Tags

[recent]

Recent Post

3/recentposts

3 Syarat Agar Blog Kamu Diterima Adsense

1 komentar

 


Menulis di blog dengan minimal 500 karakter adalah hal yang tidak pernah kuduga sebelum-sebelumnya, bahkan menjadi blogging tidak pernah aku rencanakan juga. Awal mula bisa memiliki blog sendiri saat duduk di bangku SMA. Lebih tepatnya di Madrasah Aliyah Sidoarjo aku belajar pertama tentang dunia komputer dan internet. Di sekolah tidak hanya belajar mata pelajaran sekolah, kebetulan sekolah MAN bekerjasa sama dengan ITS (Institut Teknologi Sidoarjo) untuk menambah kegiatan namanya prodistik, semacam kuliah setara D-1 namun jamnya lebih pendek dari kuliah pada umumnya. Nah kok bisa? Ya bisa dong, kuliahnya satu minggu sekali ditentukan harinya, jamnya setelah jam pulang sekolah, 2 jam mata kuliah dengan 2 dosen pula.

Wah keren dong masih SMA udah kuliah hehe. di awal-awal aku tidak seberapa paham dan tidak ingin untuk mengikuti kegiatan prodistik ini. Tapi pas kutahu di SPP sudah tercantum, ada check list pembayaran prodistik, mau tidak mau harus ikut. Kan sayang orang tua sudah mengeluarkan uang tapi di sia-siakan.

Kegiatan prodistik ini juga ada sistem sksnya loh, ujian, membuat tugas akhir, sampai wisuda. Selama kuliah singkat itu aku tidak terlalu tertarik amat di dunia blog,  yang membuatku tertarik adalah belajar desain grafis dengan corel, photoshop.

2015 lulus dari MAN sekaligus prodistik D-1, masih belum terlalu ingin meneruskan blog yang sudah dipelajari sebelumnya. Udah jalanin hidup aja lah. Finally masuk di titik yang tidak pernah aku inginkan nyemplung lagi dunia blog. Nah syarat konsisten blog adalah menulis, disitu aku nggak jago-jago amat. Mana teman-teman dunia nyata yang konsen di blog nggak nemu. Walah jalan buntu lah itu.

Dengan tekad, yang sebenarnya nggak tahu harus bertanya dan belajar kepada siapa. Iseng-iseng masuk grup blog di fb, sering-sering blog walking (bw) sama blog orang walau nggak kenal juga sih. Kalau ada yang share WAG buru-buru ikut masuk, siapa tahu disitu ada ilmu baru.

Agak tragis sih, punya keinginan eh jalannya sendirian. Tenang ada mbah google yang siap membantu 24 jam. Dasar-dasar blog sudah dipelajari semasa SMA, tinggal melanjutkan tahap-tahap selanjutnya harus dipelajari sediri. Salah satunya mencari tahu bagaimana bisa diterima adsense.

Sebelum mendaftarkan ke adsense, banyakin baca-baca blog orang yang udah pengalaman diterima adsense. Jangan kayak aku belum cari referensi cukup udah keburu daftar adsense jadinya kan ditolak.


Tetap bersyukur karena ditolak aku jadi makin rajin cari-cari informasi, lebih memperbaiki konten blog, belajar membuat target postingan blog meskipun satu bulan sekali postingan. Postingan sudah dianggap cukup lah untuk mendaftar adsense. memberanikan diri lah akhirnya mendaftar. Menunggu sekitar 2 hari, sudah ada email masuknya. Isi pesannya, maaf situs anda belum siap menampilkan iklan. Jet lag hatiku, sudah dua kali ditolak. Eh masing mending sih 2x ditolah bahkan ada yang lebih dari 10 belum diterima juga.

Dari penolakan yang kedua, aku semakin rajin mencari tahu apa saja persiapan yang harus dimatangkan, salah satunya Google Search Console. Nah tentang ini juga, aku pelajari dari grup blogger di FB, aku telusuri sendiri bagaimana mengelolanya.

Ternyata dalam GSC itu terdeteksi ada beberapa kesalahan yang terjadi di blog, dan alhamdulillah juga di berikan solusi untuk memperbaikinya. Dengan bantuan google, tanya-tanya di grup fb, memakan hampir berminggu-minggu. Jujur karena aku harus belajar otodidak sendiri, tidak ada yang membimbing. Alhamdulillah kesalahan di blog sudah lulus tervalidasi.

Aku merasa sepertinya masalah ini yang membuat blog ku tidak diterima adsense. kepercayaan diri sendiri  lumayan terbangun, daftar adsense kembali. Setelah mendaftar, berusaha seakan-akan melupakan kalau sudah mendaftar adsense, secara sudah 2x dikecewakan. dan berharap walaupun nantinya di tolak setidaknya udah siap menerima dan harus memperbaiki.

Saat jam istirahat, eh ada email masuk. Cek ah! Isinya.....

 


Wah disitu senangnya minta ampun deh, ingin rasanya teriak sekencang mungkin tapi malu, masih di rumah orang soalnya. tidak perlu lama, capture email adsense jadiin story Whatsapp.

Kalau ada yang tanya gimana caranya agar diterima adsense, sepertinya diriku tidak pantas menjawab. Mungkin hanya bisa memberi saran kecil saja diantaranya

  1. Perbaiki konten, membuat tulisan minimal 500 kata, rajin posting walau satu bulan sekali.
  2. Mulai nabung buat beli domain TLD, kan pakai blogspot bisa? Iya, menurutku sayang aja nggak sekalian beli domain dulu baru daftar adsense.
  3. Update informasi, tidak malu bertanya jika keadaan bingung ketika menemukan masalah tidak dapat menyelesaikan sendiri.

Kukira setelah diterima adsense, udah deh blog aman tinggal nerima uang aja. Uwh tidak semudah itu ferguso, justru ini awal untuk mengenalkan blog kita kepada khalayak ramai biar semakin banyak pengunjung. Kembali lagi fokus kita blogging itu apa? untuk mengejar adsense jutaan? Wah silakan berambisi. Tujuan yang harus kita bangun bersama selama blogging adalah kebermanfaatan untuk sesama, suatu saat nanti materi akan menghampiri. Adsense hanyalah bonus jika sebagai blogger mau bersabar menebar kebaikan.

Ngapain sih ngeblog? Kan nggak ada duitnya, mending youtube aja? Jawab aja, maaf aku ngeblog bukan hanya urusan duit ini soal hobi yang tidak bisa dipadu ratakan. Biarkan yang lain menyalurkan hobi dengan youtube dan biarkan aku menulis di blog sesuka hati.

 

Reactions
lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. siiip Kakak tipsnya, semangat blogging terus, salam kenal :)

    pengalaman saya dengan google adsense masih belum happy ending ini, masih tersisa sesak saat di suspend, non aktif dan penolakkan, hiks ... hiks

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email