[recent]

Recent Post

3/recentposts

Manfaat KKN Bagi Mahasiswa, Tidak Sekadar Ajang Cari Popularitas

7 komentar

 

KKN (Kuliah Kerja Nyata) adalah mata kuliah dag dig dug ser, pasalnya di mata kuliah inilah kemampuan mahasiswa harus ditonjolkan. Membawa nama besar kampus, datang ke desa-desa hdituntut membawa perubahan. Perubahan seperti apa yang diharapkan warga desa? Dari segi pendidikan, ekonomi, sosial, pemerintahan dll.

Dalam prosesnya mahasiswa yang melaksanakan KKN melakukan interaksi dengan warga setemat, membangu konumnasi dan kepedulian sosial terhadap masyarakat sekitar. Eits sebelum aku bahas lebih lanjut soal KKN kalian harus baca dulu KKN aku di tahun 2019.

Dilansir dari website kemendikbud dijelaskan beberapa poin penting mahasiswa saat terjun KKN diantaranya:

Meningkatkan Kepedulian Sosial

Dalam kegiatan KKN, mahasiswa ikut terjun ke masyarakat melihat masalah apa yang sedang terjadi. jadi suka atau tidak suka mahasiwa akan berhubungan langsung dengan masyarakat.

Jadi kalo kalian saat kuliah anti sosial, please jangan ya!! Kalo kalian nggak mau kikuk pas KKN nanti. Berkomunikasi dengan berbagai pihak, kalangan jelas menambah wawasan dan kepekaan mahasiwa akan hal yang perlu dibenahi.

Menerapkan Ilmu Di Dalam Masyarakat

Semua jurusan di perguruan tinggi saat terjun di masyarakat pasti berguna semua, pertanian, hukum, pendidikan, administarsi, kesehatan apalagi.

Dalam satu kelompok KKN terdiri dari berbagai macam jurusan, tapi tak jarang program kerja yang dibuat tidak berdasarkan semua jurusan melainkan hanya beberapa jurusan karena melihat kondisi permasalahan di desa tersebut. Misalnya di desa itu di dominasi masalah petanian dan ekonomi, para petani kesusahan menjual hal panennya bila musim tani lagi anjlokya. Nah disitulah peran mahasiswa hadir memberikan solusi dan bekerja sama.

Mengembangkan Diri

Dalam kegiatan KKN, potensi mengembangkan diri tiap manusia sangat mungkin terjadi. Yang biasanya tidak berani berbicara di depan orang banyak. Mendadak harus jadi MC di depan warga acara 17 Agustus.

Beragam skil yang tidak dipelajari di bangku kuliah, bisa muncul begitu saja beriringan dengan kegiatan program kerja. Hal tersebut menjadi tantang bagi mahasiwa untuk membentuk pola pikir lebih baik. Melalui KKN, wawasan mahasiswa terbuka luar merasakan kehidupan nyata diluar kampus.

Menumbukan Kreativitas

Mahasiswa yang menjalani KKN sudah memiliki bekal ilmu dari mata kuliah yang dipelajari. Adanya KKN ini merupakan tempat berkreasi, menuangkan ilmu kepada warga melalui beragam upaya dan inovasi.

Menumbuhkan kreativitas diimbangi melihat potensi di desa sekitar. Apa yang perlu dioptimalkan di desa tersebut, silakan dikembangkan.

Meningkatkan Kesehatan Masyarakat

Menumbuhkan kesadaran kesehatan dalam masyarakat, misalnya apa track record penyakit di desa tersebut? Deman berdarrah. Sebagai mahasiswa berani mengabil tindakan pencegahan mengurangi penyebaran penyakit tersebut melalui ilmu kesehatan.

Itulah fungsi mahasiswa KKN, membantu dan mengatasi masalah dalam masyarakat dengan cara yang mudah diterima.

Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Di Desa

Tugas mahasiswa jurusan ekonomi biasanya bergerak cepat, memantau usaha apa yang mendominasi di daerah itu. Bila tidak ada kendala, beralih ke potensi apa yang bisa dijadikan bisnis dalam daerah itu. dengan memikrikan berbagai dampak keuntungan dan kerugian yang didapat.

Membantu usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan pengabdian mahasiwa kepada masyarakat. Contohnya membuat progaram kerja meningkatkan penjualan dengan aplikasi berbasis daring memliki dampak signifikan terhdap penjualan makanan.

Banyak manfaat yang didapat dalam kegiatan kuliah kerja nyata, terlihat sulit dilakukan, tapi memberikan insight kepada masyarakat. Kegiatan kuliah kerja nyata ini latihan awal mahasiswa untuk selanjutnya terjun ke dunia kerja.

Berapa Lama KKN Dilaksanakan?

KKN dilakukan di semester 5, 6, atau 7 tergantung kebijakan perguruan tinggi. KKN dilaksanakan selama 30 hari dan menginap di lokasi, sedangkan KKN Alternatif dilaksanakan 60 hari dan tidak menginap di lokasi. KKN alternatif boleh sambil mengikuti kegiatan akademik selain KKN.

Pertanyaanya, durasi satu bulan menjalankan sederet proker bisa berjalan maksimal? Lebih tepatnya kurang. Berdasarkan sumber story whatsapp bahwa KKN tempo dulu dilaksanakan tiga bulan. Semakin kesini entah kenapa berubah satu bulan saja.

Btw kalian lihat KKN viral di di pasuruan?. Iya KKN mahasiwa dari Uin Sunan Ampel Surabaya, salah satu kelompoknya bernama Khadam Sidiq seorang content crator tiktok dengan penggemar tersebar dimana-mana. Saat berkunjung ke sekolah dasar berujung jumpa fans wkwk.

Mendadak KKN Wonojati, Pasuruan ini viral. Gimana ya rasanya satu kelompok sama khadam sidik? Pungkas komentar warganet. Ah sudah biasa KKN jadi momen ajang jodoh, selingku eh.

Tiap kelompok KKN zaman sekarang pasti punya akun instagram official untuk mendongkrak popularitas kelompoknya. Istilahnya branding program kerja kelompok gitu.

Baru kali ini  akun official KKN followersya ribuan dalam waktu singkat, sampai di privat akun. Karena power salah satu content creator saja berhasil membuat ribuan warganet penasaran kegiatan keseharian.

Lagi lagi viral tiktok perpisahan KKN mahasiwa Universitas Gadjah Mada di Maluku tahun 2022. Perpisahan dibandara diantar satu kampung. Bukti kkn sesungguhnya, celetuk warganet. 

Terakhir viral kelompok mahasiwa KKN diantara di pelabuhan oleh satu kampung saat hendak pulanag. masyaAllah bukti mahasiswa diterima di masyarkat, bukti mahasiswa sudah melakukan perubahan utuk desa tersebut.

Macam-macam KKN

Tiap perguruan tinggi memiliki penamaan KKN Berbeda. Tapi yang pasti KKN itu ada tiga macam bila di kampus aku, KKN Pencerahan, KKn Tematik, dan KKN Internasional. Nah perbedannya terletak pada pelaksaannya. KKN-P dilakukan selama 1 bulan penuh dan menginap. KKN-T dilaksanakan 60 hari dan tidak menginap, biasanya KKN ini dipilih mahasiwa kuliah malam yang pekerjaannya tidak bisa ditinggal. KKN Internasional negara yang dituju Thailand atau Malasyia, dilaksanakan kurun waktu 3 bulan.

KKN dan PPL adalah mata kuliah penting harus dijalani mahasiswa. Bila kita lihat, semua ilmu yang didapat dari semester 1 pembuktian ilmu itu ada di KKN dan PPL. Gaya bahasanya tolak ukur kemampuan mahasiswa itu.

Apa Yang Harus Disiapkan Sebelum KKN?

Sebelum menghadapi tempur bersama orang untuk satu bulan ke depan, kamu perlu menyiapkan keperluan yang memang dibutuhkan.

Tempat tinggal selama KKN

Hal pertama yang dilakukan setelah nama kelompok KKN keluar. Survei lokasi, cari tempat tinggal nyaman untuk satu tim. Biaya tidak begitu mahal, asal ditanggung bersama.

Berusaha mengubah kebiasaan buruk di rumah

Mungkin sebagian di antara kalian ada yang nge-kost dan anak rumahan. Tetunya punya kebiasaan masing-masing dalam megatur diri dan tempat tinggal. Nah, kamu yang kebiasaan bangun telat, malas bersih-bersih rumah dan kebiasaan buruk lainnya sebaiknya mulai meninggalkan kebiasaan tersebut. karena saat KKN nanti, kamu bakal tinggal satu atap dengan teman-teman. Kalau kamu suka bangun telat apalagi malas bersih-bersih pasti teman-teman kamu ilfil sehingga hubungan antara kamu dan teman-eman jadi kurang baik

Berusaha mengubah kebiasan buruk di kampus

Kamu yang mungkin suka datang terlambat ke kampus, lambt kumpul tugas kuliah, dan lain lain, sebainya mulai mengubah kebiasaan itu. sebab saat KKN nanti kamu dituntut tepat waktu, terutama jika berurusan dengan pejabat daerah dan tokoh masyarkat. Kamu juga bakal menghadapi berbagai laporan kemasyarakat yang nantinya dimintai laporan. Kamu nggak mau kan memberikan kesan burukpada pejabat atau tokok masyarakat atau kewalahan mengerjakan laporan model SKS (sistem kebut semalam)

Kemampuan bersosialisasi

Saat KKN kalian bertemu warga beraneka ragam, kalian dituntur harus bisa menyesuaikan pola pikir mereka dengan hal yang akan dikerjakan. Bertemu teman baru, berbeda jurusan, berbeda kepribadian, lalu menyatukan pola pola pikir dengan program kerja kelompok.

Bersosialiasi dengan teman-teman menjalin komunikasi yang baik, bisa membantu kamu dalam banyak hal, misalnya saat kehabisan uang saku, teman kalian saling bantu. Panda-pandailah menjaga pertemanan, karena salah tindakan berujung tidak punya teman selama satu bulan.

Peralatan penting

Saat KKN, dalam satu pokso harus ada printer dan kamera. Printer berfungsi mencetak file sepert udnagan, laporan dan lain-lain. Kalau kamera buat dokumetasi kegiatan, karena nanti bakal diminta sebagai laporan pertanggungjawaban.

Wah ini penting sih, kompor, gas, galon, setrika kabel olor. Enaknya kalau tuan rumah menyediakan peralatan penting ini. Biasanya dari kelompok sendiri yang harus bawa. Kamu bisa membagi, siapa-siapa yang bertgas membawa selama KKN. Nanti ujung-ujungnya dipakai bersama.

Selain peralatan dipakai bersama kamu harus bawa peratlatan individu misalnya, piring, gelas, untuk kehidupan sehari-hari.

Bangun komitmen dari awal

KKN itu ibarat bina rumah tangga tapi bareng-bareng, karena selama 1 bulan kamu akan bersama-sama dengan orang baru. Pertama kali berkumpul dengan teman satu posko, bangun komiteman dari wal. Mulai jadwal piket masak, bersih-bersih, bahkan berhubunan dengan finansial perlu dibuatkan komitmen.

Pakaian secukupnya

Almamater wajib dibawa sebagai indentitas kamu. Bawa pakaian formal beberapa, buat cewek jangan bawa pakaian ketat, pakaian mencolok dan tipis (terkesan tembus pandang). Karena saat KKN gerak gerik kalian bakal terus diawasi warga, jadi berusahalah tampil wajar tidak mencolok

Nah sekarang rasa was-was kalian tentang KKN sudah tercerahkan bukan? Tidak semenakutkan itu kok? Sampai ada yang diusir dari posko KKN. Sebagai mahasiswa yang datang desa, notabene bukan asli orang itu alias sebagai tamu. Bertindaklah layaknya orang pada umumnya, bersyukur dengan fasilitas yang sudah dipinjamkan warga untuk kamu saat mahasiswa.

Pada dasarnya KKN ini, salah satu pintu mengenalkan kalian kehidupan kerja dan sosial yang sebenarnya. Terus belajar hal-hal baru, bangun komunikasi dengan kelompok atau warga, siapa tahu rezeki atau jodoo tertinggal di desa itu.

 

 

 

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

7 komentar

  1. Iya kak, seru banget ngeliatnya. Kkn nya berarti sangat mengena dan bermanfaat bagi masyarakat hingga mereka merasa kehilangan sampe diantar satu kampung.
    Iiih tapi pernah liat juga mahasiswa yang diusir sebelum waktunya karena menceritakan jeleknya tempat kkn mereka.

    BalasHapus
  2. Semakin canggih teknologi, kelompok KKN juga sekarang ini bisa mempublikasikan kerja dan program melalui sosial media ya. Meski ada untung ruginya, tapi jika bijak tetap menguntungkan sih menurut saya
    Hehehe...
    Yg penting gak keluar jalur tujuan KKN itu sendiri

    BalasHapus
  3. Sebagai anak kuliahan yang di kampus nggak kebagian KKN melainkan diganti dengan magang (itu juga ada yang sebulan ada yang berakhir mampir ke perusahaan cuma buat wawancara dan minta data doang) sesungguhnya aku iri sih sama yang KKN. Honestly, ada banyak hal banget yang bisa dipelajari dalam kegiatan ini. Termasuk mencicipi rasanya berkontribusi langsung kepada masyarakat setelah mempelajari ilmu-ilmu dari jurusan pilihan selama beberapa semester sebelumnya.

    BalasHapus
  4. Ingat masa KKN deh, waktu itu di Unimed sebelum saat ini istilahnya magang. Jadi, kebetulan daerah KKN saya itu enggak jauh dari kampus. Alhamdulillah rezeki juga kan. Nah, sekalian KKN sekalian pulah PPL. Sampai sekarang saya masih terus berhubungan baik dengan guru pamong di sana. Saya percaya bahwa setiap pertemuan adalah takdir terbaik-Nya.

    BalasHapus
  5. Memang KKN membawa manfaat baik bagi mahasiswa maupun masyarakat setempat
    Jadi ingat, saat aku kuliah di Univ Udayana, jadi KKN ku dulu di Tabanan, Bali. Tahun segitu KKN 3 bulan (tahun 1998)..Jadi yang cewek tinggal di rumah penduduk, yang cowok tinggal di kantor desa. (ada ruang rapat gitu), dapur di kantor desa juga bisa dipakai.
    Manfaatnya, selama 3 bulan aku belajar keseharian orang Bali..senang banget jadi tahu, karena saat itu aku kos di Denpasar di rumah orang Bali yang Muslim (keturunan Bugis-Padang). Jadi pas KKN lah baru kenal banget budaya Bali. Happy pokoknya.

    BalasHapus
  6. Seingat saya dulu KKN-nya lama ... 2 atau 3 bulan ya ... eh kok lupa ya persisnya, waktu itu tahun 90-an. Memang kalau ada yang antisosial pasti bakal susah nantinya di lokasi KKN. Juga anak yang manja ...Manfaatnya, pastinya banyak.

    BalasHapus
  7. kalau merasakan kegiatan KKN ini, memang jadi banyak pengalaman dan ilmu yang gak ada di sekolah formal di kelas gitu ya. Apalagi tentang manner hidup bermasyarakat

    BalasHapus

Posting Komentar