[recent]

Recent Post

3/recentposts

Review Cinta Pertama Ayah : Perbedaan Ayah Menyayangi Anak-anaknya

18 komentar

cinta pertama ayah

“Mempunyai anak perempuan itu ibarat berdiri diatas duri, harus sangat waspada”. Begitulah kata pepatah orang Jawa. Namun pada kenyataannya baik anak laki-laki atau perempuan punya resiko yang sama bagi orangtua yang mengasuhnya. Resiko apa yang dimaksud? Ketika anak menginjak usia remaja setingkat SMP atau SMA, rasa ingin tahu anak tentang hal baru juga meningkat. Jika dalam pendidikan keluarga sudah dibekali ilmu, akhlak, dan moral orangtua besar kemungkinan saat anak beranjak remaja isi otak anak sudah bisa memilah mana rambu-rambu yang boleh dilakukan dan tdak boleh dilakukan.

Series Cinta Pertama Ayah, mengingatkanku pada seris virgin Mom. Juga tayang di Vidio Original. Peran seorang Ayah dalam cerita Cinta Pertama Ayah adalah TeukU Rifnu Wikana begitu juga hadir sosok Al Ghazali sebagai bumbu percintaan. Peran utamanya Yasmin Napper, baru kali pertama melihat akting Yasmin Napper di cerita series sebelumnya sering terlibat di sinetron.

Ekspektasiku adalah cerita ini hampir sama dengan Virgin Mom. Namun aku salah, garis besar dalam cerita ini adalah ayah yang merasa gagal menjaga anak perempuannya karena harta berharga milik anak perempuan kesayangannya direnggut paksa.

Amara adalah anak kesayangan keluarga terutama Ayah. Berparas cantik, selalu menjuari berbagai kompetisi di sekolah. Bercita-cita masuk kuliah jurusan kedokteran. Namun setelah kejadian na’as menimpa Amara apakah dia akan kehilangan arah citan-citanya?.

Jadi orangtua zaman sekarang tidak sekadar memberikan izin kepada anak

cinta pertama ayah

Sebelum kejadian mengenaskan menimpa Amara. Dua besti berstatus anak orang kaya meminta izin ke orangtua Amara mengajak party di vila milik keluarga Zushi. Beralasan party dihadiri ibu kepala sekolah, yang hadir hanya perempuan saja tanpa laki-laki. Orangtua Amara sempat tidak mengizinkan pergi karena bukan kepentingan sekolah. Namanya remaja pasti tidak kehabisan akal membujuk orangtuanya dengan segala upaya Amara berhasil mendapatkan izin asal adiknya ikut pergi ke villa.

Siswi yang masih duduk di bangku SMA merayakan ulangtahun dengan mabok alkohol. Yang tadinya tidak ada teman laki-laki tiba-tiba datang beberapa teman laki-laki karena video asusila yang sengaja direkam didalam villa.

Setelah kejadian malam party, dan pelecehan yang menimpa Amara. Polisi menginterogasi orangtua, teman-teman yang terlibat dalam kejadian untuk dimintai kesaksian. Orangtua Amara tidak mengetahui bahwa anaknya memiliki pacar, orangtua Zushi baru mengetahui anaknya minum alkohol selama satu tahun terakhir.

Sekolah perlu aware dan melindungi siswa yang sudah menegakkan kebenaran 

series cinta pertama ayah

Sebelum kejadian mengenaskan menimpa Amara. Di sekolah Amara memergoki ada yang sengaja meletakkan kamera pengintai di kamar mandi perempuan, untuk merekam siswi perempuan ganti baju. Siapa pelakunya? Siswa laki-laki bernama Regi. Karena ulahnya tersebut dia di skors dari sekolah.

Kira-kira ada yang janggal kah saat pesta ulang tahun Zushi, Regi tiba-tiba hadir di villa tersebut?. Besar kemungkinan pelaku yang pelecehan seksual terhadap Amara adalah Regi. Dia melakukannya bisa karena alasan balas dendam karena sudah dipermalukan di hadapan teman satu sekolah, atau regi punya hasrat ingin memiliki Amara tapi tidak kesampaian. Namun bukti bahwa regi pelakunya masih belum jelas.

Dalam hal ini sekolah tidak menyadari bahwa dampaknya akan sejauh itu. Pemerkosaan yang menimpa Amara saat kondisi dirinya mabok karena paksaan teman-temannya. Dilecehkan di malam hari, dipinggir pantai, pelakunya sengaja memakai topeng menutup jati dirinya.

