[recent]

Recent Post

3/recentposts

Pengalaman Menghadiri Pelantikan dan RAKOR Karang Taruna Kec. Sidoarjo

9 komentar

 karang taruna kecamatan sidoarjo

Sebuah kebetulan tidak diinginkan hadir di aula kecamatan Sidoarjo kota di hari Minggu 31 Juli 2022. Bila sesuai jadwal acara bakal berlangsung pukul 06.30 nyatanya tidak mungkin dong Indonesia kan duta jam ngaret, pastinya molor sampai jam 9 pagi baru dimulai. Jangan tanya diriku ikut telat atau in time? Berhubung posisiku disini adalah diseret seseorang bahkan posisi yang diberikan padaku tak tahu apa tugas dan porsinya. Yah pastinya sengaja telat biar nggak ikut dilantik.

Ada banyak alasan aku tidak mau diseret di kepengurusan Karang Taruna tingkat kecamatan walaupun sudah diiming-imingi bentuk apapun, salah satunya berkecimpung di dunia karang taruna desa aja nggak pernah, eh kok malah ditarik tingkat kecamatan astaghfirullah. Sebenarnya aku mengantarkan suami serah terima jabatan kepada ketua baru periode 2022-2027. Nah saat diskusi sebelum acara pelantikan, mereka ini kekurangan posisi wakil sekretaris dari kelurahan tempat domisiliku sekarang. Suamiku tanpa seizin diriku mencantumkan namaku, hmmmm.

Walaupun hati gemerutuk nggak ikhlas namaku tercantum sebagai pengurus, intinya aku tidak bisa menjalankan tugas layaknya dulu masih mahasiswa. Semua ada prioritas masing- masing. Aku tetap menghormati mereka menghadiri undangan pelantikan yang nama-namanya sudah di tandatangi pak Camat.  

Gimana Sih Prosesi Acaranya?

Acara pelantikan dan Rakor dihadiri pastinya bapak camat, forkopimda, MPKT, para udangan organisasi IPPNU, ANSHOR, Muhammadiyah, pastinya ketua dan pengurus harian setiap bidang yang akan dilantik.

Menyanyikan lagu indonesia raya, kemudian mars Karang Taruna dilajut pembacaan SK oleh Ibu Endang selaku pembina Kartar dari kecamatan. Pengukuhan calon ketua baru ditandai dengan penyerahan bendera dibawa oleh ketua lama diserahkan kepada ketua baru .

Selamat Mohammad Rizal sah menjadi ketua karang taruna kecamatan Sidoarjo, selamat mengemban amanat dan berpikir keras, mengkaderisasi Karang Taruna di 24 desa/kelurahan.

Fyi meski kehadiranku disana adalah keterpaksaan tetap dalam batin ini masih ada rasa penasaran mendalam, gimana sih acaranya nanti?. Owh ternyata singkat juga prosesinya, cukup memakan waktu 1 jam.  

karang taruna sidoarjo

Apa Yang Menarik Dari Acara Pelantikan?

Selalu hal kutunggu ketika menghadiri acara yang sebelumnya belum pernah kudatangi adalah sambutan dari pengurus langsung. Salah satunya sambutan dari ketua karang taruna kabupaten Sidoajo cak Mughis panggilannya.

Karang Taruna termasuk organasi plat merah dibawah naungan SK Bupati, memiliki anggaran tersendiri untuk organisasi ini. Bila dibanding dengan IPPNU, PMII, Muhammadiyah, Karang Taruna jelas memiliki privillege dengan orang pemerintahan.

Bahkan aku sendiri baru tahu kalau syarat jadi anggota Karang Taruna adalah mereka yang memiliki KTP berumur 17 sampai 40 tahun. Nah berarti banyak dong anggotanya, itulah yang membedakan Karang Taruna dengan organisasi lainnya, bila organisasi lainnya syarat menjadi anggota harus mengikuti pelatihan, membayar pendaftaran terlebih dahulu, dan jumlah anggota pun bisa terhitung. Nah berarti mereka yang di Anshor otomatis anggota Karang Taruna.

Administrasi Karang Taruna masih fatal amburadul misalkan di Desa A ada anggota Karang Taruna tapi tidak pegang SK, ada yang sudah ber-SK tapi orangnya sudah wafat. Dan lucunya adalah Karang Taruna di tingkat desa itu musiman 17 agustusan. Hayo betul nggak? Pasti yang jadi panitia ya anak karang taruna itu, setelah 17 agustusan selesai, selesai juga tugas Karang Taruna. Hehe iya sih betul, apalagi ini sudah mendekati bulan kemerdekaan siap-siap Karang Taruna bikin perlombaan hehe.

Kata cak Mughis organisai Karang Taruna sering dimanjakan dengan kucuran dana pemerintah sehingga banyak anggotanya enggan bekerja dan bertugas semaksimal mungkin. Harapannya Karang Taruna memiliki badan usaha mandiri yang dikelola anggota guna kesejahteraan masyarakat desa sekitar. Dan cak Mughis berkeinginan Karang Taruna kecamatan Sidoarjo harus menjadi contoh bagi Karang Taruna kecamatan lainnya, karena kecamatan Sidoarjo inilah yang akan dilirik pertama.  

Untuk periode selanjutnya bila mencalonkan sebagai ketua Karang Taruna harus sudah memiliki sertifikat latihan kepemimpinan. Guna menfilter calon-calon yang memang sudah ada niatan serius berkeinginan mencalonkan ketua.

Sambutan selanjutnya dari Bapak Gundari, S. Sos selaku ketua kecamatan Sidoarjo. Dari paparan beliau Karang Taruna selalu dilibatkan pesta demokrasi, misal dalam waktu dekat ini akan ada 7 desa melakukan pilihan Lurah, persiapan pemilihan legislatif, Bupati dan Presiden. Teman-teman karang taruna diminta meramaikan pesta tersebut.

Lagi anggota Karang Taruna di tingkat desa diminta aktif memantau soal penandatangan dana Karang Taruna, berusaha ikut mengajukan dana untuk karang taruna desa, karena bila dalam surat tersebut sudah ditandatangi dan anggota baru mengajukan maka pak camat nggak bakal acc.

Dan kalian tahu dana Karang Taruna itu jumlahnya nggak sedikit loh, cuma kalau sudah turun kebawah nominalnya nggak sama, yah kalian tahu sendiri lah kenapa.

Selesai acara pelantikan dilanjut rakor peningkatan kapasitas kepemudaan bagi karang taruna desa/kelurahan. Bayanganku sesi ini bakalan lama banget, eh ternyata belum ada 10 menit dah kelar dilanjut giat dangdut bersama biduan yang sebenarnya tidak layak dilakukan dilingkungan instansi pemerintahan.

Ketika iseng bertanya kenapa harus ada biduan setelah acara pelantikan? Bersenang-senang, melepas penat, sambil nyawer biduan pula. Ah sepertinya hal itu sudah jadi kebiasaan wajib tiap pergantian masa jabatan dan baru kali ini aku tahu.

Sukses terpilih ketua dan kepengurusan baru, selamat mengemban tugas, selamat berpikir sosial untuk kesejahteraan masyakat Sidoarjo. Menjelang pesta demokrasi akan banyak orang petinggi tiba-tiba mendekati Karang Taruna untuk sekadar basa-basi atau apalah itu, semoga 47 anggota yang sudah dilantik tetap solid setelah enam bulan ke depan dan ada hasil yang kelihatan.

Salam Aditya Karya Mahatva Yodha

kegiatan karang taruna

 

  

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

9 komentar

  1. Wah selamat suaminya sudah selesai mengemban tugas sebagai ketua karang taruna periode sebelumnya. Semoga kepengurusan selanjutnya dengan ketua baru sukses dan amanah. Aku baru tahu persyaratan , pendanaan dan seputar Karang taruna. Aku gatau juga apakah di Jakarta ada ya..yang kutahu di sini kepengurusan RT dan ibu Dasawisma. 17-an juga ga ada gaungnya dari karang taruna. Ada dari anak-anak muda di RT aja, sukarela panitia

    BalasHapus
  2. Bener banget di kampung saya pun karang taruna "kerja" kalau mau perayaan agustusan. Hahaha ...
    Dan itu gak semua usia 17-40 karena suami saya dan saya di atas itu juga tetap berkecimpung. Ya karena ga ada yg lain hahaha

    BalasHapus
  3. Di tempat saya tinggal gak ada kak Alfi.. Apa karang taruna khusus Jawa saja ya? Sebenarnya membacanya cukup miris, di mana dana bisa disunat hingga ke bawah. Kerja hanya pas agustusan, trus soal LPJ tahunan gimana kak?

    BalasHapus
  4. Di Indonesia itu memang ngaretnya suka gak ketulungan. Pas pembukaan posyandu saja acara jam 4 sore, magrib baru mulai. Agak miris kalau soal waktu.
    Kalau karang taruna di desaku alhamdulillah sekarang aktif. Bahkan lagi buat objek wisata.

    BalasHapus
  5. Senangnya ada Karang Taruna, apalagi terlihat struktur organisasinya sedang ditata dengan baik.. ingin juga ada seperti ini di tempat saya, tapi sampai sekarang belum ada.

    BalasHapus
  6. Wow, aku baru tau kalau Karang Taruna itu sebenernya organisasi resmi dari pemerintah
    Aku kira cuma organisasi sukarela yang ga butuh dilantik
    Ternyata seharusnya tertib administrasi sampai ada dana khususnya
    Di sekitar saya ga kedengaran gaungnya nih Karang Taruna tuh

    BalasHapus
  7. Selamat bertugas buat suaminya, pas banget ini bulan Agustus dimana 2 tahun kemarin tidak ada perayaan lomba-lomba. Agustus tahun ini bakal seru sepertinya karena sudah dilonggarkan peraturan pencegahan covid (gusti yeni)

    BalasHapus
  8. Sy blm pernah liat acara pelantikan ky gitu. Baca ceritanya jadi ngebayangin sendiri hehe. Btw tuk paksu ya, selamat mengemban tugas.

    BalasHapus
  9. Selamat dan sukses kepada ketua Karang Taruna yang baru ya,semoga amanah dalam mengemban tugas2nya memberdayakan para pemuda di tengah-tengah masyarakat. Jangan mau jadi underbow parpol manapun ya,, tetap teguh pada pendirian bersama masyarakat!

    BalasHapus

Posting Komentar