[recent]

Recent Post

3/recentposts

Review 17 Selamanya: Mitos atau Fakta Air Mata Roro Jonggrang Sumber Keabadian

1 komentar

Pejuang orientalis mengincar perkamen berisi peta harta karun kekayaan nusantara peninggalan kerajaan Majapahit, dari 10 pemuda pilihan presiden sembilan sudah dibunuh tinggal 1 orang memegang rahasia letak perkamen dan benda pusaka roro jongrang.

Cerita sejarah itu membosankan, kisah kuno orang zaman dahulu nggak ada asyiknya.

Eits kalian belum nonton 17 selamanya di wetv sepertinya, kolaborasi MD Entertaiment dan Dapur Film disutradarai Hanung Bramantyo sukses menelurkan cerita sejarah dibalut aksen anak muda kekinian.

Bercerita kehidupan remaja dengan unsur sejarah tentang kehidupan misteri masa lalu gadis SMA yang kerap menjadi korban perundungan di sekolah. Penonton akan banyak mengikuti kilas balik zaman dahulu yang berhubungan dengan sejarah, legenda, dan tahayul.

Sepasang kekasih di era 70 an Slamet dan Anjani saling mencintai, hampir menggelar pernikahan namun sayang keadaan berkehendak lain. Ditengah jalan saat mereka bercanda gurau ada sekelompok orang menyerang slamet, salah satu dari mereka melukai Anjani hingga terluka parah.

Anjani hampir sekarat, Slamet diam-diam menemui Sri adik kandung Anjani memintanya meminumkan ramuan kepadan Anjani tanpa dia sendiri tahu apa alasannya.

Keajaiban pun terjadi, kejang-kejang setelah minum ramuan dari Slamet, Anjani terlihat sehat bugar seperti orang baru bangun dari tidur.

Waktu berjalan hampir 50 tahun, fisik Anjani layaknya gadis berusia 17 tahun sedangkan adiknya Sri semakin lama fisiknya berkurang seiring bertambahnya umur.

Mereka berdua berpidah-pindah tempat agar tidak dicurigai orang-orang bahkan berganti nama setiap kali pindahan. Misinya tidak hanya itu, mencari cara agar Anjani bisa kembali normal.

Anjani bertemu Putra teman satu sekolahnya. Awalnya Putra adalah satu-satu teman yang mengetahui kondisi fisik Anjani saat terluka bisa langsung sembuh dengan sendirinya.

Berbeda dengan cindy dan teman-temannya, justru memanggil anjani penyihir. Mereka punya misi membongkar siapa anjani sebenarnya?. Boby teman dekat Cindy ikut memberi saran agar meminta bantuan om Warno sosok orang pintar alias dukun.

Om Warno adalah salah satu kelompok pejuang orientalis sedang mencari sosok yang meminum air mata rorojongrang.

Berkedok mengikuti olimpiade sejarah Anjani dan Putra mendapat izin kepala sekolah melakukan penelitian di Yogyakarta mencari informasi rumah-rumah yang pernah disinggahi Rajendra Nusantara.

Pak Rustam penjaga perpustakaan sekolah menyimpan buku titipan slamet di ruangan tersembunyi yang selama ini diburu pejuang orientalis.

Sebelum Slamet meninggal, dia memberi tahu Putra bahwa satu-satunya mengembalikan dawai seperti sedia kala adalah dengan meminum kembali air mata roro jonggrang.

Misi mencari benda patung pusaka mengeluarkan air mata saat gerhana matahari ternyata ada di rumah Slamet. Berkat kecerdikan putra menganalisis 5 sketsa rumah terakhir yang dicurigai ada benda pusaka tersebut.

Apakah pejuang orientalis berhasil mendapatkan perkamen tersebut? Iya, Putra menyerahkan perkamen tersebut saat kondisi mereka terdesak perkelahian. Salah satu pejuang orientalis ditangkap dan tubuhnya diberi suntikan virus mematikan. Perkamen tersebut diambil negara dijadikan benda bersejarah.

Review 17 Selamanya

Rajendra Nusantara sosok pejuang dianggap pemberontak karena dianggap mendirikan partai sayap kiri. Dalam cerita tesebut, hal-hal terkait Rajendra Nusantara tidak boleh dipublikasikan. Dibikin penasaran sosok ini, kenapa tidak termasuk daftar nama pahlawan nasional?.

Nama Rajendra Nusantara di ketik di google pun tidak ada yang keluar. Apakah secara nyata sosok ini ada terkait hubungannya dengan kerajaan Sriwijaya.

Patung pusaka air mata roro jonggrang konon zaman dahulu kala digunakan untuk berperang, diberikan kepada prajurit yang membuat pasukannya tidak terkalahkan.

Diakhir cerita tidak diberikan adengan khusus Dawai meminum air mata roro jongrang. Karena dari penjelasan Slamet yang bisa mengembalikan Anjani alias Dawai seperti semula dengan meminum kembali air mata rorojongrang.

Mitosnya air mata tersebut keluar setiap terjadi gerhana matahari, bisa membuat seseorang awet muda. Konon sampai sekaranya disana (candi prambanan) banyak anak muda meminta jimat air mata roro jonggrang agar awet muda. Pertanyaanku cerita ini apakah benar ada di dunia nyata? Secara cerita diangkat dari cerita wattpad.

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. 17 selamanya tadinya rada bingung baca judulnya setelah membacanya sedikit ngerti ternyata bercerita tentang keabadian.

    BalasHapus

Posting Komentar