[recent]

Recent Post

3/recentposts

Hal-hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Kusta

Posting Komentar


Menjaga badan agar tetap fit adalah kebutuhan setiap individu, namun ada hal yang lebih penting dibanding badan fit tapi sehat dan bebas dari penyakit. Ada dua faktor yang membuat indvividu mau menjaga kebugaran badan yakni takut terserang penyakit biat tetap kerja dan benar-benar menjaga pola hidup sehat. Dari dua faktor itu menunjukkan orang mau menjaga pola hidup sehar karena tidak mau berurusan dengan rumah sakit yang biayanya mahal. Misalnya menjaga pola makan agar tdak terkenan penyakit maag, diabetes. Tapi apa kalian tahu ada penyakit yang menakutkan dan menyedihkan? Dan penyakit itu ada di Indonesia.

Kusta, penyakit ini disebabkan oleh bakteri Mycobacterum leprae. Bakteri ini menular melalui percikan cairan saluran pernapasan yakni dahak atau ludah yang keluar saat batuk atau bersin.

Kusta dapat menular melalui droplet  secara terus-menerus dalam jangka waktu lama. Hal ini menunjukkan penyakit kusta tidak mudah menular ke orang lain. Selain itu bakteri ini juga membutuhkan waktu lama untuk berkembang biak dalam penderita. Seseorang tiadak akan tertular kusta hanya karena bersalaman, duduk bersama, atau bahkan berhubungan seksual bersama.

Selain itu ada beberapa beberapa faktor lain yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena kusta diantaranya: 1) bersentuhan dengan hewan penyebar kusta, seperti armadillo atau simpanse, 2) menetap atau berkunjung ke kawasan endemik kusta 3) memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh.

Ternyata kusta semenakutkan itu kalau dibiarkan berlarut-larut. Eits jagan salah ada loh orang-orang yang peduli dengan kesehatan warga indonesia dari penyakit kusta. 1minggu1cerita bersama KBR mengadakan webinar “Bahu membahu untuk Indonesia sehat dan bebas kusta” degan menggandeng NLR Indonesia, diselenggarakan 24 November 2021 pukul 09.00-10.00 disiarkan di 100 radio jaringan dan live streaming youtube.

Alasan diadakan webinar online kali ini adalah karena minimnya pelayanan kesehatan termasuk keterbatasan sumber kesehatan menjadikan masyarakat kurang awarness terhadap pentingnya hidup sehat bebas dari segala macam penyakit. Oleh karena itu berbagai pihak non pemerintahan seperti LSM, badan-badan usaha melalui programnya masing-masing. Nah salah satu badan usaha yang memilki peran menyehatkan warga indonesia adalah PT Dahana Persero, selaku BUMN sudah diamanahakn menurt undang-udang harus melakukan tanggung jawab sosial lingkungan CSR. Setiap tahunnya melakukan program-program CSR.

Program unggulan masih memprioritaskan kebutuhan dasar mulai dari ketersediaan pangan, kesehatan, pendidikan. Khusus untuk kesehatan sudah melakukan bebetapa tahun kebelakang dengan program namanya pengobatan masal yang menyisir seluruh masyarakat di sekitar perusahaan PT Dahana. Tahun ini baru dilakukan program penanggulangan penyakit kusta, hasil dari screening atau tracing pengobatan masal sebelumnya bisa ditemukan warga yang mengidap kusta

Pengobatan masal dilakukan mulai tahun 2017 melakukan pengobatan masal, dipriorotaskan sesuai lingkungan yang terdekat perusahaan di kecamatan Ciboko kabupaten Subang. Dengan melibatkan dua desa, tahun berikutnya penambahan desa lagi.

Eman menjelaskan bahwa program ini tidak hanya untuk mencegah penularan kusta tapi juga meyasar kaum disabilitas bahkan kedepannya PT Dahana melakukan pemberdayaan agar bisa dari sisi ekonomi disabilitas. 

Bertepatan dengan hari kesehatan nasional 2021 bertema sehat negriku tumbuh Indonesiaku dr febrina selaku advisor junior NLR memberikan tanggapan bahwa memiliki keinginan agar bisa perpartisipasi dalam kampanye publik pemisalnya mengadaka lomba suara untuk bebas kusta, menargekan orang-orang yang pernga terkena kusta serta teman-teman disabilitas untuk mengirimkan karyanya berupa foto atau video pendek, mengadakan virtual run untuk penderita syndrom, workshop rutin migguan selama november bagi orang tua anak kusta atau disabilitas tentang bagaimana pola pengasuhan kesehatan anak terjamin. Mendukung pemerintah dalam pencegahan covid 19 menyediakan dan mendistribusikan berbagai media edukasi yang menyasar anak, masyarakat umum dibeberapa kabupaten/kota. Kampanye penyadaran yang ditujukan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat umum.

Berbagai upaya sudah dilakukan oleh NLR Indonesia bertujuan meningkatkan awarness di masyarakat tentang penyakit kusta. Kita semua punya peran mencegah penularan kusta, mencegah disabilitas yang disebabkan oleh kusta tersebut, menghentikan stigma, diskrimanisi. Stigma kusta selamanya tidak akan hilang jika tidak dilalakukan sosialisi terus-menerus.

Gambaran kasus kusta Sebelum pandemi ada 457 kasus aktif kusta di subang, setelah pandem turun merosot 117, menjadi kabar baik karena kerja keras sudah membuahkan hasil. Menjadi bad news karena adanya pandemi ini membuat orang takut keluar, bersosialisasi, yang membuat kasus turun.


lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar