[recent]

Recent Post

3/recentposts

Review Pernikahan Dini - Lagi-lagi Pergaulan Bebas Siswa SMA

6 komentar

pernikahan diri - kuratailmu


Kenapa ya seris-seris di Indonesia sering menyuguhkan alur cerita anak sekolah kebobolan menikah. Apa fenomena hamil diluar sedang trend di Indonesia?

Jadi teringat quotes di instagram saat itu. Kalo tema series dibuat diberbagai negara sengaja berbeda melihat kondisi suatu bangsa. Tapi hal itu kurang pantas rasanya jika dipertontonkan.

Ini adalah seris kedua yang aku tonton setelah sebelumnya Little Mom, alur ceritanya hampir sama. Dihamili oleh pacarnya sendiri, sedangkan perempuan itu termasuk punya prestasi akademik luar biasa di sekolah.


Judulnya Pernikahan Dini. Produksi MD entertaiment. Tayang mulai 23 September 2023. Dibintangi Megan Domani, sebagai Dini. Series ini akan mengikuti lika-liku perjalanan seorang gadis cerdas yang hidupnya berubah akibat malam penuh petaka. Mulai terbangun di sebelah Rayi (dibintangi oleh Giulio Parengkuan), orang yang ia sukai, hingga kabar tentang kehamilannya, hidup dini seakan tak lagi sama setelah pesta tersebut.


Kenyataan pahit ini memaksa Dini untuk meninggalkan sekolah, dan kehidupan lamanya untuk memulai perjalanan baru yang penuh tantangan. Jauh dari kata usa, persoalan dalam hidupnya kian bertambah ketika vincent (dibintangi Randy Martin), orang yang dikenal sebagai biang onar di sekolah, mengaku sebagai ayah dari anak yang didalam kandungannya. Apa yang akan terjadi pada Dini sekarang?.

Apakah Ini Fenomena Remaja SMA Zaman Sekarang?

review pernikahan dini - kuratailmu

Melihat serial Pernikahan Dini membuat aku flashback masa SMP dan SMA dulu. Teman sekolahku sendiri hamil diluar nikah posisi masih bersekolah SMP. Nggak hanya satu teman, ada lebih.

Kalau diambil kesimpulan kasus remaja hamil diluar nikah sudah marak terjadi dari dulu. Tapi tidak se-blow up sekarang. Fase remaja adalah fase dimana mulai mengenal rasa suka, rasa jatuh cinta. Rasa itulah yang susah dibendung, bila tidak diimbangi pegangan nasehat dari orangtua anak remaja bisa keblabasan.

Kini segala informasi dapat diakses mudah, muda tua semua bisa akses kejahatan hanya dalam satu genggaman. Sekolah pun mengizinkan penggunaan gawai, apalah jadinya, sibuk chatingan saat jam istirahat. Katanya menunjang pembelajaran, ah banyak pula bantahan soal teknologi ini. 

Perempuan dan laki-laki senang berbaur, tidak ada jaminan mereka bertindak kelewatan blabas. Ya paling dekat jalur pacaran, pegang-pegangan tangan.

Sekolah Bagus Bukan Jaminan Akhlak Bagus.

review pernikahan dini-kuratailmu

Seris seris yang diangkat rata-rata sekolah fasilitas unggul.Coba deh kalian amati saat nonton serial serial seperti ini pasti gedung sekolahnya bagus, mewah nan megah bukan. kenapa ya? untuk menunjang setting cerita atau menyesuaikan dengan kondisi real di lapangan?.


Dari sudut pandang orangtua sekolah bagus punya kredibilitas aturan dan cara membina anak didiknya. Pasalnya hal itu tidak berlaku bila tak diimbangi kerjasama orangtua yang baik.

Ayah dini yang super protektif pada Dini, masih kecolongan anaknya hamil diluar nikah. Tapi dari cerita ini. Ada pola asuh berbeda antara ayah dan Ibu. Ibu mendidik dengan memberikan kebebasan apapun yang dilakukan anaknya asal masih ada ambang batas. Sedangkah Ayah, selalu jadi garda terdepan anak perempuan dimanapun dan kapanpun. Sampai takut hak jelek terjadi tidak diinginkan, setiap Dini keluar rumah dengan teman - temannya selalu disidang dulu. 

Apakah ada tolak ukur akhlak seseorang? sejatinya tidak ada, sekalipun itu diseadiakan kuesinoer. Karena akhlak seseorang tercermin dari tindakan orang saat berhadapan dengan orang lain.

Sudah Kejadian fatal, Keluarga Lah Yang Paling Dibutuhkan

Anak remaja fase merasa lebih perlu bergaul dengan teman-teman dibanding berkumpul dengan keluarga. Anak remaja merasa terlindungi saat punya masalah, karena bersama temannya dia tidak di judge.

Pada kasus ini saat Dini ketahuan Hamil, Ayah Dini marah besar, membuat dini ketakutan. Nasi sudah menjadi bubur, seorang jabang bayi sudah dikandung anak remaja berumur 17 tahun. Kedua orangtua dini pasti menahan malu, bagaimanapun itu kesalahan anak mereka. Sudah terlanjur, orangtua lah yang memberi support, memberi masukan, mencarikan solusi untuk anaknya.

Ada Rasa Penyesalan Dari Pelaku

Part saat pelaku merasa iba atas perlakuannya kepada korban kok aku yang geregetan. Dini adalah incara para lelaki di sekolah, cantik dan berprestasi. Anak yang dapat julukan paling bandel pun jatuh hati pada dini. Hingga ia membuat skenario bagaimana caranya dia busa mendapatkan dini seutuhnya.

Tanpa dia sangka hal yang diharamkan telah dia lakukan dengan dini. Dengan mengkambing hitamkan teman laki-laki Dini. Seolah teman dekat itulah yang melakukan perbuatan tidak senonoh. Padahal pelakunya diam-diam menaruh rasa penyesalan pada dini. Akankah Vincent mengaku dihadapan dini yang sebenarnya?...

Lagaknya aku gemas dengan alur cerita ini. Rasanya sedang menormalisasi hamil diluar nikah. Sekalipun siswa berprestasi bukan jaminan dia jauh dari tindakan hubungan diluar nikah. 

Awalnya aku masih berharap serial pernikaan dini penyebab alur ceritanya karena dijodohnya. nyatanya aku terlalu berharap besar, justru karena ulah tidur bareng habis mabok-mabokan. Please lah ini statusnya masih SMA Loh. Yang nonton kan pasti anak SMP, SMA, khawatirnya mereka ikutan penasaran adegan itu. astaghfirullahaldzim

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

6 komentar

  1. Ini apa versi remake dan serial dari Pernikahan Dini nya Agnez ma Sahrul Gunawan? Akupun sependapat Mba, kenapa diangkat tema begini ya. Apa karena yang berbau tabu itu lebih laku? #ehjadiquote

    BalasHapus
  2. Ya Allah jadi inget pilem jaman dulu ya. Agaknya remake ini kak.
    Dan di zaman itu memang marak kasus anak sekolah hamil di luar nikah. Apalagi itu fase awal dibolehin bawa hape ke sekolah.
    Hmmm gak suka pilem sejenis begini. Bagi saya film mendidik gak perlu dikasih alur Kayak mana setelah hamil dikasih solusi. Bener kak kayak normalisasi.

    BalasHapus
  3. Awal baca judul langsung inget sinetron lawas, mungkin ini versi kekinian kali ya? Cuma cerita kita kok, masih di tahap ini ya? Jangan sampai anak-anak remaja merasa oh, itu sudah biasa. Harusnya memang diberikan cerita-cerita yang lebih edukasi. Semoga cerita-cerita kita bisa lebih variatif lagi dan lebih baik, aamiin

    BalasHapus
  4. Karena aku mengikuti salah satu kelas make up yang di dalamnya bercampur baur orang dari berbagai kalangan, aku baru tahu kalau mereka rata-rata sudah menikah padahal baru berumur belasan tahun.
    Fenomena pernikahan dini juga sebenarnya sedang marak-maraknya terjadi. Kalau menurutku, menikah itu dibekali dengan ilmu, kalau nggak punya ilmu yang cukup kenapa harus dipaksakan untuk menikah dirimu.

    BalasHapus
  5. Hm..tema yang diangkat bagus, tapi begitu tahu ceritanya saya enggak setuju kalau yang ditampilkan itu. Bisa kok diambil dari sisi lain yang lebih mengedukasi

    BalasHapus
  6. Kayaknya fenomena pernikahan dini sejak dulu sudah ada ya kan, tapi mungkin yang sekarang itu agaknya anak SMP pun juga ada yang seperti itu. Budaya barat memang pengaruhnya luar biasa ya, jadi khawatir mendidik anak saat sekarang tuh, banyak banget PR nya :(

    BalasHapus

Posting Komentar