[recent]

Recent Post

3/recentposts

6 Referensi Tempat Ngabuburit di Sidoarjo

Hai gimana puasa hari kedua masih semangat kan besti! Nunggu waktu buka puasa nggak boleh leha-leha doang. yang masih sekolah rajin-rajin baca referensi buku, yang masih mahasiswa jangan melulu ngerjain tugas di kampus, cari tugas baru diluar kampus, yang sudah kerja jangan cuma fokus kerjaan aja, ambil tantangan baru di luar  kerjaan untuk sampingan. Momentum puasa Ramadhan mengharuskan kita lebih dalam beribadah, belajar, dan bekerja.

Justru itulah keberkahan nikmat yang nanti Allah turunkan kepada umat yang mau bergerak berusaha. Bahasa jawa nya riwa-riwi kita selama bulan Ramadhan pun bernilai ibadah. Apalagi riwa-riwi menjelang waktu berbuka puasa, ah sungguh nikmat. Menghirup aroma gorengen, es campur, jajanan dadakan pinggir jalan ingin rasanya diborong semua untuk kalap setelah berbuka wkwk.

Kita mengenal istilahnya ngabuburit, berasal dari bahasa Sunda dari kata dasar burit dalam bahasa Indonesia artinya sore atau petang hari.

Dalam konteks Ramadhan berarti melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk mengisi waktu seraya menyongsong waktu berbuka puasa.

Menurut Hawe istilah ngabuburit sudah muncul sejak masuknya kebudayaan Islam masuk di tanah Sunda. Dan akhirnya istilah ngabuburit digunakan dan dikenal luas. Namun sejumlah beberapa daerah menggunakan istilah berbeda menyosong waktu adzan maghrib.

Kira-kira kalian sudah ngabuburit di mana selama 2 kali puasa ini? Atau masih bingung cari tempat ngabuburit. Di Sidoarjo ada beberapa tempat ngabuburit yang bisa kalian coba datangi sambil menunggu bedug maghrib, diantaranya:

1 Masjid Al Millah

Berlokasi di jalan Ponti deketnya Gor Sidoarjo. Masjid Al Millah sering mengadakan kajian Islam tiap minggunya, apalagi selama ramadhan ini dipastikan remaja masjid juga mengadakan kajian Islam menjelang maghrib.

Termasuk ngabuburit cukup positif bila dibandingkan nongkrong di tempat bukber main hp sendiri-sendiri lebih berfaedah datang ke tempat majlis belajar memperdalam ilmu agama. Yah hitung-hitung bantu mencharger iman dan hari yang mulai melemah biar ada tambahan energei menjalani aktivitas hari esok.


2 Pasar Kaget Gading Fajar

Arek Sidoarjo jelas tahu kondisi tempat ini, selalu ramai menjelang malam ditambah puasa Ramadhan makin membludak penjual dari sore bukan mulai ba’da maghrib lagi. Dari jajan, buah, pakaian luar dalam, parabotan rumah tangga, super lengkap dan murah. Istilahnya tanah abang orang Sidoarjo hehe.

Lokasinya tidak jauh dari masjid Al Millah, lurus aja ke selatan ikutin jalan raya. Sambil menunggu adzan maghrib bolehlah beli jajanan persiapan ngemil di tengah perjalanan pulang ke rumah.


3 Alun-alun Sidoarjo

Icon kota sidoarjo cukup syahdu untuk menikmati waktu soren bersama si doi. Yah kadang di sekitar masjid bertebaran jualan pentol beraneka ragam. Lumayah buat membatalkan puasa beli pentol 5 ribuan aja haha. Mau sholat maghrib? Tinggal nyebrang ada masjid Agung Sidoarjo lumayan cari takjil gratisan di masjid hehe.


 

4. Taman Abhirama

Buat kalian yang sudah menikah dikaruniai anak, atau punya punakan ngerentep alias banyak bingits bisa tuh ajak ke taman abhirama. Lokasinya di jalan Ponti berdekatan dengan masjid Al Millah. Tempatnya friendly untuk anak-anak , ada tempat duduk santai, jogging track, gazebo, dan toilet.

Fasilitas di taman abhirama cukup lengkap sehingga masyarakat Sidoarjo yang berkunjung kemari tidak perlu was-was nanti bakal cari toilet dimana wkwk. Dan enaknya tidak dipungut biaya masuknya. Bila kalian membawa kendaraan mungkin hanya dikenakan biaya parkir saja.


5 Pasar Tradisional dekat rumah

Kalau udah masuk musim puasa gini jalanan menuju puasa padatnya masyallah. Pasar sudah ramai ditamban kanan kiri jalan membludak penjual makanan siap saji. Alhamdulillah menambah hiruk pikuk suasan jalanan.

Buat kalian ingin yang simpel aja, nggak harus ngaburit keluar jalan raya besar. Pergi ke pasar tradisional bisa jadi pilihan ngabuburit irit tapi menguras kantong. 


 

6. Nge-Mall

Ahay jalan ke mall alias thawaf bisa jadi pilihan segar buat kalian yang tidak ingin berjubel, berdesakan di tempat umum luar. Sidoarjo pilihan referensi Mall yakni Lippo dan Ramayana.


Dimanapun tempat ngaburitnya please sholat tarawih jangan kalian tinggalkan ya besti, jangan sampai keasikan mengunjungi tempat ngabuburit akhirnya kecapekan waktunya sholat tarawih jadi malas-malasan. Pada hakikatnya ngabuburit diperlukan untuk mengisi kekosoangan sela waktu menuju jam berbuka. Kalau lebih tenangnya bisa melakukan ngabuburit di rumah  sambil tadarrus alquran atau ngeblog.


 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar