[recent]

Recent Post

3/recentposts

Menu Andalan Keluarga: Tumis Kangkung dan Perkedel Kentang

resep perkedel kentang

Masyaallah tabarokallah skil memasak sampai detik ini sedikit mengalami peningkatan, nggak hanya goreng tahu tempe sambel kecap hihi. Ya gimana proses tidak bisa ujug ujug kan, bayi aja tahapan berdiri harus berguling dulu, merangkak, baru berjalan. Sama dengan kemampuan memasak istri setelah menikah harus terus diasah, keinginan tanpa kemauan juga tak akan jalan.

Sebenarnya ketakutan perempuan sebelum menikah salah satunya takut tidak bisa masak untuk suaminya, atau insecure dengan mertua bila masakannya kurang pas. Sama sih aku dulu juga seperti itu, namun setelah dijalani memasak itu perkara mau atau tidak. Kalau tangannya mau gerak, mau belajar, bertanya, cari informasi di youtube tutor memasak, dibiasakan ya bisa loh.

Emang dasar kitanya aja kaum mageran, bilang tidak dulu sebelum mencoba. Hanya saja persoalannya memasak itu benar-benar bikin capek, makanya makanan cepat saji harganya selisih banyak dibanding masak sendiri. Karena ya itu imbalan masakanya, misalnya aja aku beli perkedel 4 biji harganya 10.000. bandingan beli bahan kentang setengah kilo 7000, kok lebih murah ya? Ya itulah kalau maunya instan, hanya jadi agak mahal.

Maka dari itu tidak disarankan catering makanan tiap hari, bisa mengandung kebosanan sekaligus rawan terjadi guncangan dompet keluarga hehe. Masak sendiri selain hemat, lebih higenis, sekaligus bisa berkreasi bahan seadanya jadi lebih mewah kalau sudah di masak.

Kadang suka bertanya-tanya pada diri sendiri, bahan-bahannya sama tapi rasanya berbeda ya? Beda tangan beda racikan kali ya. Sering mengalami, saat masak semua komponen sudah masuk, kutiru dari cara ibu memasak dulu sebelum menikah, eh ku masak sendiri kok rasanya nggak seperti masakan ibu ya? Emang masakan ibu nggak ada duanya.

Kebetulan hari Jumat kemarin kerjaan lagi libur, saatnya masak benaran. Diniati belanja kangkung dua ikat 3000 rupiah. Stok kentang di rumah masih satu timba, sayang kalau nggak segera dimasak bisa busuk nanti.

Menu sederhana dan enak olahan kangkung adalah ditumis pedas manis pakai saus tiram, yuk simak resepnya

1. 3 siung bawang dan 3 siung bawang merah dirajang tips-tipis, 4 biji cabai kecil potong serong, laos sebalok kecil jangan lupa digeprek

2. Tumis bawang merah, bawang putih dan cabai sampai harum, baru masukkan kangkung yang sudah dipotong-potong.

3. Masak kangkung sampai benar-benar matang, tambahkan gula, garam, penyedap rasa, saus tiram satu sendok teh, kecap sedikit.

4. Beri air sedikit nyemek nyemek, cek rasa

5. Masak kangkung jangan sampai berubah warna, angkat dan sisihkan

Lanjut  buat pendamping tumis kangkung. Perkedel kentang, kedengarannya ah ribet, lama buatnya. Justru perkedel kentang ini menu kesukaanku. Ibuku sendiri suka banget kalau dibikinkan perkedel kentang, makanya kalau aku bikin lauk ini harus jumlah banyak.

Cara membuatnya

1. Kupas 3 kentang, cuci bersih lalu potong jadi 3-4, goreng secara bergantian.

2. Setiap satu gorengan kentang matang, letakkan di cobek, ulek sampai lembut begitu seterusnya.

3. Sambil menunggu menggoreng kentang, kupas 5 siung bawang putih dan 5 siung bawang merah, iris tipis-tipis.

4. Selesai diulek semua kentang, goreng bawang merah dan bawang putih sampai berwarna keemasan

5. Tuang ke cobek, tambahkan garam, gula, penyedap rasa, merica, ulek sampai lembut.

6. Campur dan ratakan bumbu dengan adonan kentang, tes rasa bila kurang pas.

7. Bentuk bulat dan pipih.

8. Kocok telur, beri sejumput garam, beri satu sendok tepung tapioka, masukkan satu persatu perkedel yang sudah dicetak tadi.

9. Goreng di api sedang, balik perkedel bila sudah berwarna golden brown.

Menu andalan anti ribet sudah siap!!! Disantap bersama selagi nasi hangat ah mantap kali, ditambah sambil nonton seris we tv bisa ludes dalams sekejap perkedel kentang.



lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar