yang nanti hendak membantu kami menjalankan proker ini. Sebagian dari mereka berkometar

“Owalah Bu teman-teman aja infaq 2x seminggu banyak yang ngeluh, apalagi tiap hari”. Siswa lain juga ikut berpendapat “Bu gimana nanti kalo ditanya infaq kan nggak wajib kenapa harus tiap hari?”.

“Lah biasanya juga banyak yang alasan uang sakunya udah sedikit, kepotong infaq malah nggak jajan aku dong, nanggapi gitu gimana dong Bu?”.


“Oke benar kata kalian infaq itu nggak wajib tetapi sangat dianjurkan, berapapun kalian memberi semua akan ada balasannya asal kalian ikhlas, dan kalau kalian mendapati teman-teman yang berkomentar seperti itu kalian harus bisa meyakinkan mereka kalau dari infaq ini suatu saat nanti akan ada kebaikan yang kalian terima secara tidak kalian sadari”.

“Terus uangnya buat apa sih Bu nanti kalau sudah terkumpul?”.

“Karena uang infaq hari selasa dan jumat sudah digunakan untuk hal-hal yang tersruktur maka kita dari  Guru-guru PPL mengambil hasil uang infaq hari Senin, Rabu dan Kamis kita gunakan untuk kegiatan Jumat berkah. Nah setiap Jumat nanti kita akan bagi-bagi makanan berupa nasi bungkus ataupun snack di sekitar llingkungan sekolah kita”.

“Yang bagi-bagikan kita Bu?”

“Iya kalian anak-anak takmir dan IPM secara bergilir, serta perwakilan kakak kelas IX, nanti diatas bungkus makanan itu akan ada doa yang tujuannya untuk kesejahteraan, keselamatan sekolah SMP Muhammadiyah 3 Waru selain itu juga kakak kelas kalian kelas XII sebentar lagi menjalani UNBK, sekalian kita tuliskan dalam doa tersebut. saat orang tersebut membuka kardus makanannya orang tersebut pasti akan membaca doa tersebut. insya Allah dengan begitu, banyak sekali keberkahan yang kita dapatkan apalagi kita membagikannya hari Jumat pula. Hari Jumat hari yang sangat diagungkan oleh seluruh umat Islam”.

Kegiatan infaq sudah mulai berjalan dari Senin sampai Jumat seperti pada dugaan awal ada beberapa siswa yang mengajukan serangkaian alasan demi menghindari agar tidak berinfaq. Anak-anak takmir dan IPM kami dampingi ke kelas-kelas dengan tujuan agar mereka tidak dikeroyok pendapat oleh teman-temanya. Terutama ketika siswa kelas 7 menarik infaq kelas 9 wah keos jika tidak ada guru PPL yang mendampingi. Alhamdulillah setiap Guru PPL mendampingi siswa menarik infaq didalam kelas, keroyok pendapat sedikit mereda.

Tidak lupa kami dari pihak PPL harus menjadi contoh pertama bagi siswa-siswi untuk memasukkan uang pertama kali ke dalam kotak amal. Sebagai bukti kami tidak hanya meminta saja melainkan kita semua juga ikut berbagi untuk sesama muslim.

Hari Jumat telah tiba. Jumat pertama setelah mengumpulkan uang dari hasil infaq, Guru-guru PPL sudah menyiapkan 50 kotak nasi yang siap dibagikan ke sekitar lingkungan sekolah dan di kampung-kampung terdekat tak lupa diatas kardus tersebut juga terdapat secuil doa.

Berikut dokumentasi kegiatan siswa-siswi yang membagikan bungkusan makanan dalam kegiatan Jumat berkah. 










Jumat berkah tersebut diberikan pada para pedagang keliling, pedagang asongan disekitar sekolah, para buruh pekerja, sembari memberikan doa tak lupa kami mengucapkan terima kasih. 


Kegiatan Jumat berkah ini mengandung banyak sekali manfaat



Siswa menjadi saling peduli terhadap lingkungan masyarakat sekitar, walaupun mereka para siswa jarang sekali berkomunikasi dengan warga sekitar dikarenakan kegiatan sekolah yang super padat.

#WaniInfaqBendino tidak lagi menjadi momok bagi siswa –siswi SMP Muhammadiyah 3 Waru setelah kegiatan Jumat berkah berjalan 2x selama kami PPL, mereka semakin yakin dengan saling berbagi, kebutahan insya Allah akan selalu tercukupi.

Jumat berkah mengajarkan pada kita semua bahwa hidup tidak melulu tentang mencari nafkah dan ilmu saja. Ada kalanya kita bertemu, bersosialisasi untuk saling berbagi kebaikan.

Berbagi di hari Jumat adalah kegiatan yang sangat dianjurkan. Terdapat banyak sekali keberkahan jika kita berbuat kebaikan di hari jumat diantaranya: waktu yang mustajab untuk berdoa, sedekah di hari Jumat lebih utama dibanding sedekah pada hari-hari lainnya.

Alhamdulillah meskipun PPL kami sudah selesai proker Jumat berkah tetap berlanjut dan mereka semakin antusias untuk beramal dan menyiapkan untuk kegiatan Jumat berkah walaupun tidak ada Guru-guru PPL yang mendampingi.

Alhamdulillah proker yang dibuat oleh mahasiswa PPL begitu bermanfaat sekali, sekalipun PPL kami sudah selesai. Hal positif ini harus selalu di dukung dan diberdayakan semakin banyak amal yang dibagi tiap hari Jumat dengan ikhlas semakin pula berlipat pahala dan keberkahan yang akan diterima nantinya, semoga SMP 3 Waru selalu dalam lindungan Allah SWT. #WaniInfaqBendino siapa takut.



Sidoarjo, 20 April 2019


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog  Jangan Takut Berbagi yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa

#JanganTakutBerbagi
#SayaBerbagiSayaBahagia

5 komentar:

  1. Alhamdulillah kegiatan yang sungguh bermanfaat, bener banget berbagi itu malah melipat gandakan rezeki :)

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, bagus banget mbak kegiatannya. semoga kakak-kakak semua diberikan keistiqomahan dalam berbagi..aamiin

    BalasHapus
  3. Maa syaa Allaah kegiatan PPLnya bermanfaat sekali nih Mbak. Yap bener banget, berbagi tidak akan membuat harta kita kuranh justru yang ada malah menambah keberkahan.

    Btw sempat salfok dengan almamaternya, saya kirain jas IMM krn warna maron gitu😅

    BalasHapus
  4. MasyaAllah, senang tahu mereka masih melanjutkan Proker Guru-guru PPLnya meski sudah gak ada Guru PPL lagi disl sekolah. Semoga semua istiqomah. Aamiin.

    BalasHapus
  5. Kegiatan yang syarat manfaat. Bisa membantu orang-oramg sekitar dan menanamkan kepedulian sosial kepada para siswa... Hebatt..

    BalasHapus