Dampak korban pelecehan seksual paksa

cinta pertama ayah

Kejadian buruk malam itu membuat Amara depresi berat. Ketakukan bila didekati laki-laki sekalipun ayah sendiri berteriak histeris ketakutan. Tiap teringat kejadian buruk tersebut Amara memukuli diri sendiri karena merasa bodoh tidak bisa menjaga diri sendiri. berteriak histeris bila mengingat wajah laiki-laki bertopeng yang memperkosa dirinya.

Bila kecelakaan punya dampak perubahan fisik secara signifikan namun dalam jangka waktu pasti akan pulih dengan mudah. Berbeda dengan orang yang terkena masalah psikis, efeknya sampai seumur hidup tidak akan hilang ditelan waktu. Bila orang disekitarnya tidak bisa mendukung anak tersebut bisa mengakhiri hidup lebih tragis karena merasa hidup sudah tidak adil baginya.

Pentingnya support dari orang-orang sekitar, bukan berarti menutup-nutupi kesalahannya anaknya. dan bukan waktunya menghakimi kesalahan anak. karena kejadian sudah berlalu. Yang bisa dilakukan adalah memberikan kekuatan padanya bahwa hidup terus berjalan, semua yang terjadi adalah kecelakaan dan bukan berarti masa depan akan runtuh.

Selalu ada perbedaan anak pintar dan anak tidak pintar

cinta pertama ayah

Amara dan putri memiliki otak dan karakter yang berbeda. Amara dengan sikapnya yang anggun sedangkan Putri gayanya ugal-ugalan dan jarang tersenyum. Kedua orangtua mereka pastinya menyangi mereka berdua, namun yang dirasakan Putri adalah Amara lah yang selalu dibanggakan olehnya.

Secara tidak langsung orangtua memberikan contoh kurang baik kepada anak-anak. Soal perbedaan kasih sayang yang diberikan kepada kedua anaknya. Kebanyakan orangtua di Indonesia lebih menyukai anak yang pintar pelajaran sekolah dibanding mengpreasiasi keberhasilan anak bagaimanapun hasilnya. Inilah yang membuat mental anak merasa dikucilkan keluarga sendiri.

Ayah yang sayang atau ayah yang pilih kasih

cinta pertama ayah

Dari sudut pandang putri kedua orangtua mereka lebih sayang pada Amara karena pintar dan berprestasi. Dari sudut pandang Amara, Ayah membuat dirinya beban. Beban harus berprestasi, harus lolos masuk kedokteran, untuk menjalin kedekatan dengan laki-laki dia harus sembunyi dari Ayah. Karena tekanan prestasi dari Ayah, Amara merasa tidak ada waktu untuk bersenang. Sampai untuk izin party saja harus berbohong.

Putri merasa dirinya anak pembawa sial. Dia merasa gagal menjaga Amara saat party di villa.

Dari series Cinta Pertama Ayah. Seburuk apapun masalah yang menimpa anak. anak tetaplah yang terbaik di mata mereka. karena kita tahu sendiri cinta pertama anak perempuan adalah ayahnya. Tapi untuk menjali cinta antara ayah dan anak perempuan tidak cukup hanya mencukupi kebutuhan sekolah anak. kebutuhan pribadi walau sekadar mendengarkan cerita tanpa menghakimi ceritanya.

Jadi orangtua harus punya overthingking tidak boleh berlebihan. Tidak boleh percaya begitu saja dengan ucapan anaknya. overthingking yang tidak langsung menghakimi di hadapan anak. overthingking yang mencari tahu kebenarannya baru disampaikan dengan baik-baik.

Wah series ini benar-benar complicate sih. Pelaku pemerkosa Amara masih belum ditemukan. Persoalan apa motif pelaku melakukan pemerkosaan di pinggir pantai masih abu-abu. Kalian bisa tonton seris ini di Vidio Original ya

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

18 komentar

  1. Kalau berbicara peran ayah terhadap anak perempuansangat besar. Seorang anak perempuan yang tidak pernah mendapatkan ungkapan cinta, kasih sayang, dan kedekatan bahkan pelukan dari ayah, akan mudah memilih atau mengikut lelaki di luar saya yang tetiba membeikan perhatian ke dia

    BalasHapus
  2. Temanya cukup berat, ya. Tapi saya mendukung banget tema kebapakan mengingat ada yang bilang Indonesia rangking negara fatherless.

    BalasHapus
  3. Sangat berat sekali ini ceritanya. Memang problematika di antara ayah dan anak sangat tricky ya di zaman serba modern ini. Melarang, tapi gabisa terlalu melarang :(

    BalasHapus
  4. Kisah yang mengerikan bagi kami yang memiliki anak-anak perempuan. Pergaulan bebas muda-mudi membuat kami selalu khawatir akan keselamatan mereka. Itulah mengapa kami memutuskan anak kami sekolah pesantren yang memisahkan asrama santri dan santriwati secara ketat. Agar anak lebih fokus pada pengembangan diri, daripada terbuai oleh pergaulan dengan lawan jenis. Dulu kita dijaga oleh budaya moral dan kesantunan, sekarang di sekolah-sekolah umum, sepertinya moral udah dianggap barang rongsokan yang harus ditinggalkan.

    BalasHapus
  5. Jadi ngeri yah kalo punya anak perempuan itu, harus dijaga benar2. Jadi teringat dulu Papa selalu melarang aku kalau mau nginep di rumah teman

    BalasHapus
  6. Menarik membahas mengenai cerita cinta dan kasih sayang antara ayah dan anak perempuan. Menjaga anak perempuan tentu sangat penting terutama agar tidak tersakiti oleh orang lain.

    BalasHapus
  7. Punya anak perempuan memang harus dijaga benar-benar yaa. Pergaulan saat ini yang semakin tidak terkontrol memang sangat mengerikan. Perlu bangett setiap orang tua aware akan hal ini & bisa berbuat lebih untuk anak-anaknya

    BalasHapus
  8. bentar ini saya ada kelewatan atau nggak ya tapi Amara sama Putri ini saudara atau sahabat? pasti berat banget ya trauma yang harus ditanggung amara karena hal yang terjadi padanya dan pasti juga berat bagi orang tua mengetahui anaknya tersakiti

    BalasHapus
  9. Pastinya rasa trauma merasuki si ayah.
    Tayangan yang mengena ini sehingga jadi inspirasi agar orangtua dapat menjaga si anak dan si anak menjaga kepercayaan orangtuanya

    BalasHapus
  10. Aduh. Campur aduk bacanya. Antara sedih dan geram. Gak kebayang perasaan ortunya

    BalasHapus
  11. Pasti ayahnya juga ikut terluka atas kejadian yang menimpa Amara. Dunia luar sana pergaulannya agak ngeri, memang punya anak perempuan perlu pengawasan ekstra dari ortunya. Kebayang sedih dan traumanya Amara. Duh, ikut miris. Bukan cuman dalam film, soalnya kejadian nyata juga ada kaya gini

    BalasHapus
  12. Ini sih emosinya main banget, apalagi pas ayahnya minta maaf dan ngajak buat lapor polisi. Trus waktu di pengadilan pas beda sesi (ayahnya dijadiin tersangka tp bebas) itu juga menguras emosi ya bun.

    BalasHapus
  13. Memiliki anak perempuan emang penuh kekhawatiran apalagi buat saya yang overthinking makanya butuh banget anak perempuan figur seorang bapak supaya dia merasa ada pelindungnya tidak mencari figur bapak dari yang lain

    BalasHapus
  14. Aku sebenarnya pengen nonton ini
    Tapi aku takut mewek
    Isunya lumayan sensitif juga
    Tapi tentu mengajarkan banyak hikmah pada penonton ya

    BalasHapus
  15. Yang berperan jadi ayahnya yaitu Teuku Rifnu Wikana yang secara akting termasuk salah satu aktor bagus menurut saya. Pasti bakal menguras emosi banget ini seriesnya. Isunya lumayan sensitif juga di Indonesia.

    BalasHapus
  16. ayah perlu menunjukan rasa cintanya dengan perhatian dan meluangkan waktu untuk anak2nya. jika ada beberapa anak, sebaiknya jangan sampai anak merasa ayah pilih kasih, sebisa mungkin ayah harus bersikap adil.

    BalasHapus
  17. Wah ini isu yang diangkat relevan banget sama berita belakangan ini. Miris banget rasanya. Jadi jengkel sendiri. Memang harus ekstra hati-hati ya parenting buat remaja ini.

    BalasHapus
  18. Yang paling berat bagi seorang ayah memang membesarkan anak perempuan. Aku aja baru dilepasin merantau pas S2. Waktu S1 gak dibolehin sama sekali.

    BalasHapus

Posting Komentar