[recent]

Recent Post

3/recentposts

Pawai Peringatan Hari Santri 2022, Setiap Pembelajar Adalah Santri

Posting Komentar

Hari santri diperingati setiap 22 Oktober, peringatan hari santri pertama kali ditetapkan presiden Joko Widodo dimaksudkan untuk mengingatkan dan meneladani semangat para jihad para santri merebut serta mempertahankan kemerdakaan Indonesia yang digelorakan ulama. 

Kenapa tanggal 22 Oktober? Karena tanggal ini ditetapkannnya seruan resolusi jihad pada taggal 20 Oktober 1945 oleh para santri dan ulama pondok pesantren dari berbagai penjuru Indonesia. Seruan ini mewajibkan setiap muslim untuk membela tanah air dan mempertahankan kemerdekaan NKRI dari serangan penjajah.

Sejarah mencatat tanggal 21 Oktober 1945 ulama-ulama dari tokoh Jawa dan Madura berkumpul di Bubutan, Surabaya, untuk bermusyawaroh. Rapat ini wujud dari respon cepat para ulama melihat adanya upaya Belanda membonceng sekutu kembali ke Indonesia. 

Resolusi Jihad diumumkan pada 22 Oktober 1945 yang berisi dua poin utama 

Memohon dan mendesak pemerintah untuk menentukan sikap dan tindakan nyata terhadap bangsa kolonial

Menyerukan perjuangan yang bersifat sabilillah untuk tegaknya NKRI dan agama Islam.

Resolusi jihad ini tidak hanya menggerakkan para santri saja melainkan seluruh umat muslim di penjuru Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah. Resolusi jihad adalah bukti perlawanan para ulama dan santri terhadapat bangsa penjajah tak pernah berhenti.

Hari santri pertama kali diusulkan oleh pondok pesantren Babussalam terletak di Malang, Jawa Timur pada 27 Juni 2014. Pada kesempatan itu Jokowi merencanakan hari santri tepat di tanggal 1 Muharrom, namun dalam perkembangannya PBNU mengusulkan hari santri setiap 2 Oktober, bukan 1 Muharrom.

Hari santri akhirnya ditetapkan pada 15 Oktober 2015 di Masjid Istiqlal Jakarta.

Tema Hari Santri Nasional 2022

Dilansir dari situs resmi kementrian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) tema Hari Santri  2022 adalah “Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan”.  Tema ini mencerminkan kepribadian seorang santri dari fase yang terus mengalami perkembangan. 

Tiap tanggal 22 oktober dilakukan upacara bendera memperingati hari santri, dilanjut berdoa untuk mengenang para pahlawan yang telah berjuang mempertahankan kemederkaan dari para penjajah. 

Ada berbagai cara untuk memperingati hari santri diantaranya pengajian akbar, lomba pidato bahasa arab, lomba pidato hari santri nasional 2022, bakti sosial, khataman alquran, lomba menulis bertema hari santri nasional 2022, lomba video kreatif bertema hari santri nasional 2022, kemah bakti hari santri nasional 2022, pawai akbar dll. 

Gema Pawai Akbar Peringatan Hari Santri Nasional 2022

MI Darul Hikam turut menyemarakkan Hari Santri Nasional 2022 dengan mengadakan pawai bersholawat. Pawai dimulai pukul 07.00 pagi, diawali start di MI Darul Hikam berjalan mengitari kampung Keboan Anom. 

Masing-masing kelas di tiap jenjang menyiapkan atribut pawai, tiap kelas punya tema poster masing-masing. ada tema asmaul husna, tokoh-tokoh NU, tokoh-tokoh ilmuwan islam. Tiap anak diminta menghias poster ukuran A4 yang sudah bertuliskan tema. 

Alhamdulillah walimurid dan ananda sangat antusias menghias poster hari santri nasional

Pawai Hari Santri Nasional ini dilombakan antar kelas. Adapun penilaiannya dilihat dari kerapian selama mengikuti pawai, poster terbaik, dan yel yel terbaik. Nah detik-detik yang paling ditunggu adalah pengumuman lomba pawai hari santri nasional.

Alhamdulillah inilah para pemenang lomba pawai hari santri nasional MI Darul Hikam 2022

Semarak gema pawai santriwan santriwati MI Darul Hikam diharapkan terus berproses lebih baik kedepannya. Setiap pembelajar adalah santri, walau tidak belajar di pondok pesantren dimanapun lokasi belajarnya dia layak disebut santri. Santri yang bermartabat adalah tutur bicaranya menyejukkan, langkah kakinya selalu mengajak kebaikan, uluran tangannya membawa semangat bagi sekitarnya. 

Sudah di tahun 2022 penjajah kolonial tidak terlihat, penjajah masa kini adalah kejamnya digitalisasi, anak-anak semakin bebas diberikan gadget, tren informasi muda didapat, ditiru, dipraktekkan bersama teman. Peringatan hari santri ini sebagai refleksi kita semua bahwa menjaga keutuhan sesama muslim adalah kunci kemakmuran suatu bangsa. Umat muslim yang bersatu, kompak menjalankan syariat, tekun mempelajari hal baru akan menjadi santri terdepan dan unggul dalam berbagai bidang. 

SELAMAT HARI SANTRI NASIONAL 2022, jadilah pribadi anggun menata kepribadian dan sopan bertindak kemanusiaan.

 

Referensi:

https://www.kompas.com/stori/read/2022/10/21/103000179/sejarah-hari-santri-yang-diperingati-22-oktober?page=all

https://news.detik.com/berita/d-6358851/hari-santri-2022-tema-logo-dan-panduan-peringatan

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar