[recent]

Recent Post

3/recentposts

Review Code Helix: Anak SMA Membongkar Privasi Orang

 

Kalian pernah dengar pekerjaan seorang hacker? Atau penasaran gimana sih jadi seorang hacker?  Yap kalian wajib tonton seris Code Helix yang tayang di vidio original. Series produksi sinemart hasil adaptasi dari komik karya Wardhana dan Bryan Affiandy. Point of view nonton series ini kukira jalan cerita bakal membosankan karena salah satu berperan seolah orang culun. Ah nyatanya tidak sesuai dugannaku, seris yang diperankan Ajil Dito beradu akting dengan Shakira Jasmine sukses membangkitkan gairah penasaran.

Seris Code Helix tayang di vidio original tiap hari kamis punya 8 episode dan sudah tamat, diangkat dari cerita komik webtoon.

Mengisahkan seorang anak SMA bernama Rendra, memiliki kemampuan bidang IT terutama hacker. Namun teman-temannya tidak ada yang mengetahui bakat tersebut, ia menjadi hacker berganti nama Helix untuk menemukan kebenaran. Ia bersedia membongkar kebusukan teman-temannya melalui perantara yakni Jati.

Namun semua berubah setelah tahu Nanda sahabat kecilnya terlibat skandal, kebiasaan dia sebagai peretas justru menutupi skandal Nanda. Apakah ini yang disebut sayang atau peduli teman?.

Perkembangan teknologi informasi tak pelak selalu hadirkan beragam kondisi menyenangkan atau tidak menyenangkan. Terutama perkembangan media sosial semakin membludak, tiap insan pasti memiliki gadget masing-masing. Itu artinya setiap gadget menyimpan privasi seseorang, bila mana peretas menyusup ke akun email seseorang dalam sekejap segala sesuatu dalam gadget seseorang bakal dilelang habis-habisan.

Bagaimana? Itulah salah satu dampak canggihnya teknologi masa kini. Berselancar di media sosial sangatlah menyenangkan, sama sekali tidak membosankan, baik itu anak-anak, remaja bahkan orang tua sekalipun terhibur dengan konten media sosial. Namun bayang-bayang akan bocornya privasi seseorang sudah di depan mata.

Series Code Helix ini seolah menceritakan kondisi kebusukan anak-anak SMA. Membongkar kasus penipuan jastip barang korea untuk teman-temannya, membuka topeng siapa di balik akun twiter KPOP yang hampir menyebabkan anak SMP meninggal.

Seris Code helix ini sangat real dengan kondisi sekarang, dimana gadget adalah identitas seseorang. Aku merangkum pesan moral bisa diambil dari seris code helix ini, yuk simak.

Sekolah punya aturan jelas mendidik untuk kebaikan bersama. Aku teringat razia hp saat masih SMA dulu, tapi namanya razia jelas murid lebih pinter dari gurunya. Ketika ada razia salah satu murid pasti dapat bocoran waktunya kapan, langsung beri tahu teman-teman buru-buru mencari tempat aman menyimpat gadget masing-masing.

Ketahuan nggak? ada yang iya atau tidak. Di seris Code helix sekolah resah karena ulah helix sewenang-wenangnya masuk ke akun siswa kemudian meretas privasi anak-anak. Ketua Dewan Keamanan Siswa (DKS) menolak keras permintaan kepala sekolah, ternyata ada ketakutan cerita lama Shanti bakal terbongkar.

Sempat tidak jadi dilakukan razia hp siswa, namun setelah ada desakan dari komite sekolah razia hp tetap diadakan. Siswa-siswi diminta menuju aula untuk mengumpulkan hp ke ketua sekolah masing-masing kelas. Jati sebagai vlogger menolak keras aturan kepala sekolah mengambil privasi siswa-siswi sambil memvidio kejadian. Ditambah Shanti berani membantah, mengajak teman-temannya buat tidak mau menyerahkan hp.

Apa yang terjadi selanjutnya? Kepala sekolah tidak mengindahkan suara Shanti ataupun jati, tiba-tiba Helix beraksi mengirimkan cuplikan video rahasia sekolah ke semua hp warga sekolah. Suasana pun kacau tidak karuan siswa-siwa kembali menyerbu kepala sekolah dan dewan guru.

Sekolah mengadakan razia sekolah sebenarnya untuk mencari tahu sosok Helix ini siapa. Agar warga sekolah tidak resah misal karena marah dengan teman, minta tolong helix meretas akunnya. Pasti sekolah punya rahasia mungkin menguntungkan sekolah aja atau rahasia untuk kebaikan sekolah.

Namun tindakan memberontak kepala sekolah dan dewan guru sangatlah tidak dibenarkan, seolah olah generasi kita diajari menolak secara kasar permintaan sekolah. Siswa-siswi sekarang berbeda dengan siswa-siswi dulu tawadhu dengan gurunya. Anak sekarang semakin berani, kritis, merasa tiap orang punya hak kebebasan. Kadang dalang open minded adalah jurus melawan orang lebih tua.

Siswa harusnya mentaati bukan menolak, bila tidak melakukan kesalahan keanap harus taku hpnya dicek.  Kalaupun misalnya ketahuan sekolah pasti punya solusi menyelesaikannya, tidak seperti helix langsung dibongkar semauya.

Kehadiran hacker mengancam track record seseorang. Istilah hacker berarti positif yakni mememili keahlian dalam bidang komputer dan mampu membuat program lebih baik. Akan tetapi pada tahun 1983, istilah hacker jadi negatif karena FBI itu berhasil menangkap kriminal komputer yang  berhasil membobol 60 unit komputer.

Di Indonesia sendiri hacker berjaya di kisaran tahun 2000. Namanya Wenas Agustiawan atau dikenal HC (hantu crew) mampu membobol puluhan situs internet baik dalam dan luar negeri, uniknya seseorang ini belum genap berusia 17 tahun.

Shanti ketua DKS memiliki track record buruk di sekolah sebelumnya, kasus berciuman dengan pacar di lingkungan sekolah. Karena kasus tersebut Ayah Shanti memindahkan ke sekolah Bintang Perubahan dan namanya pun dirubah. Dari Acha menjadi Shanti.

Tiap manusia memiliki cerita kehidupan masing-masing, mungkin di masa lalu sengaja atau tidak sengaja melakukan kekhilafan kemudian bertaubat tidak mengulangi lagi. Berubah menjadi pribadi lebih baik, kemudian ada seseorang tidak suka kepribadian tersebut kemudian mencari tahu track record anak tersebut, alhasil jadi senjataa menakuti gerak dia melakukan kebenaran.

Meskpin nama sudah berubah, kesalahan di masa lalu ada konsekuensi. Sampai kapanpun harus terima bahwa kesalah itu dibuat secara sadar dan sengaja.

Hacker berperan membuka kedok penipuan. Dari sekian adegan di seris Code Helix ada satu adegan dinilai cukup mewakili peran seorang hacker. Membongkar penipuan jasa titip barang korea milik sisi, barang barang korea yang dijual murah banget. 

Rendra alias Helix dapat direct message dari Jati kalau Sisi jastip ini mencurigakan. Helix mengiyakan permintaan Jati meretas hp Sisi, menelusuri chat Sisi sebelumnya sudah sering menipu sana sini berkedok jastip barang korea. Alasannya teman-temannya bayar di muka, barang tidak jadi dibelikan dengan alasan kakaknya tidak jadi pulang ke korea karena ditipu.

Setelah diretas ternyata chat message sisi sebelumnya sudah sering melakukan penipuan bawa kabur uang jastip.

Sekolah kecolongan anak jenius, hingga bisa membobol privasi sekolah. Dalam hal ini sekolah lalai, kecolongan siswa memiliki kemampuan luar yang seharusnya digandeng mengawal tegaknya aturan di sekolah. Anak seperti helix ini bisa sebagai wadah sekolah misalnya membuat ekstakurikuler IT, mewakili kejuraan IT tingkat nasional, bahkan bisa loh Helix ini dibayar pihak sekolah mengelola segala hal berhubungan dengan IT. 

Dengan begitu sekolah tidak perlu ketakutan lagi kalau privasi sekolah bakal dibobol dari pihak luar, dan sekolah bisa mengontrol tindakan, kejadian buruk yang dilakukan siswa-siswi saat diluar jam sekolah. Kalaupun ada yang bertindak kriminal, mereka diusut secar face to face bukan secara door to door.

Cerita lama tidak perlu dibongkar. Kepribadian seseorang sudah bertaubat tidak perlu dibuka kembali luka lama tersebur. Cukup dia dan masa lalunya saja yang tahu, biarkan masa depan dijalani seperti sekarang tanpa keraguan masa lalu. 

Seperti kasus masa lalu Indri pernah jadi perempuan suka memamerkan keindahan tubuhnya di media sosial. Hanya karena Rendra sakit hati dengan Indri karena dituduh sembarangan, ia mencari masa lalu dan menyebarkannya. Padahal cerita sebenanya Indri sudah berubah tidak seperti pribadi yang dulu, pribadi lebih santun, bahkan jadi primadona satu sekolahan karena paras cantiknya.

Nah itu adalah contoh cerita lama tidak perlu dibongkar, dia sebagai pelaku sudah berubah jadi pribadi baik. Kehadiran Helix merubah segalanya, justru membuka luka lama membuat Indri depresi karena mengingat kembali masa kelamnya.

Kapan cerita lama boleh dibongkar? Kalau dia kembali melakukan kesalahan yang sama, rasanya sangat boleh membuka cerita lama lalu mengaitkan dengan kesalahannya.

Demi gaya hidup, anak menghalalkan segala cara. Kehidupan dia tidak seenak sebelumya Ayah terkenan kasus korupsi, si anak telanjur hidup di awal. Ketika keluarganya jatuh, dia syok tidak bisa terima keadaan. Alhasil menghalalkan segala cara memenuhi kebutuhan gaya hidupnya, jangan sampai teman-temannya tahun dirinya sudah miskin. 


Akun jasa titip bara korea bodong membawa kabur uang pembeli, digunakan untuk foya-foya belanja barang branded kebutuhannya sendiri.

Dari sekian kasus yang ditangani Helix sebagai peretas, aku tertarik pada kasus perselingkungan kakak rendra. Disini fungsi hacker sangat berguna melacak keberadaan kakak iparnya nggak pulang, alasannya masih luar kota padahal suaminya tidak pernah luar kota, justru stay di Jakarta.

Kalau semua kasus perselingkungan bisa selesai pakai hacker kenapa enggak?

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar