[recent]

Recent Post

3/recentposts

5 Benda Yang Harus Kalian Bawa Saat Bepergian

11 komentar


Selain hp pintar kalian yang harus stay dimanapun kalian berada, ternyata ada beberapa benda lain yang wajib kalian  bawa saat kalian keluar rumah loh. 

Nah pasti pada penasaran kan, apa aja sih?

Uang dan Identitas diri. Nah ini nih penting, biasanya sering daku menjumpai teman sendiri lupa membawa uang cukup saat pergi mendadak. Bisa kalian bayangin, keluar rumah untuk suatu keperluan misalnya beli keperluan sekolah, eh di tengah jalan ban motor bocor. Sedangkan cuma bawa uang pas pasan, apakah kamu akan di tolong tukang tambal ban meskipun sejujurnya tidak bawa uang.

Bisa jadi dibantu atau tidak, karena tukang tambal ini bukan orang yang menjual jasa sehari, atau seminggu saja pastinya sudah berpengalaman. Dan sudah pengalaman ditipu orang-orang, tapi semua tergantung amal yang sudah pernah kalian perbuat sebelumnya. Itulah yang bisa menolong kalian saat kondisi sendirian tidak ada keluarga, sanak keluarga, bahkan teman.

Pastikan dan usahakan selipkan uang minimal 20.000 ada di hp pintar kalian, paling nggak nominal segitu bisa menolong kalian saat posisi terjepit sendiri dalam perjalanan. Modal tampang tidak selamanya bisa menolong keadaan di zaman sekarang. 

Sandingannya uang adalah identitas atau tanda pengenal seperti KTP, SIM. untuk apa? untuk berjaga jika terjadi hal yang tidak diinginkan di tengah jalan, karena kita semua tidak tahu akan takdir diri sendiri. supaya mudah dikenali, bila terjadi sesuatu, misalnya orang hilang, kecelakaan, tentunya tidak berharap semoga kita semua selamat sampai tujuan.

Mukenah. Buat kaum hawa yang susah banget stay di rumah, please selalu bawa mukenah kalian entah itu dimasukkan tas, di jok motor atau mobil kalian. Walaupun kalian cuma pergi mengajar les saja, akan lebih nyaman pakai mukenah sendiri daripada meminjam.Yah walaupun nggak melarang untuk meminjam juga.

Alhamdulillah misalnya kalau menemukan masjid yang jelas menyediakan mukenah, kalian tinggal pakai aja. Menurutku boleh-boleh aja, sebelum ada pandemi kayak gini yang mengharuskan tidak memakai benda secara bergantian, diriku sudah terbiasa membawa mukenah sejak masih sekolah.

Nah beda kondisi kalau tidak menemukan masjid, atau menemukan musholla tapi mohon maaf mukenah kurang layak pakai misalnya, apa respon kalian? Ya kalau pakai yang dikenakan panjang, longgar, pakai kaus kaki, bisa sekalian dibuat sholat. Tapi ya namanya udah kebiasaan sholat pakai mukenah ya mau bagaimana lagi. 

Ibuku pernah bilang "bepergian nggak bawa mukenah, dimarahin wak kyai nanti".

Juz amma. Entah kenapa juz amma kecil selalu stand by di tas aku. Kenapa kok nggak al quran aja? Bagiku al quran memerlukan tempat yang lebih tinggi saat ditaruh, karena kadang suka lupa naruh tas di lantai, kalau ada alquran dalam tas kayak gimana gitu rasanya.

Dibaca juz amma? Sebisa mungkin, dan diusahakan dibaca. Selain baca ayat-ayatnya kita juga bisa baca terjemahannya. Hayo siapa yang udah hafal juz amma tapi artinya nggak hafal? Insyaallah banyak kan hehe termasuk yang nulis ini hihi.

Juz amma sangat membantu dan lebih sopan saat kita mengikuti kegiatan di luar, yang tiba-tiba harus membaca potongan ayat tanpa harus membaca lewat hp pintar. Membaca ayat al quran lewat cetakan buku rasanya ada plus plus tersendiri di hati.

Kebiasaan membawa juz amma tertanam sejak dari madrasah ibtidaiyah dulu, karena mengharuskan siswa-siswinya punya juz amma, nah Ayahku tidak membelikan juz amma yang ukuran  buku tulis, justru membelikan juz amma yang modellnya catatan kecil, alias imut bentukannya. selama kurun 6 tahun, aku hanya berganti 2x juz amma, satu karena udah lecek, kedua hilang hehe. 

Secarik kertas dan pulpen. Wah wah ini pengalaman banget, pas lagi nggak sekolah, bukan pulang dari kampus, ada kejadian mengharuskan kita menulis di kertas. Waduh asli kelabakan banget nyari robekan kertas, pinjem bolpoin ke warung.

Ternyata walau secarik kertas aja sangat berguna disaat kepepet gini, gitu aja pas masih sekolah, ada kertas bekas cetakan salah langsung dibuang, bikin lagi.

Kenapa harus ada didalam tas kalian? Simpel sih, walau udah ada note di hp. Secarik kertas dan bolpoin tetap punya daya pikat tersendiri di ingatan manusia.

Kejujuran dan kerendahan hati. Saat kita ada di perjalanan, sendirian, jauh dari teman keluarga, saudara teman, tidak ada yang bisa membantu kecuali pertolongan Allah SWT. Oleh karena itu, memilki attitude baik itu perlu, melakukan kebaikan sekecil apapun itu perlu untuk ladang amal kita sendiri.

Maksudnya menanamkan sikap/akhlak terpuji dalam diri masing-masing, karena hal itu yang insyallah menjadi penolong kita suatu saat nanti. Nggak percaya silakan buktikan sendiri. memiliki kepribadian baik bukan sebuah tuntutan tapi hal yang harus dibiasakan mulai dari sekarang, tidak masalah kamu pernah merasa dibohongi, bukan berarti kamu harus membalas, tenang ada hukum pembalasan alam suatu saat nanti.

itu juga berlaku saat kamu berada di luar kota sendiri untuk studi misalnya. bertemu orang baru, kepribadian tidak biasa, kelakukan masyaallah, yang mampu mengendalikan emosi dalam diri tidak lain adalah kerendahan hati diri kita. 

contoh pengalaman kecil, aku sebagai penjual bensin melayani pembeli seorang bapak, dia meminjam satu botol bensin untuk perempuan yang menuntun sepeda karena kehabisan motor. 

dibawa kemana pak?

itu mbak, disana tadi ada perempuan kayake guru nuntun motor, kasihan aku jadi ingat anakku perempuan seng ngajar. 

Maksudnya Bapak itu menolong mbak-mbak kehabisan bensin, agar siapa tahu jika anak perempuannya nanti sedang ada masalah ada yang mau membantunya suka rela. Nah dari cerita nyata ini, sedikit kita pahami hukum alam itu benar adanya.  

Yakin nih keluar rumah cuma bawa HP doang? kalau keluar rumah pergi ke warung depan beli gula merah ya nggak apa-apa hehe.



lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

11 komentar

  1. Pulpeen ini wajib banget ada karena suka tiba-tiba urgent, kecil tapi sering terlupakan gitu makanya wajib ada. Setuju mukenah jg wajib bawa sendiri, skrg suda banyak yg versi travel tp bukan yg tipis bgt juga jadi senaang deh. Lebih nyaman kalau bawa sendiri :3

    BalasHapus
  2. wah bener juga nih, barang-barang kecil yang ternyata suka dibutuhin mendadak yaa :) apalagi sekarang gpandemi gini, bawaanya kudu makin lengkap hehe biar aman

    BalasHapus
  3. Kak Alfi.. aku kebayang pas pergi kemana-mana trus aku butuh bantuan. Entah gimana selalu saja ada orang baik yang membantu. Nah ini aku selalu anggap karena orangtuaku dan juga mertuaku adalah orang baik yang selalu ringan tangan membantu orang. Makanya anaknya pun sering mendapat bantuan dari orang lain.
    Kalo aku sih kalo kemana-mana selain bawa hp dan dompet juga bawa tisu basah dan Pampers buat anak 😂😂

    BalasHapus
  4. Semua sudah dipack mba...
    Hanya saja juzz amma sekarang pake yang digital.
    gimana kalo hp nya mati ya....
    mesti bawa juz amma yang kecil keknya ni ya

    BalasHapus
  5. Hmm kalau aku daripada secarik kertas ya sukanya bawa buku catatan kecil. Juga smartphone nggak boleh ketinggalan. Kalo ketinggalan, apalagi dalam perjalanan pas nemu pemandangan cantik, bisa bikin uring uringan.

    BalasHapus
  6. Yang paling penting sih memang duit, HP yang selalu nyala, sama Qur'an saku (tapi aku suka bawa yang besar sih supaya enak dibaca). Penting banget eh bawa Qur'an ke mana-mana. Tentunya sih supaya selalu ingat sama Allah. Supaya selalu ingat bahwa Allah senantiasa mengamati kita walaupun kita seringkali lalai terhadap-Nya dan rindu berbuat dosa.

    BalasHapus
  7. Masya allah iyya juga sih ini sering banyak yang lupa bawa benda yang kaya diatas, aplagi juz amma kayaknya gak da yg bakal ingat bawa deh heheh, apalagi yg kejujuran dan kerendahan hati,, itu pasti slalu ketibggalan dirumah wkwk

    BalasHapus
  8. aku pernah nih mba staycation bawa AlQuran, tapi itupun karena ngga sengaja kwkwk. Jadi alQuran itu ada di tempat mukenah, kupikir yang kubawa itu mukenah eh nggataunya AlQuran haha >.<

    BalasHapus
  9. Saat berpergian ke luar rumah tentunya banyak yang harus dibawa. Saya pun tipikal yang tidak bisa sekedar bawa hp atau dompet walaupun jarak yang dikunjungi tidak jauh. Pastinya 5 hal ini pun juga dibawa di tas saya termasuk kejujuran agar nyaman hidup dimana pun berada.

    BalasHapus
  10. Aku ngerasa banget nih dek pas kemana mana ga bawa kertas dan pulpen, duh mau minta atau minjem orang lain kan ga enak juga

    BalasHapus
  11. Masyaallah nyes banget deh baca benda2 yg harus dibawa saat bepergian ala Mbak Alfi, ada juz amma juga euyy, keren ini Mbak... kadang meski sudah hafal juz 30, suka ada ayat yg kelupa ya

    BalasHapus

Posting Komentar