[recent]

Recent Post

3/recentposts

Cuplikan Adegan Seris Adaptasi Wattpad Yang menjauhkan Generasi Dari Perilaku Beradab

Rumah produksi Indonesia lagi gemar-gemarnya mengadopsi tulisan di wattpad untuk di visualisasikan, bertujuan memanjakan penikmat cerita drama pencintaan khusnya kawula remaja dan dewasa. Salah satu seris yang cukup menarik perhatianku adalah Danil dan Nicollete, dibawah naungan screenplay production cerita ini mengajarkan kepada kita semua ini “Iniloh kehidupan dunia barat seperti ini”.

Seorang perempuan tinggal di tengah kehidupan perkotaan, bekerja sebagai resepsionis tempat karaoke yang memang awalnya menjaga betul image dirinya agar tidak dilecehkan laki-laki hidung belang. Akibat mempertahankan harga dirinya itulah nama dirinya terkena imbas di black list tidak bisa mendapat pekerjaan di tempat manapun.

Semua berubah setelah dia bertemu pak Daniel, karena pertemuan agak konyol di cafe saat itu. Ya biasa kesalahpahaman pak Daniel mengira nicole mencuri dompetnya. Jalan cerita berputar di kantor, tempat bar, rumah dan kembali lagi seperti itu.

Kesan pertama nonton seris ini adalah waw pemerannya cantik dan ganteng banget, lokasi syuting aestetik banget, benar-benar visualisasi rumah, kantornya bak seris produksi luar negeri. Applause untuk untuk produser yang memperhatikan perlengkapan untuk seris ini, namun dari seris ini aku mengambil beberapa adegan dimana kontra dengan perilaku yang diajarkan orangtua di Indonesia. maksudnya begini ada beberapa adegan tidak sepantasnya diluluskan dan diizinkan tayang untuk ditoton generasi millenial.  

Ini Loh Trend Berbusana Saat Ini

Sangat kelihatan sekali gaya berpakaian pemeran Nicole, memperlihatkan perut, paha dan dada terlihat sudah biasa. Setiap adegan berganti hari, gaya berpakaian selalu terbuka baik ketiak terbuka, dada diperlihatkan sebagian astaghfirullahaladzim. Mungkin sebagian anak muda saat ini hal seperti diatas  dianggap lumrah karena mungkin inilah dampak kebarat-barat dan globalisasi.

Gaya berpakaian saat di kantor yang katanya fashionable justru menjerumuskan wanita ke arah seks, mungkin perempuan sendiri tidak ada maksud menggaet nafsu laki-laki namun dari gaya dia berbusana sudah tak perlu digambarkan laki-laki bakal terpincut dengan aurat perempuan. Sekalipun perempuan harus berdalih harusnya laki-laki tidak mata keranjang, lah namanya bertamu diberi suguhan ya harus dimakan.

Tiada Hari Tanpa Minum Bir

Tentu hal seperti itu terjadi di kota-kota besar, ah kalian pasti tahu di kota mana aja. Kalau di kota ku sendiri Sidoarjo belum menemukan tempat diskotik. Budaya barat pulang kerja, rehat mampir ke tempat yang katanya untuk menghilangkan stress di tempat kerja. Kadang sampai mabok, pulang dini hari diantar cowok astgafirullahhaladzim.

Di seris danil dan nicole sama seperti itu, tiap malam tiba digambarkan kegiatan berpindah di tempat diskotik, pesan minuman berakhol, menjadi lazim duduk dan bergaul antara laki-laki dan perempuan. Dan bisa dipastikan perempuan yang datang ke tempat cara berpakaian tentu menampakkan aurat, bisa dipastikan bercumbu adalah keinginan setiap hari

Mengenalkan Musik Dj

Tentu familiar dong musik Dj, musik andalan diskotik, pemainnya rata-rata perempuan berpakaian terbuka memakai hands free, memainkan alat di meja sambil diangkat tangannya. Tentu budaya musik Dj bukanlah berasal dari Indonesia sendiri melainkan dari budaya luar tepatnya United Kingdom.

Alunan musik up beat dengan suasana hingar-bingar dan kerumunan orang yang berjoget  dengan pakaian serba ketat di dalam ruangan gelap. Dalam bayanganku kok ya nggak bingung mengunjungi lokasi remang-remang, lah ketika lampu mati aja bingungnya setengah mati. Ini malah tempat gelap dikunjungi.

Status Pacaran, Tiap Malam Tidur Barengan

Pasangan Danil dan Nicole terjebak jalinan asmara antara bos dan asisten pribadi, masih belum berstatus pacaran sudah berciuman mesra sebagai ungkapan terimakasih katanya. Sekalipun si laki-laki itu sudah punya pacar sebelumnya, setelah putus, Danil dan Nicole sah berpacaran, dibuktikan perempuan itu menginap di rumah pacarnya ujung-ujungnya tidur telanjang seranjang bak suami istri.

Benar kata guru MI ku dulu bilang nggak usah pacaran nanti keblabasan nah ini ada contohnya. Bedanya pacaran sampai keblabasan nggak dicontohkan secara detail tapi sekarang malah dipertontonkan dan dilegalkan pula. Lembaga sensor indonesia kalian waras?

Ngapain sih mbak mengkritik seperti itu? Apa untungnya? Yah sebenarnya tidak ada untungnya tapi siapa mungkin ada yang sependapat dengan aku ya berarti sudah bisa mewakili mereka untuk speak up kan?. Biarin aja lah kan hidup-hidup dia suka-suka dia lah? Eh manusia maha benar, kita tinggal di negara Indonesia mayoritas agama Islam, presiden Islam, pak bupati Islam, sampai pak lurah pun kebanyakan beragama Islam.

Itu artinya bila di lingkungan kita ada hal yang menyimpang dari ajaran Islam, mau kamu agama Islam atau bukan tetap akan terkena imbas musibahnya. Paham ente!! Kamu kira yang kena azab cuma mereka aja berbuat, kita yang sengaja mengetahuinya pun bisa terseret tidak peduli meskipun dalam kondisi beriman.

“Dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman,” (QS. Al Qhasash: 59)

Demikian pula sebuah negeri yang penduduknya banyak berbuat zamin, maka Allah akan menimakkan azab yang pedih dan keras, entah berupa bencana alam ataupun bentuk azab  lainnya.

“Dan begitulah azab Tuhanmu, apabila dia mengazab penduduk negeri-negeri yang berbuat zalim. Sesungguhnya azab-Nya itu adalah sangat pedih lagi keras,” (QS. Huud: 102)

Bagaimana haruskah seris seperti itu kita beri apresiasi dengan melihat sudut pandang sebagai orang Islam? Lalu harus seperti apakah produksi seris-seris di Indonesia yang saat ini lagi menjamur?.

Dunia terus berkembang, semua pun mengalami perubahan, trend gaya besar-besaran adaptasi budaya luar tidak lain bantuan teknologi internet. Sebagai orang Islam tentunya harus menyadari, ada poin-poin tidak sepantasnya mengikuti konten budaya luar terlebih bertabrakan dengan Alquran. Artinya orang Islam turut serta mencegah agar tidak terjerumus budaya kebarat-baratan seperti diatas.

Yah walaupun pasti dikatain kuno kamu! Sok suci! Ingat berdakwah di fase akhir zaman seperti ini seperti memegang bara api tangan. Panasnya minta ampun, godaannya untuk mengikuti trend seperti itu kuat sekali.

 

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar