[recent]

Recent Post

3/recentposts

Pilih Belanja Online Atau Belanja Offline?

 

Kalian tim belanja di toko atau belanja di online store? Pasti nggak bisa milih kan, soalnya dua-dua punya kelebihan. Belanja adalah kegemaran perempuan, lagi pusing, badmood pelariannya ke mall jalan-jalan ujungnya beli baju hehe. Yah walaupun harus tekor diawal bulan karena kepincut trend baju orang-orang.

Lebih boros belanja di toko atau online store? Tergantung kemauannya, kalau niatnya nggak jalan-jalan ke mall atau toko baju biar nggak beli-beli, pilih belanja online aja bisa menghemat monggo. Atau berargumentasi belanja online aja cari yang murah gampag, dibanding di pasar harus tawar menawar dulu.

Ngomongin belanja nggak akan ada habisnya kalau sama perempuan, mau katanya libur nggak belanja, stop liat shopee, stop lihat instagram spill racun, hasrat untuk berfoya-foya tak terhindarkan.

Apalagi order makanan lewat ojol, pasti kalian sering kan. Ada promo gula-gilaan pula, makin mengiurkan kaum wanita, makanan anak muda biasanya mi, ramen, harga dlosor auto kalap.

Nah aku tips bijak berbelanja ala, yuk simak

Atur uang pendapatan kamu. Berapa pendapatan kamu?, berapa keperluan kuota internet?, beli skincare, bayar iuran sekolah, buat jajan, tanyakan diri sendiri sembari melihat kondisi rumah kalian. kira-kira perlu beli barang atau tidak?. Bulatkan tekad, tidak beli barang A, B dan baju bulan ini, tahan keinginan, tahan godaan, ingat gak pegang uang berujung stress.

Utamakan barang kebutuhan bukan kemauan. Kalau memang dirasa ada barang yang perlu dibeli, list dulu, cari harga di shopee yang relate syukur dapat murah bagus pula ngarep. Misalnya ingin beli casing hp kekinian, padahal casing smartphone masih bagus, ya paling ada bercak kotor dan layak dipakai. Nah kalau seperti kamu harus tahu prioritas mana didahulukan, lebih baik uangnya disisihkan buat dana darurat kamu. Mungkin sewaktu-waktu di sekolah ada iuran mendadak kalian sudah sedia uang nggak perlu keteteran mencari.

Pintar memilih, membandingkan harga baik di toko atau online store. Anak zaman sekarang lebih senang belanja online, mungkin selain harganya miring, melihat trend baju sekarang lebih mudah didapatkan di online store dibanding beli di toko atau pasar.

Harga baju di toko tentu berbeda dengan harga baju di pasar, nah itu kalian harus paham dan pintara mensiasati, kalau sekiranya harganya nggak cocok jangan diambil. Loh kan jadi lama nanti belinya? Ya iyalah mau melepaskan uang ribuan rupiah kok segampang itu, lah mereka yang beli jajan totalnya 2000 rupiah aja milihnya kayak ngantri 2 hari 2 malam.

Di online store pun begitu, cari harga jangan terlalu murah juga tidak terlalu mahal. Lihat rating toko, ulasan produk mereka, berapa barang sudah terjual, bandingkan harga di toko A dan di toko Z.

Jangan habiskan uang di dompet ataupun saldo kamu. Nah ini nih kebiasaan aku, bawa uang berapapun ke pasar atau ke toko mesti habis nggak tersisa kira-kira kenapa ya?. Makanya aku menancapkan bawa uang segini nggak usah banyak-banyak, membeli sesuai kebutuhan dan keperluan rumah.

Nah kalau di shopee isi saldo 100 ribu rupiah, niatnya buat beli sandal lebaran, eh nggak taunya kepakai buat bayar token listrik.

Jangan bawa uang lebih karena takut kurang, justru bawalah uang secukupnya saja, sebelum belanja lihat dompet masih cukup atau tidak. Dengan begitu kamu bisa mengira-ngira barang yang mau dibeli.

 

 

 

lylamanzila
Assalamua'alaikum Halo saya Alfimanzila Orang asli Sidoarjo Email: lylamanzila97@gmail.com

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar