[recent]

Recent Post

3/recentposts

5 Menu Sahur Praktis, Kalian Wajib Tahu!

Posting Komentar


Alhamdulillah sudah masuk puasa hari 5, gimana udah menghabiskan berapa juz Al Quran? Sudah berburu takjil apa saja menjelang berbuka? Masyaallah beraneka ragam pastinya ya kawan. Memilih menu berbuka puasa seperti ajang pencarian jodoh ya, kalau cocok besok dibeli lagi kalu tidak ya cari pembeli lain.

Atau sebagian orang memilih membuat menu takjil sendiri di rumah bersama keluarganya. Tastenya bisa diatur sesuai kesukaan keluarganya. Sepertinya tidak hanya menu berbuka saja yang harus sesuai selera masing-masing, menu sahur juga tampil nggak mau kalah. Kira-kira menu sahur apa yang recomended dinikmati keluarga di rumah. Simak tipsnya di bawah ini ya

1. Oseng Udang Tahu

Salah satu menu sat set, bahan sederhana, pastinya ada di kulkas kalian. Bumbunya tidak perlu di uleg, cukup dirajang, sudah selesai.

Bahan-bahan

  1. Bawang putih 3 siung
  2. Bawang merah 3 siung
  3. Cabai kecil 3 biji
  4. Bawang bombay (pakai separuh aja)
  5. Laos
  6. Daun salam 1 lembar
  7. Tahu 3 kotak
  8. Udang (setengah ons sisa kemarin soalnya)
  9. Garam, gula, penyedap rasa
  10. Kecap manis

Cara Masak

  1. Tahu sudah dipotong dadu kecil, digoreng setengah matang jangan terlalu kering
  2. Baput, baper, bawang bombay, cabai iris tipis-tipis
  3. Tumis bawang bombay sampai harum, masukkan bawang putih dan bawang merah oseng sampai harum
  4. Masukkan laos yang sudah digeprek, daun salam
  5. Masukkkan udang  tumis sampai berubah keemasan, baru masukkan tahu yang sudah digoreng tadi
  6. Koreksi rasa beri garam, gula, penyedap rasa, tambahkan kecap manis
  7. Oseng sampai kecap benar-benar meresap. Masakan selesai

2. Mi Instan dan Telor Ceplok 

Mi instan jadi menu penyelamat di saat imsak sudah mepet. Fiks kalian wajib setok mi instan dan telor, karena dipastikan ada beberapa hari kalian bangunnya tidak tepat waktu dan butuh menu sat set.

Gimana cara bikinnya? Hmm tidak perlu aku terangkan secara gamlang pastinya, kalian sudah paham betul cara masaknya wkwk. Telornya bisa di ceplok, di dadar, atau simpelnya direbus. Jangankan orang dewasa, anak-anak pun senang sekali menu mi instan.

3. Omlete Telur

Sudah bosan makan mi instan dan telor, fiks kalian harus inovasi menu mi instan jadi omlette. Dicocol pakai sambal kecap dan nasi hangat nikmatnya masyaallah.

Cara masaknya

  1. Mi direbus dulu sampai setengah matang, lalu tiriskan
  2. Letakkan mi dalam mangkok, masukkan bumbu mi instan, pecahkan dua telor
  3. Tambahkan penyedap rasa sesuai selera
  4. Panaskan teflon, masukkan mi yang sudah dibumbui. Gunakan api kecil biar tidak gosong
  5. Jangan lupa dibalik agar tidak gosong. Sudah matang siap disajikan

4. Sayur Bening dan Tempe Goreng

Makan sayur saat sahur ternyata baik untuk tubuh dibanding makan yang mengandung banyak lemak. Sayur bening contohnya. Segar, menyehatkan, banyak gizi pula. Kalian harus cobain deh biar menu sahur kalian ada inovasi selain mi instan.

Bahan yang diperlukan 1 ikat daun bayam dan 1 jagung manis.

Cara masaknya

  1. 1 siung bawang putih dan 2 siung bawang merah diiris tipis.
  2. Rebus air sampai mendidih. Masukkan jagung yang sudah dipotong-potong karena butuh waktu lama biar matang. masukkan kunci serus ibu jari yang sudah digeprek.
  3. Kemudian masukkan bayam yang sudah diambil pucuknya saja
  4. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa.
  5. Masakan selesai

5. Makanan Berkat Semalam

Makanan yang dibawa ayah sepulang tasyakuran adalah makanan ternikmat walau porsinya sederhana. Berkat kalau dikampung kami menyebutnya. Ada dua kotak dimasukkan dalam tas kain atau tas kresek, satu kotak berisi makanan satu kotak lagi berisi jajan.

Mungkin bagi sebagian orang berkat tidak begitu istimewa. Bagi keluarga kami mendapat berkat setelah tasyakuran itu nikmat tiada tara. Karena kami pun tidak setiap hari bisa makan lauk daging dan ayam. kami pun tidak bisa setiap waktu jajan risol rogut, sosis solo. Maka dari itu jajan berkat itu makanan mahal bagi keluarga kami.

kadang kalau lebih ayah diberi dua berkat. Alhamdulillah kesukaanku nasi berkat menurun di suami. Saat bulan ramadan gini jam undangan tasyakuran bukan setelah taraweh melainkan jam empat sore. Alhamdulillah jajanya bisa untuk takjil. Kadang kalau dapat dua, satunya untuk sahur.

Wah menu yang terakhir ini benar-benar memorize karena nol pengeluaran. Tapi kembali lagi  rezeki datangnya dari Allah, berapun yang Allah beri, dalam bentuk apa Allah memberi ya itulah patut disyukuri. Menu apapun yang dimasak insyaallah berkah. Apapun menu masakannya, tetap harus habis jangan sampai mubadzir makanan karena diluar sana masih banyak orang kesusahan makan.

 

 

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar